8 Contoh Konten Interaktif Instagram, Tingkatkan Keterlibatan Pelanggan

contoh konten interaktif instagram

Dalam era digital yang penuh dengan informasi, menciptakan konten yang dapat menarik perhatian pengguna menjadi tantangan yang makin besar. Di antara berbagai platform media sosial, Instagram tetap menjadi salah satu yang paling populer. Bagaimana kita bisa memastikan bahwa konten yang kita bagikan tidak hanya dilihat, tetapi juga berinteraksi? Jawabannya terletak pada penerapan konten interaktif.

Dalam artikel ini, ToffeeDev akan memberi contoh konten interaktif Instagram, mengapa itu penting, dan menyajikan langkah-langkah yang tepat sebelum membuat konten interaktif tersebut. Simak sampai habis artikel di bawah ini!

Apa itu Konten Interaktif?

Konten interaktif adalah pendekatan dalam pemasaran digital yang memungkinkan pengguna untuk terlibat secara aktif dan langsung dengan konten yang mereka konsumsi. Lebih dari sekadar menyajikan informasi secara pasif, konten interaktif mendorong pengguna untuk berpartisipasi, memberikan respons, dan merasa lebih terlibat dalam pengalaman tersebut.

Banner Ads - General 2

Mengapa Konten Interaktif Penting di Instagram?

Pentingnya konten interaktif bagi pebisnis tidak dapat diabaikan. Pertama-tama, konten interaktif menciptakan hubungan yang lebih erat antara merek dan audiens. Melalui kesempatan pengguna untuk berpartisipasi, merek dapat membangun rasa kepemilikan dan identifikasi yang kuat dengan produk atau layanan mereka.

Selain itu, konten interaktif dapat meningkatkan visibilitas merek di platform sosial seperti Instagram. Algoritma Instagram cenderung memberikan preferensi kepada konten yang mendapatkan lebih banyak interaksi dan partisipasi pengguna. Oleh karena itu, konten interaktif yang mendapatkan lebih banyak like, comment, atau share lebih mungkin muncul di feed pengguna Instagram.

Keterlibatan yang meningkat juga berkontribusi pada peningkatan brand awareness. Saat pengguna berinteraksi dengan konten, mereka lebih cenderung untuk berbicara tentangnya atau berbagi konten tersebut dengan teman-teman mereka. Ini menciptakan efek viral yang dapat membantu merek mencapai audiens yang lebih luas.

Baca Juga: Apakah Design Mempengaruhi Reach di Instagram Ads? 

Contoh Konten Interaktif Instagram

Contoh Konten Interaktif Instagram

Berikut delapan contoh konten interaktif Instagram yang dapat Anda kembangkan lagi untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan.

1. Membuat Polling

Polling memberikan kesempatan bagi merek untuk mendapatkan wawasan langsung dari pengikut mereka dan menciptakan rasa kepemilikan dan partisipasi. Sebagai contoh, sebuah toko pakaian ingin melibatkan pengikut dalam proses desain. toko ini membuat polling di Instagram stories dengan pertanyaan, “Warna apa yang ingin Anda lihat pada koleksi berikutnya?” 

Setelah itu, pengikut diberikan opsi warna yang berbeda, dan mereka dapat memilih warna favorit mereka. Hasil polling ini kemudian digunakan untuk menentukan warna utama yang akan dihasilkan pada produksi selanjutnya.

Cara Membuat Polling di Instagram:

  • Buat story terbaru di akun Instagram, bisa berupa foto atau video.
  • Klik ikon stiker di bagian atas layar.
  • Cari ikon yang bertuliskan “polling”.
  • Isi pertanyaan polling beserta pilihannya.
  • Update story untuk mempublikasikan polling kepada pengikut Anda.

2. Gunakan Fitur “Ask Me a Question” 

Gunakan fitur “Ask Me a Question” untuk meningkatkan interaksi dengan pengikut. Ajak mereka untuk mengajukan pertanyaan, memberikan komentar, atau berbagi pendapat. Ini membuka saluran komunikasi dua arah yang dapat mempererat hubungan dengan audiens. 

Sebagai contoh, jika Anda memiliki bisnis kuliner, Anda bisa mengunggah foto hidangan baru dan mengajak pengikut untuk memberi saran mengenai hidangan baru tersebut. Jawab pertanyaan dengan ramah dan informatif.

Cara Menggunakan Fitur “Ask Me a Question”:

  • Buka Instagram.
  • Buat story terbaru di akun Instagram, bisa berupa foto atau video.
  • Klik ikon stiker di bagian atas layar.
  • Cari ikon yang bertuliskan “Questions”.
  • Setelah itu akan ada kolom stiker yang bertuliskan “Ask Me a Question”
  • Tempatkan di posisi yang Anda inginkan.
  • Update story untuk mempublikasikannya kepada pengikut Anda.

3. Membuat Pertanyaan Pilihan Ganda

Pertanyaan pilihan ganda memungkinkan Anda untuk memberikan informasi kepada pengikut tentang produk atau layanan yang sedang ditawarkan. Ini bisa menjadi cara yang baik untuk mempromosikan fitur-fitur unik dan memberikan pengetahuan tambahan kepada pengikut.

Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan pertanyaan pilihan ganda untuk mendidik pengikut tentang fitur-fitur terbaru pada produk. Buatlah pertanyaan seperti, “Apa yang membuat produk kami berbeda? A) Desain Inovatif, B) Performa Tinggi, C) Ketersediaan Warna yang Beragam.” Jawaban yang benar diungkapkan bersama dengan penjelasan singkat.

Cara Membuat Pertanyaan Pilihan Ganda di Instagram:

  • Buka Instagram.
  • Buat story terbaru di akun Instagram, bisa berupa foto atau video.
  • Klik ikon stiker di bagian atas layar.
  • Cari ikon yang bertuliskan “Quiz”.
  • Tulis pertanyaan dan beberapa jawaban.
  • Tentukan jawaban yang benar dengan mengetuk salah satu pilihan sehingga menjadi warna hijau.
  • Update story untuk mempublikasikan pilihan ganda kepada pengikut Anda.

4. Membuat Giveaway

Giveaway dapat membantu meningkatkan jumlah pengikut dan interaksi mereka. Anda dapat meminta followers untuk mengambil langkah-langkah tertentu, seperti mengikuti, menyukai, dan membagikan postingan, untuk mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah menarik.

Banner Ads - Ebook 2

5. Countdown

Menggunakan fitur countdown di Instagram Stories membantu mengundang pengikut untuk terlibat secara langsung dalam acara atau peluncuran produk. Sebagai contoh, sebuah perusahaan hiburan dapat menggunakan fitur countdown untuk membangun antisipasi sebelum peluncuran film atau acara baru. Melalui cara tersebut, pengikut merasa terlibat dalam peristiwa dan lebih cenderung untuk menonton film atau acara saat telah diluncurkan.

Cara Membuat Pertanyaan Countdown di Instagram:

  • Buka Instagram.
  • Buat story terbaru di akun Instagram, bisa berupa foto atau video.
  • Klik ikon stiker di bagian atas layar.
  • Cari ikon yang bertuliskan “Countdown”.
  • Atur waktu yang diinginkan.
  • Update story untuk mempublikasikan countdown kepada pengikut Anda.

6. Buat Meme yang Tren tetapi Tetap Relevan 

Meme adalah cara yang efektif untuk menyampaikan pesan dengan cara yang santai dan humoris. Anda dapat menciptakan meme yang relevan dengan bisnis untuk menciptakan keterlibatan melalui humor yang bersifat viral.

7. Live Instagram

Sesi live memberikan kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan pengikut. Anda dapat mengadakan QnA secara langsung atau memberikan informasi mengenai promo. Sebagai contoh, sebuah toko online sepatu mengadakan sesi live untuk memberikan preview langsung tentang koleksi terbaru mereka. Merek ini dapat berinteraksi dengan pengikut melalui menjawab pertanyaan tentang desain, bahan, atau merek sepatu.

Cara Membuat Pertanyaan Countdown di Instagram:

  • Buka Instagram.
  • Klik ikon “+” di sekitar profil.
  • Ketuk live di bagian kolom bawah.
  • Mulailah live Anda.

Baca Juga: Apa Itu Impressions dan Reach di Instagram? Panduan Lengkap Meningkatkan Visibilitas dan Engagement Bisnis Anda!

8. Challenge

Tantangan memotivasi pengikut untuk berpartisipasi aktif dalam kreasi konten. Anda dapat menciptakan tantangan kreatif yang terkait dengan produk atau layanan. Sebagai contoh, sebuah toko peralatan olahraga menciptakan tantangan dengan meminta pengikut untuk berbagi video kreatif mereka melakukan latihan dengan menggunakan produk dari toko tersebut.

Cara Membuat Pertanyaan Countdown di Instagram:

  • Buka Instagram.
  • Buat story terbaru di akun Instagram, bisa berupa foto atau video.
  • Klik ikon stiker di bagian atas layar.
  • Cari ikon yang bertuliskan “Add Yours”.
  • Tulis challenge yang ingin Anda terapkan.
  • Update story untuk mempublikasikan challenge kepada pengikut Anda.

Langkah-langkah Membuat Konten Interaktif

Langkah-langkah Membuat Konten Interaktif

Setelah mengetahui konten interaktif yang dapat Anda terapkan dalam konten Instagram, berkit langkah-langkah dalam membuat konten tersebut.

1. Pahami Audiens Anda

Sebelum membuat konten, memahami siapa target audiens Anda menjadi langkah yang penting. Apa yang mereka sukai? Apa yang membuat mereka tertarik? Informasi ini akan membantu untuk membuat konten yang lebih relevan dan menarik bagi mereka.

 2. Pilih Jenis Konten yang Tepat

Setelah memahami audiens Anda, pilih jenis konten interaktif yang paling sesuai. Apakah mereka lebih suka polling, quiz, atau challenge? Sesuaikan strategi Anda dengan preferensi pengikut untuk meningkatkan keterlibatan.

3. Gunakan Hashtag yang Relevan

Hashtag dapat menjadi kunci keberhasilan konten interaktif Anda. Gunakan hashtag yang relevan dan populer untuk meningkatkan visibilitas dan memperluas jangkauan konten di Instagram.

Baca Juga: Cara Riset Hashtag Instagram dengan Mudah untuk Meningkatkan Penjualan

4. Berikan Hadiah yang Menarik

Jika Anda mengadakan giveaway atau tantangan, pastikan hadiahnya menarik dan relevan dengan audiens. Hadiah menarik dapat mencakup produk, diskon eksklusif, atau voucher belanja.

Banner Ads - Lead Gen 2

5. Pantau dan Analisis Kinerja

Setelah konten interaktif diunggah, perhatikan kinerjanya. Gunakan analitik Instagram untuk melihat sejauh mana konten mencapai tujuan dan apakah ada perubahan dalam interaksi pengguna. Evaluasi dan perbaiki strategi ini berdasarkan data yang diperoleh.

Itulah delapan contoh konten interaktif Instagram. Anda dapat mengembangkan contoh tersebut menjadi lebih menarik lagi agar dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan yang lebih tinggi. 

Dalam mengimplementasikan strategi konten interaktif, keahlian dalam mengelola media sosial menjadi sangat penting. Karena hal tersebut, bekerja sama dengan ToffeeDev menjadi pilihan yang tepat melalui menggunakan jasa Social Media

Kami akan merancang strategi yang cerdas dan kreatif, hingga bisnis Anda dapat terhubung dengan audiens yang lebih luas, meningkatkan interaksi, dan menciptakan pengalaman brand yang tak terlupakan. Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk membawa konten interaktif Instagram ke tingkat berikutnya dengan menjadwalkan konsultasi bersama ToffeeDev sekarang juga.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top