Content Creator: Pengertian, Kemampuan yang dibutuhkan dan Prospek Kerja Kedepan

Evolusi pekerjaan terus berubah mengikuti perkembangan zaman. Dalam dunia yang serba modern dan berkembang pesat seperti sekarang ini, masalah pekerjaan masih menjadi permasalahan yang perlu diperhatikan. Faktanya pada tahun 2020 Bappenas mengatakan adanya kenaikan angka pengangguran 4-5 juta orang menjadi 11 juta orang. Namun jika Anda jeli dalam melihat peluang yang ada, Anda bisa loh membuat pekerjaan baru yang pastinya dibutuhkan oleh semua orang, misalnya content creator. Secara sederahana, content creator adalah orang yang membuat konten.

Mungkin Anda tidak sadar, tetapi seseorang yang berprofesi sebagai content creator sebenarnya mudah ditemukan saat anda menelusuri internet. Tulisan blog yang Anda baca, foto dan video dari media sosial seperti Youtube, Facebook dan Instagram yang telah Anda konsumsi merupakan contoh dari konten yang dibuat oleh para content creator. Saat ini bahkan sudah sangat banyak orang yang memilih bekerja sebagai pembuat konten. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika benar Anda sedang memikirkan profesi ini sebagai pilihan pekerjaan utama Anda, informasi berikut ini cocok untuk Anda simak.

Mengerti Arti Content Creator

Pengertian content creator adalah orang yang memiliki suatu ide atau topik yang berikutnya dimuat ke dalam berbagai media. Media yang digunakan oleh seorang pembuat konten dalam berkreasi sangat beragam, dari tulisan hingga foto dan video. Platform yang digunakan untuk membuat konten juga beragam. Seorang pembuat konten digital dapat menuangkannya dalam blog pribadi dan akun media sosial seperti Youtube dan Instagram. 

“Jadi siapa saja yang dapat menjadi seorang content creator?” mungkin Anda bertanya demikian. Jawabannya ialah siapapun orang yang ada di dunia ini. Tidak peduli apa latar belakang orang tersebut, mereka semua dapat menjadi pembuat konten. Bahkan Anda dapat menjadi seorang content creator. Anda tidak perlu terlebih dahulu menjadi orang terkenal, menjadi selebgram, artis dan public figure agar bisa menjadi seorang content creator. 

Ingat Anda hanya perlu membuat konten yang menarik, maka Anda sudah dapat disebut sebagai pembuat konten digital. Topik yang dibawakan oleh seorang pembuat konten digital tidak terbatas pada bidang tertentu saja. Mulai dari topik tentang makanan, tempat-tempat yang wajib dikunjungi, kecantikan, fashion, hingga kesehatan, dll. 

Meski siapapun dapat menjadi seorang pembuat konten, ada baiknya skill dan kemampuan yang menunjang pembuatan konten dimiliki oleh orang tersebut. Berikut adalah penjelasan mengenai kemampuan yang dirasa perlu untuk dimiliki oleh seorang content creator:

Baca Juga: Apa Itu Content Marketing dan Tipe Konten

Kemampuan yang Dibutuhkan Content Creator

1. Komunikasi yang Baik

Seorang content creator membutuhkan skill komunikasi yang baik agar konten yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan baik kepada audiens. Komunikasi yang baik berguna saat penulisan konten dalam blog dan artikel. Selain itu komunikasi yang baik, menjadi nilai tambah saat Anda ingin membuat konten berupa video. 

Komunikasi Anda dikatakan cukup baik apabila orang menonton konten video Anda sampai akhir. Hal ini berarti apa yang Anda sampaikan tidak hanya bermanfaat namun dikemas dengan pembawaan yang menarik. 

2. Percaya Diri

Memiliki kepercayaan diri menjadi kemampuan yang sangat penting bagi seorang content creator. Apalagi jika Anda merupakan seseorang yang membuat konten video seperti pada platform Youtube. Faktanya masalah kepercayaan diri masih menjadi suatu masalah yang masih berusaha untuk diatasi. Dilansir dari Liputan6, 7 dari 10 remaja di Indonesia mengalami masalah kepercayaan diri yang ditandai dengan keengganan mengikuti aktivitas yang diikuti oleh remaja lainnya. 

Aura dan energi yang terpancar saat Anda membuat konten juga sangat berbeda bila Anda memiliki dan tidak memiliki kepercayaan diri. Audiens pasti akan bertahan menjadi follower tetap, saat Anda mengeluarkan energi positif yang ditimbulkan dari rasa utuh dan kepercayaan diri Anda. Kepercayaan diri juga membuat Anda terus melakukan apa yang Anda lakukan tanpa membandingkan diri Anda dengan orang lain.

Baca Juga: Apa Saja yang Dibutuhkan Di Market Research?

3. Kreatif

Kreativitas tentu bukan lagi kemampuan yang perlu diperdebatkan. Kreativitas yang dimiliki seorang content creator akan membantunya memproduksi konten-konten yang terus menarik dan fresh bagi audiens. Kreativitas juga akan memperlengkapi pembawaan Anda yang sudah sangat baik dalam mengemas suatu ide dan topik. 

4. Berwawasan Luas 

Menjadi seseorang yang berwawasan luas sangat berguna saat membuat konten. Konten yang dibawakan pasti akan lebih menarik jika topik yang dibawakan beragam. Memiliki banyak pengetahuan di berbagai bidang akan membantu seorang content creator untuk melihat suatu peristiwa dari berbagai sudut pandang. Memakai sudut pandang yang berbeda pada setiap peristiwa tentu akan membuat konten-konten yang Anda buat dapat dinikmati oleh banyak kalangan, sehingga target audiens juga beragam.  Jasa SEO

5. Memahami Tren

Selain berwawasan luas, seorang content creator akan sangat terbantu dalam membuat konten jika ia mampu mengenali tren yang terus berubah. Kemampuan mengenali tren dalam membuat konten akan sangat menguntungkan content creator karena konten yang dibuat  akandirasa dekat atau relevan oleh audiens.

6. Multi-tasking

Dalam membuat sebuah konten, dibutuhkan tools pendukung lain yang menunjang pembuatan konten. Alat yang digunakan misalnya berupa kamera, pengaturan cahaya, laptop, aplikasi untuk mengedit, pemahaman analitik pada platform yang digunakan, pemahaman SEO, dll. Dengan menguasai tools yang ada, maka pembentukan awal sebuah konten hingga menjadi postingan menarik dan berkualitas sangatlah penting. Dengan penjelasan diatas, seeorang content creator secara tidak langsung dituntut untuk menjadi seseorang yang multi-tasking. 

Hal ini dikarenakan dalam proses dari merekam, menyatukan video, dan mengeditnya hingga menjadi suatu konten yang layak untuk diposting, biasanya hanya dilakukan oleh satu orang. Namun jika Anda memiliki teman yang dapat diajak untuk berbagi beban dalam menghasilkan konten, tentu akan sangat baik. 

7. Networking yang Luas

Memiliki hubungan dengan siapapun di berbagai bidang akan menjadi nilai tambah yang sangat menunjang seorang content creator. Selain dapat menjadi lawan diskusi yang menarik, orang-orang tersebut juga dapat Anda ajak berkolaborasi untuk menciptakan konten yang bermutu dan berguna bagi masyarakat. Misalnya podcast “Thirthy Days of Lunch” yang diinisiasikan oleh dua orang pembuat konten yakni, Fellexandro Ruby (yang biasa disapa Ruby) dan Ario Pratomo (yang biasa disapa Ario). 

Podcast ini memiliki tujuan memberikan edukasi dan manfaat melalui setiap perbincangan sambil menyantap makan siang. Dengan networking yang dimiliki oleh keduanya, mereka telah berhasil berkolaborasi dengan banyak orang pada berbagai bidang dan posisi. Podcast ini telah menghasilkan 80 episode per November 2021 dan akan terus berjalan ke depan. 

Baca Juga: 4 Cara Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Traffic Website

Prospek Kerja Content Creator

Prospek kerja seorang content creator sangatlah luas. Pada era yang serba digital, jasa dari pembuat konten digital semakin dibutuhkan oleh berbagai macam bidang untuk menyebarkan informasi, mengajarkan sesuatu serta dalam penjualan produk barang dan jasa. Kehadirannya memudahkan berbagai pihak mulai dari pemerintahan, institusi pendidikan hingga perusahaan-perusahaan ternama. Prospek content creator dapat kita bagi ke dalam dua bidang sebagai berikut:

1. Edukasi

Prospek content creator dalam edukasi sering kita jumpai pada konten-konten yang diposting oleh influencer atau public figure yang sedang menempuh pendidikan. Jerome Polin misalnya, ia telah melakukan beberapa endorse terhadap jasa yang disediakan oleh Zenius (lembaga pendidikan non-formal). Jika Anda merupakan seorang yang rajin belajar dan konsisten membagikan semangat dalam pendidikan pada akun media sosial, maka Anda bisa menjadi salah satu pembuat konten digital dalam bidang pendidikan seperti Jerome.

2. Bisnis

Dalam bidang bisnis, content creator justru semakin diminati penggunaan jasanya oleh banyak perusahaan. Dari perusahaan jasa asuransi, perusahaan keuangan, dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Minat penggunaan jasa content creator terbilang sangat tinggi karena konten yang dihasilkan biasanya out of the box dan sangat dekat dengan audiens. Akibatnya, semakin banyak perusahaan dan UMKM yang menggunakan jasa pembuat konten digital karena dirasa sangat efektif untuk menjangkau lebih banyak konsumen atau pelanggan.

Penggunaan jasa content creator dalam bisnis tidak perlu diragukan. Strategi endorsement kepada content creator misalnya, yang dilakukan agar brand dari suatu barang dan jasa dapat semakin dikenal oleh masyarakat luas. Jika Anda menekuni bidang bisnis, maka Anda dapat memanfaatkan pengetahuan yang Anda miliki untuk membuat konten-konten menarik sebagai seorang content creator.

Baca Juga: Melihat Sosial Media Paling Efektif Untuk Bisnis

Kedepannya, profesi ini akan semakin dibutuhkan untuk terus membuat konten menarik yang dapat dinikmati oleh banyak kalangan. Dengan teknologi dan kecanggihan internet yang terus berkembang setiap tahunnya membuat profesi ini menjadi profesi yang paling diminati oleh masyarakat khususnya generasi muda. 

Jadi apakah Anda sudah lebih mengerti mengenai arti dari content creator? Semoga penjelasan diatas dapat membuat Anda memahami secara keseluruhan dari pekerjaan ini. Tidak hanya terbatas pada definisinya, melainkan juga kemampuan-kemampuan yang perlukan hingga prospek kerja dari seorang content creator. Apakah Anda salah satu orang yang memiliki kemampuan dan senang membuat konten-konten bermanfaat? Jika iya, maka content creator dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda.  

Apabila Anda telah memutuskan untuk menjadi seorang content creator tetapi bingung harus memulai darimana, Anda bisa memulai perjalanan karir digital Anda bersama kami dengan belajar di Toffee Institute. Bagi Anda yang sudah lebih dulu menjalani kehidupan sebagai seorang pembuat konten namun merasa perlu belajar banyak hal, Anda juga dapat bergabung dengan kami. Anda dapat langsung klik disini

Jika Anda mencari jasa yang dapat membantu meningkatkan branding pada bisnis Anda, Toffeedev juga menyediakan semua yang Anda butuhkan. Mulai dari memasarkan produk, membuat desain untuk web dan media sosial Anda hingga meningkatkan penjualan melalui strategi yang tepat, semua ada di Toffeedev. Andaikata semua jasa yang telah disebutkan belum cukup, Anda dapat langsung menelusuri website kami untuk menemukan jasa yang Anda perlukan. Anda dapat langsung klik di sini. Untuk pertanyaan dan konsultasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami dengan klik di sini

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat