Marketplace Adalah: Apa Bedanya Dengan E-commerce?

marketplace adalah

Marketplace dan e-commerce seringkali dianggap sebagai dua istilah yang sama. Padahal keduanya memiliki perbedaan mendasar. Marketplace adalah platform jual beli online, begitu pun dengan e-commerce. Namun, apa yang membedakan keduanya? Untuk mencari tahu jawabannya mari simak uraian lengkap di bawah ini. 

Apa itu Marketplace?

Marketplace merupakan platform digital yang menghubungkan penjual dan pembeli dalam satu tempat yang sama. Konsep marketplace memberikan ruang bagi Anda untuk menjual produk secara langsung ke pembeli tanpa harus memiliki toko fisik. Sementara itu, para pembeli dapat membeli produk yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat melalui platform tersebut.

Keuntungan menggunakan marketplace adalah efisiensi waktu dan biaya. Para penjual tidak perlu lagi memiliki toko fisik untuk menjual produk, sehingga biaya operasional dapat ditekan. Di sisi lain, para pembeli juga dapat membeli produk dengan harga yang lebih terjangkau.

Saat menggunakan marketplace, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para penjual dan pembeli. Pertama, keamanan transaksi harus dijamin. Penjual dan pembeli harus memastikan transaksi yang dilakukan menggunakan akun terverifikasi dan tidak ada kecurangan dalam transaksi tersebut. 

Kedua, penjual harus memperhatikan reputasi di platform tersebut. Makin tinggi reputasi penjual, makin besar peluang untuk mendapatkan pembeli yang potensial. Terakhir, pembeli harus memperhatikan detail produk dan review dari pembeli sebelumnya sebelum membeli produk tersebut.

Dalam era digital seperti saat ini, marketplace menjadi salah satu alternatif terbaik bagi para penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi. Banyak platform marketplace yang sangat populer di Indonesia, seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan Lazada. Para penjual dan pembeli dapat memilih platform marketplace yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga : Mengenal 5 Strategi Marketing Yang Efektif Untuk Bisnis Anda

Contoh-Contoh Marketplace

Contoh-Contoh Marketplace

Terdapat beberapa contoh marketplace yang populer di Indonesia. Setiap marketplace memiliki karakteristik dan fitur yang berbeda-beda, namun prinsip kerjanya tetap sama. Para penjual dan pembeli dapat menjual dan membeli produk melalui platform tersebut dengan mudah dan cepat. Untuk lebih jelasnya, mari simak contoh-contoh marketplace berikut ini. 

1. Tokopedia

Tokopedia termasuk salah satu platform marketplace terbesar di Indonesia. Marketplace ini menawarkan berbagai macam produk mulai dari fashion, kecantikan, makanan, minuman, hingga alat elektronik. Platform ini memudahkan para penjual untuk membuka toko online sendiri dan memasarkan produk ke jutaan pengguna Tokopedia lainnya. 

Di sisi lain, para pembeli dapat mencari produk yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat melalui fitur pencarian yang disediakan. Harga produk yang ditawarkan para penjual di Tokopedia pun sangat kompetitif, sehingga menarik minat para pembeli untuk berbelanja di sini.

Selain itu, Tokopedia juga menyediakan layanan pengiriman yang cepat dan tepercaya untuk memastikan barang yang dibeli sampai dengan aman dan tepat waktu.

2. Bukalapak

Bukalapak menjadi platform marketplace yang memberi kemudahan kepada Anda untuk menjual dan membeli produk dengan mudah dan aman. Platform ini menyediakan berbagai produk, seperti fashion, gadget, makanan, minuman, dan masih banyak lagi. 

Tidak itu saja, Bukalapak juga menawarkan program keamanan bagi para pembeli untuk mencegah penipuan dalam transaksi. Hal ini membuat para pembeli merasa lebih aman saat berbelanja di Bukalapak. 

Bukalapak juga menawarkan program reward yang memberikan keuntungan bagi para pengguna setia. Layanan pelanggan Bukalapak pun sangat responsif dan siap membantu para pengguna dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

3. Shopee

Shopee menyediakan berbagai macam fitur yang memudahkan para penjual untuk mengelola toko online dengan lebih efektif, seperti fitur pengaturan harga, promosi produk, dan manajemen pesanan. 

Harga produk yang ditawarkan di Shopee pun terkadang lebih murah daripada toko fisik. Shopee juga menawarkan berbagai macam program promosi yang menarik, seperti diskon besar-besaran dan cashback

Program-program ini sangat disukai oleh para pembeli dan menjadi ketertarikan sendiri untuk berbelanja di Shopee. Marketplace yang satu ini juga menjamin keamanan transaksi dengan adanya fitur pembayaran melalui ShopeePay yang aman dan tepercaya.

Jasa SEO

4. Lazada

Sama halnya dengan platform marketplace lainnya, para penjual dapat membuka toko online sendiri di Lazada dan memasarkan produk ke pengguna Lazada di seluruh Indonesia. Namun, yang membedakan Lazada dengan platform marketplace lainnya yaitu kehadiran program jaminan keamanan bagi para pembeli. 

Program ini bertujuan untuk mencegah penipuan dalam transaksi dan memberikan rasa aman kepada para pembeli. Lazada juga menawarkan berbagai program promosi menarik seperti diskon besar-besaran, gratis ongkos kirim, dan voucher belanja. 

Program-program tersebut membuat para pembeli makin tertarik untuk berbelanja di Lazada dan meningkatkan keuntungan bagi para penjual. Lazada juga menjamin kualitas produk yang dijual melalui sistem review dan rating dari pembeli yang sudah membeli produk tersebut.

5. Blibli

Blibli menawarkan program keamanan bagi para pembeli untuk memastikan transaksi dilakukan dengan aman dan tepercaya. Hal ini dilakukan melalui verifikasi identitas pembeli dan penjual, serta fitur-fitur seperti pembayaran melalui rekening bersama dan jaminan uang kembali jika barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi. 

Selain itu, Blibli juga menawarkan berbagai program promosi menarik seperti diskon besar-besaran, cashback, dan voucher belanja. Tidak kalah menarik, Blibli juga memiliki fitur Blibli Express agar pembeli bisa mendapatkan produk dengan cepat dan efisien.

Baca Juga : Apa itu Marketing Beserta Jenis-Jenisnya

Perbedaan Antara Marketplace dan E-commerce

Perbedaan Antara Marketplace dan E-commerce

Dalam dunia digital, e-commerce dan marketplace adalah dua hal yang sering dibicarakan. Kedua jenis platform ini memudahkan Anda untuk membeli dan menjual produk secara online. Meski terlihat serupa, marketplace dan e-commerce memiliki perbedaan mendasar dalam cara bekerja dan model bisnis yang diterapkan. Di bawah ini akan dibahas perbedaan antara marketplace dan e-commerce secara mendalam.

1. Marketplace

Marketplace mempertemukan penjual dan pembeli dalam satu tempat yang sama. Namun, marketplace hanya menyediakan platform bagi penjual untuk memasarkan produk. Marketplace juga tidak memiliki keterlibatan dalam pengiriman produk serta tidak memiliki gudang untuk menyimpan produk yang dijual.

Di dalam marketplace, para penjual dapat membuka toko online sendiri dan mengatur harga produk yang dijual secara mandiri. Para pembeli dapat memilih produk yang ditawarkan dari banyak penjual dengan harga yang bersaing. 

Marketplace juga memiliki fitur-fitur yang memudahkan pembeli dalam membeli produk, seperti promo, diskon, dan fitur chat untuk berkomunikasi langsung dengan penjual. Dalam hal ini,  marketplace menjadi pilihan yang tepat bagi para penjual yang ingin memasarkan produk dengan mudah dan bagi pembeli yang ingin membeli produk dengan harga yang kompetitif.

2. E-Commerce

E-commerce merupakan jenis bisnis online di mana hanya ada satu pemilik atau perusahaan yang menjual produk. Dalam e-commerce, pemilik produk bertanggung jawab untuk melakukan pengiriman produk dan menyimpannya di gudang. 

Selain itu, e-commerce menawarkan layanan purnajual, seperti garansi dan dukungan teknis untuk memastikan kepuasan pelanggan. Namun, e-commerce tidak menawarkan fitur-fitur seperti promo dan diskon yang ada di marketplace.

Baca Juga : 4 Cara Affiliate Marketing yang Ampuh Meningkatkan Penjualan

Apakah Anda sudah bisa membedakan marketplace dan e-commerce dengan lebih jelas? Secara sederhana, perbedaannya bisa dilihat melalui model bisnis kedua platform tersebut. Di marketplace, Anda bisa menjual produk dan bersaing dengan penjual lainnya. Sementara, di e-commerce hanya satu perusahaan yang menjual berbagai produk tersebut. 

Bagi Anda yang hendak menjual produk dengan lebih eksklusif, sebaiknya Anda membangun e-commerce atau website bisnis sendiri. ToffeeDev menyediakan berbagai layanan digital marketing yang bisa membantu Anda mempromosikan produk dengan cepat secara digital.Layanan tersebut di antaranya jasa pembuatan website profesional, SEO, hingga Google Ads. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan ToffeeDev untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat. Kalau begitu, hubungi ToffeeDev sekarang dan buat bisnis Anda berkembang secara digital.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top