Cara Cek Posisi Keyword di Halaman Hasil Pencarian dan Strategi Meningkatkan Peringkat Kata Kunci

Keberhasilan strategi Search Engine Optimization (SEO) bisa dilihat dari posisi website di Google, yang tercermin dari ranking website Anda dalam halaman hasil pencarian. Apabila website Anda berada di halaman pertama hasil pencarian Google atau search engine lainnya, maka strategi SEO Anda bisa dikatakan berhasil. Lain halnya jika website Anda tidak bisa ditemukan pada halaman pertama hasil pencarian, maka Anda perlu melakukan optimasi untuk menaikkan ranking website Anda. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara cek posisi website di Google.

Apa itu Posisi Kata Kunci di SERP?

Posisi kata kunci di hasil pencarian google atau Search Engine Results Page (SERP) adalah faktor kritis dalam strategi Search Engine Optimization (SEO). Ini mengacu pada peringkat relatif halaman website di google Anda di dalam daftar hasil pencarian yang diberikan oleh mesin pencari seperti Google ketika pengguna melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu.

Penting untuk memahami bahwa SERP adalah “arena” tempat persaingan sengit antara berbagai situs web yang berusaha untuk mendapatkan perhatian pengguna. Setiap kata kunci memiliki SERP sendiri, yang berisi sejumlah hasil yang relevan dengan pencarian tersebut. Ini adalah mengapa peringkat kata kunci sangat penting.

Lantas, mengapa Anda perlu memperhatikan posisi kata kunci di SERP? Berikut adalah beberapa alasannya:

Baca Juga: Mengetahui Keyword Suatu Website: Cara Menganalisis dan Memahami Strategi Kata Kunci

  • Visibilitas: Makin tinggi posisi kata kunci Anda, makin mudah pengguna dapat menemukan situs web Anda. Kebanyakan pengguna cenderung hanya melihat hasil di bagian atas halaman pertama SERP, sehingga peringkat tinggi meningkatkan visibilitas Anda.
  • Lalu Lintas Organik: Peringkat tinggi dalam SERP berpotensi menghasilkan lebih banyak lalu lintas organik (pengunjung yang datang dari hasil pencarian alami). Ini berarti lebih banyak peluang untuk mengonversi pengunjung menjadi pelanggan atau pembaca setia.
  • Kredibilitas: Situs web yang muncul di peringkat atas sering dianggap lebih kredibel oleh pengguna. Ini dapat memperkuat citra merek Anda dan meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap konten Anda.

Faktor yang Memengaruhi Posisi Kata Kunci di SERP

Faktor yang Memengaruhi Posisi Kata Kunci di SERP

Peringkat atau posisi kata kunci dalam SERP tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor, yaitu:

1. Kualitas Konten

Konten yang relevan, informatif, dan berkualitas tinggi cenderung mendapatkan peringkat lebih baik. Pastikan konten Anda sesuai dengan kata kunci yang Anda targetkan.

2. Optimisasi On-Page

Penggunaan kata kunci yang tepat dalam judul, meta deskripsi, URL, dan konten adalah penting. Selain itu, memperhatikan kecepatan situs web dan keterbacaan juga berdampak pada peringkat.

3. Backlink

Kualitas dan jumlah tautan balik (backlink) yang menuju ke halaman Anda dapat memengaruhi peringkat Anda. Backlink dari website yang kredibel cenderung memberikan dampak positif.

4. Pengalaman Pengguna

Google juga mempertimbangkan seberapa baik pengguna mengalami situs Anda. Faktor-faktor seperti kecepatan loading, desain yang responsif, dan keterlibatan pengguna dapat berdampak pada peringkat Anda.

5. Faktor-faktor Algoritma

Mesin pencari seperti Google menggunakan algoritma yang kompleks untuk menentukan peringkat. Algoritma ini terus berubah, jadi perlu untuk tetap memantau perkembangan terbaru dalam SEO.

6. Usia Domain

Mayoritas situs web yang berhasil mencapai posisi 10 teratas dalam hasil pencarian Google memiliki domain dengan usia lebih dari tiga tahun. Hal ini mengindikasikan bahwa usia domain merupakan faktor penting dalam algoritma peringkat Google.

Banner SEO - General 2

Cara Mengecek Posisi Kata Kunci di SERP

Pertanyaan utamanya adalah bagaimana cara mengecek posisi kata kunci website kita di SERP? Anda bisa menggunakan dua cara di bawah ini.

Baca Juga: Dalam Melakukan Analisa Keyword Kita Bisa Menggunakan Tools Apa?

1. Menggunakan Google Search Console

Google Search Console adalah tools gratis yang disediakan oleh Google untuk memantau dan meningkatkan kinerja website mereka di mesin pencari. Salah satu fitur Google Search Console adalah kemampuan untuk melacak posisi kata kunci di SERP. 

Untuk menggunakan Google Search Console, Anda harus menambahkan situs web Anda dan memverifikasi kepemilikan situs web Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Google Search Console di browser Anda.
  2. Klik tombol ‘Tambahkan Property’.
  3. Masukkan URL situs web Anda dan klik tombol ‘Tambahkan’.
  4. Pilih metode verifikasi yang ingin Anda gunakan dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan verifikasi.

Baca Juga: Memahami Apa Itu Long Tail Keyword

Setelah menambahkan website Anda ke Google Search Console, Anda dapat melacak posisi kata kunci di SERP. Berikut adalah langkah-langkah untuk melacak posisi kata kunci menggunakan Google Search Console:

  1. Buka Google Search Console di browser Anda.
  2. Pilih situs web yang ingin Anda periksa.
  3. Klik ‘Kinerja; di menu sebelah kiri.
  4. Klik ‘Tanya’ dan masukkan kata kunci yang ingin Anda periksa.
  5. Klik ‘Filter’ dan pilih ‘Posisi Rata-rata’.
  6. Anda akan melihat posisi rata-rata kata kunci Anda di SERP.

2. Menggunakan Alat Pengecekan Posisi Kata Kunci

Selain Google Search Console, ada banyak alat pengecekan posisi kata kunci yang tersedia secara online. Beberapa tools ini gratis, sementara ada juga yang berbayar. Alat pengecekan posisi kata kunci dapat membantu Anda melacak posisi kata kunci di SERP dan memberikan wawasan tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan peringkat kata kunci. Berikut adalah beberapa alat pengecekan posisi kata kunci yang tersedia secara online:

  • Google Search Console
  • SEMrush
  • Ahrefs
  • Moz
  • Serpstat
  • AccuRanker

Setiap alat pengecekan posisi kata kunci memiliki cara yang sedikit berbeda untuk digunakan. Namun, umumnya, Anda harus memasukkan kata kunci yang ingin Anda periksa dan URL website Anda. Tools kemudian menampilkan posisi kata kunci di SERP dan memberikan saran tentang cara meningkatkan peringkat kata kunci Anda.

Tips untuk Meningkatkan Peringkat Kata Kunci

Tips untuk Meningkatkan Peringkat Kata Kunci

Setelah memperoleh hasil posisi kata kunci menggunakan berbagai tools di atas, Anda perlu melakukan optimasi agar peringkat website naik dan mendatangkan traffic yang tinggi. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: 10 Cara Agar Sebuah Website Bisa Naik ke Halaman Pertama Google

1. Membuat Konten Berkualitas Tinggi

Anda harus menyadari bahwa konten yang luar biasa adalah kunci untuk meraih peringkat tertinggi di hasil pencarian. Oleh karena itu, pastikan bahwa konten yang Anda buat tidak hanya informatif, tetapi juga relevan dan sangat menarik bagi pengguna. Saat menggunakan kata kunci, gunakanlah dengan bijak, dan hindari pengulangan kata kunci yang berlebihan.

Banner SEOCon Landing Page

2. Menentukan Kata Kunci yang Tepat

Memilih kata kunci yang sesuai sangat penting untuk meraih peringkat teratas di hasil pencarian. Luangkan waktu untuk melakukan riset kata kunci yang mendalam guna menemukan kata kunci yang relevan dan populer dalam niche Anda. Gunakan alat-alat pencarian kata kunci seperti Google Keyword Planner atau SEMrush untuk membantu Anda menemukan kata kunci yang paling tepat.

3. Menulis Konten yang Relevan dan Menarik

Saat Anda menulis konten, pastikan bahwa kontennya tidak hanya relevan, tetapi juga begitu menarik hingga pembaca merasa tertarik untuk membaca hingga selesai. Pastikan konten mudah dimengerti, informatif, dan juga memanfaatkan gambar dan video untuk memperkaya pengalaman pembaca.

4. Mengoptimalkan Halaman Web

Penting untuk memastikan bahwa halaman web Anda dioptimalkan dengan baik. Ini tidak hanya memengaruhi peringkat kata kunci Anda tetapi juga pengalaman pengguna. Pastikan halaman web Anda memiliki waktu muat yang cepat, responsif, dan mudah dinavigasi. Juga, manfaatkan tag judul, deskripsi, dan header yang relevan dan menarik bagi pengguna.

5. Mengoptimasi SEO On-Page

Optimasi on-page SEO adalah proses meningkatkan elemen-elemen internal situs web Anda, seperti meta title, meta description, URL, gambar, heading, dan internal link serta external link, agar lebih mudah dipahami oleh mesin pencari dan pengguna. Dengan demikian, mesin pencari dapat mengidentifikasi kata kunci yang Anda targetkan dan menampilkan halaman Anda di hasil pencarian, sekaligus meningkatkan pengalaman pengguna saat mengunjungi situs Anda.

Baca Juga: Mengetahui Keyword Suatu Website: Cara Menganalisis dan Memahami Strategi Kata Kunci

6. Meningkatkan Kecepatan Halaman

Kecepatan halaman web adalah faktor penting yang dapat mempengaruhi peringkat kata kunci Anda. Pastikan halaman web Anda memuat dengan cepat dan responsif. Gunakan alat seperti Google PageSpeed Insights untuk membantu Anda meningkatkan kecepatan halaman web Anda.

7. Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Meningkatkan pengalaman pengguna adalah salah satu elemen penting untuk meningkatkan peringkat kata kunci. Pastikan bahwa halaman web Anda mudah dinavigasi dan responsif terhadap berbagai perangkat. Gunakan gambar dan video dengan bijak untuk meningkatkan kualitas konten.

8. Membangun Tautan Berkualitas Tinggi

Membangun tautan berkualitas tinggi dari situs web yang relevan adalah strategi yang efektif untuk meningkatkan peringkat kata kunci. Pastikan tautan yang Anda bangun berasal dari situs web yang memiliki reputasi baik dan relevan dengan konten Anda. Hindari tautan buruk yang dapat merugikan peringkat Anda.

9. Menyertakan Tautan dari Situs Web Terkait

Selain membangun tautan berkualitas tinggi, Anda juga perlu menyertakan tautan dari situs web terkait untuk meningkatkan peringkat kata kunci. Pastikan tautan ini benar-benar relevan dengan konten Anda dan berasal dari sumber yang berkualitas.

Baca Juga: Analisa Persaingan Keywords dalam SEO: Panduan dengan Teknik dan Tools Terbaik

10. Menggunakan Tautan Internal

Tautan internal adalah alat penting untuk memperkuat struktur situs web Anda dan memengaruhi peringkat kata kunci. Pastikan tautan internal mengarahkan ke halaman yang relevan dan berkualitas tinggi. Hindari tautan yang tidak relevan yang dapat merugikan peringkat Anda.

Banner SEO x CRO 2

11. Menghindari Tautan Buruk

Terakhir, penting untuk selalu menghindari tautan yang merugikan. Pastikan tautan yang Anda gunakan berasal dari situs web yang relevan dan berkualitas tinggi. Jangan pernah terjerat dalam praktik tautan buruk atau black-hat SEO yang dapat merugikan peringkat kata kunci Anda di hasil pencarian.

Bagaimana? Apakah Anda sudah mengetahui cara cek posisi keyword website Anda di SERP? Apa pun hasil ranking yang Anda dapatkan, teruslah melakukan optimasi SEO pada website Anda supaya visibilitasnya di SERP tetap meningkat. Anda perlu mengingat bahwa SEO bukanlah proses sekali jalan, tetapi harus dilakukan secara berkelanjutan untuk meningkatkan keberhasilannya.

Anda bisa mempercayakan ToffeeDev untuk mengimplementasikan strategi SEO pada website bisnis untuk memperoleh hasil yang maksimal. Sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa SEO ToffeeDev dan mereka mempunyai performa SEO yang lebih baik dibandingkan sebelum berpartner bersama kami. Beberapa website klien kami pun berhasil masuk ke halaman pertama SERP. Kini, giliran website Anda untuk mencapai kesuksesan tersebut. Mari berkonsultasi bersama ToffeeDev dengan klik di sini dan dapatkan kesempatan review website bisnis Anda sekarang juga!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top