5 Strategi Customer Retention Untuk Peningkatan Profit

Pada dasarnya lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan yang akan melakukan pembelian berulang daripada mencari pelanggan baru. Ini berlaku untuk banyak bisnis. Kapan terakhir kali Anda mencari cara untuk bisa kembali melibatkan pelanggan agar mereka kembali? Jika jawaban Anda belum pernah, maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk membangun strategi customer retention yang efektif untuk bisa menarik kembali pelanggan yang pernah berinteraksi dengan Anda. Mari kita lihat bagaimana cara memulainya.

Apa itu Customer Retention?

Customer retention  adalah kumpulan aktivitas yang akan berusaha meningkatkan jumlah pelanggan tetap dan meningkatkan profitabilitas setiap pelanggan yang sudah ada. Strategi ini akan bisa memungkinkan Anda untuk memberikan dan mengekstrak nilai lebih dari basis pelanggan yang sudah Anda miliki sebelumnya. Anda ingin memastikan pelanggan yang telah lama bersama Anda untuk bisa mendapatkan tetap pengalaman pelanggan yang baik, terus mendapatkan nilai dari produk Anda, dan tetap setia dengan Anda.

Bisa dikatakan bahwa retensi adalah bagaimana Anda membangun hubungan pelanggan dan memaksimalkan nilai yang akan bisa didapatkan masing-masing pelanggan. Untuk bisa berhasil dalam hal ini, ada beberapa bentuk strategi customer retention yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini.

Strategi Customer Retention yang Bermanfaat Untuk Anda

Berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa membantu Anda dalam menjaga ataupun meningkatkan customer retention.

1. Meningkatkan Customer Support Anda

Berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan dan memberikan support terbaik akan semakin bisa memantapkan customer retention Anda. Memiliki saluran komunikasi yang baik akan dapat mengubah pertanyaan pelanggan menjadi penjualan atau keluhan pelanggan menjadi solusi, entah itu melalui email atau media sosial. Seringkali, keluhan atau masalah yang diselesaikan secara efektif dapat mengubah pelanggan yang tidak bahagia menjadi pelanggan setia yang berulang. 

2. Mulai Program Loyalitas Pelanggan

Program loyalitas biasa disebut juga sebagai program customer retention. Hal ini adalah cara yang efektif untuk meningkatkan frekuensi pembelian karena memotivasi pelanggan untuk lebih sering membeli untuk bisa mendapatkan hadiah atau keuntungan lainnya. Pelanggan akan bisa mendapatkan nilai lebih setiap kali berbelanja dan Anda mendapatkan keuntungan dari pembelian berulang mereka.

3. Kirim Email yang Menarik ke Pelanggan

Jika frekuensi pembelian adalah hal yang sangat penting dalam customer retention, email marketing akan menjadi bagian penting untuk customer engagement sekaligus cara untuk membangun retensi. Email bisa memberi Anda kesempatan untuk terus membangun hubungan dengan pelanggan. Bisa dari sebelum atau setelah pembelian awal mereka. Sangat penting bahwa setiap pesan yang Anda kirim menambah nilai pada untuk para pelanggan. Jika tidak, Anda akan bisa kehilangan mereka.

4. Tawarkan Diskon Untuk para Pelanggan

Ketika diskon diberikan untuk pembelian pertama kali, para pelanggan akan benar-benar menyukainya! Mengirimkan kode diskon untuk pembelian berikutnya setelah melakukan pembelian pertama adalah cara yang bagus untuk mendorong pelanggan untuk kembali. Karena alasan ini, diskon juga bisa menjadi cara yang efektif untuk menarik kembali pelanggan yang sudah lama tidak membeli.

5. Bangun Kepercayaan Melalui Hubungan

Bisnis yang sukses dibangun di atas kepercayaan. Ketika dua atau lebih orang terlibat dalam bisnis dan tidak adanya kepercayaan, bisnis akan mati. Melihat betapa pentingnya kepercayaan bagi bisnis Anda, secara sadar Anda akan melakukan upaya untuk membangun kepercayaan. Saat memulai hubungan dengan pelanggan baru dan yang sudah ada, Anda memberi mereka kesempatan untuk mempercayai bisnis ini. Manfaatkan data perilaku pelanggan untuk memberikan nilai yang sangat besar pada produk Anda. Dengan begitu, mereka akan terus menerima rekomendasi Anda.Seperti itulah strategi customer retention yang bisa Anda lakukan. Beberapa hal lagi yang bisa membantu Anda adalah website yang berkualitas dan mudah untuk diakses serta mudahnya bisnis Anda ditemukan di Google. Buat web perusahaan atau bisnis Anda bersama jasa pembuatan website profesional ToffeeDev, dan terapkan strategi SEO bersama pakar SEO kami. Kunjungi website kami sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat