Cashback: Definisi, Keuntungan, dan Contohnya

cashback adalah

Cashback adalah salah satu istilah dalam dunia jual beli yang kian populer dalam beberapa tahun ke belakang. Cashback telah menjadi sistem promo yang sangat populer, terutama berkat kemajuan sistem belanja online melalui marketplace. Namun, masih banyak orang yang belum memahami sepenuhnya tentang apa itu cashback, bagaimana cara mendapatkannya, dan manfaat apa yang bisa didapatkan.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari apa yang dimaksud dengan cashback, mulai dari pengertian hingga manfaat apa saja yang bisa didapatkan. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Cashback?

Cashback adalah sebuah promosi atau program potongan harga yang bekerja dengan cara mengembalikan sebagian uang yang dibayarkan oleh pembeli setelah melakukan transaksi atau pembelian. Umumnya, cashback bekerja dengan cara memberikan besaran potongan dalam jumlah persen dari harga pembelian. Selain itu, biasanya juga akan ada batasan maksimal jumlah dana yang akan dikembalikan.

Sebagai contoh, ketika Anda membeli sesuatu dengan harga Rp1.000.000 dan mendapatkan promo cashback sebesar 10%, maka Anda akan mendapatkan kembali Rp100.000 ke akun atau rekening setelah transaksi atau pembelian tersebut berhasil. Cashback biasanya diberikan dalam bentuk poin atau saldo yang bisa Anda gunakan untuk transaksi selanjutnya.

Keuntungan Cashback

Keuntungan dari promo cashback sangat bervariasi dan bisa dirasakan oleh kedua belah pihak, baik pembeli maupun penjual. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari promo cashback yang dapat dirasakan pembeli dan penjual.

1. Menghemat Uang

Keuntungan yang paling jelas dan langsung dirasakan dari promo cashback oleh pembeli adalah menghemat uang. Dengan promo cashback, pembeli bisa mendapatkan potongan harga atau kembaliannya dari setiap pembelian yang dilakukan.

Sebagai contoh, jika sebuah toko menawarkan cashback sebesar 10% dari total pembelian, maka pembeli bisa mendapatkan potongan harga sebesar Rp10.000 jika melakukan pembelian sebesar Rp100.000. Dengan begitu, pembeli bisa menghemat uang dan memperoleh produk yang diinginkan dengan harga yang lebih murah.

2. Meningkatkan Penjualan

Promo cashback juga dapat memberikan keuntungan bagi penjual. Dengan memberikan cashback, penjual bisa meningkatkan penjualan produk mereka. Hal ini karena promo cashback bisa menjadi salah satu faktor yang memengaruhi keputusan pembeli untuk membeli produk di toko atau platform tertentu. Dengan adanya promo cashback, pembeli akan merasa lebih tergoda untuk membeli produk dari toko atau platform yang menawarkan cashback.

3. Meningkatkan Kesadaran Merek

Selain meningkatkan penjualan, promo cashback juga bisa meningkatkan kesadaran merek. Dengan menawarkan cashback, penjual bisa menarik perhatian konsumen yang belum mengenal merek mereka sebelumnya. Dengan begitu, promo cashback bisa menjadi alat pemasaran yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek dan menarik lebih banyak pelanggan.

Baca Juga: Self Efficacy adalah: Contoh, ciri-ciri, dan cara membangunnya

4. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Promo cashback juga bisa menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan memberikan cashback kepada pelanggan setia, penjual bisa membuat pelanggan merasa dihargai dan merasa senang berbelanja di toko atau platform mereka. Hal ini bisa membuat pelanggan lebih loyal dan cenderung untuk membeli produk dari toko atau platform yang sama di masa depan.

5. Meningkatkan Frekuensi Pembelian

Dengan adanya promo cashback, pelanggan cenderung untuk membeli produk secara lebih sering. Hal ini karena pelanggan merasa bahwa mereka mendapatkan manfaat dari setiap pembelian yang dilakukan, seperti potongan harga atau cashback. Dengan begitu, promo cashback bisa menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan frekuensi pembelian dari pelanggan.

banner

Contoh Cashback

Promo cashback merupakan promosi yang cukup populer di berbagai platform, mulai dari e-commerce, perbankan, hingga aplikasi pembayaran digital. Berikut ini adalah beberapa contoh promo cashback yang dapat ditemukan di Indonesia.

1. Cashback dari E-Commerce

Sejumlah e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada sering menawarkan promo cashback untuk menarik pelanggan mereka. Promo cashback ini biasanya ditawarkan dalam bentuk voucher atau kupon yang bisa digunakan untuk membeli produk di platform tersebut. Biasanya, promo cashback ditawarkan untuk produk-produk tertentu atau dalam periode waktu tertentu.

2. Cashback dari Aplikasi Pembayaran Digital

Aplikasi pembayaran digital seperti OVO, GoPay, dan DANA juga menawarkan promo cashback kepada pengguna mereka. Cashback ini biasanya ditawarkan dalam bentuk saldo atau kredit yang bisa digunakan untuk membeli produk atau jasa di platform tersebut. Sama seperti pada e-commerce, promo cashback ini biasanya ditawarkan untuk transaksi tertentu atau dalam periode waktu tertentu.

3. Cashback dari Perbankan

Beberapa bank di Indonesia juga sering menawarkan promo cashback untuk pengguna kartu kredit atau kartu debit mereka. Promo cashback ini bisa ditawarkan untuk transaksi tertentu seperti belanja di supermarket atau toko-toko tertentu. Selain itu, ada juga promo cashback yang ditawarkan secara berkala, seperti cashback bulanan atau cashback untuk setiap transaksi menggunakan kartu kredit atau debit tertentu.

Baca Juga: Marketplace Adalah: Apa Bedanya Dengan E-commerce?

4. Cashback dari Aplikasi Travel

Aplikasi travel seperti Traveloka dan Tiket.com juga cukup sering menawarkan promo cashback kepada pengguna mereka, khususnya pengguna baru. Promo cashback ini bisa ditawarkan dalam bentuk voucher atau diskon yang bisa digunakan untuk memesan tiket pesawat, hotel, atau paket liburan di platform tersebut.

5. Cashback dari Aplikasi Investasi

Aplikasi investasi seperti Ajaib, Bibit, dan Bareksa juga sering menawarkan promo cashback bagi pengguna mereka. Promo cashback ini biasanya diberikan dalam bentuk saldo atau kredit yang bisa digunakan untuk berinvestasi di platform tersebut. Biasanya, promo cashback ini akan ditawarkan untuk pengguna baru atau untuk transaksi investasi tertentu.

Dalam semua contoh di atas, promo cashback adalah sebuah promosi yang dapat memberikan keuntungan bagi pengguna, seperti diskon atau kredit yang bisa digunakan untuk membeli produk atau jasa. Selain itu, promo cashback juga dapat memberikan keuntungan bagi platform atau perusahaan yang menawarkannya, seperti meningkatkan penjualan atau kesadaran merek.

Namun, untuk meningkatkan penjualan dan kesadaran merek, menggunakan promo cashback saja tidak cukup. Anda harus memiliki strategi pemasaran yang tepat agar dapat menjangkau banyak audiens, sehingga mereka juga dapat mengetahui bahwa Anda memberikan promo cashback.

Apabila Anda ingin menerapkan strategi pemasaran digital yang efektif, Digital Marketing Agency ToffeeDev siap membantu Anda! Kami memiliki tim ahli yang berpengalaman dalam melakukan strategi pemasaran digital, termasuk dalam menjangkau banyak audiens sehingga mereka dapat mengetahui promo cashback yang Anda berikan. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis secara keseluruhan. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat