5 Strategi Efektif Demi Tingkatkan Customer Experience

Sudah bukan rahasia jika customer experience adalah hal yang sangat penting bagi bisnis dan perusahaan. Setiap bisnis dan perusahaan akan berjuang untuk bisa meningkatkan customer experience karena ini menjadi salah satu pembeda utama dengan para pesaing. Oleh karena itu, meningkatkan pengalaman klien harus menjadi fokus utama untuk membuat bisnis dan perusahaan Anda menonjol. Lalu seperti apakah strategi efektif untuk meningkatkan customer experience Anda?

Apa itu Customer Experience?

Customer experience adalah kesan yang dimiliki pelanggan terhadap brand/bisnis/perusahaan Anda secara keseluruhan di seluruh aspek jurnal pelanggan. Hal ini menghasilkan pandangan mereka tentang Anda dan mempengaruhi faktor-faktor yang terkait banyak hal, termasuk pendapatan.

Pengalaman pelanggan yang positif sangat penting untuk kesuksesan bisnis Anda, karena pelanggan yang bahagia adalah orang yang cenderung menjadi pelanggan setia yang dapat membantu meningkatkan pendapatan.

Strategi Meningkatkan Customer Experience

Berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk semakin meningkatkan customer experience.

1. Memberikan layanan pelanggan yang unggul

Customer experience  harus berfokus pada pelanggan, bukan berfokus pada perusahaan. Untuk meningkatkan pengalaman mereka, Anda perlu mengevaluasi setiap saat pelanggan berinteraksi dengan perusahaan. Perusahaan yang berpusat pada pelanggan 60% lebih menguntungkan daripada perusahaan yang tidak berfokus pada pelanggan. Seperti yang sudah disampaikan di atas, pelanggan yang bahagia akan menciptakan kabar positif tentang Anda. 

2. Mendengarkan feedback pelanggan

Menarik perhatian pelanggan adalah salah satu tujuan utama setiap bisnis. Namun apakah Anda mengetahui bahwa usaha yang selama ini dilakukan memberikan hasil yang diharapkan? Jika Anda dapat memahami seperti apa persepsi pelanggan tentang brand/bisnis/perusahaan, maka Anda dapat memberi mereka customer experience yang lebih baik. Mengumpulkan, menganalisis, dan menerapkan feedback harus menjadi proses untuk meningkatkan pengalaman pelanggan tersebut. Ada banyak saluran yang bisa digunakan, seperti live chat, forum, atau sosial media.

3. Jaga agar brand message Anda jelas

Salah satu cara untuk meningkatkan customer experience adalah dengan memeriksa pesan yang ingin Anda sampaikan. Brand message yang jelas mengacu pada proposisi nilai dan bahasa yang digunakan dalam kegiatan bisnis Anda.

Jika pesan tidak jelas, pengunjung mungkin akan bingung dan bisa menolak untuk berinteraksi dengan brand Anda. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui target audiens dan mengatur pesan yang sesuai. Beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk menjaga pesan tetap jelas:

  • Komunikasikan layanan atau produk apa yang dijual perusahaan Anda.
  • Pastikan nilai yang ingin diberikan mampu menyampaikan dan memberikan dampak positif bagi kehidupan mereka.
  • Pertahankan fokus utama dari pesan merek Anda.

4. Anjurkan tim Anda untuk bekerja ekstra

Customer experience yang luar biasa bisa membuat pelanggan datang kembali sambil menyebarkan berita tentang pengalaman mereka. Salah satu cara untuk memastikan pelanggan Anda benar-benar puas adalah dengan memberi karyawan sumber daya dan otoritas untuk memenuhi pelayanan terbaik. Memberdayakan karyawan Anda untuk melakukan yang terbaik bagi pelanggan akan menghindari pengalaman negatif.

5. Menerapkan program loyalitas pelanggan

Hal ini terlihat sangat sederhana, tawarkan layanan pelanggan yang hebat, dan Anda akan bisa mendapatkan kesetiaan pelanggan. Pelanggan yang sudah lama berhubungan dengan Anda juga menandakan adanya peningkatan referral, oleh karena itu loyalitas pelanggan sangat penting. Program loyalitas pelanggan yang baik dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan dalam pendapatan untuk bisnis sekaligus meningkatkan pengalaman pelanggan. Ciptakan program yang bernilai untuk pelanggan setia Anda.Satu hal lagi yang bisa meningkatkan customer experience adalah website yang berkualitas dan mudah untuk diakses. Buat web perusahaan atau bisnis Anda bersama jasa pembuatan website profesional ToffeeDev. Kunjungi website kami sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat