Mobile CRM Software: Solusi Meningkatkan Produktivitas Bisnis

mobile crm software

Mobile CRM software telah menjadi bagian integral dari strategi bisnis modern di era digital saat ini. Bersamaan dengan kemajuan teknologi dan perubahan perilaku konsumen yang makin banyak menggunakan perangkat seluler, penting bagi Anda untuk dapat mengakses data pelanggan dari mana saja dan kapan saja.

Inilah alasan perangkat lunak CRM yang dioptimalkan untuk perangkat seluler atau dikenal sebagai mobile CRM software, sangat penting untuk sistem operasional bisnis. Mobile CRM software memungkinkan bisnis untuk tetap terhubung dengan pelanggan di berbagai situasi, baik di kantor, di lapangan, atau bahkan saat bepergian. Untuk lebih memahaminya, mari simak manfaat software CRM mobile dan rekomendasinya dalam artikel ini!

Apa Itu Software CRM Mobile?

Software CRM mobile merupakan aplikasi perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengelola hubungan dengan pelanggan melalui perangkat seluler, seperti ponsel pintar atau tablet. Perangkat lunak ini mirip dengan platform CRM konvensional dalam hal fungsinya untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengelola informasi pelanggan. 

Perbedaan utama antara software CRM mobile dan CRM konvensional terletak pada aksesibilitas dan fleksibilitasnya. Software CRM mobile mampu memberikan akses secara langsung ke data pelanggan hanya dengan menggunakan perangkat seluler dan koneksi internet. Selain itu, software ini juga menyediakan fitur tambahan yang dirancang khusus untuk kebutuhan mobilitas, seperti integrasi GPS, kamera, dan notifikasi real-time. 

Banner Ads - General 2

Manfaat Software CRM Mobile untuk Bisnis

Berikut adalah beberapa manfaat utama penggunaan software CRM mobile untuk bisnis.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan CRM B2B dan Bagaimana Manfaatnya Bisnis Anda?

1. Meningkatkan Produktivitas Tim

Penggunaan software CRM mobile memungkinkan anggota tim untuk mengakses informasi pelanggan secara langsung di mana saja. Hal ini membantu meningkatkan produktivitas tim karena tidak lagi memerlukan waktu yang lama untuk mencari informasi terkini atau mengakses data pelanggan. Dengan demikian, tim Anda dapat lebih fokus pada tugas-tugas yang lebih strategis dan meningkatkan kualitas kerja.

2. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Mobile CRM software memungkinkan bisnis untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih personal dan responsif. Anda dapat dengan mudah mengakses informasi pelanggan dan berkomunikasi dengan mereka secara langsung sehingga pelanggan dapat menyelesaikan masalah dengan lebih cepat dan efektif. Langkah ini efektif dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat hubungan jangka panjang antara bisnis dan pelanggannya.

3. Meningkatkan Penjualan dan Penjualan Silang

Software CRM mobile akan memberi Anda akses langsung ke data pelanggan, riwayat pembelian, dan preferensi pelanggan. Hal ini memungkinkan untuk mengidentifikasi peluang penjualan baru dan melakukan penjualan silang dengan lebih efektif. Selain itu, dengan kemudahan akses ke informasi produk dan penawaran terkini, Anda juga dapat memberikan solusi yang lebih relevan dan menarik bagi pelanggan.

4. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Mobile CRM software dapat membantu mengotomatiskan tugas-tugas manual, seperti entri data dan pelaporan guna mengoptimalkan waktu dan sumber daya. Hal ini memungkinkan tim untuk fokus pada hal yang lebih penting, seperti membangun hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan penjualan.

5. Memudahkan dalam Mengakses Data

Salah satu manfaat utama dari penggunaan software CRM mobile adalah kemudahan dalam mengakses data pelanggan dari mana saja dan kapan saja. Aplikasi seluler yang responsif dan mudah digunakan dapat membuat bisnis dengan cepat mencari informasi yang mereka butuhkan dan mengambil keputusan berdasarkan data yang terbaru. Hal ini memungkinkan bisnis untuk tetap terhubung dengan pelanggan dan mengelola hubungan secara efektif.

6. Membuat Siklus Penjualan yang Lebih Pendek

Melalui informasi yang terintegrasi dan terupdate secara real-time, Anda dapat memperpendek siklus penjualan. Tim penjualan dapat dengan cepat mengidentifikasi prospek potensial, menghubungi mereka, dan menutup kesepakatan dengan lebih efisien. Hal ini tidak hanya meningkatkan produktivitas tim penjualan, tetapi juga mempercepat arus kas dan meningkatkan pendapatan bisnis secara keseluruhan.

Membuat Siklus Penjualan yang Lebih Pendek

Contoh Software CRM Mobile

Memilih software CRM mobile yang tepat untuk bisnis menjadi langkah penting dalam meningkatkan produktivitas tim, kepuasan pelanggan, dan penjualan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi software CRM mobile yang dapat dipertimbangkan.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Financial CRM Software yang Tepat

1. Microsoft Dynamics 365 Sales

Microsoft Dynamics 365 Sales adalah salah satu solusi CRM yang paling populer. Perangkat lunak ini membantu bisnis meningkatkan penjualan, meningkatkan hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan efisiensi tim penjualan. Solusi ini dirancang untuk membantu bisnis dari semua skala, dari bisnis berskala kecil hingga besar.

2. Barantum CRM

Barantum CRM merupakan salah satu solusi CRM terdepan dari Indonesia yang dirancang khusus memenuhi kebutuhan bisnis di Indonesia. Software ini menawarkan berbagai fitur yang lengkap dan mudah digunakan, seperti manajemen pelanggan, aktivitas, penjualan, tiket, hingga manajemen laporan. Jika Anda mencari solusi CRM yang mudah digunakan dan terjangkau, Barantum CRM adalah pilihan yang tepat.

3. Zoho CRM

Software CRM mobile selanjutnya adalah Zoho CRM.  Zoho CRM menjadi solusi  CRM yang populer digunakan oleh bisnis dari berbagai ukuran. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda memantau interaksi pelanggan dan mendapatkan visibilitas data yang dibutuhkan. Bukan hanya itu, Zoho CRM juga terintegrasi dengan berbagai aplikasi Zoho lainnya sekaligus aplikasi pihak ketiga.

4. HubSpot CRM

HubSpot CRM menawarkan platform yang lengkap untuk mengelola penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan. Melalui aplikasi seluler HubSpot CRM, Anda dapat memvisualisasikan saluran penjualan, mengelola prospek, dan berkolaborasi dengan tim di mana saja dan kapan saja. Selain itu, HubSpot CRM juga menawarkan fitur integrasi dengan platform dan alat marketing yang Anda miliki. 

5. Pipedrive

Versi seluler CRM Pipedrive adalah alat yang lengkap untuk mengelola saluran penjualan dan melacak prospek secara efisien. Melalui aplikasi ini, Anda dapat menjadwalkan acara dan aktivitas untuk prospek meski saat bepergian. Ini merupakan solusi yang ideal untuk bisnis skala besar hingga kecil karena membantu meningkatkan efektivitas upaya pemasaran tanpa batasan lokasi atau waktu. 

Banner Ads - Ebook 2

6. Freshworks CRM

Freshworks CRM adalah solusi CRM berbasis cloud yang mudah digunakan dan cocok untuk berbagai bisnis, mulai dari start up hingga perusahaan besar. Menariknya, Freshworks CRM dapat menggunakan nomor telepon lokal untuk kemudahan personalisasi layanan pelanggan. Perangkat lunak ini  dirancang untuk membantu bisnis meningkatkan efisiensi tim penjualan, meningkatkan hubungan pelanggan, hingga meningkatkan pertumbuhan bisnis.

7. Salesforce Marketing Cloud

Salesforce Marketing Cloud adalah bagian integral dari ekosistem Salesforce yang menyediakan solusi pemasaran yang komprehensif. Melalui perangkat lunak ini, para pengguna dapat mengelola setiap aspek dari kampanye pemasaran, mulai dari penciptaan konten hingga analisis kinerja dalam satu platform yang terintegrasi. Adapun beberapa fitur yang disediakan Salesforce Marketing Cloud, seperti email studio, journey builder, data studio, dan social studio.

Salesforce Marketing Cloud

Cara Mengoptimalkan Penggunaan Software CRM Mobile

Penggunaan software CRM mobile yang optimal dapat membantu setiap bisnis untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Berikut adalah beberapa tip untuk mengoptimalkan penggunaan software CRM mobile.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Tools CRM Terbaik 2024: Tingkatkan Retensi Customer

1. Mengaudit Data Secara Berkala

Akurasi dan kelengkapan data pelanggan merupakan kunci utama dalam memanfaatkan mobile CRM software secara optimal. Oleh karena itu, penting untuk melakukan audit data secara berkala dan memastikan bahwa data tersebut akurat, terkini, dan lengkap. Hal ini dapat meningkatkan kualitas data dan menghasilkan informasi yang lebih relevan tentang pelanggan.

2. Membuat Sistem yang Konsisten untuk Data

Membuat sistem yang konsisten untuk entri dan pengelolaan data pelanggan dapat membantu memastikan bahwa data tersebut mudah diakses dan digunakan oleh semua orang dalam tim. Ini mencakup standarisasi format data, kebijakan pengisian data, serta prosedur pengelolaan dan pembaruan data secara berkala. 

3. Menggabungkan Data Pemasaran dan Data Penjualan

Salah satu keunggulan software CRM mobile adalah kemampuannya untuk menggabungkan data pemasaran dan data penjualan dalam satu platform. Integrasi data ini memberikan informasi yang lebih mendalam tentang perilaku pelanggan, preferensi produk, dan efektivitas kampanye pemasaran. 

4. Mengotomatisasi Proses Manual

Penggunaan fitur otomatisasi dalam software CRM mobile membantu mengurangi ketergantungan pada proses manual yang membutuhkan waktu dan memiliki risiko kesalahan. Contohnya, otomatisasi dapat digunakan untuk mengirim email follow-up, menjadwalkan pertemuan, atau mengirimkan notifikasi kepada tim penjualan. Ini dapat meningkatkan efisiensi operasional dan membantu Anda untuk fokus pada kegiatan yang lebih strategis.

Banner Ads - Lead Gen 2

5. Memperbarui Software Secara Berkala

Software CRM mobile terus berkembang dengan fitur-fitur baru dan peningkatan keamanan. Maka dari itu, pastikan untuk selalu memperbarui software CRM mobile secara berkala. Pembaruan perangkat lunak memberikan Anda akses pada fitur-fitur baru yang lebih canggih, serta memperbaiki kerentanan keamanan dan bug yang mungkin ada dalam versi sebelumnya. 

Bagaimana, apakah Anda sudah lebih memahami tentang pentingnya mobile CRM software untuk bisnis? Penggunaan software ini dapat memberikan keuntungan yang signifikan bagi bisnis dalam hal meningkatkan produktivitas, kepuasan pelanggan, hingga efisiensi operasional. Melalui pemilihan platform yang sesuai dan mengoptimalkan penggunaannya, Anda dapat mengambil langkah yang lebih efektif dalam membangun dan mengelola hubungan dengan pelanggan.

Selain penggunaan mobile CRM software untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, Anda juga dapat memanfaatkan jasa digital marketing dari ToffeeDev. Berfokus pada strategi search marketing, ToffeeDev akan membantu Anda untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan melalui strategi dan konten digital yang efektif, beserta dengan implementasi hingga pemantauan dan evaluasi.

Hubungi ToffeeDev untuk menjadwalkan konsultasi gratis sekarang. Mari wujudkan keberlanjutan bisnis dengan mengoptimalkan potensi pelanggan Anda!

Share this post :

Scroll to Top