9 Kesalahan Strategi Marketing di Instagram dan Cara Mengatasinya

kesalahan strategi marketing di instagram

Anda mungkin sudah mulai memanfaatkan kehadiran bisnis di Instagram untuk meningkatkan visibilitas dan pertumbuhan bisnis. Namun, tanpa strategi pemasaran yang tepat, Anda bisa saja terjerumus ke dalam kesalahan yang umum dan menghambat kesuksesan bisnis. Dalam artikel ini, kami akan membahas 9 kesalahan strategi marketing di Instagram yang sering terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

9 Kesalahan Strategi Marketing di Instagram

9 Kesalahan Strategi Marketing di Instagram

Ada beberapa kesalahan strategi marketing di Instagram yang seringkali terjadi dan dilakukan oleh bisnis. Apa sajakah kesalahan tersebut?

Baca Juga: 16 Contoh Promosi di Instagram yang Menarik untuk Meningkatkan Engagement

1. Tidak Memiliki Rencana Strategis

Salah satu kesalahan umum dalam strategi pemasaran di Instagram adalah kurangnya perencanaan yang matang. Banyak pengguna bisnis Instagram terburu-buru untuk memulai tanpa menyusun strategi yang jelas. Padahal, tanpa rencana strategis yang baik, sulit untuk mencapai tujuan bisnis secara efektif. Sebuah rencana strategis harus mencakup tujuan jangka panjang dan pendek, target audiens, jenis konten yang akan di-posting, serta langkah-langkah yang akan diambil untuk mencapai tujuan tersebut.

Banner Ads - General 2

2. Tidak Memasukkan Tautan ke Produk

Kesalahan lain adalah tidak menyertakan tautan yang mengarahkan pengguna langsung ke produk atau toko online. Instagram dapat menjadi platform yang sangat efektif untuk mempromosikan produk Anda, tetapi tanpa tautan yang mudah diakses, pengguna mungkin kesulitan untuk menemukan dan membeli produk. Pastikan setiap posting yang Anda buat menyertakan tautan yang relevan dan mudah diakses.

3. Membeli Followers

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah membeli followers untuk meningkatkan jumlah pengikut secara instan. Meskipun terlihat menggiurkan, membeli followers tidak akan memberikan manfaat jangka panjang bagi bisnis Anda. Followers palsu tidak akan aktif berinteraksi dengan konten Anda, dan bahkan dapat merusak reputasi bisnis. Sebagai gantinya, fokuslah pada pertumbuhan organik dan berinteraksi dengan pengikut yang sebenarnya.

4. Tidak Memaksimalkan Interaksi dengan Followers

Interaksi dengan pengikut adalah kunci untuk membangun hubungan yang kuat dan meningkatkan keterlibatan pengguna. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah tidak memaksimalkan interaksi dengan pengikut. Pastikan untuk merespons komentar, menyapa pengikut dalam posting, dan berbagi konten yang melibatkan mereka. Makin aktif Anda berinteraksi dengan pengikut, makin kuat hubungan yang dibangun dengan mereka.

5. Berlebihan dalam Promosi

Terlalu banyak promosi dalam konten Instagram dapat membuat pengguna kehilangan minat dan bahkan menghindari konten Anda. Alih-alih terus-menerus mempromosikan produk atau layanan Anda, fokuslah pada konten yang memberikan nilai tambah bagi pengguna. Buatlah konten yang informatif, menghibur, atau inspiratif, dan sertakan promosi dengan cara yang lebih halus dan tidak mengganggu.

6. Kualitas Konten yang Kurang Menarik

Konten yang kurang menarik atau tidak relevan tidak akan mendapatkan perhatian pengguna. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah mengabaikan kualitas konten. Pastikan setiap posting Anda memiliki gambar yang menarik, judul yang menarik, dan konten yang bernilai bagi pengguna. Buatlah konten yang relevan dengan minat dan kebutuhan pengikut, dan pastikan untuk selalu menjaga kualitas konten Anda.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Instagram Insights Beserta Fitur

7. Tidak Mengoptimalkan Instagram Stories

Instagram Stories merupakan fitur yang sangat populer dan efektif untuk meningkatkan keterlibatan pengguna. Namun, banyak pengguna yang tidak memanfaatkannya secara maksimal. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah tidak mengoptimalkan Instagram Stories. Manfaatkan fitur ini untuk berbagi konten eksklusif, membuat promosi yang menarik, atau menyampaikan pesan-pesan penting kepada pengikut Anda.

8. Menggunakan Konten Berformat Landscape

Konten berformat landscape (horizontal) mungkin terlihat baik di platform lain, tetapi tidak efektif di Instagram. Sebagian besar pengguna Instagram mengakses platform tersebut melalui ponsel, sehingga konten berformat landscape mungkin terpotong atau tidak ditampilkan dengan baik. Sebagai gantinya, gunakanlah konten berformat vertical (memanjang ke atas) agar dapat disajikan secara optimal kepada pengguna Instagram.

Banner Ads - Ebook 2

9. Tidak Memperhatikan Waktu Posting

Memilih waktu posting yang tepat sangat penting untuk meningkatkan keterlibatan pengguna. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah tidak memperhatikan waktu posting. Lakukanlah riset atau uji coba untuk menentukan waktu posting yang paling efektif untuk audiens Anda. Perhatikan juga zona waktu target Anda, serta pola aktivitas pengguna di Instagram, untuk memastikan bahwa posting yang dibuat mendapatkan perhatian yang optimal.

Cara Mengatasi Terjadinya Kesalahan Strategi Marketing di Instagram

Cara Mengatasi Terjadinya Kesalahan Strategi Marketing di Instagram

Setelah memahami apa saja kesalahan strategi marketing di Instagram, Anda juga harus memahami cara mengatasinya agar kesalahan tersebut tidak terjadi kepada bisnis. Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Buatlah Rencana Strategis yang Matang

Langkah pertama dalam mengatasi kesalahan strategi marketing di Instagram adalah dengan menyusun rencana strategis yang matang. Tentukan tujuan jangka panjang dan pendek Anda, identifikasi target audiens, dan rencanakan jenis konten yang akan di-posting. Dengan memiliki rencana strategis yang jelas, Anda dapat menghindari kebingungan dan meningkatkan efektivitas strategi pemasaran.

2. Sertakan Tautan yang Relevan

Pastikan setiap posting Anda menyertakan tautan yang relevan dan mudah diakses ke produk atau toko online. Gunakan fitur seperti “swipe up” pada Instagram Stories atau tautan dalam bio untuk mengarahkan pengguna langsung ke halaman produk. Dengan menyediakan tautan yang mudah diakses, Anda dapat meningkatkan konversi dan memudahkan pengguna untuk menemukan dan membeli produk.

3. Fokus pada Pertumbuhan Organik

Hindari godaan untuk membeli followers dan fokuslah pada pertumbuhan organik. Interaksikan dengan pengikut Anda secara aktif, buatlah konten yang bernilai bagi mereka, dan gunakan hashtag yang relevan untuk meningkatkan jangkauan konten. Dengan membangun pengikut secara organik, Anda dapat menciptakan hubungan yang lebih kuat dengan audiens dan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap merek.

4. Aktif Berinteraksi dengan Pengikut

Manfaatkan setiap kesempatan untuk berinteraksi dengan pengikut Anda. Lakukan respons pada komentar, sapa pengikut dalam posting, dan berbagi konten yang melibatkan mereka. Dengan aktif berinteraksi dengan pengikut, Anda dapat memperkuat hubungan dengan mereka dan meningkatkan keterlibatan pengguna terhadap merek.

5. Konsistensi dalam Promosi

Selain itu, pastikan untuk tidak berlebihan dalam mempromosikan produk atau layanan Anda. Fokuslah pada konten yang memberikan nilai tambah bagi pengguna, sambil secara halus menyertakan promosi dalam konten Anda. Dengan konsistensi dalam promosi yang tidak mengganggu, Anda dapat mempertahankan minat pengguna dan membangun citra merek yang positif.

6. Perhatikan Kualitas Konten

Jaga kualitas konten Anda dengan memastikan setiap posting memiliki gambar yang menarik, judul yang menarik, dan konten yang bernilai bagi pengguna. Buatlah konten yang relevan dengan minat dan kebutuhan pengikut Anda, dan pastikan untuk selalu menjaga kualitas konten agar tetap menarik dan berharga bagi audiens.

7. Optimalkan Penggunaan Instagram Stories

Manfaatkan fitur Instagram Stories untuk berbagi konten eksklusif, membuat promosi yang menarik, dan menyampaikan pesan-pesan penting kepada pengikut Anda. Dengan mengoptimalkan penggunaan Instagram Stories, Anda dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dan memperluas jangkauan konten.

Baca Juga: Memahami 12 Kelebihan Instagram untuk Bisnis

8. Gunakan Konten Berformat Vertical

Sajikan konten Anda dalam format vertical agar dapat disesuaikan dengan pengalaman pengguna Instagram yang mayoritas mengakses platform melalui ponsel. Dengan menggunakan konten berformat vertical, Anda dapat memastikan bahwa konten ditampilkan dengan baik dan menarik perhatian pengguna dengan optimal.

Banner Ads - Lead Gen 2

9. Perhatikan Waktu Posting yang Tepat

Lakukan riset atau uji coba untuk menentukan waktu posting yang paling efektif untuk audiens Anda. Perhatikan pola aktivitas pengguna di Instagram dan zona waktu target Anda untuk memastikan bahwa posting yang dibuat efektif menghasilkan awareness. Dengan memperhatikan waktu posting yang tepat, Anda dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dan efektivitas strategi pemasaran di Instagram.

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kesalahan dalam strategi pemasaran di Instagram dapat menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Namun, dengan mengenali kesalahan-kesalahan tersebut dan mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya, Anda dapat memperbaiki strategi pemasaran dan meningkatkan efektivitas kampanye di platform ini.

Penting untuk menyusun rencana strategis yang matang, fokus pada pertumbuhan organik, aktif berinteraksi dengan pengikut, serta menjaga kualitas dan konsistensi konten. Penggunaan fitur-fitur seperti Instagram Stories dan penggunaan konten berformat vertical juga dapat membantu meningkatkan keterlibatan pengguna. Dengan memperhatikan waktu posting yang tepat dan menghindari promosi yang berlebihan, Anda dapat meningkatkan efektivitas strategi pemasaran di Instagram.

Melalui pemahaman akan kesalahan strategi pemasaran di Instagram dan langkah-langkah untuk mengatasinya, Anda diharapkan dapat menerapkan strategi pemasaran yang lebih tepat dan efektif untuk pertumbuhan bisnis. Namun, kami menyadari bahwa mengelola strategi pemasaran digital dapat menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi Anda yang memiliki banyak prioritas lain.

Untuk menghindari kesalahan yang tidak perlu dan mendapatkan bantuan dalam mencapai target bisnis, kami merekomendasikan Anda untuk memanfaatkan jasa Digital Marketing seperti yang ditawarkan oleh ToffeeDev. Tim profesional kami siap membantu Anda dalam setiap proses, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan strategi pemasaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Kunjungi situs resmi ToffeeDev atau mulai jadwalkan konsultasi gratis hari ini untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana kami dapat membantu Anda mencapai kesuksesan dalam pemasaran digital!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top