Contoh Content Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Sesuai Tren Saat Ini

contoh konten marketing

Mungkin contoh content marketing yang paling banyak digunakan saat ini adalah melalui media sosial. Alasan yang paling sederhana adalah karena saat ini media sosial berhasil menarik audiens yang sangat besar dan luas. Namun ternyaata teknologi serta tren yang digemari oleh audiens itu selalu berubah, bisa jadi hari ini media sosial yang mendpaat perhatian paling besar dalam menjalani strategi pemasaran. Lalu bagaimana jika teknologi dan tren terus berkembang? Apakah strategi content marketing hanya bersaing melalui media sosial untuk mendapat perhatian audiens?

Mengapa Content Marketing itu Penting untuk Bisnis?

Content marketing adalah strategi pemasaran yang melibatkan penciptaan dan pendistribusian konten yang relevan dan bermanfaat untuk menarik, mempertahankan, dan melibatkan audiens target. Konten ini dapat berupa berbagai bentuk, seperti artikel blog, e-book, video, podcast, infografis, dan lainnya. Berikut ini adalah alasa mengapa content marketing sangat penting bagi bisnis yang Anda miliki.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Pemasaran konten dapat membantu meningkatkan brand awareness dengan memberikan informasi yang bermanfaat bagi audiens. Ini dapat dilakukan dengan membuat artikel blog, video, podcast, atau jenis konten lainnya yang relevan dengan minat audiens. Ketika audiens menemukan konten yang bermanfaat, mereka lebih cenderung untuk mengingat dan mempercayai brand Anda.

2. Menjadi Parameter untuk Optimasi SEO

Pemasaran konten juga dapat membantu meningkatkan traffic website dengan membuat konten yang relevan dengan kata kunci yang dicari audiens. Ketika audiens mencari informasi tentang produk atau layanan Anda, konten Anda akan muncul di peringkat teratas hasil pencarian. Hal ini dapat membantu menarik lebih banyak pengunjung ke website Anda dan meningkatkan konversi.

3. Meningkatkan Konversi Pelanggan

Pemasaran konten juga dapat membantu meningkatkan konversi pelanggan dengan memberikan informasi yang meyakinkan audiens untuk membeli produk atau layanan Anda. Ketika audiens menemukan konten yang bermanfaat dan informatif, mereka lebih cenderung untuk percaya pada brand Anda dan membeli produk atau layanan Anda.

4. Kebutuhan Investasi Jangka Panjang

Pemasaran konten adalah investasi jangka panjang yang dapat memberikan hasil yang lebih baik daripada iklan tradisional. Iklan tradisional hanya efektif untuk jangka pendek, sedangkan pemasaran konten dapat memberikan hasil yang lebih lama. Ini karena pemasaran konten dapat membantu membangun hubungan yang kuat dengan audiens dan menciptakan komunitas yang loyal terhadap brand Anda.

Pengertian Content Marketing

Content marketing adalah sebuah strategi marketing dalam membuat dan menyebarkan konten yang relevan, konsisten, dan juga berharga untuk menarik perhatian para audiens yang dituju. Namun content marketing tidak hanya sekadar membuat konten untuk para audiens saja, melainkan content marketing juga bertujuan untuk membangun relasi yang kuat dengan para audiens dalam jangka waktu yang lama.

Maka dari itu dalam membuat strategi content marketing, Anda harus membuat konten yang relevan agar tercipta perasaan butuh dari audiens yang akhirnya memimbulkan kedekatan emosi dengan content marketing yang Anda buat. Untuk menyikapi tren dan teknologi yang terus bergerak dinamis, berikut adalah content marketing yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam ide perencanaan strategi content marketing yang efektif dalam meningkatkan brand awareness serta menjual produk bisnis anda:

Contoh Content Marketing Berdasarkan Tren Saat Ini

Content marketing adalah kunci utama dalam membangun brand di era digital. Konten yang relevan, menarik, dan sesuai dengan tren saat ini dapat menarik perhatian dan mempertahankan audiens. Hal ini dapat membantu bisnis untuk membangun brand yang kuat dan menciptakan koneksi yang kuat dengan konsumen.

Ada banyak jenis konten yang dapat digunakan untuk content marketing, seperti blog post, artikel, e-book, video, podcast, dan infografis. Jenis konten yang paling efektif akan tergantung pada target audiens dan tujuan bisnis.

1. Konten Digital Marketing Pada Media Website

Strategi content marketing pertama yang dapat diterapkan untuk membangun brand awareness serta meningkatkan penjualan adalah melalui website. Perkembangan teknologi membawa pengaruh yang besar terhadap kebiasaan audiens, dan tren saat ini menyatakan bahwa orang lebih memanfaatkan media online untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.

Menurut data ketika orang-ornang menggunakan media online untuk mencari informasi, sekitar 70% audiens dari seluruh dunia menggunakan google dan sisanya menggunakan platform serch engine lainnya.

Bayangkan jika target pelanggan anda sedang mencari informasi yang mereka butuhkan, dan yang berhasil ditampilkan oleh google adalah produk dari bisnis perusahaan anda karena berhasil menempati posisi yang mudah dibaca oleh pengguna. Namun untuk mendapatkan posisi yang terbaik khususnya di google agar mudah dibaca oleh audiens, anda perlu berkompetisi dengan kompetitor yang sama-sama ingin menarik perhatian dari audiens.

Ada banyak contoh jenis konten yang dapat ditampilkan pada halaman hasil pencarian khususnya google:

  • Featured snippet
  • Image pack / foto
  • In-depth article
  • Local pack
  • Local teaser
  • News box
  • Reviews
  • Site-link
  • Video
  • Ads top
  • Ads bottom
  • Knowledge card
  • Knowledge panel
  • Related question and answer
  • Shopping result
  • Tweet

Dari sekian banyak jenis informasi yang dapat ditampilkan oleh google, baik secara gratis maupun berbayar, jenis konten yang paling sering dijumpai adalah berupa blog atau artikel dari sebuah halaman website. Hal ini mungkin karena jenis konten blog menjadi paling mudah untuk dioptimasi agar sesuai dengan informasi yang sedang diinginkan oleh target pelanggan.

Namun anda tetap perlu juga untuk fokus pada jenis konten lainnya selain blog atau artikel. Karena tujuan yang paling penting dari pembuatan content marketing khususnya di dunia digital adalah untuk memberikan layan terbaik dan berkualitas dalam membantu menyediakan informasi yang sedang audiens butuhkan.

Baca juga: Mengenal Strategi Content Marketing Untuk Website

banner

2. Content Marketing Melalui Media Video

Youtube dan tiktok saat ini menjadi platform yang paling banyak digunakan untuk menyebarkan jenis konten digital marketing yang memanfaatkan video, konten tersebut biasanya adalah berisikan:

  • Informasi atau review dari sebuah produk atau jasa
  • Comparison atau perbandingan dari satu produk dengan produk lainnya
  • Edukasi, tips, tutorial dan informasi lainnya yang memilki manfaat untuk menambah pengetahuan bagi penggunanya
  • Content marketing yang dibungkus dalam hiburan dan mengikuti hype atau tren biasanya paling banyak diminati
  • Konten yang disiarkan secara langsung. Untuk fitur live dapat digunakan di berbagai platform seperti youtube, instagram, tiktok, maupun yang lainnya

3. Content Marketing Melalui Media Gambar

Instagram saat ini menjadi salah satu platform yang paling umum digunakan untuk menjalankan strategi pemasaran online yang memanfaatkan gambar, konten tersebut biasanya adalah berisikan:

  • Memiliki visual yang menarik perhatian audiens
  • Isi konten yang mudah diterima audiense
  • Update dengan trend yang sedang banyak dibicarakn oleh audiense
  • Informasi tentang produk atau jasa
  • Informasi tentang promosi atau diskon, memberikan hadiah atau give away

Itulah beberapa contoh content marketing yang dapat dijadikan sebagai ide dalam pembuatan konten yang menarik perhatian audiens. Jika anda ingin sukses dalam membuat dan menjalankan strategi pemasaran, berikut tips-tipsnya:

  • Memahami apa yang audiens butuhkan, inginkan, serta platfrom mana yang paling sering digunakan
  • Membantu menjawab kebutuhan audiens dengan informasi yang berkualitas
  • Jangan sampai audiens atau pelanggan kesulitan dalam menemukan akun, brand, produk, atau jasa anda
  • Menciptakan hubungan yang baik, contohnya ketika pelanggan anda merasa nyaman dengan konten, layanan, serta tampilan atau pengalaman yang anda sampaikan
  • Lakukan evaluasi secara berkala dengan optimisasi konten yang memiliki kemungkinan mendatangkan pengunjung

Baca juga: Content Marketing Strategy di Search Engine

Apakah Anda tertarik untuk meningkatkan content marketing? Hubungi dan jadwalkan konsultasi dengan kami segera untuk mulai meningkatkan visibilitas bisnis bersama ToffeeDev sebelum pesaing bisnis Anda melakukannya!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat