Domain Authority, Faktor SEO yang Tak Bisa Dilupakan

Domain Authority

Dalam SEO ada sebuah faktor penting yang tidak bisa Anda tinggalkan, yaitu domain authority. Domain authority (DA) bisa menjadi sebuah metric bagi website untuk mengukur tingkat kepercayaan dari website Anda.

DA bisa menjadi faktor yang mempengaruhi trafik serta ranking dari sebuah website. Berbagai ahli mengatakan bahwa DA menjadi poin bagi Google untuk memberikan rangking untuk website. Namun masih ada yang beranggapan bahwa hal ini tidak benar.

Namun, tetap saja website yang memiliki ranking tinggi pasti memiliki DA yang tinggi juga. Hal ini secara tidak langsung bisa menjadi sebuah konfirmasi bahwa DA adalah faktor yang penting bagi mesin pencari untuk menentukan ranking.

Ketahui Domain Authority Anda

DA didasarkan pada tiga faktor: Umur, popularitas, dan ukuran. Dan memiliki rentang nilai yang berkisar antara 1-100. Mesin pencari akan selalu berusaha untuk memberikan pengguna hasil pencarian yang berisi website-website yang dapat dipercaya. 

Dengan banyaknya website-website baru yang muncul setiap hari, memberikan pra pengguna berbagai pilihan untuk mendapatkan informasi. Namun belum tentu semua nya berkualitas.

Usia dari sebuah domain menjadi faktor yang penting. Website yang dipertahankan dalam waktu yang lama dan mengalami peningkatan traffic adalah tanda bahwa website tersebut merupakan salah satu sumber yang dipercaya. 

Untuk popularitas, hal ini diukur dengan jumlah inbound link dari situs berkualitas yang memiliki domain. Inbound link ke domain merupakan sinyal bahwa sebuah website memiliki informasi yang berguna yang bernilai dan layak untuk dibagikan.

Ukuran dari website juga bisa berkontribusi. Website yang besar dengan banyak halaman dan konten-konten berkualitas bisa menjadi tanda bahwa website tersebut memiliki informasi yang bagus dijadikan sumber informasi. Dan memiliki inbound link yang lebih banyak.

Cara Memeriksa DA Anda

Ada beberapa tool yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa skor atau nilai dari DA website Anda, salah satunya dengan menggunakan website Moz. Cukup memasukan alamat domain dan subdomain dari website Anda. Anda juga bisa menggunakan ekstensi Mozbar pada browser Anda.

Meningkatkan DA Website Anda

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk bisa meningkatkan DA dari website Anda. berikut Beberapa cara mudah untuk meningkatkan nilai dari skor DA Anda:

  1. Pastikan Teknik SEO Anda Sudah Tepat

Strategi yang tepat sasaran tentu saja akan semakin meningkatkan nilai dari DA Anda. Detail technical mengenai SEO, seperti struktur website, breadcrumbs, URL structure, meta tags, header tags, word count, keywords, dll harus dikuasai, hal ini bisa menjadi cara untuk meningkatkan domain authority.

  1. Konten Berkualitas

Konten berkualitas bisa menjadi cara lainnya bagi Anda untuk meningkatkan nilai DA.

  1. Media Sosial

Manfaatkan media sosial sebagai cara untuk mengekspos konten dan website Anda ke audiens yang lebih luas. Strategi media sosial yang tepat bisa meningkatkan nilai DA website Anda.

Baca Juga: Kriteria Mendapatkan Backlink yang Berkualitas

  1. Backlink yang Bagus

Salah satu cara tradisional untuk meningkatkan domain authority adalah dengan membuat banyak backlink. Namun yang perlu diperhatikan adalah, backlink yang kita masukkan, harus alami, tanpa bermaksud untuk spamming dan mengelabui mesin pencari.

  1. Internal Link yang Powerful

Situs dengan internal link yang kuat, akan memiliki interkoneksi yang kuat. Jumlah konten yang banyak, akan menciptakan internal link yang dapat ditautkan pada setiap konten yang sudah dibuat.

Apakah Anda memiliki pendapat yang berbeda mengenai topik ini? Silahkan bagikan pada kolom komentar dibawah.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat