Search Engine Marketing: Pengertian & Fungsi Untuk Bisnis

Search Engine Marketing Adalah Strategi Bisnis

Traffic yang melimpah dalam waktu yang cepat merupakan hal yang tentu saja Anda inginkan ketika menjalankan sebuah strategi digital marketing. Hal ini bisa Anda capai menggunakan Search Engine Marketing (SEM), dan tentu saja dengan budget yang cukup. 

Search Engine Marketing adalah sebuah strategi yang digunakan untuk mengoptimalkan website Anda. Anda dapat memperoleh posisi yang kuat di berbagai mesin pencari, terutama pada Google. Web traffic melimpah akan menghasilkan lebih banyak potensi terjadinya transaksi dan bertambahnya pelanggan baru.

Namun apa itu Search Engine Marketing? Dan apa yang membedakannya dari SEO?

Search Engine Marketing Adalah

Pengertian Search Engine Marketing

Search Engine Marketing adalah sebuah strategi yang digunakan untuk mengoptimalkan website Anda. Hampir mirip dengan SEO, tetapi ada satu hal besar yang menjadi perbedaan antara keduanya, yaitu biaya. SEO sangat dikenal dengan hasil organiknya yang didapatkan dengan gratis, sedangkan SEM akan berbayar.

Namun Apakah Anda harus menggunakan SEO atau SEM? Atau keduanya? Semuanya tergantung dari pilihan Anda, namun akan lebih baik jika Anda memanfaatkan keduanya untuk keberhasilan marketing bisnis Anda. SEO berfungsi untuk mendatangkan trafik untuk jangka panjang ke website bisnis Anda, sedangkan SEM berfungsi untuk mendorong konversi.

Salah satu platform yang bisa Anda manfaatkan adalah Google Adwords. Anda bisa mendaftar akun Google Adwords terlebih dahulu, lalu memilih keyword apa saja yang ingin Anda gunakan. Jangan lupa untuk meriset keyword yang ingin Anda gunakan, karena riset keyword adalah kegiatan yang penting dilakukan dalam SEM. Dengan keyword yang tepat, strategi SEM yang Anda lakukan dapat berhasil dengan baik.’

Google juga pernah menyatakan bahwa ads atau SEM akan lebih stabil jika dibandingkan dengan berbagai teknik digital marketing sejenisnya. SEO akan selalu mengalami perubahan algoritma secara terus-menerus yang tidak bisa diprediksi. Dengan ads, Anda bisa menghindari hal-hal yang tidak pasti seperti ini.

Banner Ads - General 2

Fungsi Search Engine Marketing 

SEM memiliki fungsi yang bisa memberikan Anda berbagai macam keuntungan menarik untuk website Anda. Berikut fungsi-fungsi yang bisa Anda dapatkan: 

1. Menghasilkan Traffic Website

SEM memiliki tujuan utama untuk meningkatkan lalu lintas situs web dengan menggunakan iklan berbayar, seperti Google Ads dan lainnya. Hal ini kemudian membawah bisnis untuk dapat menargetkan kata kunci yang paling relevan dengan produk atau layanan mereka. 

Selain SEO, SEM bisa membantu Anda untuk meningkatkan traffic dari website. Halaman website Anda akan berada di posisi atas dari mesin pencari. Sehingga kemungkinan untuk orang-orang membuka website Anda semakin tinggi.

2. Meningkatkan Konversi

Setelah Anda berhasil mendatangkan lalu lintas, fokus berikutnya adalah bagaimana mengubah pengunjung menjadi pelanggan, dan inilah alasan mengapa penting untuk mengoptimalkan konversi. 

Semakin banyaknya orang-orang yang mengunjungi website Anda, tentu akan meningkatkan peluang terjadinya konversi dalam website Anda. SEM akan menargetkan kata kunci yang lebih spesifik untuk bisa menarik minat orang-orang untuk melakukan konversi di website Anda.

Banner Ads - Ebook 2

3. Menjangkau Pelanggan Lokal

Bagi bisnis lokal, SEM merupakan alat yang sangat efektif untuk menjangkau pelanggan di wilayah tertentu. Maka, pelanggan lokal akan memiliki peluang yang lebih tinggi untuk melakukan konversi. SEM akan memungkinkan Anda menargetkan audiens yang dekat dengan Anda. Bila Anda memiliki toko fisik, SEM akan menjadi langkah tepat untuk mengiklankan bisnis Anda ke penduduk lokal. 

Baca Juga: Retargeting Ads? Jangan Lupa Terapkan SEO Untuk Traffic

4. Meningkatkan Brand Awareness

Kesadaran merek adalah elemen kunci dalam membangun citra bisnis yang kuat. Memastikan merek Anda muncul di halaman utama, baik melalui iklan berbayar maupun peringkat organik, akan dapat membentuk kepercayaan dan kesan positif di benak pengguna. 

Selain meningkatkan traffic website, SEM juga bisa membantu Anda untuk meningkatkan brand awareness. Peringkat yang tinggi di mesin pencari akan semakin memudahkan orang untuk melihat dan menemukan website Anda. Sehingga orang-orang akan semakin sadar dan ingat dengan brand yang kita miliki. 

Bagaimana Memilih Layanan Search Engine Marketing yang Tepat untuk Bisnis Anda 

Bagaimana Memilih Layanan Search Engine Marketing yang Tepat untuk Bisnis Anda 

Melihat manfaatnya, tentu menggunakan strategi SEM pada bisnis Anda merupakan pilihan yang tepat. Namun, sebelum memilih layanan SEM, ada beberapa faktor penting yang perlu diperitmbangkan. 

1. Evaluasi Tujuan Bisnis Anda

Sebelum memilih layanan SEM, pahami dengan jelas tujuan bisnis Anda. Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan, meningkatkan kesadaran merek, atau mengarahkan lalu lintas ke situs web? Pemahaman yang baik akan memudahkan Anda untuk memilih strategi SEM yang sesuai untuk mencapai hasil yang diinginkan. 

Misalnya, kampanye berorientasi penjualan mungkin memerlukan fokus pada iklan berbayar, sementara kampanye untuk meningkatkan kesadaran merek dapat mencakup kombinasi antara iklan berbayar dan SEO.

2. Tentukan Anggaran Anda 

Tetapkan anggaran yang realistis untuk kampanye SEM Anda. Hal ini termasuk mencakup biaya iklan berbayar dan potensi biaya untuk layanan pemasaran digital tambahan. Pertimbangkan bahwa investasi dalam SEM dapat memberikan hasil yang signifikan, tetapi penting untuk menetapkan anggaran yang sesuai dengan kapasitas keuangan bisnis Anda. Penetapan anggaran yang jelas akan menghindari pemborosan dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya pada bisnis Anda.

3. Pertimbangkan Jenis Layanan yang Ditawarkan

Tinjau jenis layanan yang ditawarkan oleh penyedia SEM. Apakah mereka fokus pada iklan berbayar, SEO, atau keduanya? Untuk itu, pilihlah layanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Misalnya, jika situs web Anda membutuhkan peningkatan visibilitas segera, iklan berbayar mungkin menjadi pilihan yang baik. Namun, jika Anda lebih berfokus pada pertumbuhan jangka panjang dan keberlanjutan, strategi SEO mungkin lebih cocok.

Baca Juga: ‘Content Marketing Strategy di Search Engine

4. Periksa Pengalaman dan Reputasi Provider 

Sebelum memutuskan penyedia SEM, periksa pengalaman dan reputasi mereka. Tinjau portofolio klien sebelumnya dan hasil kampanye yang mereka lakukan. Selain itu, baca juga ulasan pelanggan untuk mendapatkan wawasan tentang kepuasan klien mereka. Pengalaman dan reputasi yang baik adalah indikator kuat bahwa penyedia tersebut memiliki pemahaman yang baik tentang pemasaran digital dan dapat memberikan layanan berkualitas.

Banner Ads - Lead Gen 2

5. Pertimbangkan Fitur dan Fungsionalitas 

Langkah terakhir adalah memastikan penyedia SEM menyediakan fitur dan fungsionalitas yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Ini dapat mencakup alat analisis kata kunci, pemantauan kinerja kampanye secara real-time, dan pelaporan berkala. 

Selain itu, pertimbangkan kemampuan untuk menyesuaikan strategi sesuai dengan perubahan pasar dan tren industri. Fleksibilitas dalam mengelola kampanye SEM dapat menjadi faktor kunci untuk keberhasilan jangka panjang. 

SEM adalah strategi yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan hasil dengan cepat, terlebih jika Anda memiliki budget yang cukup untuk melakukannya. Akan ada berbagai macam fungsi yang bisa membantu bisnis Anda, terutama meningkatkan konversi. Namun akan lebih maksimal jika Anda menggunakan SEO dan SEM secara bersamaan. 

Sementara itu, jika Anda ingin mencari dukungan dalam menerapkan strategi SEM dan strategi pemasaran digital lainnya, ToffeeDev sebagai digital marketing agency dapat menjadi mitra yang andal. 

Dalam hal ini, ToffeeDev menawarkan berbagai layanan, termasuk SEO dan SEM yang dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis. Bersama dengan tim yang berpengalaman dan berfokus pada hasil, ToffeeDev berkomitmen untuk membantu Anda memaksimalkan potensi online, serta memberikan layanan yang tidak hanya efektif, tetapi juga disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Segera konsultasikan kebutuhan digital marketing Anda dengan ToffeeDev. 

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top