Bagaimana Cara Riset Keyword di YouTube untuk Meningkatkan Views dan Engagement Video Anda?

bagaimana cara riset keyword di youtube

Kesuksesan Anda sebagai kreator konten di YouTube tidak hanya dilihat dari kualitas videonya. Penggunaan keyword pada video YouTube Anda justru tidak kalah penting dalam popularitas video Anda. Bagaimana tidak, video yang bagus dan menarik di YouTube terkadang susah ditemukan lantaran riset kata kunci YouTube tidak dilakukan dengan tepat. Itulah sebabnya kreator konten juga harus mengetahui bagaimana cara riset keyword di YouTube dan mengimplementasikannya dalam konten mereka.

Pertanyaannya, apa saja yang harus dilakukan dalam riset keyword YouTube? Apakah ada alat riset kata kunci YouTube yang harus digunakan dalam proses ini? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel ini sampai selesai!

Apa itu Riset Keyword di YouTube?

Riset keyword di YouTube adalah proses yang dilakukan untuk mengidentifikasi dan memahami kata kunci yang paling relevan dan dicari oleh target audiens Anda di platform berbagi video ini. Dengan kata lain, riset keyword membantu Anda dalam menemukan kata kunci yang dapat meningkatkan visibilitas video Anda di hasil pencarian.

Riset keyword membuat video Anda muncul di hasil pencarian yang relevan sehingga meningkatkan peluang video ditemukan oleh lebih banyak orang. Dengan memahami kata kunci yang dicari, Anda dapat membuat konten yang sesuai kebutuhan dan minat audiens Anda.

Riset keyword juga merupakan langkah awal dalam mengoptimalkan strategi SEO YouTube supaya video Anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dan meraih banyak penonton. Dengan meningkatkan jumlah penonton melalui riset keyword yang efektif, Anda dapat meningkatkan potensi pendapatan melalui monetisasi YouTube.

Mengapa Anda Harus Riset Keyword di YouTube

Mengapa Anda Harus Riset Keyword di YouTube?

Barangkali Anda masih bertanya mengenai alasan melakukan riset keyword di YouTube. Bukan tanpa alasan, ternyata inilah manfaat dari melakukan riset keyword YouTube yang perlu Anda ketahui:

1. Memahami Audiens Target Anda

Riset keyword berguna untuk memahami apa yang sedang dicari oleh target audiens Anda. Dengan memahami kata kunci yang sesuai niche atau topik konten, Anda dapat membuat materi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

2. Meningkatkan Kualitas Konten

Dengan mengetahui kata kunci yang dicari, Anda dapat merencanakan konten yang lebih relevan dan bermutu tinggi. Hal ini tidak hanya meningkatkan visibilitas Anda tetapi juga memastikan bahwa konten Anda memberikan nilai tambah kepada penonton.

3. Memperkuat Strategi Pemasaran

Riset keyword juga memperkuat strategi pemasaran Anda. Anda dapat membuat kampanye iklan yang lebih efektif dan mengarahkan upaya pemasaran digital dengan lebih tepat.

4. Optimalkan Penggunaan Tag dan Deskripsi

Dengan mengetahui kata kunci yang dicari, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan tag dan deskripsi di setiap video Anda. Hal ini membantu YouTube memahami dan mengindeks video Anda dengan lebih baik.

5. Lacak dan Evaluasi Kinerja

Riset keyword bukan hanya tentang menemukan kata kunci. Sama seperti strategi SEO pada Google, Anda harus melakukan pelacakan dan evaluasi kinerja menggunakan tools analitis YouTube untuk melihat jika kata kunci yang Anda targetkan memberikan hasil yang diinginkan.

Banner SEO - General 2

Tools yang Dapat Digunakan untuk Riset Keyword YouTube

Sebelum mengetahui cara riset keyword YouTube, alangkah baiknya Anda mengetahui dahulu tools apa saja yang digunakan dalam proses ini. Pasalnya, hasil riset keyword lebih maksimal jika Anda mengetahui alat riset kata kunci yang tepat. Berikut adalah tools yang perlu harus ada dalam mencari kata kunci YouTube:

1. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah salah satu alat riset keyword yang paling umum digunakan. Alat ini dirancang oleh Google untuk membantu pengiklan menemukan kata kunci yang relevan untuk kampanye iklan mereka. Meskipun awalnya ditujukan untuk pengiklan, kreator konten YouTube dapat menggunakannya untuk mendapatkan wawasan tentang kata kunci yang dicari oleh audiens mereka.

Bagaimana menggunakan Google Keyword Planner untuk riset kata kunci YouTube?

  • Masukkan kata kunci utama atau topik konten Anda.
  • Telusuri daftar kata kunci yang disarankan dan periksa metrik seperti volume pencarian bulanan dan tingkat persaingan.
  • Pilih kata kunci yang sesuai dengan niche Anda dan dapat meningkatkan visibilitas video Anda.

2. YouTube Auto Suggest

Auto Suggest adalah fitur bawaan di YouTube yang memberikan saran kata kunci saat Anda mulai mengetik di kotak pencarian. Fitur ini memberikan wawasan langsung tentang apa yang sedang dicari oleh pengguna YouTube.

Bagaimana menggunakan YouTube Auto Suggest untuk riset kata kunci YouTube?

  • Ketik kata kunci atau topik umum di kotak pencarian YouTube.
  • Amati saran yang muncul saat Anda mengetik untuk mendapatkan ide kata kunci yang relevan.
  • Gunakan saran ini sebagai dasar untuk riset keyword lebih lanjut.

Baca Juga: Bagaimana Cara Meningkatkan CTR YouTube? Panduan Lengkap untuk Mengoptimalkan Konten Video dan Channel Anda!

3. TubeBuddy

TubeBuddy adalah ekstensi browser yang dirancang khusus untuk kreator konten YouTube. Alat ini tidak hanya membantu dalam riset keyword tetapi juga memberikan berbagai fitur lainnya untuk mengelola dan mengoptimalkan kanal YouTube Anda.

Bagaimana menggunakan TubeBuddy untuk riset kata kunci YouTube?

  • Gunakan fitur ‘Keyword Explorer’ untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan konten Anda.
  • Analisis statistik kata kunci seperti volume pencarian dan tingkat persaingan.
  • Integrasikan hasil riset ini ke dalam strategi konten Anda.

4. VidIQ

VidIQ adalah alat yang memberikan wawasan mendalam tentang performa video Anda di YouTube. Ini tidak hanya membantu dalam riset keyword tetapi juga memberikan analisis tentang performa video dan cara meningkatkan visibilitas dan engagement-nya.

Bagaimana menggunakan VidIQ untuk riset kata kunci YouTube?

  • Gunakan fitur ‘Keyword Inspector’ untuk mendapatkan ide kata kunci yang relevan.
  • Tinjau statistik kata kunci seperti volume pencarian dan tingkat persaingan.
  • Pantau kinerja kata kunci dari waktu ke waktu untuk penyesuaian strategi.

Baca Juga: Apa Kelebihan Media Promosi YouTube?

5. Keywordtool.io

Keywordtool.io adalah platform riset keyword yang menyediakan saran kata kunci dari berbagai platform, termasuk YouTube. Alat ini membantu dalam mendapatkan ide kata kunci yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Bagaimana menggunakan Keywordtool.io untuk riset kata kunci YouTube?

  • Masukkan topik atau kata kunci utama.
  • Telusuri saran kata kunci yang diberikan oleh alat.
  • Pilih kata kunci yang sesuai dengan konten Anda.

Cara Melakukan Riset Keyword di YouTube

Cara Melakukan Riset Keyword di YouTube

Setelah mengetahui tools yang digunakan dalam riset keyword, barulah Anda bisa melakukan riset keyword. Berikut adalah cara mencari keyword YouTube untuk video Anda.

1. Tentukan Topik Video yang Akan Dibuat

Langkah pertama dalam riset keyword adalah menentukan topik video yang akan Anda buat. Pilihlah topik yang sesuai dengan niche atau minat audiens Anda. Pastikan topik ini relevan dan berpotensi menarik perhatian banyak orang.

2. Kelompokkan Topik Konten Menjadi Beberapa Kata Kunci

Setelah menentukan topik, kelompokkan topik tersebut menjadi beberapa kata kunci yang terkait. Misalnya, jika topiknya adalah ‘resep makanan sehat’, kata kuncinya bisa termasuk ‘makanan rendah kalori’, ‘resep sayuran’, dan sebagainya. Hal ini dapat memperluas cakupan pencarian pengguna YouTube.

Baca Juga: Mengoptimalkan Keyword Density: Menemukan Kepadatan Kata Kunci Ideal untuk SEO yang Sukses

3. Gunakan Alat Riset Keyword yang Telah Disebutkan

Manfaatkan alat riset keyword seperti Google Keyword Planner, YouTube Auto Suggest, TubeBuddy, VidIQ, dan Keywordtool.io. Setiap alat memberikan wawasan yang berbeda, mulai dari volume pencarian hingga tingkat persaingan. Gabungkan hasil dari beberapa alat untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif.

4. Analisis Hasil Riset Keyword (Search Volume dan Competiton)

Setelah mendapatkan daftar kata kunci potensial, lakukan analisis mendalam terhadap setiap kata kunci. Perhatikan search volume (volume pencarian) untuk memahami seberapa banyak orang mencari kata kunci tersebut. Selain itu, tinjau tingkat persaingan untuk menentukan seberapa sulit bersaing dengan kata kunci tersebut.

Baca Juga: Cara Cek Posisi Keyword di Halaman Hasil Pencarian dan Strategi Meningkatkan Peringkat Kata Kunci

5. Pilih Keyword yang Tepat untuk Video Anda

Berdasarkan hasil analisis, pilihlah beberapa kata kunci yang paling sesuai dengan topik video Anda dan memiliki potensi untuk meningkatkan visibilitas. Pastikan untuk memilih kata kunci yang tidak terlalu bersaing, tetapi tetap relevan dengan konten Anda.

6. Amati Konten Video Kompetitor

Lihatlah konten video dari kreator yang bersaing dalam niche atau topik yang sama. Perhatikan kata kunci yang mereka gunakan dan bagaimana mereka mengintegrasikannya ke dalam konten mereka. Ini dapat memberikan inspirasi dan wawasan tambahan untuk strategi riset keyword Anda.

Baca Juga: Cara Cek Duplikat Tag, Konten, dan Meta Description pada Blog Menggunakan Plugin Yoast SEO

7. Buat Konten Video dari Keyword Tersebut

Setelah memilih kata kunci yang tepat, buatlah konten video yang berfokus pada kata kunci tersebut. Pastikan untuk mengoptimalkan judul, deskripsi, tag, dan thumbnail video Anda dengan kata kunci yang dipilih. Hal ini membantu YouTube memahami konten Anda dan meningkatkan peluang muncul di hasil pencarian.

Banner SEO - Ebook 2

Tips Meningkatkan Views dan Engagement Video Anda

Meningkatkan views dan engagement video tidak hanya dari riset keyword YouTube saja. Anda juga harus membuat konten dan deskripsi video YouTube yang menarik dari hasil riset keyword yang sudah dilakukan. Bagaimana caranya? Ikuti tips di bawah ini!

1. Gunakan Keyword yang Relevan dan Tepat

Penggunaan keyword yang tepat diperlukan untuk meningkatkan visibilitas video Anda di hasil pencarian YouTube. Pilihlah kata kunci yang relevan dengan topik konten Anda dan sesuai hasil pencarian yang umum dilakukan oleh audiens. Pastikan untuk menyematkan keyword ini di judul, deskripsi, dan tag video Anda.

Baca Juga: Niche YouTube CPC Tinggi: Cara Mengoptimalkan Iklan YouTube

2. Buat Judul Video yang Menarik dan Informatif

Judul video yang menarik merupakan cara untuk mendapatkan penonton potensial. Pastikan judul video Anda menarik perhatian, informatif, dan mengandung elemen yang membuat orang ingin menonton. Hindari judul yang terlalu panjang atau ambigu. Gunakan kata kunci utama Anda secara alami dalam judul untuk meningkatkan visibilitas di hasil pencarian.

3. Tulis Deskripsi Video yang Jelas dan Mengandung Keyword

Deskripsi video adalah kesempatan untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang konten Anda. Tulis deskripsi yang jelas, informatif, dan mencakup ringkasan isi video. Gunakan keyword secara alami dalam deskripsi tanpa memberikan kesan terlalu dipaksakan. Hal ini membantu YouTube memahami konten Anda dan meningkatkan peluang muncul di hasil pencarian yang relevan.

Baca Juga: 7 Cara Melakukan Conversion Rate ke Product Page di YouTube

4. Gunakan Tag yang Relevan dan Spesifik

Tag video adalah elemen kunci dalam membantu YouTube dalam memahami konten dan menyarankan video Anda kepada penonton yang tepat. Gunakan tag yang relevan dengan topik video Anda dan hindari penggunaan tag yang terlalu umum. Pilih tag yang spesifik dan mencerminkan isi video secara akurat.

Banner SEO x CRO 2

5. Gunakan Thumbnail yang Menarik dan Berkualitas

Thumbnail video adalah gambar yang pertama kali dilihat oleh penonton. Pastikan thumbnail Anda menarik dan mencerminkan isi video. Gunakan gambar yang jelas, kontras, dan berkualitas tinggi. Hindari thumbnail yang bersifat clickbait atau menyesatkan karena ini dapat merugikan reputasi konten Anda.

Anda, sebagai kreator konten yang ambisius, pasti memahami bahwa riset keyword adalah inti dari strategi SEO yang sukses di YouTube. Namun, apakah Anda merasa perlu bimbingan ahli untuk mendapatkan hasil terbaik? Kami di ToffeeDev hadir untuk membantu melalui jasa SEO!

Tim profesional kami di ToffeeDev siap membimbing Anda melalui langkah-langkah strategi SEO yang komprehensif. Dengan alat riset keyword yang unggul, kami akan membantu Anda menemukan kata kunci yang relevan dengan niche Anda. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan saran kata kunci dengan performa terbaik sehingga bisa meningkatkan visibilitas dan engagement video Anda.

Jangan biarkan kebingungan riset keyword menjadi hambatan dalam meraih kesuksesan Anda di YouTube. Jadwalkan meeting bersama ToffeeDev sekarang untuk mendapatkan konsultasi gratis. Bersama kami, optimalkan potensi konten YouTube Anda dan raih kesuksesan yang Anda impikan!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top