Mengenal Transformasi Digital dan Perannya dalam Bisnis

transformasi digital adalah

Transformasi digital dapat dipahami sebagai upaya untuk revolusi bisnis dengan menggunakan teknologi sebagai jembatan untuk berinteraksi dan membawa sebuah pengalaman yang jauh lebih praktis serta meningkatkan rasa kepuasan terhadap suatu keahlian, atau bidang jasa tertentu.

Pelaku bisnis mulai melihat teknologi sebagai jalan untuk mencapai tujuan yang lebih besar, mereka menjalin kolaborasi agar mampu mendongkrak minat terhadap bisnis, atau keahlian utamanya. Agar tujuan bisnis dapat diimplementasikan dengan tepat, maka transformasi digital adalah inti dari keberhasilan bisnis.

Apa itu Transformasi Digital?

Transformasi digital adalah proses yang diadopsi oleh perusahaan dengan menggunakan teknologi digital. Big data, cloud computing, AI, dan juga teknologi digital lainnya adalah contoh untuk meningkatkan efisiensi dan inovasi sebuah bisnis. Transformasi digital juga diadopsi untuk menghadapi perubahan pasar dan trend yang makin berkembang. Sebuah adaptabilitas bisnis yang disediakan untuk merevolusi bisnis dari penggunaan sistem analog ke teknologi digital yang lebih efisien.

Image Source:

Manfaat Transformasi Digital

Pentingnya implementasi transformasi digital bagi bisnis salah satunya adalah untuk menghemat waktu, pekerjaan akan lebih efisien. Itu salah satu alasan mengapa transformasi digital begitu penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Bahkan saat ini sebuah bisnis kecil yang baru dirintis menggunakan teknologi digital, hal ini diperlukan untuk membantu mereka dalam menjangkau pasar. Beberapa manfaat yang diperoleh adalah:

1 . Meningkatkan Efisiensi Operasional

Perusahaan secara signifikan akan meningkatkan efisiensi operasional yang melalui implementasi transformasi digital. Efisiensi operasional dapat dilihat dari penggunaannya, teknologi computing cloud dapat membantu untuk menghemat biaya dan juga waktu dari pengelolaan infrastruktur suatu perusahaan. Manfaat efisiensi yang juga bisa diperoleh dari penggunaan teknologi digital adalah saat melakukan pengumpulan data, cara ini akan lebih mudah dan cepat, sehingga membantu perusahaan dalam mengambil sebuah keputusan yang berkaitan dengan bisnisnya.

2 . Meningkatkan Produktivitas

Transformasi digital dapat meningkatkan produktivitas sektor bisnis dan menghemat waktu untuk mengerjakan tugas. Penggunaan teknologi digital dapat menggantikan pengerjaan dengan sistem analog yang meliputi tugas-tugas rutin, mencari informasi, mengoptimalkan proses bisnis, hingga peningkatan kualitas kerja. Hal apa saja yang berkaitan dengan pengerjaan tugas sehari-hari dapat diwakilkan secara otomatis oleh teknologi digital, sehingga produktivitas menjadi meningkat.

Baca Juga: 3 Faktor yang Mempengaruhi Gaya Kepemimpinan Seseorang

3 . Meningkatkan Inovasi

Seiring dengan berkembang trend pasar akan penggunaan teknologi digital, inovasi untuk melakukan proses bisnis juga ikut berkembang. Sama hal dengan pengembangan suatu produk atau layanan yang menggunakan teknologi simulasi dalam perancangannya, ini adalah salah satu bentuk peningkatan inovasi dalam transformasi digital.

4 . Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis

Pertumbuhan bisnis dalam transformasi digital menjadi lebih efisien, hal itu berpengaruh terhadap jangkauan pasar yang lebih luas dan beragam, sehingga pertumbuhan bisnis juga akan makin cepat. Selain itu, sasaran bisnis akan lebih mudah untuk dicapai, melalui analitik data, dan strategi pemasaran digital yang memberikan solusi terhadap kebutuhan pasar maka peluang untuk berhasil menjadi lebih besar. 

5 . Transformasi Budaya

Sebelum transformasi digital, sektor bisnis banyak yang menjalankan proses bisnisnya dengan sistem analog. Transformasi digital telah mendongkrak perubahan pada budaya perusahaan, terjadi sebuah budaya baru yang mengadopsi sistem teknologi, sehingga banyak memunculkan transformasi budaya perusahaan. Meskipun pekerjaan tatap muka masih dibutuhkan, di sisi lain pekerjaan remote juga menjadi salah satu yang diminati, karena dianggap lebih meningkatkan produktivitas. Ini merupakan salah satu budaya yang muncul dan mulai digemari karena transformasi digital.

Baca Juga: Big Data: Fungsi, Cara Kerja, Manfaat, dan Contohnya

Image Source:

Contoh Transformasi Digital

Sektor bisnis dan industri ikut melakukan transformasi digital, hal ini dilakukan untuk mencapai suatu manfaat lebih dari penggunaan teknologi. Bukan hanya kemudahan yang diperoleh, namun dengan mengimplementasikan teknologi dalam sektor bisnis membawa sebuah perubahan yang signifikan. Beberapa contoh transformasi digital yang terjadi pada sektor bisnis maupun industri, di antaranya adalah

1 . Industri Pertanian

Dalam industri pertanian, kualitas tanaman, dan jumlah produksi yang bisa dihasilkan sangat bergantung pada proses menanam, dan perawatannya. Teknologi Internet of Things (IoT) dapat bekerja secara real-time untuk memantau proses pertumbuhan tanaman dengan akurat. Informasi yang dikelola oleh teknologi, kemudian akan menjadi indikator suksesnya upaya memproduksi sumber pangan dengan kualitas yang baik.

Tidak hanya itu, Teknologi Internet of Things (IoT) juga bekerja secara real-time dalam memantau kondisi yang memengaruhi industri pertanian yang meliputi suhu, cuaca, nutrisi tanah dan lainnya. Semua informasi ini akan membantu petani dalam mengoptimalkan penggunaan air atau pupuk.

2 . Perbankan dan Keuangan

Aplikasi mobile banking, e-wallet, dan teknologi Blockchain diperuntukan kepada agar efisiensi operasional dan keamanan transaksi yang lebih terjaga. Transformasi ini mengedepankan sebuah efisiensi dengan tingkat keamanan yang maksimal, pelanggan dapat bertransaksi kapan pun dan di mana pun dia berada. E-wallet juga merupakan inovasi dari transformasi digital saat ini, bahkan tanpa uang tunai, pembayaran digital bisa dilakukan. Hal tersebut jelas lebih efisien dalam praktik pada rutinitas sehari-hari.

3 . Pendidikan

Hampir semua lini kehidupan dipengaruhi oleh transformasi digital yang merupakan sebuah budaya teknologi, mulai dari cara kita berinteraksi, menciptakan inovasi, menggunakan produk, hingga memperoleh sumber pengetahuan dan informasi juga bersinggungan dengan teknologi. Pendidikan menjadi salah satu yang juga dipengaruhi oleh kehadiran transformasi digital yang kian meluas ke hampir semua aspek kehidupan manusia. Manusia membutuhkan akses informasi untuk meningkatkan kemampuan intelektual, kebutuhan ini merupakan sebuah motivasi yang besar bagi manusia. Dalam pelaksanaan, manusia ingin menjadi cerdas, pendidikan merupakan sebuah upaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, era budaya teknologi, manusia dengan mudah untuk mengakses semua informasi yang diperlukan. Sebut saja e-book, video pembelajaran, simulasi interaktif yang menerangkan sebuah informasi, hingga penggunaan teknologi VR dan AR untuk pembelajaran interaktif yang berkaitan dengan pengetahuan suatu lingkungan.

Baca Juga: Digital Marketing Funnel: Pengertian, Fungsi, Tahapan, dan Strateginya

4 . Kesehatan

Selain kebutuhan untuk mencerdaskan intelektual, manusia juga perlu memenuhi kebutuhan fisiologis, ini termasuk mempertahankan kelangsungan hidup dan kesejahteraan. Sangat penting bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan fisiologis yang memadai bagi kesehatan. Budaya teknologi memudahkan pengguna untuk mendapat informasi seputar kesehatan dan mengikuti program pola makan yang sehat dari aplikasi kesehatan. Selain itu ada pula teknologi kesehatan yang berfungsi untuk melakukan monitor terhadap tekanan darah, monitor gula darah, elektrokardiogram, dan kesehatan digital yang berfungsi sebagai rekam medis elektronik.

5 . Retail

Bisnis retail merujuk pada aktivitas penjualan barang atau jasa secara langsung terhadap konsumen. Dalam melaksanakan budaya teknologi, sudah banyak sekali bisnis retail yang menggunakan teknologi sebagai bagian dari alur bisnis mereka. E-commerce, mobile commerce, adalah dua contoh penggunaan teknologi dalam bisnis retail. Memanfaatkan e-commerce atau mobile commerce pelanggan akan dimudahkan untuk melakukan aktivitas berbelanja dan pembayaran secara daring atau melalui perangkat mobile. Manfaat utama yang didapatkan oleh pengusaha bisnis retail adalah jangkauan pasar yang lebih luas, sehingga dapat meningkatkan penjualan dan mampu menekan beban biaya overhead.

6 . Pemerintah

Pemerintah juga tidak lepas dari pengaruh budaya teknologi, selain mempermudah pelayanan publik, masyarakat yang menjadi bagian dari pemerintahan akan menerima manfaat efisiensi operasional dari program pemerintah yang menggabungkan teknologi dalam pelaksanaannya. Selain itu, Teknologi Internet of Things (IoT) juga berperan dalam penerapan smart city. Dalam pengambilan keputusan, pemerintah juga menggunakan big data sebagai landasan dari kebijakannya. Analisis kesehatan masyarakat melalui data epidemiologi, rawat inap, dan kemudian menyediakan rekayasa terbaik serta pencegahan penyebaran suatu penyakit. Big data juga digunakan pemerintah untuk kepentingan intelijen, hingga analisis data transportasi. 

Peran Transformasi Digital dalam Bisnis

Transformasi digital menggambarkan pemindahan sistem analog ke teknologi digital dalam bisnis. Transformasi ini mengacu ke sebuah strategi yang berkaitan dengan strategi bisnis, pemasaran, kebutuhan pasar, dan jumlah produksi. Proses bisnis dengan teknologi digital memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, dan efisiensi operasional.

Pada dasarnya mengimplementasikan teknologi digital pada setiap lini kehidupan akan mengubah budaya, memberi pengalaman yang lebih, membantu bisnis, dan membawa dampak yang sangat baik. Inovasi yang meningkat karena penggunaan teknologi, bahkan pengelolaan data dan menggunakan data tersebut untuk menjangkau lebih banyak pelanggan akan meningkatkan bisnis.

Di ToffeeDev, transformasi digital merupakan sebuah upaya nyata untuk membawa perubahan bagi sebuah bisnis. Kami terus berkembang dan mengoptimalkan pengalaman pelanggan. SEO sangat penting untuk meningkatkan lalu lintas organik pada situs web, hubungi ToffeDev, jasa SEO untuk mengoptimalkan dan mengembangkan bisnis anda.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top