Bagaimana Cara Daftar TikTok Affiliate Tanpa Minimal Followers?

Bagaimana cara daftar tiktok affiliate tanpa minimal followers

TikTok mengacu pada sebuah platform media sosial yang sangat populer di seluruh dunia. Platform ini sukses meraup 1,67 miliar pengguna aktif bulanan hingga kuartal I pada 2023. Oleh karena itu, tak heran jika TikTok menjadi platform yang cukup menjanjikan bagi digital marketer.

Salah satu keuntungan pengguna TikTok adalah adanya program TikTok Affiliate. Namun, tidak semua pengguna dapat menjalankan program ini karena terdapat ketentuan, seperti minimal followers. Lalu, bagaimana cara daftar TikTok Affiliate tanpa minimal followers?

Apa itu TikTok Affiliate

Apa itu TikTok Affiliate?

TikTok Affiliate adalah program afiliasi yang memungkinkan pengguna TikTok untuk mempromosikan produk dari TikTok Shop sekaligus mendapatkan keuntungan. Program ini memungkinkan kreator TikTok untuk menghasilkan uang dengan memanfaatkan popularitas dan pengaruh kreator dalam platform ini.

Jika Anda ingin menjalankan TikTok Affiliate, cukup dengan mempromosikan sebuah produk dari merek tertentu. TikTok akan memberi komisi dari setiap penjualan yang dilakukan melalui link afiliasi kreator. Sederhananya, TikTok Affiliate memungkinkan kreator untuk memonetisasi konten mereka. 

Banner Ads - General 2

Persyaratan untuk Menjadi TikTok Affiliate

Untuk menjalankan program TikTok Affiliate, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah jumlah minimum followers yang dibutuhkan. Tidak hanya itu saja, terdapat beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi jika tertarik menjadi TikTok Affiliate. Berikut ToffeeDev bagikan persyaratan yang harus dilengkapi oleh kreator..

1. Akun TikTok Shop

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk melaksanakan program TikTok Affiliate adalah memiliki akun TikTok Shop. Langkah ini menjadi syarat utama bagi para affiliator agar mendapat izin untuk menjual produk. Pasalnya, jika tidak memiliki akun TikTok Shop, Anda tidak dapat mempromosikan produk yang dijual seller.

Tidak hanya sebagai media untuk program TikTok Affiliate, TikTok Shop juga berperan sebagai platform social e-commerce. Oleh karena itu, fitur ini juga bisa dimanfaatkan untuk berbelanja. 

2. Dokumen Pribadi

Setelah memiliki akun TikTok Shop, kreator juga harus menyiapkan beberapa dokumen pribadi. Sejumlah persyaratan yang perlu Anda siapkan adalah rekening bank, KTP atau Paspor, dan alamat pengiriman. 

TikTok akan memverifikasi data Anda melalui KTP atau Paspor. Sementara itu, rekening bank digunakan untuk mencairkan komisi penjualan.

Baca Juga: Cara Membuat Kampanye Sukses dengan Budget Google Ads Terbatas: Tips dan Trik untuk Optimalisasi Iklan Anda

3. Jumlah Followers

Untuk jumlah followers, sebenarnya TikTok tidak mensyaratkan jumlah minimum followers yang harus dimiliki oleh akun kreator. Namun, terdapat beberapa seller yang memberlakukan hal tersebut.

Adapun jumlah minimum followers bergantung pada ketentuan setiap toko. Oleh karena itu, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada seller tentang ketentuan ini dari toko yang akan Anda promosikan. 

Cara Daftar TikTok Affiliate Tanpa Minimal Followers

Cara Daftar TikTok Affiliate Tanpa Minimal Followers

Meskipun sebagian seller memiliki  ketentuan dalam jumlah followers yang harus dimiliki kreator, tetapi terdapat beberapa cara lain jika Anda tidak memenuhi jumlah followers minimum.  Berikut ToffeeDev bagikan cara daftar TikTok Affiliate tanpa minimal followers. 

1. Memiliki Akun TikTok

TikTok Affiliate merupakan program yang terintegrasi platform TikTok. Oleh karena itu, memiliki akun TikTok adalah hal yang wajib dilakukan. Pastikan untuk mengisi profil dengan informasi yang akurat dan menarik.

2. Mendaftar Akun TikTok Shop

Setelah memiliki akun TikTok, Anda harus mendaftar TikTok Shop terlebih dahulu agar bisa menjalankan program TikTok Affiliate. Berikut langkah yang bisa diikuti untuk mendaftar akun TikTok Shop.

  1. Masuk ke halaman TikTok Shop Seller Center.
  2. Pilih opsi pendaftaran TikTok Shop atau mendaftar dengan akun yang sudah Anda miliki. 
  3. Klik opsi “Sign up with TikTok account” untuk mendaftar dengan akun TikTok. Anda juga bisa memilih opsi “Sign up with phone and email” untuk mendaftar dengan email atau telepon.
  4. Selanjutnya, Anda dapat mengikuti petunjuk hingga pendaftaran berhasil.

Banner Ads - Ebook 2

3. Verifikasi Dokumen

Saat mendaftar akun TikTok Shop, Anda juga perlu memasukkan beberapa dokumen pribadi KTP atau Paspor. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke laman dashboard TikTok Shop Seller Center.
  2. Pilih opsi “Verify now” pada bagian “Set up your shop”.
  3. Tuliskan informasi Anda sebagai seller sesuai dengan ketentuan pihak TikTok. Pilih dan tentukan tipe bisnis dan nama toko.
  4. Unggah foto ID, dalam pilihan ini Anda bisa menggunakan KTP atau Paspor. 
  5. Jika berhasil unggah, selanjutnya pilih opsi “Submit”.
  6. Tunggu hingga TikTok Shop memverifikasi data yang tadi Anda masukkan.

Baca Juga: 10 Cara Agar FYP di TikTok

4. Menambahkan Produk

Setelah TikTok menyetujui proses verifikasi tadi, selanjutnya tambahkan produk terlebih dahulu. Pada tahap ini, status Anda masih menjadi seorang seller, bukan kreator. 

  1. Buka laman “Home Page”, selanjutnya pilih opsi “Add First Product” kemudian klik “Add Product”.
  2. Tuliskan nama produk, deskripsi produk, kategori, dan pilih brand. 
  3. Unggah foto produk. Pastikan foto tidak blur dan mengikuti format dan ukuran yang sesuai.
  4. Selanjutnya, Anda harus mengisi informasi produk dengan lengkap.

Dalam tahap ini, Anda juga harus menghubungkan rekening bank dengan TikTok Shop terlebih dahulu. Caranya adalah dengan kembali ke menu Home Page, kemudian pilih opsi “Link Bank Account” atau “Link Account”.

5. Menambahkan Informasi Kontak

Setelah memasukkan informasi rekening bank, Anda juga perlu memasukkan informasi kontak. Cantumkan informasi kontak, seperti nomor Whatsapp dan email. 

Baca Juga: Jenis Iklan TikTok Beserta Fitur, Keuntungan, dan Praktik Terbaik untuk Kampanye yang Efektif

6. Menambahkan Produk Afiliasi

Pada tahap ini, Anda berperan sebagai seorang kreator yang sedang menjalankan program TikTok Affiliate. Langkah pertama dalam memulai program TikTok Affiliate adalah menambahkan produk afiliasi. Berikut langkah yang harus Anda lakukan.

  1. Pilih opsi “Masuk” pada ikon keranjang belanja di menu “Profile” halaman TikTok. 
  2. TikTok akan mengarahkan Anda ke halaman TikTok Shop.
  3. Gulir layar ke bawah hingga menemukan “Tambah produk afiliasi”, kemudian pilih “Tambah” pada salah satu produk.
  4. Selanjutnya, TikTok akan mengarahkan ke halaman pendaftaran TikTok Affiliate. Lengkapi informasi yang diminta dan klik “Kirim” jika sudah selesai.
  5. Pendaftaran TikTok Affiliate sudah berhasil. Kini Anda dapat menambahkan produk afiliasi yang diinginkan. 
  6. Tunggu hingga permintaan disetujui seller.
  7. Setelah disetujui, Anda bisa mulai mempromosikan produk dan menambahkan link produk pada konten video TikTok yang diunggah.

Strategi Menjalankan TikTok Affiliate

Strategi Menjalankan TikTok Affiliate

1. Buat Konten yang Menarik dan Kreatif

Buatlah konten yang menarik dan relevan dengan target audiens. Pastikan untuk menuliskan caption yang menarik. Anda juga dapat menggunakan hashtag yang tepat untuk meningkatkan visibilitas konten.

2. Perbanyak Interaksi 

Responsif menjadi salah satu hal yang tidak boleh terlupakan. Memperbanyak interaksi dengan pengguna TikTok dapat membantu meningkatkan followers. Anda bisa berinteraksi bersama followers dengan memberikan like, komentar, atau follow.

Baca Juga: 4 Cara Affiliate Marketing yang Ampuh Meningkatkan Penjualan

3. Pilih Produk yang Relevan dan Berkualitas

Kunci keberhasilan dalam program afiliasi TikTok adalah memilih produk atau layanan yang relevan dengan audiens. Pilih produk yang benar-benar Anda percaya dan dapat memberikan nilai tambah untuk followers. Pastikan produk memiliki kualitas yang baik dan dapat memenuhi ekspektasi pelanggan.

3. Gunakan Hashtag dan Trend yang Populer

Kekuatan hashtag dan tren yang sedang populer berperan penting dalam kesuksesan program affiliate yang sedang dijalankan. Menggunakan hashtag yang relevan dengan produk dapat meningkatkan visibilitas konten Anda. Selain itu, ikuti tren yang sedang viral untuk memaksimalkan potensi jangkauan audiens.

Baca Juga: Apa Itu Affiliate Marketing dan Bagaimana Cara Kerjanya?

4. Sertakan Tautan Afiliasi Secara Strategis

Tautan afiliasi adalah jembatan antara promosi Anda dan penghasilan. Sertakan tautan afiliasi secara strategis dalam deskripsi video Anda atau bahkan di dalam video itu sendiri. Pastikan untuk memberikan call to action (CTA) yang menarik dan jelas kepada followers agar mereka dapat mengklik link dan melakukan tindakan yang diinginkan.

Banner Ads - Lead Gen 2

5. Bersikap Jujur

Penting untuk tetap jujur dalam mempromosikan produk. Informasikan secara jujur ​​tentang pengalaman Anda dengan produk atau layanan tersebut. Pengikut akan lebih merespon dengan baik jika mereka merasa bahwa Anda memberikan rekomendasi yang nyata dan tidak hanya berusaha menjual sesuatu.

Demikianlah informasi mengenai bagaimana cara daftar TikTok Affiliate tanpa minimal followers. Cukup mendaftarkan diri secara gratis dan mengandalkan kemampuan dalam mempromosikan produk, Anda sudah bisa memperoleh keuntungan.Tentunya platform TikTok ini mampu memberikan keuntungan bagi kreator maupun seller, serta membantu meningkatkan profit bisnis.

Jika merasa perlu, Anda dapat berkolaborasi dengan Digital Marketing Agency berpengalaman seperti ToffeeDev untuk merencanakan strategi terbaik dalam mengiklankan produk. Jasa TikTok Ads berkualitas dari ToffeeDev dapat membantu Anda dalam menghasilkan iklan yang kreatif dan viral sehingga dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Hubungi kami untuk berkonsultasi dan capai tujuan bisnis Anda lebih cepat!

Segera hubungi dan jadwalkan konsultasi dengan kami. Tingkatkan performa pemasaran melalui TikTok Ads dan konversi bisnis Anda bersama ToffeeDev sekarang juga!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top