Pengertian Digital Branding, Tujuan, Manfaat, dan Tips Melakukannya

Pengertian Digital Brandin

Digital branding adalah salah satu aspek penting dalam pemasaran produk. Apalagi di era digital ini, membangun identitas bisnis secara online dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Mengingat sebagian besar calon konsumen mengakses internet untuk berbelanja maupun mencari berbagai informasi.

Bagi Anda yang baru memulai atau sedang menjalankan bisnis, penting untuk membangun strategi digital branding supaya memiliki jangkauan konsumen yang luas. Namun, sebelum itu pahami dulu apa arti digital branding berikut dengan tujuan, manfaat, dan tips digital branding yang ampuh untuk bisnis Anda.

Apa Itu Digital Branding?

Untuk memahami digital branding, kenali terlebih dahulu apa itu branding. Branding merupakan upaya yang dilakukan untuk membuat bisnis dikenal publik. Branding biasanya ditampilkan dalam bentuk desain, kalimat, atau ide yang mudah diingat oleh publik. Istilah ini biasanya dikenal sebagai brand messaging.

Digital branding merupakan salah satu strategi membangun atau mendesain brand secara online melalui berbagai platform digital, seperti website, aplikasi, media sosial, email marketing, search engine ads, dan lain sebagainya. Dalam dunia digital marketing, branding menjadi salah satu cara pemasaran yang efektif untuk menyampaikan visi dan misi serta nilai produk. Digital branding juga bermanfaat untuk membangun koneksi dengan konsumen.

Selain itu, memaksimalkan digital branding dapat membantu Anda menjalankan strategi bisnis dengan baik, terutama dalam mempromosikan produk atau penawaran khusus seperti diskon, potongan harga, dan paket bundling lainnya.

Baca Juga: Search Engine Marketing: Pengertian & Fungsi Untuk Bisnis

Tujuan Digital Branding

Tujuan utama digital branding yaitu membangun image sebuah brand dan fokus membangun hubungan yang erat dengan konsumen. Meskipun digital branding bagian dari aspek marketing, tetapi cara kerja digital branding ini tidak terlihat seperti sedang menjual sebuah produk.

Keberhasilan membangun digital branding akan membawa dampak positif bagi sebuah bisnis, salah satunya meningkatkan omzet penjualan dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Contoh penerapan digital branding yaitu menghadirkan sebuah website atau akun media sosial yang nyaman untuk  digunakan. 

4 Manfaat Digital Branding

Digital branding adalah cara yang tepat untuk membangun identitas bisnisjangka panjang. Sebab, digital branding memiliki banyak manfaat dalam mengembangkan bisnis Anda. Berikut ini beberapa manfaat dari digital branding untuk bisnis.

Manfaat Digital Branding

1. Membangun Interaksi dengan Pelanggan

Berinteraksi dengan pelanggan menjadi salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Ada berbagai strategi branding yang dapat Anda lakukan, contohnya dengan membuat konten interaktif, mengadakan kuis dan giveaway, dan membuat konten storytelling. Upaya membangun interaksi ini dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

2. Membuat Brand Mudah Diingat

Digital branding identik dengan ciri khas atau identitas visual dari sebuah bisnis. Nah, ciri khas ini yang kemudian membekas di ingatan target pasar. Ciri khas brand dapat berupa pembuatan logo dengan bentuk dan warna yang unik, bentuk font, hingga gaya bahasa yang digunakan saat promosi. Ciri khas ini yang kemudian menjadi pembeda dengan bisnis lain dalam industri serupa.

Baca Juga: 5 Cara Membangun Brand Anda di Dunia Digital

3. Memperluas Jaringan

Digital branding akan membantu Anda memperluas jangkauan konsumen. Apalagi kalau Anda menggunakan berbagai platform digital dalam mempromosikan produk. Bahkan peluang kolaborasi dengan bisnis lain sangat mungkin terjadi. Jadi, maksimalkan digital branding dalam memperluas koneksi dan jaringan bisnis Anda.

4. Memviralkan Bisnis Anda

Di era sekarang menjadi viral adalah hal yang biasa. Meski tidak sepenuhnya direncanakan, bisnis Anda memiliki kesempatan untuk viral. Dalam hal ini, Anda perlu konsisten membuat dan memposting konten yang unik dan kreatif sebanyak mungkin. Semakin besar upaya Anda dalam memopulerkan bisnis, maka semakin besar juga kesempatan untuk viral.

banner

6 Tips Digital Branding untuk Bisnis Online Anda

Membangun digital branding yang menarik minat konsumen akan terasa mudah kalau Anda memahami kebutuhan konsumen. Mulai dari kenyamanan saat mengakses website hingga kemudahan dalam mencari informasi produk. Berikut ini tips menerapkan digital branding untuk kemudahan bisnis online Anda.

Tips-Digital-Branding

1. Membuat Logo

Logo merupakan sebuah gambar yang mewakili brand Anda dan harus mudah diingat oleh konsumen. Logo yang Anda buat harus merepresentasikan nilai-nilai bisnis, produk, dan target audiens. Tidak perlu mencolok, karena logo yang baik akan meninggalkan kesan dan mudah diingat. 

Baca JugaKenapa Bisnis Anda Membutuhkan Logo?

2. Membuat Website Bisnis

Pada umumnya, website bisnis menjadi tempat konsumen mencari tahu lebih banyak tentang produk yang ditawarkan. Informasi di website setidaknya mencakup informasi umum produk, jam kerja pelayanan, alamat, dan testimoni. 

Terdapat beberapa ciri-ciri website yang efektif, diantaranya memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dinavigasi, menjaga konsistensi brand dengan skema warna yang tetap, dan setiap halaman memberikan informasi yang ringkas dan padat.

3. Optimasi Search Engine Optimization (SEO)

SEO (Search Engine Optimization) dapat memastikan brand Anda mudah ditemukan di mesin pencari. Untuk mengoptimasi konten SEO, Anda bisa menggunakan berbagai tools seperti Ahrefs, Ubersuggest, dan Keyword Tool untuk menemukan keyword atau kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Keyword tersebut dapat dijadikan acuan dalam membuat artikel. Artikel yang dibuat dapat membahas berbagai informasi produk, serta tips dan trik.

4. Memanfaatkan Peran Media Sosial

Saat ini hampir semua orang memiliki sosial media, seperti Instagram, Facebook, dan Tiktok. Anda dapat memanfaatkan peran sosial media untuk digital branding agar menarik lebih banyak pelanggan. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengoptimasi konten di sosial media yaitu waktu posting, jenis konten, dan gaya bahasa yang digunakan.

Baca Juga: Pentingnya Branding Bagi Bisnis Online

5. Menerapkan Strategi Influencer Marketing

Anda juga bisa mencoba strategi influencer marketing untuk meningkatkan peluang keberhasilan strategi digital branding. Hanya saja, Anda harus memilih seorang influencer yang sesuai dengan identitas brand yang ingin dihadirkan kepada target pasar, bukan sekadar jumlah followers mereka. Strategi influencer marketing yang efektif akan membuat target pasar lebih mudah mengingat identitas bisnis Anda.

Baca Juga: 13 Cara Memperkenalkan Produk Baru Agar Cepat Dikenal Konsumen

6. Menerapkan Content Marketing

Saat ini tidak cukup hanya mengandalkan iklan sebagai strategi marketing. Anda dapat melakukan pemasaran dengan membuat content marketing. Apabila digital marketing fokus pada pada penjualan, digital branding fokus pada pembuatan konten untuk berkomunikasi dengan konsumen. Hal ini dapat membantu membangun kepercayaan antara brand dengan konsumen.

Bagaimana, apakah Anda sudah memahami apa itu digital branding beserta tujuan dan manfaatnya? Digital branding adalah strategi marketing yang terbukti efektif dalam membangun ikatan dengan konsumen untuk meningkatkan omzet penjualan. 

Proses membangun digital branding tidak bisa dilakukan sendiri, Anda memerlukan bantuan lain yang memahami digital marketing dan brand message secara menyeluruh. ToffeeDev sebagai agensi digital marketing dapat membantu mengembangkan bisnis Anda dengan berbagai cara, seperti optimasi SEO, memasang display ads, dan membuat konten marketing. Hubungi kami secara langsung untuk informasi lebih lanjut. 

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top
WhatsApp chat