Faktor-Faktor Penyebab Tidak Tercapainya Target Penjualan dan Tips Mengatasinya

Faktor-faktor penyebab tidak tercapainya target penjualan

Target penjualan penting diterapkan dalam bisnis karena bisa membuat usaha Anda menjadi lebih terarah. Menetapkan target juga dapat membuat Anda dan tim lebih termotivasi untuk semangat meraih laba. Selain itu, ketika target telah tercapai, Anda juga menjadi lebih terpacu untuk melampaui pencapaian sebelumnya. Konsistensi seperti ini pun dapat membuat bisnis Anda jadi makin berkembang pesat.

Namun, ketika target sudah ditetapkan, terkadang Anda tidak bisa atau gagal mencapai target tersebut. Selain strategi penjualan yang kurang berhasil, ada juga faktor-faktor penyebab tidak tercapainya target penjualan itu. Apa saja faktor-faktor penyebab tidak tercapainya target penjualan dalam bisnis? Mari simak selengkapnya berikut ini!

Faktor-Faktor Penyebab Tidak Tercapainya Target Penjualan

Faktor penyebab tidak tercapainya target penjualan

Ketika Anda gagal mencapai target penjualan yang sudah Anda tetapkan sendiri, tak perlu berkecil hati. Sesungguhnya, kegagalan adalah jalan menuju kesuksesan. Ketika gagal, Anda sudah dalam setengah jalan menuju hal yang Anda inginkan.

Justru dengan kegagalan saat ini, Anda bisa tahu apa saja yang kurang, hal yang perlu diperbaiki, atau hal yang perlu diubah. Jadi, mari coba evaluasi, apakah Anda mengalami faktor-faktor penyebab tidak tercapainya target penjualan seperti berikut ini.

Baca juga: 5 Cara Menentukan Target Penjualan Bisnis Online

1. Ekspektasi terlalu tinggi

Menetapkan target penjualan yang terlalu tinggi bisa membuat target tersebut gagal tercapai. Saat menetapkan target, sebaiknya Anda mempertimbangkan baik-baik kemampuan dan kondisi bisnis Anda. Jadi, sebaiknya hindari berekspektasi yang terlalu tinggi.

2. Melakukan hal yang sama, tetapi mengharapkan hasil yang berbeda

Dalam berbisnis, melakukan hal yang sama berulang kali, tetapi mengharapkan hasil berbeda adalah sesuatu yang mustahil. Bagaimana mungkin Anda bisa mendapatkan hasil yang berbeda jika Anda hanya berjalan di tempat? Untuk itulah, seorang pebisnis harus kreatif dan punya inovasi. 

3. Tidak fokus pada penjualan

Faktor-faktor penyebab tidak tercapainya target penjualan yang berikutnya adalah mungkin Anda kurang fokus pada penjualan. Dalam menetapkan target penjualan, penting bagi Anda untuk menyusun rencana dan strategi agar target tersebut dapat tercapai. Bisa saja, riset pasar yang Anda lakukan masih kurang. Bila Anda kurang kenal dengan target pasar, maka bisa berdampak pula pada target penjualan Anda.

Jasa SEO

4. Target tidak jelas

Salah satu faktor-faktor penyebab tidak tercapainya target penjualan adalah target yang kurang jelas. Sesuai dengan metode SMART, Anda harus membuat target yang spesifik. Tentukan angka yang jelas, misalnya 10.000, Rp20 juta, dan sebagainya. Anda juga harus menetapkan tanggal berakhirnya target tersebut. Misalnya, harus mencapai Rp20 juta dalam satu bulan atau sebagainya. Target yang tidak jelas akan membuat Anda kebingungan sendiri sehingga target sulit tercapai.

5. Tidak percaya diri

Tidak percaya diri

Di samping meningkatkan angka penjualan, kualitas diri pun punya pengaruh yang cukup besar. Bisa saja Anda gagal mencapai target penjualan bisnis karena Anda kurang percaya diri. Kualitas diri Anda sangat menentukan keberhasilan bisnis yang Anda kerjakan. Selain sebagai fondasi bisnis, kepercayaan diri juga merupakan refleksi dari kualitas bisnis itu sendiri.

Baca juga: Rekomendasi Strategi Sales Untuk Bisnis Online

6. Keterbatasan dana

Tak bisa dimungkiri, faktor dana juga termasuk dalam faktor-faktor penyebab tidak tercapainya target penjualan. Ketika dana yang Anda miliki terbatas, maka Anda akan kesulitan merekrut lebih banyak orang dalam tim.

7. SDM kurang mendukung

Faktor-faktor penyebab tidak tercapainya target penjualan yang berikutnya adalah sumber daya manusia (SDM) yang kurang mendukung. Meskipun Anda memiliki cukup orang untuk bekerja di dalam tim, jika performa kinerja mereka buruk, tentu saja target penjualan Anda tidak akan tercapai. Selain itu, jika kualitas SDM dalam tim sudah bagus, tetapi manajer atau leader-nya kurang paham dengan pekerjaannya, maka hasilnya pun akan sama saja.

5 Cara Mencapai Target Penjualan Bisnis Anda

Tidak perlu patah semangat terlebih dahulu saat target gagal tercapai. Sebaliknya, jadikan kegagalan tersebut sebagai motivasi. Setelah mengetahui faktor-faktor penyebab tidak tercapainya target penjualan, maka Anda bisa mulai membuat target yang baru dari awal. Berikut ini adalah lima cara untuk mencapai target penjualan bisnis Anda.

1. Tentukan target yang realistis

Pertama, penting sekali untuk menetapkan target yang realistis. Pahami kemampuan dan kondisi bisnis Anda saat ini. hindari juga berekspektasi yang terlalu tinggi. Sebagai langkah awal, tentukan target yang sesuai standar terlebih dahulu. Bila berhasil, barulah Anda bisa meningkatkan angkanya sedikit demi sedikit.

2. Tetapkan tenggat waktunya

Target penjualan yang baik adalah yang punya batas akhir. Anda harus tegas menetapkan kapan periode target tersebut berlangsung. Misalnya, jika Anda harus mencapai penjualan 20.000 produk dalam satu bulan, maka Anda harus tegas mematuhinya. Apabila dalam satu bulan belum tercapai 20.000 penjualan, maka Anda harus segera menetapkan bahwa target penjualan Anda gagal.

3. Lakukan riset pasar

Dalam berbisnis, penting sekali untuk melakukan riset pasar agar Anda bisa tahu produk apa yang banyak dicari oleh pelanggan. Riset pasar juga bertujuan untuk mencari peluang bisnis yang bisa dilakukan. Perlu diingat bahwa masyarakat adalah sesuatu yang dinamis. Selera, keinginan, dan kebutuhan mereka akan terus berubah-ubah. Untuk itulah Anda harus memiliki pemikiran kreatif agar bisa mencari peluang, memanfaatkan kesempatan, dan mengembangkan inovasi.

Baca juga: Bagaimana Caranya Untuk Meningkatkan Sales Melalui UX

4. Belajar

Belajar adalah sesuatu yang tidak akan pernah berhenti selama manusia hidup. Dalam menjalankan bisnis, Anda pun harus banyak-banyak belajar. Berkumpul dengan rekan-rekan bisnis yang vibe-nya positif, misalnya, akan membuat Anda mendapatkan banyak insight baru. Belajar dari mentor yang telah berpengalaman juga akan membuat kepercayaan diri Anda terus tumbuh.

5. Bermitra

Bermitra

Selanjutnya, Anda juga bisa mulai menjalin koneksi dengan mitra-mitra yang suportif. Entah itu investor, kreditur, karyawan, supplier, klien, dan sebagainya. Orang-orang ini akan bisa mendorong Anda lewat kerja sama atau gotong royong. Sesuatu yang dikerjakan bersama-sama tentu akan terasa lebih mudah, bukan?

Selain cara-cara di atas, membangun sebuah strategi pemasaran juga dapat membuat Anda mencapai target penjualan dengan lebih mudah. Strategi marketing berbasis digital adalah salah satu kunci agar bisnis Anda bisa berkembang pesat. ToffeeDev sebagai Digital Marketing Agency berkomitmen membantu pelaku bisnis seperti Anda untuk mengembangkan usaha agar makin level-up.Kami bisa membantu Anda untuk mencapai target penjualan melalui peningkatan SEO, peningkatan Google Ads, pembuatan website, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa berkonsultasi dengan tim kami jika mengalami kendala akibat faktor-faktor penyebab tidak tercapainya target penjualan seperti di atas. Tunggu apalagi? Klik di sini untuk terhubung dengan tim ToffeeDev!

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat