6 Cara Membuat Vlog untuk Pemula

cara membuat vlog

Vlog atau video blog adalah salah satu jenis konten audiovisual. Biasanya, vlog memuat rekaman video kegiatan sehari-hari seseorang dan cukup populer di media sosial terutama pada platform berbagi video seperti YouTube. Tujuannya tentu untuk berbagi konten menarik sehingga bisa meningkatkan jumlah views dan subscribers. Apakah Anda juga tertarik mengetahui cara membuat vlog?

Baca Juga : Apa Itu Vlog? Bagaimana Sejarah Singkatnya?

Rangkaian Cara Membuat Vlog

Cara membuat vlog sebenarnya tidak sulit. Kunci utamanya terletak pada niat dan konsistensi. Jika Anda memang memiliki niat dan tidak ragu untuk memulai, maka membuat konten video blog pun tidak sulit. Namun, bagi Anda yang memang benar-benar awam dengan pembuatan video, simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Tentukan jenis konten

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan konten vlog yang ingin dibuat. Saat ini, ada banyak sekali konten vlog yang bertebaran di platform YouTube, mulai dari travel vlog, vlog kuliner, hingga vlog tentang unboxing suatu produk.

Tentu tidak ada salahnya untuk mencoba setiap jenis konten vlog. Namun, ada baiknya Anda fokus pada satu jenis konten saat baru memulai. Tujuannya agar viewers bisa mudah mengenali channel Youtube Anda. Selain itu, channel yang konsisten pada satu jenis konten juga bisa menghadirkan ciri khas unik.

2. Melakukan Riset Audiens

Dalam membuat vlog Anda harus mengetahui jenis audience yang akan Anda target. Seperti, food vlogger akan banyak membuat konten video makanan dari review makanan sampai dengan rekomendasi tempat makan menurut content creator tersebut. Begitu juga pun pada beauty vlogger. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan riset dan analisis jenis viewer yang Anda inginkan yang mana nantinya akan menjadi subscribers di channel Youtube Anda.

3. Investasi pada alat

Salah satu faktor yang memengaruhi jumlah viewers adalah kualitas video. Konten vlog dengan kualitas jernih akan memiliki jumlah viewers lebih banyak. Sebaliknya, vlog yang kualitas gambarnya jelek akan sulit mendapatkan viewers. Kualitas gambar yang buruk akan membuat viewers kesulitan menangkap pesan yang ingin Anda sampaikan.

Itulah kenapa cara membuat vlog juga tidak terlepas dari peralatan yang digunakan. Sebagai seorang vlogger, penting bagi Anda untuk berinvestasi pada peralatan. Anda bisa memulai dengan alat perekam sederhana seperti handphone. Namun, dalam jangka panjang, sebaiknya lakukan peningkatan. Sisihkan uang Anda untuk membeli kamera profesional, microphone, hingga stabilizer untuk hasil vlog yang lebih baik.

Jasa SEO

4. Belajar dari content creator lain

Jika Anda sudah menentukan jenis konten yang akan dibuat, sekarang waktunya mencari inspirasi. Coba perhatikan content creator lain yang punya jenis konten serupa. Lihat mana vlog yang paling banyak ditonton dan temukan apa yang membuat konten tersebut populer. Dari channel Youtube yang dimiliki oleh content creator tersebut dapat diperhatikan hal-hal seperti thumbnail yang dipakai, jenis kamera, editing, captions dan hal-hal lainnya dalam vlog.

Anda tidak harus 100% meniru konten populer tersebut. Cari tahu saja apa kelebihan yang ditawarkan. Dari situ, Anda tentu bisa merumuskan formula untuk membuat vlog yang populer. Pelajari juga tren dan minat penonton, kira-kira konten seperti apa yang sedang diminati oleh banyak orang. 

Baca Juga : Content Creator: Pengertian, Kemampuan dan Prospek Kerjanya

5. Proses pengambilan gambar

Sekarang masuk dalam tahap pengambilan gambar. Bisa dibilang inilah tahap paling menantang dalam cara membuat vlog untuk pemula. Perhatikan pencahayaan gambar, narasi video, hingga sudut pengambilan gambar.

Setelah selesai mengambil gambar, Anda bisa masuk tahap editing. Saat ini, sudah ada banyak software atau aplikasi yang bisa digunakan, Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika menggunakan handphone untuk mengambil gambar, Anda bisa memakai aplikasi seperti Power Director. Pengguna Windows bisa menggunakan After Effect, sedangkan pengguna Mac bisa menggunakan iMovie.

6. Optimasi konten

Terakhir, unggah konten vlog Anda ke platform yang ingin dituju seperti YouTube. Jika sudah mengunggah konten, sebaiknya Anda melakukan optimasi konten. Apa itu optimasi konten? Optimasi konten memungkinkan video Anda untuk lebih mudah ditemukan oleh pengguna.

Langkah pertama untuk optimasi konten adalah dengan mengunggah konten secara rutin. Pastikan juga video yang Anda unggah memiliki resolusi baik dan menggunakan keyword yang tepat. Terakhir, kumpulkan lebih banyak subscribers agar channel Anda memiliki traffic dan engagement yang baik.

Baca Juga : Cara Menambah Viewer YouTube Agar Makin Populer

Demikian pembahasan mengenai cara membuat vlog. Semoga cara-cara tersebut dapat membantu para vlogger pemula untuk membuat konten yang berkualitas dan tentunya bisa menarik banyak viewers. Pada awalnya, mungkin Anda akan banyak melakukan trial-error untuk mengetahui konten seperti apa yang disukai target audiens. Tidak apa-apa, tetaplah konsisten mencoba hingga Anda menemukan ciri khas vlog Anda sendiri.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Follow Us

Scroll to Top