Mengenal Lebih Jauh Mengenai Beberapa Tahapan CRM dalam Proses dan Manfaatnya

berapa tahapan crm

Anda mungkin pernah mendengar tentang Customer Relationship Management, atau CRM, dan bertanya-tanya ada berapa tahapan CRM yang perlu diketahui untuk mengimplementasikannya dalam hubungan dengan pelanggan. CRM adalah suatu strategi bisnis yang memungkinkan perusahaan untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggannya dan tahapan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan dan ukuran perusahaan.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai ada berapa tahapan CRM yang umumnya terlibat saat diimplementasikan, serta mengapa setiap tahapan tersebut penting dalam meningkatkan hubungan perusahaan dengan pelanggan. Simak lebih lengkapnya di bawah ini! 

Pengertian CRM

Apa itu CRM? 

Sebelum masuk ke tahapan yang ada dalam CRM, berikut ini merupakan pengertian dan tujuan yang dimiliki CRM yang wajib Anda ketahui. 

Pengertian CRM 

CRM atau Customer Relationship Management adalah suatu pendekatan yang menggabungkan teknologi, proses bisnis, dan budaya perusahaan untuk mengelola dan berinteraksi dengan pelanggan secara lebih efektif. Ini mencakup pengumpulan, analisis, dan pemanfaatan informasi pelanggan untuk menyediakan layanan yang lebih baik, meningkatkan retensi pelanggan, dan mengidentifikasi peluang bisnis baru.

Tujuan CRM 

Tujuan CRM 

Salah satu tujuan utama CRM adalah memastikan bahwa pelanggan merasa puas dengan produk atau layanan yang mereka terima. Melalui pengumpulan data dan informasi pelanggan, perusahaan dapat lebih baik memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan, sehingga dapat menyediakan solusi yang lebih sesuai.

CRM juga dapat meningkatkan kolaborasi dan komunikasi antara departemen yang berbeda dalam perusahaan. Berbagi informasi pelanggan yang terintegrasi bisa menjadi pilihan yang baik untuk semua departemen agar dapat bekerja sama dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan.

Banner Ads - General 2

Tahapan-tahapan dalam Proses CRM 

Dalam proses CRM, terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh bisnis. Berikut adalah tahapan-tahapan dalam proses CRM:

1. Pengumpulan Data Pelanggan 

Pada tahap pertamanya, tahapan CRM yang harus dilakukan adalah mengumpulkan data para pelanggan. Data yang dikumpulkan dari pelanggan diantaranya adalah nama, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email aktif atau beberapa data lainnya yang relevan. Setelah terkumpul, perusahaan harus memeriksa dan menganalisa data yang ada untuk melakukan segmentasi pelanggan dengan tujuan mencari tahu apa yang dibutuhkan pelanggan dan apa upaya terbaik yang bisa dilakukan. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Merancang Marketing Channel yang Efektif: Panduan Langkah demi Langkah Beserta Tips dan Praktik Terbaik untuk Sukses

2. Membangun Hubungan dengan Pelanggan 

Setelah data terkumpul, pastikan perusahaan sudah menganalisa dengan baik apa saja yang pelanggan butuhkan dan apa yang harus dilakukan agar kepuasaan untuk pelanggan bisa tercapai. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjaga hubungan baik antara perusahaan dan pelanggan. 

3. Meningkatkan Efisiensi Operasional 

CRM memungkinkan perusahaan untuk mengotomatisasi banyak proses bisnis yang berhubungan dengan pelanggan, seperti pengiriman pesan, penjadwalan janji, dan manajemen inventaris. Hal ini dapat menghemat waktu dan sumber daya yang perusahaan miliki.

Baca Juga: Menjelajahi Manfaat Rebranding Produk Makanan: Meningkatkan Citra Merek dan Loyalitas Pelanggan

4. Peningkatan Penjualan dan Profitabilitas 

Melalui penggunaan data pelanggan yang ada, perusahaan dapat merancang kampanye pemasaran yang lebih tepat sasaran dan menawarkan penawaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan penjualan dan profitabilitas perusahaan.

5. Menentukan KPI (Key Performance Indicator

KPI digunakan untuk mengukur sejauh mana perusahaan mencapai tujuan dan target dalam menjalin hubungan dengan pelanggan. Melalui key performance indicator perusahaan dapat lebih memahami apakah strategi CRM yang diterapkan efektif atau tidak.

Banner Ads - Ebook 2

Manfaat dari Proses CRM 

Setelah mengetahui berapa tahapan CRM, selanjutnya adalah manfaat yang ada dari proses CRM yang dilakukan oleh perusahaan kepada pelanggan seperti di bawah ini. 

1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan 

Melalui proses CRM, perusahaan lebih bisa menjaga hubungan baik dengan pelanggan agar loyalitas pelanggan dapat meningkat. Proses ini merujuk pada upaya perusahaan untuk membuat pelanggan mereka merasa terhubung secara emosional dengan merek dan produk atau layanan yang ditawarkan sehingga pelanggan tersebut cenderung membeli lagi dari perusahaan tersebut dan tetap setia.

2. Meningkatkan Penjualan 

Penjualan juga akan meningkat dengan adanya proses CRM yang dilakukan oleh perusahaan, Meningkatkan penjualan adalah tujuan inti dari banyak strategi bisnis, dan dalam konteks CRM, tujuannya adalah untuk mencapai pertumbuhan pendapatan dan keuntungan dengan memahami lebih baik kebutuhan pelanggan dan memberikan solusi yang sesuai.

Baca Juga: CRM: Pengertian, Komponen, dan Manfaatnya untuk Pelanggan

3. Meningkatkan Efisiensi Bisnis 

Meningkatkan efisiensi bisnis berarti mengidentifikasi dan mengurangi segala bentuk pemborosan sumber daya, seperti waktu, tenaga kerja, dan dana. Salah satu manfaat dari proses CRM ini mencakup penghapusan tugas-tugas yang tidak memberikan nilai tambah atau otomatisasi proses manual yang memakan waktu.

4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Meningkatkan kepuasan pelanggan adalah tujuan utama dalam CRM, karena pelanggan yang puas cenderung lebih setia, memberikan rekomendasi positif, dan berkontribusi pada kesuksesan jangka panjang perusahaan.

Banner Ads - Lead Gen 2

5. Meningkatkan Reputasi Bisnis 

Meningkatkan reputasi bisnis dalam konteks CRM bertujuan untuk menciptakan persepsi positif tentang perusahaan, yang dapat membantu dalam memenangkan kepercayaan pelanggan, meningkatkan loyalitas, dan menghasilkan pelanggan yang merasa puas dan setia.

Dalam rangka mencapai keberhasilan dalam mengelola hubungan dengan pelanggan, pemahaman dan implementasi CRM adalah hal yang krusial. Seperti apa yang telah diuraikan dalam artikel ini, terdapat beberapa tahapan yang perlu dilalui, mulai dari memahami kebutuhan pelanggan, meningkatkan kepuasan mereka, hingga membangun reputasi bisnis yang positif.

Setiap tahapannya memiliki peran penting dalam mencapai tujuan bisnis, contohnya meningkatkan pendapatan, mengurangi biaya operasional, dan menciptakan pelanggan yang setia. CRM bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang budaya perusahaan yang berfokus pada pelanggan.

Dengan komitmen yang kuat untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan, serta pengetahuan dan penerapan yang baik terhadap tahapan-tahapan CRM, perusahaan dapat memastikan kesuksesan jangka panjang dan keberlanjutan bisnis mereka. 

ToffeeDev memberikan pelayanan terbaik dengan mengutamakan kepentingan serta tujuan akhir dari pelanggan untuk bersama-sama mencapai kesuksesan atau hasil yang diinginkan. Melalui berbagai pengalaman yang terjalin dengan banyak pelanggan membuktikan ToffeeDev merupakan Digital Marketing Agency terbaik dalam upaya memberikan pelayanannya terhadap pelanggan. 

Kini Anda tidak perlu ragu jika ingin bermitra dengan ToffeeDev dan bisa langsung menjadwalkan konsultasi yang dibutuhkan unutk meningkatkan kesuksesan bisnis yang ingin diraih sekarang juga!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top