Apa Manfaat Pemasaran Online Bagi Bisnis?

manfaat pemasaran online

Beberapa dari Anda mungkin belum mengetahui manfaat pemasaran online bagi bisnis. Di zaman sekarang ini, hampir semua bisnis di berbagai bidang mulai melebarkan sayap mereka di dunia online. Hal ini tidak sebatas dengan penggunaan sosial media saja untuk memasarkan bisnis secara online, namun juga dengan pembuatan website. Apalagi di tengah situasi pandemi seperti saat ini di mana banyak bisnis mengalami krisis. Tapi tahukah Anda? Banyak juga bisnis yang masih berjuang berkat pemasaran online. Lalu, apa saja manfaat pemasaran online bagi bisnis?

Pengertian Pemasaran Online

Pemasaran online meruapak metodologi yang dimanfaatkan untuk mempromosikan produk atau jasa menggunakan internet. Pemasaran online sangat efektif untuk dilakukan karena memiliki cakupan yang sangat luas jika dibandingkan dengan pemasaran dengan pemasaran tradisional. Hal ini terjadi karena channel atau saluran pada mekanisme pemasaran online mudah dijangkau oleh khalayak yang lebih luas.

Dengan menggunakan strategi pemasaran online, produk dan jasa tidak hanya dapat dibeli oleh orang-orang yang berada dengan dekat bisnis tersebut. Masyarakat yang berada di luar daerah bisnis juga bisa mengetahui keberadaan produk dan jasa tersebut dan membeli produk dan jasa tersebut lewat internet.

Strategi pemasaran online juga sering disebut dengan pemasaran internet, iklan digital marketing, web marketing, dan lain sebagainya. Jenis-jenis dari pemasaran online pun sangat beragam dengan manfaat yang sangat luas dan dapat dirasakan oleh berbagai sektor industri yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan para pemilik bisnis untuk menjangkau konsumen dan mengembangkan bisnis.

Banner Ads - General 2

Jenis-jenis Pemasaran Online

Seiring dengan berjalannya waktu, ada banyak sekali jenis-jenis dan keuntungan pemasaran online. Berikut ini adalah beberapa jenis pemasaran online yang harus Anda pelajari.

1. E-Commerce

Saat ini keberadaan e-commerce menjadi salah satu hal yang sangat menunjang keberhasilan bisnis. Keberadaan e-commerce seperti Shopee, Blibli, Bukalapak, dan Tokopedia sangat membuka kesempatan yang lebih luas kepada pelaku usaha untuk memasarkan produk dan jasa mereka di luar daerah bisnis yang mereka jalankan.

Pemasaran online melalui e-commerce juga terbilang sangat mudah untuk dilakukan serta hemat biaya.

2. Social Media Marketing

Berbeda dengan e-commerce, dimana para pebisnis dan pedagang dapat langsung menawarkan produk atau jasa mereka untuk dibeli, media sosial marketing atau pemasaran online melalui media sosial memiliki fungsi dan mekanisme yang jauh lebih luas.

Selain membangun hubungan dengan pelanggan, melakukan promosi produk dan jasa, hingga membuat pelanggan melakukan transaksi, media sosial marketing juga dapat menjadi cara untuk meningkatkan brand awareness di kalangan publik, serta membantu pelaku bisnis berinteraksi langsung dengan konsumen.

Baca Juga: Geotargeting Social Media: Menaikkan Efektivitas Kampanye dengan Target Audiens Lokal

3. SEO

Search engine optimization atau SEO adalah salah satu jneis dari strategi pemasaran online yang sangat penting untuk dilakukan bagi Anda yang ingin menjangkau konsumen pada pasar yang lebih luas. Tujuan utama dari SEO adalah untuk memasarkan produk dan membantu bisnis Anda muncul di peringkat yang paling tinggi di SERP.

Strategi pemasaran online menggunakan SEO sendiri melibatkan beragam teknik dan praktik yang harus Anda pelajari secara mendalam.

Banner Ads - Ebook 2

Manfaat Pemasaran Online bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Berikut ini 5 manfaat pemasaran online bagi bisnis yang perlu Anda ketahui sebagai para pelaku bisnis, yaitu:

1. Biaya yang Dikeluarkan Lebih Sedikit

Dari segi biaya, melakukan pemasaran secara online memang relatif lebih murah dibandingkan offline. Anda tidak perlu menyewa tempat, mengeluarkan biaya cetak brosur, dan hal lainnya jika Anda melakukan pemasaran secara online

Anda bisa membuat website yang berisikan data perusahaan dan rincian produk atau jasa yang Anda punya. Dengan demikian, pelanggan dapat langsung membaca sendiri dan bertanya melalui website atau platform online lainnya yang akan Anda gunakan.

2. Dapat Menjangkau Target yang Lebih Luas

Tentu saja dengan memanfaatkan pemasaran online, Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan juga spesifik. Bila melakukan pemasaran offline hanya dapat dilihat oleh sebagian orang yang tinggal di wilayah tersebut saja, dengan online semua orang bahkan di belahan dunia manapun bisa melihat produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

Oleh karena itu, dengan memasarkan bisnis secara online, Anda berkesempatan untuk mendapatkan banyak calon pelanggan baru untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda.

Baca Juga: Terapkan SEO yang Tepat Untuk Target Pasar Tanpa Batas

3. Bisnis Lebih Mudah Dicari dan Dikenal

Salah satu manfaat memasarkan bisnis secara online adalah bisnis Anda menjadi lebih mudah dicari dan dikenal. Anda tidak perlu repot-repot memperkenalkan bisnis Anda dengan berbicara panjang lebar kepada pelanggan secara tatap muka. 

Semua data bisnis bisa dimasukkan ke dalam sebuah website atau platform media sosial. Dengan begitu, Anda bisa mempertahankan pelanggan lama dengan memberikan update terbaru seputar bisnis Anda secara online dan juga calon pelanggan dapat mengetahui bisnis macam apa yang Anda tawarkan dengan membaca informasi produk atau jasa yang ditawarkan.

4. Membangun Hubungan yang Lebih Efektif

Memasarkan bisnis secara online dapat membangun hubungan dengan pelanggan Anda secara lebih efektif. Anda bisa memanfaatkan seluruh fitur online seperti email marketing yang dapat memberikan info-info terbaru seputar bisnis Anda kepada pelanggan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur chat agar dapat terkoneksi dengan pelanggan tanpa terhalang ruang dan waktu.

Baca Juga: Cara Mempertahankan Hubungan Baik Dengan Konsumen

5. Dapat Fokus dengan Pelayanan yang Diberikan

Manfaat terakhir yang Anda dapatkan dari memasarkan bisnis secara online adalah Anda dapat menggunakan sistem chat bot sehingga dapat membuat Anda lebih fokus dengan pelanggan yang benar-benar tertarik dengan bisnis yang ditawarkan. Chat bot ini bisa diaplikasikan di website dan juga platform media sosial yang dapat membantu Anda dalam membalas chat pelanggan. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan waktu secara lebih efektif dan fokus dengan pelayanan yang Anda berikan.

Banner Ads - Lead Gen 2

Bergegaslah Melebarkan Sayap Bisnis Anda Di Dunia Online

Jadi, tunggu apa lagi? Ini adalah kesempatan untuk Anda melebarkan sayap bisnis di dunia online. Ada banyak manfaat pemasaran online bagi Anda. Jika Anda membutuhkan konsultasi untuk mengembangkan bisnis secara online, ToffeeDev mempunyai jasa pembuatan website dan konsultan SEO kami siap untuk memberikan konsultasi dan mencarikan solusi terbaik untuk bisnis anda.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Follow Us

Scroll to Top