5 Cara Cek Peringkat Website dengan Mudah

Setiap pemilik website penting untuk mengetahui cara cek peringkat website yang dimiliki dan khususnya untuk Anda yang memiliki website bisnis. Mengapa hal ini sangat penting? Mari kita kembali sebentar kepada tujuan awal Anda dalam membuat website bisnis saat ini.

Mayoritas pemilik website bisnis pastinya ingin mendapatkan traffic website yang tinggi. Semakin tinggi traffic website yang didapatkan, berarti semakin besar pula peluang terjadi proses transaksional yang dapat membawa keuntungan bagi setiap pemilik bisnis. Untuk mendapatkan traffic website yang tinggi, ada berbagai macam strategi digital marketing yang didapatkan dan salah satu yang paling sering digunakan adalah SEO.

SEO atau Search Engine Optimization merupakan strategi yang digunakan untuk melakukan optimasi website agar dapat muncul di halaman pertama mesin pencari, khususnya Google. Oleh karena itu mengapa sebagai pemilik website bisnis, penting untuk Anda agar mengetahui bagaimana cara melakukan pengecekan peringkat website untuk mengetahui apakah strategi SEO yang dilakukan bekerja atau tidak. 

Dalam artikel ini, ada 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat mengecek peringkat website. Simak pembahasannya di bawah ini. 

Bagaimana Cara Cek Peringkat Website?

Untuk dapat mengecek peringkat website, cara yang dilakukan sangatlah mudah. Anda hanya perlu menggunakan analytic tools. Berikut ini, ToffeeDev memiliki 5 rekomendasi analytic tools yang dapat digunakan untuk mengecek peringkat website Anda, yaitu:

1. SEMrush

SEMrush merupakan analytic tools yang paling sering terdengar di kalangan para SEO profesional karena fitur-fiturnya yang lengkap. Dengan tools ini, Anda tidak hanya dapat melihat peringkat website saja namun juga pencarian keyword yang memiliki query atau permintaan tertinggi, link building, hingga analisa website kompetitor. Anda bisa mencoba tools ini secara gratis namun terbatas untuk beberapa fitur saja. Jika Anda tertarik untuk berlangganan, maka biaya yang dikeluarkan per bulannya sekitar Rp1,7 juta per bulannya.

Baca Juga: Cara Menggunakan SEMrush untuk Pemula

2. Moz Pro

Bagi Anda yang merupakan pemula dan awam dengan analytic tools, maka Moz Pro bisa menjadi pilihan yang tepat. Moz Pro tidak memiliki fitur selengkap SEMrush akan tetapi tools ini masih bisa digunakan untuk analisis dasar seperti mengetahui peringkat website, pencarian kata kunci, dan analisa backlinkJasa SEO

3. Google Search Console

Anda tentu tahu bahwa Google memiliki berbagai macam fitur yang ditawarkan untuk memberikan kemudahan bagi semua orang dalam mengelola website dan bisnis mereka. Salah satu fitur yang disediakan oleh Google bagi para pemilik website adalah Google Search Console yang dapat digunakan untuk mengecek peringkat website. Anda bisa menggunakan tools ini secara gratis namun fitur yang tersedia cukup terbatas dan informasi yang disajikan tidak selengkap dengan analytic tools berbayar pada umumnya.

Baca Juga: Google Search Console, Pahami dan Ketahui Manfaatnya

4. Ahrefs

Ahrefs sangat mirip dengan SEMrush. Analytic tools satu ini juga sering digunakan oleh praktisi SEO dan digital marketer profesional. Anda juga bisa mendapatkan hasil analisa terkait performa dan kualitas website saat ini.

5. SERPChecker

Rekomendasi analytic tools yang terakhir adalah SERP Checker. Anda bisa menggunakan analytic tools ini secara gratis untuk mengecek peringkat website. Akan tetapi, fitur-fitur lain juga dapat digunakan secara gratis namun ada batas limit yang diperbolehkan untuk penggunaan dalam satu hari seperti untuk pencarian kata kunci, Anda hanya dapat menggunakan fitur tersebut sebanyak 5x dalam satu hari.
Jadi, itulah 5 cara cek peringkat website yang mudah dengan menggunakan rekomendasi analytic tools di atas. Jika Anda membutuhkan Jasa SEO untuk mengembangkan website bisnis yang dimiliki saat ini, ToffeeDev siap membantu karena kami merupakan Digital Marketing Agency berpengalaman di bidang spesialis SEO. Perusahaan kami juga sudah dibekali dengan analytic tools terbaik sehingga data yang disajikan nantinya kepada Anda adalah hasil analisa yang real dan terpercaya. Hubungi ToffeeDev sekarang juga untuk membuat janji konsultasi terkait penggunaan jasa SEO atau kebutuhan digital marketing lainnya.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat