Pengertian Email Blast serta Cara Penggunaannya

Email blast adalah satu teknik dalam email marketing yang perlu diketahui oleh seluruh pemilik bisnis yang ingin melakukan kegiatan promosi. Namun, sebelum kita membahas lebih jauh mengenai apa itu email blast, apakah Anda sudah tahu apa itu email marketing?

Saat ini, kita hidup di era digital yang memberikan berbagai fasilitas untuk memudahkan kehidupan sehari-hari dalam mencari informasi. Selain itu, era digital ini juga memiliki berbagai manfaat khususnya bagi para pebisnis.

Dengan adanya dunia digital, sekarang para pebisnis dapat mempromosikan produk atau jasa yang mereka miliki kepada lebih banyak orang dan menjangkau mereka yang tinggal di kota atau negara yang berbeda sekalipun. Salah satu cara untuk mempromosikan bisnis yang cukup sering dilakukan di dunia digital adalah email marketing.

Singkatnya, email marketing adalah sebuah strategi marketing untuk mempromosikan suatu bisnis kepada calon customer ataupun customer lama melalui email mereka. Anda tentu saja sering mendapatkan email penawaran melalui email, bukan?

Perlu Anda ketahui, email marketing bukanlah sebuah aktivitas yang dapat tergolong ke dalam spam karena platform email dapat digunakan bagi para pebisnis untuk menjalin komunikasi dengan customer. Tentu saja, agar tidak dikatakan sebagai spam, Anda juga perlu memahami aturan dan etika dalam mengirimkan email marketing supaya pelanggan tidak merasa terganggu dengan adanya promosi yang dikirimkan melalui email mereka.

Lalu, apa hubungannya email marketing dengan email blast? Mengapa Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai email marketing sebelum dapat memahami email blast?

Melalui artikel ini, ToffeeDev akan membantu Anda untuk memahami salah satu cara untuk melakukan email marketing dengan mudah yaitu dengan menggunakan email blast. Oleh karena itu, silakan simak informasinya di bawah ini karena kami akan memberikan informasi penting seputar apa itu email blast.

Apa Itu Email Blast?

Anda sekarang sudah memahami apa itu email marketing. Selanjutnya, kami ingin bertanya, apakah Anda tahu bagaimana cara mengirimkan email tersebut kepada customer?

Apakah Anda berpikir bahwa email marketing dapat dikirim melalui layanan email biasa seperti Gmail, Yahoo!, ataupun hotmail? Berapa banyak waktu yang harus dihabiskan untuk mengirim email satu per satu kepada customer Anda?

Dalam menjalankan email marketing, Anda dapat memanfaatkan teknik email blast. Teknik email blast ini merupakan hal yang dapat dilakukan dalam menjalankan email marketing dengan mengirimkan email ke banyak tujuan dalam waktu yang bersamaan.

Maka dari itu, untuk melakukan email blast, Anda tidak bisa melalui platform penyedia layanan email seperti yang biasa digunakan namun ada beberapa platform yang menyediakan layanan email marketing yang dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis. Platform tersebut pasti akan menyediakan layanan email blast agar Anda dapat mengirimkan banyak email sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Baca Juga: 10 Keunggulan Email Marketing untuk Bisnis

5 Manfaat Email Blast dalam Segmentasi Audiens

Teknik pemasaran digital yang dilakukan melalui email pelanggan ini dinilai cukup efektif untuk memberikan pesan atau penawaran dari brand secara segmentasi audiens. Mengirimkan email blast cenderung akan lebih mudah diterapkan dan memiliki harga yang terjangkau jika dibandingkan dengan strategi digital marketing lainnya. Berikut 5 manfaat pengiriman email blast yang wajib diketahui:

1. Konten Lebih Personal

Informasi yang diberikan kepada klien terkesan lebih personal, yang merupakan keunggulan pertama pemasaran email untuk bisnis. Dari hal tersebut, maka dapat dimodifikasi agar sesuai dengan audiens yang Anda tuju. Menyebutkan nama pelanggan adalah salah satu cara untuk mempersonalisasi materi yang dimaksud. Ini akan membuat orang yang menerima email blast Anda merasa lebih dekat dan dihargai oleh perusahaan.

CTR dan keterlibatan merek konsumen dapat meningkat ketika Anda memasukkan nama mereka dalam email marketing. Anda dapat membuat konten promosi dengan cara ini yang menarik bagi pasar sasaran Anda. Pelanggan lebih cenderung menindaklanjuti email yang mereka terima saat materi yang disajikan lebih relevan.

2. Mendapatkan Feedback dari Pelanggan

Kemampuan untuk mendapatkan feedback klien adalah keuntungan kedua dari pemail marketing. Dengan menggunakan email, maka dapat meminta konsumen menyelesaikan survei umpan balik pelanggan. Dengan cara ini, Anda dapat menilai kelebihan dan kekurangan perusahaan Anda.

Anda dapat menggunakan feedback ini untuk meningkatkan kualitas barang dan jasa Anda serta penawaran perusahaan yang ada. Hal ini juga bisa berpengaruh pada peningkatan kepuasan konsumen.

3. Alat Komunikasi yang Efektif

Teknik komunikasi yang sangat sukses untuk digunakan perusahaan dengan klien mereka adalah email marketing. Alasannya adalah mengirim email ke konsumen dapat membantu Anda berkomunikasi dengan mereka dengan lebih cepat.

Email yang Anda kirim ke konsumen merupakan media komunikasi yang berguna. Dengan cara ini, tingkat kedekatan antara merek dan konsumen dapat ditentukan. Kedekatan dan rasa berharga yang Anda berikan kepada pelanggan dapat meningkatkan pengalaman menyenangkan mereka dan menumbuhkan loyalitas. Pelanggan akan merasa terlibat dengan brand melalui email yang mereka terima.

banner

4. Meningkatkan Traffic

Anda bisa meningkatkan traffic atau jumlah kunjungan ke situs web atau platform e-commerce dengan mengirimkan email kepada pelanggan. Hal ini akan berpengaruh pada peningkatan penjualan produk atau layanan Anda.

Anda bisa menambahkan CTA (Call-to-Action) pada badan email atau tautan gambar Untuk meningkatkan traffic. Jadi, penerima email akan lebih mudah dalam mengunjungi situs web atau e-commerce perusahaan. Hanya dengan satu klik saja, Anda pun bisa memiliki lebih banyak traffic.

5. Campaign yang Hemat Biaya

Email marketing merupakan salah satu media digital yang hemat biaya bagi brand untuk melakukan campaign.

Dibandingkan dengan campaign yang dimuat dalam media cetak, maka email marketing memiliki biaya yang lebih terjangkau.

Kamu hanya membutuhkan copywriter dan graphic desainer untuk membuat konten pemasaran melalui email.

Selain hemat biaya, email marketing juga hemat waktu. Jadi, ini bisa menjadi alternatif pemasaran yang bagus untuk bisnismu.

Baca Juga: 3 Contoh Email Follow-Up Penawaran

Bagaimana Cara Memilih Platform Email Blast?

Dalam menggunakan email blast, Anda harus memilih platform yang akan digunakan terlebih dahulu. Anda harus memilih platform email blast yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini, ada 7 hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih platform untuk email blast, yaitu:

1. Layanan Email Otomatis

Hal pertama yang harus Anda perhatikan agar dapat memilih platform email blast dengan tepat adalah apakah platform tersebut menyediakan layanan email otomatis atau tidak. Email otomatis ini biasanya sangat dibutuhkan dalam menjalankan email marketing agar ketika customer mengunjungi website Anda dan ingin berlangganan newsletter, maka mereka akan mendapatkan email otomatis yang berisikan pesan sambutan. Selain itu, email otomatis ini juga bisa Anda gunakan apabila ada customer yang melakukan pembelian produk melalui website ataupun hal lainnya. 

2. Email Marketing Analytic Tools

Tidak semua platform memiliki layanan email marketing analytic tools. Tools ini sangatlah penting dalam menjalankan email marketing untuk melihat hasil dari kegiatan promosi yang sedang dijalankan.

Dengan adanya email marketing analytic tools, Anda dapat mengetahui berapa banyak customer yang mengunjungi link website atau bahkan langsung melakukan pembelian produk yang sedang dipromosikan. Nantinya, Anda dapat melakukan evaluasi agar strategi promosi email marketing selanjutnya dapat berjalan dengan lebih baik dan tentunya membawa keuntungan yang besar bagi perusahaan. 

Baca Juga: Waktu Terbaik Mengirim Email Marketing yang Perlu Anda Ketahui

3. Template Email

Anda perlu tahu bahwa susunan kerangka email dalam melakukan email marketing membutuhkan template khusus. Siapapun tidak akan tertarik apabila Anda hanya mengirimkan email promosi dalam bentuk teks biasa tanpa adanya susunan visual yang menarik.

Oleh karena itu, pastikan Anda memilih platform email blast yang menyediakan template untuk membuat email marketing. Dengan template tersebut, Anda dapat mengetahui seperti apa susunan email marketing yang menarik dan visual serta kata-kata apa saja yang perlu disiapkan untuk diisi ke dalam template tersebut.

4. Biaya yang Dikeluarkan

Beberapa platform email blast ada yang menyediakan berbagai layanan dengan gratis, namun ada juga yang berbayar. Biasanya, platform yang dapat digunakan secara gratis memiliki batasan tertentu seperti limit email yang dikirimkan per harinya atau fitur apa saja yang hanya dapat digunakan bagi mereka yang sudah berlangganan.

5. Customer Support

Salah satu hal yang cukup penting dalam menjalankan email marketing adalah customer support. Anda perlu mencari platform email blast yang menyediakan customer support agar setiap kali customer membutuhkan informasi atau ingin melakukan pemesanan, mereka dapat bertanya melalui customer support.

Customer support ini biasanya tersedia dalam bentuk chatbot yang berbentuk balasan pesan otomatis. Jadi, seluruh customer Anda dapat terlayani dengan baik dan tepat waktu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Plugin Email Marketing untuk WordPress

6. Segmentasi Target Audiens

Ketika Anda memilih sebuah platform untuk melakukan email blast, pastikan platform tersebut menyediakan fitur segmentasi target audiens. Fitur ini sangat berguna untuk menjangkau target audiens sesuai dengan kategori-kategori tertentu seperti minat, lokasi, hobi, dan lain-lainnya.

7. Layanan Desktop dan Mobile Version

Hal terakhir yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih platform untuk email blast adalah pastikan platform tersebut memiliki layanan desktop dan mobile version Apa maksudnya?

Anda tentu tahu bahwa resolusi layar pada komputer atau laptop berbeda dengan layar mobile. Ketika Anda membuat sebuah konten email marketing untuk melakukan kegiatan promosi, customer yang membuka email marketing melalui mobile bisa saja tidak dapat melihat tampilan konten secara keseluruhan apabila tidak ada penyesuaian layar yang dilakukan oleh pihak penyedia platform.

Maka dari itu, penting untuk Anda mencari platform email blast yang dapat ditujukan bagi para customer yang menggunakan desktop maupun mobile. Dengan demikian, strategi email marketing Anda dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Jadi, itulah informasi seputar email blast dan juga cara penggunaannya yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda membutuhkan bantuan untuk pembuatan email marketing ataupun optimasi website, silakan hubungi ToffeeDev sekarang juga yang merupakan salah satu Digital Marketing Agency terkemuka di Indonesia dan kami siap untuk membantu segala kebutuhan client di dunia digital.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top
WhatsApp chat