4 Macam Media Pemasaran Online yang Bisa Anda Coba

media pemasaran online

Mengingat tingginya angka penggunaan internet dan media sosial di kalangan masyarakat Indonesia, tak heran jika media pemasaran online dirasa sangat efektif untuk memperkenalkan produk atau jasa. Beragam internet tools, seperti website, media sosial, blog, dan lainnya bisa diibaratkan sebagai toko yang dapat dengan mudah dikunjungi banyak orang secara virtual. Kemudahan akses konsumen terhadap konten digital, membuat media online sebagai salah satu media promosi online yang efektif.

Apalagi, kelebihan utama dari media pemasaran online adalah kemampuannya yang bisa menjangkau seluruh dunia! Dengan fitur iklan online yang canggih, serta bisa diakses kapan saja dan dimana saja, kegiatan promosi menjadi semakin efektif karena dapat menentukan target dan pelanggan dengan mudah. Tak hanya itu, modal yang dibutuhkan juga relatif kecil, sehingga teknik pemasaran ini sangat cocok bagi Anda yang bahkan baru merintis usaha. 

Jenis Media Promosi Online yang Efektif

Mengingat pengguna internet sangat luas, penting memilih media promosi online yang sesuai dengan target masyarakat bisnis anda agar dapat menjalin komunikasi yang efektif. Setiap aplikasi memiliki fitur iklan dan pengguna yang beragam, bahkan jenis konten yang dipromosikan juga berbeda-beda.

Banner Lead Generation Ads 2

Pilihan Media Pemasaran Online

Ada beberapa macam media pemasaran online yang bisa dicoba untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda. Berikut daftarnya.  

1. Facebook

Salah satu media sosial yang masih sangat populer di segala usia ini, aplikasi Facebook juga bisa Anda manfaatkan sebagai sarana media promosi online untuk mempromosikan produk dan jasa. Anda bisa menggunakan fitur Facebook Ads agar promosi bisa lebih maksimal dalam menjangkau calon konsumen.

Baca Juga : 5 Cara Membuat Facebook Ads

Yang penting, pastikan konten selalu menarik sehingga bisa menjadi daya tarik bagi konsumen untuk memberikan ‘Like’. Anda juga harus senantiasa mengevaluasi serta mengenali target pasar dengan mencari orang-orang yang sekiranya tertarik dengan halaman Facebook. Jangan lupa untuk memilih dan menargetkan kata kunci atau keyword yang sekiranya memiliki angka pencarian tinggi. 

Yang penting, pastikan konten selalu menarik sehingga bisa menjadi daya tarik bagi konsumen untuk memberikan ‘Like’. Anda juga harus senantiasa mengevaluasi serta mengenali target pasar dengan mencari orang-orang yang sekiranya tertarik dengan halaman Facebook. Jangan lupa untuk memilih dan menargetkan kata kunci atau keyword yang sekiranya memiliki angka pencarian tinggi. 

2. Instagram

Mengingat popularitas aplikasi Instagram yang cukup tinggi, ini juga bisa menjadi pilihan tepat media pemasaran online. Apalagi, kini, juga telah tersedia Instagram Ads; sebuah layanan iklan berbayar yang dijamin mampu menarik perhatian target pasar. 

Bagi Anda yang tertarik menggunakan Instagram sebagai media promosi online, usahakan siapkan media seperti gambar atau video semenarik mungkin dan jangan lupa sertakan tagar atau hashtag yang tepat. Ingat, fungsi tagar adalah untuk menyasar sasaran atau target pasar sehingga tidak boleh asal. 

Baca Juga : Cara Beriklan Di Instagram yang Wajib Anda Ketahui

Sedangkan, jika Anda menggunakan Instagram Ads, yang harus disiapkan adalah video atau gambar promosi yang unik serta situs website. Nantinya, gambar atau video tersebut akan ditampilkan di timeline pengguna, dan jika mereka tertarik akan langsung diarahkan ke situs website dengan cara menekan tombol ‘selengkapnya/beli sekarang’. 

Yang perlu dipahami, Instagram Ads ini tak hanya berfungsi untuk menarik perhatian calon pembeli, tetapi juga dapat meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Tak hanya itu, Anda pun bisa menggunakan jasa influencer atau selebgram untuk mereview atau memberikan testimoni produk. 

3. Online Marketplace

Situs marketplace juga merupakan media promosi online yang cukup efektif untuk digunakan. Anda bisa memilih beragam jenis marketplace, seperti TokopediaOLXShopeeBukalapak, dan masih banyak lagi. 

Marketplace akan membantu Anda untuk memiliki toko online sendiri, serta melakukan beragam aktivitas promo dan pemasaran produk. Bahkan, tak jarang, pebisnis yang sudah memiliki toko offline pun tetap membuat akun toko di marketplace guna memperluas jaringan dan meningkatkan pendapatan. 

4. YouTube

Mengingat YouTube tengah digandrungi banyak orang dari segala golongan dan usia, Anda bisa memanfaatkannya untuk promosi produk dan jasa. Anda bisa mempromosikannya secara langsung melalui akun YouTube pribadi, melalui review atau testimoni vlogger, atau bahkan dengan iklan berbayar melalui digital marketing agency. 

Bagi Anda yang telah memiliki followers cukup banyak, tak ada salahnya jika mempromosikan produk dan jasa melalui akun pribadi. Upload video dan pilih kategori yang tepat untuk bisnis yang hendak dipromosikan. Usahakan buatlah judul semenarik mungkin dan jangan lupa sertakan banyak kata kunci guna memperbesar kemungkinan pencarian. 

Baca Juga : Cara Daftar AdSense YouTube

Namun, jika Anda baru pertama kali menggunakan YouTube sebagai media promosi, ada baiknya menggunakan jasa digital marketing agency. Di sana, Anda akan dibantu membuat media promosi serta cara memasarkannya melalui berbagai platform media sosial termasuk YouTube. 

Nah, itulah beberapa contoh media promosi pemasaran online yang patut dicoba. Semoga bermanfaat dan salam sukses!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat