Berbagai Faktor Internal dan Eksternal Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah salah satu alat yang paling populer untuk menilai di mana posisi dari bisnis saat ini dan kemana arahnya di masa depan. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa menjalankan analisis SWOT dari sebuah perusahaan memerlukan analisis yang rumit, namun analisis ini bila dilakukan dengan benar dan tepat akan mencakup berbagai macam hal penting bagi bisnis Anda. Melalui faktor internal dan eksternal analisis SWOT, sebuah bisnis akan bisa mengembangkan berbagai strategi yang akan bisa membantu untuk mendorong terjadinya peningkatan dari berbagai sisi dalam sebuah bisnis. Akan sangat rugi jika Anda belum mempraktekan analisis yang satu ini, apalagi disaat industri yang semakin berkembang dan persaingan yang semakin ketat. Jika Anda ingin memulainya, maka saatnya kita mengenal lebih jauh mengenai SWOT dan berbagai faktor pentingnya untuk menilai bisnis Anda.

Faktor Internal dan Eksternal Analisis SWOT

Kedua hal ini adalah poin penting dalam sebuah analisis SWOT. Faktor internal adalah kekuatan dan kelemahan Anda. Faktor eksternal adalah ancaman dan peluang. Dalam enam dekade sejak pertama kali digunakan oleh Stanford Research Institute, metode analisis SWOT telah menjadi pilihan utama di dunia bisnis. Sebuah analisis SWOT dirancang untuk memfasilitasi sebuah analisa yang realistis, berbasis fakta, dan didorong oleh data-data. Dengan menganalisis strengths, weaknesses, opportunities dan threats terhadap rencana, produk, kampanye, atau bisnis secara keseluruhan, proses pengambilan keputusan akan bisa lebih efektif. Idealnya, SWOT harus menjadi latihan yang sederhana dan cepat untuk mendapatkan perspektif yang berbeda.

Analisis SWOT adalah cara yang efektif untuk brainstorming dan menyusun rencana strategis. Anda akan mendapatkan nilai lebih dari analisis SWOT jika dilakukan dengan tujuan atau pertanyaan tertentu dalam pikiran sehingga akan bisa paham manfaat analisis SWOT. Misalnya, Anda dapat menggunakan analisis SWOT untuk membantu dalam memutuskan apakah dan bagaimana Anda harus:

  • manfaatkan peluang bisnis baru
  • menanggapi tren baru
  • menerapkan teknologi baru
  • menangani perubahan pada operasi pesaing Anda.

Demi bisa menghasilkan analisa SWOT yang lebih baik, Anda harus bisa memahami kedua faktor yang akan berperan penting. Faktor internal dan juga faktor eksternal. Kedua faktor inilah yang akan membangun setiap poin analisis yang akan digunakan dalam bisnis Anda. Berikut ini adalah penjelasan yang lebih dalam mengenai faktor-faktor ini.

Baca Juga: Pentingnya Niche Market untuk Meraup Keuntungan

Faktor Internal: Strengths dan Weaknesses

Ketika mempertimbangkan pengaruh dari dalam perusahaan, ada beberapa faktor yang akan bisa mempengaruhi bagaimana perusahaan bisa mencapai suatu hasil. Faktor-faktor inilah yang berada sangat dekat dan bisa dikontrol oleh perusahaan. Beberapa faktor penting dari dalam perusahaan yang bisa mempengaruhi analisa SWOT dalam bentuk strength (kekuatan) dan Weakness (kelemahan) adalah sebagai berikut ini:

  • Sumber daya manusia: Setiap orang yang mempengaruhi hasil keputusan bisnis apa pun akan menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan. Mulai dari pelanggan dan audiens hingga sukarelawan dan karyawan. Tenaga kerja akan bisa menjadi strength jika produktif dan menguntungkan, namun akan bisa menjadi kelemahan jika tidak dimanfaatkan dengan efektif. Permintaan konsumen yang tinggi adalah sesuatu yang positif, tetapi ketidakmampuan untuk memenuhi permintaan itu akan menjadi kelemahan yang harus diperhitungkan.
  • Sumber daya fisik: Ini mencakup semua properti dan aset, seperti komputer, kendaraan, lokasi, fasilitas, dan peralatan apa pun yang disertakan. Ketika bekerja dengan baik, itu adalah kekuatan yang bisa membantu bisnis untuk berkembang menjadi lebih baik. Namun akan menjadi kelemahan jika membebani Anda.
  • Sumber daya keuangan: Ini termasuk tabungan, utang, investasi, dan modal, kewajiban, atau pendapatan lain yang relevan.
  • Proses: Bagaimana hierarki perusahaan bekerja akan benar-benar dapat mempengaruhi kemanjuran rencana apa pun yang akan datang. Metode alur kerja, perangkat lunak yang digunakan, program karyawan, dan metode lain di tempat kerja di dalam perusahaan adalah semua hal yang memiliki dampak besar pada hasil dari setiap tindakan atau keputusan yang dibuat. Dampak tersebut akan menentukan apakah hal itu akan menjadi kekuatan atau kelemahan.

Jasa SEO

Faktor Eksternal: Opportunities dan Threats

Faktor-faktor ini adalah sesuatu yang berasal dari luar perusahaan atau bisnis. Berbeda dengan faktor internal tadi, hal-hal berikut ini tidak bisa kita kontrol. Maka cara yang bisa kita lakukan adalah menyesuaikan diri dan mencoba untuk memahaminya berbagai opportunities (kesempatan) dan threats (ancaman) ini. Beberapa faktor penting yang berasal dari luar dalam analisis SWOT adalah sebagai berikut ini:

  • Faktor regulasi: Peraturan regulasi dari pihak yang berwenang adalah sesuatu yang tidak dapat kita atur sehingga bisa menguntungkan kita. Regulasi ini akan bisa menjadi kesempatan apabila cocok dengan bisnis Anda, namun akan menjadi ancaman jika bertentangan dengan apa yang dijalankan dalam sebuah bisnis.
  • Demografi: Pelanggan yang menua, tempat tinggal di perkotaan, dan orang yang bermigrasi ke negara atau kota lain semuanya termasuk dalam faktor eksternal yang dapat mempengaruhi bisnis. Sebuah sekolah menengah yang berada di dekat kafe, akan dapat menjadikan hal ini sebagai peluang selama 10 bulan dalam setahun ketika anak-anak datang kesekolah. Namun akan bisa jadi ancaman ketika sistem pembelajaran berubah menjadi sekolah online dimana tidak akan ada anak-anak yang datang ke sekolah.
  • Tren ekonomi: Hal ini benar-benar berada di luar kendali bisnis manapun dan sudah menjadi realitas ekonomi dunia. Tidak ada yang bisa memprediksi kapan presiden akan menuntut tarif perdagangan baru. Tidak ada yang bisa meramalkan naik turunnya pasar atau runtuhnya ekonomi karena faktor lainnya. Realitas inilah yang harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin jika Anda jeli melihat adanya peluang. Namun bisa menjadi ancaman jika Anda gagal beradaptasi.
  • Pergeseran pasar: Munculnya teknologi dan produk baru, pesaing baru, permintaan pasar akan bisa menjadi peluang atau ancaman bagi perusahaan. Satu-satunya kendali yang dimiliki bisnis adalah bagaimana cara Anda bereaksi terhadap apa yang terjadi di dalam pasar. Apakah Anda akan melihatnya sebagai peluang dan mengikutinya, atau menggapnya sebagai ancaman dan tetap memilih menjalankan yang sudah selama ini dijalankan.
  • Hubungan: Pemasok dan mitra bisa saling mempengaruhi satu sama lain. Sebuah toko makanan yang pembuat rotinya memutuskan untuk pensiun akan dihadapkan pada peluang dan ancaman. Memilih supplier roti yang salah, klien bisa saja menolak untuk belanja di tempat Anda. Membeli roti yang tepat, maka Anda akan bisa menarik lebih banyak klien. Mungkin produsen lama tidak dapat memenuhi permintaan yang meningkat, dan mungkin tidak ada potongan harga yang menarik. Ini bisa menjadi peluang untuk mendapatkan produsen yang lebih fleksibel dengan margin keuntungan yang lebih menarik.

Baca Juga: Pentingnya Membawa Bisnis Offline Ke Online

Bagaimana Anda Menulis Analisis SWOT yang Baik?

Membuat analisis SWOT melibatkan kegiatan identifikasi dan analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari perusahaan. Disarankan untuk terlebih dahulu membuat daftar pertanyaan yang harus dijawab untuk setiap elemen. Pertanyaan-pertanyaan tersebut berfungsi sebagai panduan untuk menyelesaikan analisis SWOT dan membuat daftar yang berimbang. Kerangka kerja SWOT dapat dibangun dalam format daftar, dokumen teks bebas, atau, paling umum dalam bentuk tabel 4-sel, yang setiap bagiannya akan didedikasikan untuk setiap elemen. Kekuatan dan kelemahan dicantumkan terlebih dahulu, diikuti oleh peluang dan ancaman.

SWOT Bukan Analisa yang Bisa Berjalan Sendiri

Analisis SWOT adalah cara yang bagus untuk menemani strategi bisnis. Menjadi sebuah alat brainstorming yang bisa didiskusikan dalam mencari kekuatan dan kelemahan inti perusahaan, menentukan peluang dan ancaman, dan bertukar pikiran. Seringkali, analisis SWOT akan bisa menunjukan faktor-faktor yang tidak Anda sadari dan tidak akan pernah Anda tangkap jika tidak berasal dari pendapat orang lain. Sebuah perusahaan dapat menggunakan SWOT dalam sesi strategi bisnis secara keseluruhan atau untuk segmen tertentu seperti pemasaran, produksi, atau penjualan. 

Dengan cara ini, Anda dapat melihat bagaimana keseluruhan strategi yang dikembangkan, analisis SWOT akan menyaring ke segmen-segmen tersendiri sebelum melaksanakan strategi tersebut. Anda juga dapat bekerja secara terbalik dengan melakukan analisis SWOT pada segmen khusus yang dimasukkan ke dalam analisis secara keseluruhan. Meskipun menjadi alat perencanaan yang berguna, SWOT memiliki keterbatasan. Ini adalah salah satu dari beberapa teknik yang perlu dipertimbangkan dan tidak boleh digunakan sendiri. Setiap poin yang tercantum dalam kategori tidak akan memiliki prioritas yang sama. SWOT tidak memperhitungkan mana yang lebih perlu didahulukan. Oleh karena itu, diperlukan analisis yang lebih mendalam, dengan menggunakan teknik perencanaan lainnya untuk mendapatkan data yang kurang.

Baca Juga: Bisnis Plan Terbaru untuk Adaptasi Menghadapi New Normal

Gunakan SEO Jika Marketing Menjadi Kelemahan Bisnis Anda

SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu bentuk strategi yang paling hemat biaya dan bisa memberikan ROI yang memuaskan. Jika Anda membutuhkan digital marketing dalam rencana bisnis Anda sebagai cara untuk menangani kelemahan dalam bisnis, maka SEO ini menjadi pilihan yang tepat. Kegiatan optimasi ini bisa menjadi proses yang dapat mendatangkan traffic organik dari mesin pencari tanpa biaya tambahan. Apabila menggunakan SEO bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan strategi yang lain. Kombinasikan hal ini dengan strategi pemasaran lainnya untuk bisa memaksimalkan hasil analisa SWOT dan mendapatkan hasil yang lebih baik dan efektif dalam mencapai tujuan Anda. Tingkatkan jangkauan dari bisnis secara organik dan dapatkan juga hasil yang tahan lama serta bisa diperbarui di kemudian hari. Bila Anda bingung mencari agensi yang bisa membantu Anda, maka gunakan  Jasa SEO dari Digital Marketing Agency ToffeeDev. Kami siap menjadi mitra yang membantu dalam menyukseskan rencana bisnis yang sudah disusun. Tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan jasa kami.

Para ahli SEO kami akan bisa membantu bisnis Anda untuk berkemabang ke tingkat selanjutnya. Strategi yang digunakan juga sangat aman sehingga tidak perlu takut terkena pinalti. Kami juga selalu berusaha memberikan hasil terbaik yang mengikuti berbagai update algoritma dari Google, sehingga tidak perlu ragu lagi karena setiap optimasi akan dipastikan tidak akan ketinggalan dengan berbagai pembaruan yang ada. Membuat website teroptimasi dengan baik dan sempurna. Tunggu apalagi, mari kembangakan bisnis Anda ketinggkat selanjutnya dan capai berbagai macam goal Anda. Kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lainnya yang lebih lengkap serta memulai untuk konsultasi mengenai digital marketing bisnis Anda di sini

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat