Panthenol Adalah: Pengertian, Manfaat dan Kegunaannya

panthenol adalah

Apakah Anda memiliki impian untuk meluncurkan produk perawatan kulit (skincare)? Tentunya Anda perlu memilih kandungan yang aman dan bermanfaat untuk membuat produk skincare. Panthenol adalah bahan produk perawatan kulit terbaik karena memiliki banyak fungsi. Bukan hanya kulit, panthenol bisa juga digunakan untuk produk perawatan rambut dan wajah.

Tak kenal maka tak sayang, yuk cari tahu lebih lanjut mengenai panthenol dalam ulasan menarik di bawah ini.

Mengenal Panthenol

Panthenol adalah zat kimia yang terbuat dari asam pantotenat yang juga dikenal sebagai vitamin B5. Zat kimia ini dibuat secara organik dan berasal dari sumber tanaman dan hewan. Panthenol sudah banyak digunakan sebagai kandungan tambahan dalam berbagai produk kosmetik, khususnya perawatan kulit. Ketika diserap ke dalam tubuh, panthenol berubah menjadi vitamin B5 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Seperti apa bentuk panthenol itu? Zat ini berbentuk serbuk putih atau minyak transparan pada suhu ruangan. Panthenol biasanya terdaftar dalam komposisi produk perawatan kulit dengan nama lain, contohnya dexpanthenol, alkohol D-pantothenyl, butanamida, dan provitamin B5. 

Apakah panthenol aman digunakan untuk produk perawatan kulit? Tentu saja. Lembaga Food and Drug Administration (FDA) sudah menganggap panthenol sebagai bahan yang aman untuk bahkan bahan makanan atau suplemen. Namun, penggunaan panthenol lebih baik digunakan untuk perawatan kulit, rambut, dan kuku. Selain itu, panthenol juga dianggap cukup aman untuk perawatan kulit pada anak. Artinya, tidak ada bukti signifikan bahwa panthenol menyebabkan kerusakan pada kulit.

Cosmetic Ingredient Review (CIR) menilai keamanan produk yang mengandung panthenol tidak terbukti menyebabkan iritasi atau kerusakan pada kulit, kecuali pada kasus alergi. Sangat jarang ditemukan reaksi buruk terhadap panthenol. Namun, efek samping terjadi biasanya berupa dermatitis kontak atau gangguan pencernaan.

Baca Juga : 9 Tips Pemasaran Klinik Kecantikan

Manfaat Panthenol

Panthenol memiliki manfaat yang cukup besar sebagai bahan untuk produk perawatan kulit, rambut, atau kuku. Apa saja manfaatnya?

1. Melembabkan dan Menghidrasi Kulit

Kulit kering, kulit sensitif, dermatitis, atau psoriasis tidak terhidrasi dengan baik sehingga membutuhkan panthenol. Zat ini bersifat humektan, artinya kulit bisa menahan kelembapan dan mempertahankan hidrasi.

2. Meningkatkan Penyembuhan Luka

Panthenol juga sering digunakan sebagai bahan untuk menyembuhkan lupa dan cedera kulit minor, luka bakar, atau luka akibat sinar matahari. Panthenol bisa meningkatkan pergantian sel dan proliferasi fibroblas. Menurut sebuah studi tahun 2020, panthenol juga merupakan kandungan yang baik untuk perban luka.

3. Meningkatkan Fungsi Skin Barrier

Panthenol dapat memperbaiki skin barrier dengan meningkatkan sintesis lipid dan diferensiasi epidermis. Artinya, panthenol membantu menghidrasi lapisan paling luar kulit dan mengunci kelembapan. Selain itu, panthenol juga meningkatkan protein dan lipid dalam kulit yang terhidrasi serta meningkatkan elastisitas kulit.

Jasa SEO

4. Menenangkan dan Mengurangi Inflamasi

Sifat melembabkan yang dimiliki panthenol juga membuat kandungan ini bersifat anti-inflamasi. Pasalnya, kulit yang terhidrasi bisa mencegah kulit menjadi sensitif dan mudah iritasi. Panthenol bisa memperbaiki kulit kasar, kekeringan, gatal-gatal, kemerahan, dan pengelupasan akibat eksim, dermatitis kontak, dan psoriasis. Studi tahun 2019 menambahkan bahwa panthenol dapat meredakan kemerahan wajah yang dimiliki orang dengan kulit sensitif.

Tidak hanya orang dewasa, panthenol juga memiliki khasiat yang besar untuk bayi. Produk yang mengandung panthenol juga bermanfaat untuk menenangkan dan melindungi kulit bokong bayi dari dermatitis popok akibat iritasi. Panthenol juga merupakan bahan umum dalam krim puting payudara untuk mengobati trauma dan nyeri puting pada ibu yang menyusui.

5. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Panthenol juga terbukti mencegah kerontokan rambut. Selain itu, panthenol juga menjaga kelembapan kulit kepala sehingga rambut tidak akan kering dan rapuh.

Baca Juga : 8 Tips Memulai Bisnis Klinik Kecantikan di Era Digital

Kegunaan Panthenol untuk Produk Kecantikan

Panthenol biasanya ditemukan dalam produk kosmetik sebagai pelembap. Namun, ada juga produk yang menggunakan panthenol sebagai agen pelembut, penenang, dan anti-iritasi pada kulit. Berikut beberapa inspirasi kegunaan panthenol yang bisa diterapkan pada produk kecantikan Anda.

1. Produk Perawatan Kulit (Skincare)

Vitamin B5 sangat penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Tidak mengherankan jika panthenol sebagai kandungan turunannya menjadi produk wajib dalam banyak produk perawatan kulit, terutama losion dan cairan pembersih. National Center for Biotechnology Information mencantumkan panthenol sebagai pelindung kulit dengan sifat anti-inflamasi sehingga bisa meningkatkan hidrasi kulit, elastisitas, dan tampilan halus.

Selain perawatan kulit, panthenol juga ditemukan dalam kosmetik seperti lipstik, foundation, bahkan maskara. Panthenol juga muncul dalam krim yang dibuat untuk mengobati gigitan serangga, poison ivy, dan bahkan ruam popok sebagai obat.

2. Produk Perawatan Rambut (Haircare)

Produk perawatan rambut juga mengandung panthenol karena berkhasiat untuk meningkatkan kilau dan kelembutan rambut serta kekuatan akar rambut. Rambut juga akan terlindungi dari kerusakan akibat styling dengan cara mengunci kelembapannya. Panthenol juga mampu menyamarkan tampilan rambut yang tipis.

3. Produk Perawatan Kuku (Nail Care)

Kuku juga terbuat dari protein keratin yang sama seperti rambut. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika panthenol dapat membuat kuku lebih kuat. Kandungan panthenol ditemukan dalam produk perawatan kuku meningkatkan kilau kuku. Selain itu, panthenol juga tersedia di dalam krim tangan dan minyak kutikula. Mengoleskan panthenol pada kuku dapat menghidrasi kuku dan mencegah kerusakan.

Baca Juga : 10 Tips Bisnis Kecantikan Untuk Pemula

Kembangkan Bisnis Kecantikan Anda dengan ToffeeDev

Panthenol adalah salah satu zat kimia yang memberikan khasiat cukup besar pada kesehatan kulit. Keamanannya sudah terbukti dan tidak membuat kulit iritasi sehingga Anda bisa menggunakannya untuk membuat produk kecantikan seperti perawatan kulit, rambut, maupun kuku.

Produk kecantikan yang bagus saja tidak akan cukup apabila tidak disertai strategi pemasaran yang menarik dan tentunya relevan dengan target pasar Anda. Buatlah proses pemasaran menjadi lebih mudah dengan menggunakan jasa Digital Marketing dari ToffeeDev. Anda bisa mencoba strategi Facebook Ads untuk mengiklankan produk kecantikan lebih mudah ke seluruh pengguna media sosial. Tim kami juga akan mengoptimasi iklan yang dibuat supaya bisa mencapai hasil yang diinginkan. Hubungi kami segera dan sukseskan bisnis kecantikan Anda dengan ToffeeDev.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top