Tren Shoppertainment Belanja Online: Membuat Pengalaman Belanja Menjadi Lebih Seru

Meningkatkan Brand Awareness

Tren shoppertainment belanja online telah merevolusi cara pelanggan berbelanja di era digital ini. Meninggalkan konsep tradisional yang monoton, tren shoppertainment menggabungkan unsur hiburan dan interaksi ke dalam proses belanja online untuk menciptakan pengalaman yang lebih menyenangkan, menarik, dan berkesan bagi konsumen.

Di Indonesia, tren ini tidak hanya menjadi pusat perhatian, tetapi juga telah memengaruhi cara berbagai merek memandang strategi pemasaran mereka. Dalam artikel ini, ToffeeDev akan mengupas tuntas seputar tren shoppertainment, serta strategi mengoptimalkannya. Simak terus artikel ini sampai tuntas!

Apa Itu Tren Shoppertainment?

Shoppertainment merujuk pada strategi pemasaran inovatif yang menggabungkan unsur hiburan dan interaksi ke dalam proses belanja online. Tren ini mendobrak batasan tradisional belanja online yang monoton, menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan, menarik, dan berkesan bagi konsumen.

Baca Juga: Simak 12 Strategi Pemasaran Generasi Millennial yang Efektif

Di Indonesia, tren shoppertainment telah berkembang pesat seiring dengan pertumbuhan e-commerce dan penetrasi internet yang makin luas. Konsumen kini lebih terkoneksi dan terbuka terhadap pengalaman belanja online yang lebih interaktif. Adapun beberapa platform e-commerce yang sudah mengadopsi tren shoppertainment, seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia. 

Bukan hanya itu, berbagai merek pun tak mau ketinggalan. Mereka berkolaborasi dengan influencer dan mengadakan acara belanja online dengan elemen hiburan, seperti konser virtual atau talkshow. Hal ini menunjukkan bahwa shoppertainment telah menjadi strategi penting bagi bisnis untuk menarik konsumen di era digital yang kompetitif ini.

Banner Ads - General 2

Manfaat Shoppertainment bagi Bisnis

Dalam ekosistem bisnis digital yang dinamis, Anda dituntut untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan tren terbaru agar dapat menarik konsumen dan meningkatkan penjualan. Inilah peran shoppertainment sebagai solusi efektif untuk mencapai tujuan tersebut.

1. Meningkatkan Konversi

Salah satu manfaat utama dari shoppertainment adalah kemampuannya untuk meningkatkan tingkat konversi. Melalui pengalaman belanja yang lebih mengutamakan keterlibatan pelanggan dengan merek, ini membuat mereka lebih mungkin untuk melakukan pembelian impulsif dan mengambil tindakan yang diinginkan oleh bisnis. Hal ini terjadi karena shoppertainment mampu menciptakan ikatan emosional antara konsumen dan produk, yang pada gilirannya meningkatkan kemungkinan konversi.

2. Meningkatkan Engagement

Engagement atau keterlibatan konsumen dalam konten merupakan kunci kesuksesan dalam strategi pemasaran apa pun. Melalui shoppertainment, bisnis dapat meningkatkan tingkat engagement konsumen dengan menyajikan konten yang menarik dan menghibur. Umumnya, konsumen lebih aktif berpartisipasi dalam aktivitas yang terkait dengan merek, seperti mengikuti live streaming, berpartisipasi dalam tantangan hashtag, atau berinteraksi dengan influencer

3. Mendorong Penjualan

Shoppertainment memungkinkan bisnis untuk mendorong penjualan dengan menawarkan produk dan penawaran menarik secara real-time. Format seperti live streaming memungkinkan penjual untuk mendemonstrasikan produk secara langsung, menjawab pertanyaan konsumen, dan memberikan penawaran eksklusif. Ini efektif dalam mendorong pembelian dan meningkatkan penjualan.

4. Membangun Hubungan Pelanggan

Selain meningkatkan konversi dan engagement, shoppertainment juga dapat membantu Anda dalam membangun hubungan dengan pelanggan yang lebih personal dan berkesan. Pengalaman belanja yang personal dan solutif memungkinkan bisnis menciptakan ikatan yang lebih dalam dengan konsumen. Melalui interaksi yang terus-menerus dan konsisten, Anda dapat membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen yang berkelanjutan.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Tidak kalah pentingnya, shoppertainment juga berkontribusi pada peningkatan brand awareness. Melalui konten yang menarik dan menghibur, Anda dapat menarik perhatian konsumen yang lebih luas sekaligus memperluas jangkauan merek. Sebagai contoh, Anda dapat membuat acara belanja online atau kampanye hashtag guna menciptakan dampak yang positif dan memperkuat posisi dalam benak konsumen.

Meningkatkan Brand Awareness

Tips Mengoptimalkan Tren Shoppertainment

Untuk memaksimalkan potensi shoppertainment, Anda memerlukan strategi yang tepat dan terencana. Berikut adalah beberapa tip efektif yang dapat membantu Anda memanfaatkan tren ini secara optimal.

1. Integrasi Live Streaming dalam Platform E-commerce

Integrasi live streaming dalam platform e-commerce memungkinkan Anda untuk berinteraksi secara langsung dengan konsumen. Melalui konten yang relevan dan informatif, live streaming dapat menjadi sarana yang efektif untuk memperkenalkan produk, menjawab pertanyaan konsumen, serta memberikan tip dan saran terkait penggunaan produk.

2. Konten yang Menarik dan Menghibur

Konten yang relevan dengan target audiens memiliki peran yang sangat penting dalam menarik perhatian pelanggan. Anda perlu memastikan bahwa konten yang disajikan tidak hanya informatif, tetapi juga memikat dan menghibur. Hal ini termasuk penggunaan narasi dan visual yang menarik, serta humor yang diselipkan dalam konten.

3. Kolaborasi dengan Influencer 

Bekerja sama dengan influencer atau selebritas dengan followers yang tinggi dapat membantu bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Langkah ini tentunya dapat meningkatkan brand awareness dan kredibilitas merek Anda. Namun, penting untuk memilih influencer yang sesuai dengan nilai dan identitas merek, serta pastikan bahwa konten yang dibuat bersifat autentik dan relevan bagi audiens.

Baca Juga: 11 Tips Memilih Influencer yang Tepat Agar Tidak Rugi

4. Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)

Teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) dapat digunakan untuk memberikan pengalaman belanja yang lebih menyeluruh dan interaktif bagi konsumen. Penggunaan teknologi ini memungkinkan konsumen untuk dapat mencoba produk secara virtual sebelum membelinya, atau bahkan mengikuti tur virtual melalui toko online.

Banner Ads - Ebook 2

5. Menerapkan Teknik Gamifikasi (Gamification)

Teknik gamifikasi mengacu pada penggunaan elemen permainan dalam konteks non-game untuk meningkatkan engagement, motivasi, dan partisipasi pengguna. Teknik ini dapat diterapkan untuk membuat pengalaman berbelanja menjadi lebih menyenangkan, interaktif, dan menarik. Adapun beberapa penerapan teknik gamifikasi dalam shoppertainment, seperti sistem reward, kuis tentang produk, dan diskon khusus.

6. Mengoptimalkan Penggunaan Media Sosial

Apakah Anda sudah menggunakan penggunaan sosial media untuk pemasaran? Jika belum, kini saatnya untuk mulai mengoptimalkannya. Media sosial menjadi platform yang sangat efektif untuk mempromosikan sesi belanja atau konten shoppertainment. Oleh karena itu, Anda perlu menyajikan konten yang relevan, berpartisipasi dalam live chat, serta berinteraksi secara aktif dengan followers.

7. Membuat Pengalaman yang Personal dan Memuaskan

Pengalaman belanja yang personal menjadi kunci sukses bagi bisnis yang ingin menarik konsumen dan meningkatkan penjualan. Hal ini dikarenakan konsumen saat ini memiliki ekspektasi yang lebih tinggi terhadap merek dan menginginkan pengalaman berbelanja yang lebih relevan. Maka dari itu, pastikan untuk memanfaatkan data konsumen, seperti preferensi, kebiasaan belanja, dan demografi konsumen untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. 

Membuat Pengalaman yang Personal dan Memuaskan

Contoh Implementasi Shoppertainment

Berikut adalah beberapa contoh implementasi shoppertainment yang sukses dan dapat dipertimbangkan untuk diterapkan dalam bisnis Anda.

1. Live Streaming E-commerce

Live streaming di e-commerce memungkinkan Anda untuk berinteraksi secara langsung dengan konsumen. Di sini, Anda dapat mendemonstrasikan produk, menjawab pertanyaan konsumen, serta memberikan penawaran eksklusif dan diskon khusus. Adapun beberapa platform yang telah menjadi platform populer untuk live streaming, seperti Shopee Live, LazLive, dan TikTok.

2. Konten Video Pendek

Konten video pendek, khususnya yang populer di platform seperti TikTok dan Reels Instagram, juga menjadi bagian integral dari strategi shoppertainment. Video-video pendek ini bukan sekadar memperkenalkan produk dalam waktu singkat, tetapi juga menarik perhatian konsumen melalui cara yang unik dan menarik.

Baca Juga: Video Ads: Mengoptimalkan Pemasaran Melalui Konten Video

3. Branded Hashtag Challenge

Branded hashtag challenge merupakan cara yang efektif untuk melibatkan konsumen dalam aktivitas yang menyenangkan sambil mempromosikan merek. Langkah ini efektif untuk meningkatkan brand awareness. Cara ini dapat diimplementasikan dengan mengundang followers untuk  membuat video kreatif dengan menggunakan produk Anda sambil mencantumkan hashtag khusus. 

4. Influencer Marketing

Kerjasama dengan influencer juga menjadi strategi yang populer dalam shoppertainment. Melalui kolaborasi ini, bisnis dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan memperkenalkan produk kepada followers influencer tersebut dengan cara yang lebih organik. Umumnya, influencer tersebut akan melakukan review produk, memberikan rekomendasi, atau bahkan melakukan sesi live streaming untuk memperkenalkan produk Anda.

Banner Ads - Lead Gen 2

5. Acara Belanja Online dengan Elemen Hiburan

Acara belanja online yang dilengkapi dengan elemen hiburan seperti pertunjukan musik, permainan interaktif, atau kontes juga menjadi bagian integral dari tren shoppertainment. Dalam acara semacam ini, konsumen dapat menikmati pengalaman belanja yang menyenangkan sekaligus merasa terlibat dan terhibur melalui berbagai aktivitas tambahan yang disediakan. Ini dapat membangun hubungan yang lebih dekat antara merek dan konsumen.

Dengan demikian, tren shoppertainment belanja online telah menjadi bagian penting dari strategi pemasaran digital dan telah menunjukkan kesuksesan yang signifikan. Melalui pengalaman belanja yang lebih menyenangkan dan meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan produk, hal ini efektif untuk memperkuat hubungan bisnis dan pelanggan. 

Apabila ingin memastikan strategi pemasaran Anda berjalan efektif, pertimbangkan untuk menggunakan jasa digital marketing dari ToffeeDev. Sebagai digital marketing agency berpengalaman, ToffeeDev dapat membantu Anda dalam merancang strategi untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan melalui berbagai strategi, seperti content marketing, SEO, ads, hingga social media marketing.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memulai tren shoppertainment? Hubungi ToffeeDev sekarang untuk menjadwalkan konsultasi gratis!

Share this post :

Scroll to Top