Faktor yang Mempengaruhi Ranking Google Search

Faktor penting dalam SEO untuk bisa mendapatkan ranking di hasil pencarian akan terus berubah, mungkin akan sedikit sulit untuk mengikuti perkembangan terbaru. Tetapi jika Anda ingin peringkat website Anda bisa naik dari yang tak terlihat menuju posisi atas, maka informasi berikut ini wajib untuk diketahui. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi ranking Google search.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ranking Google Search

Situs yang dioptimasi dengan baik akan bisa mendapatkan lebih banyak traffic dari waktu ke waktu, artinya lebih banyak prospek yang bisa memberikan penjualan. Tanpa SEO, calon pelanggan tidak akan dapat menemukan website Anda, dan semua kerja keras untuk membuat website akan akan sia-sia.

Dalam SEO, ranking akan mengacu pada posisi konten Anda di search engine result page (SERP). Peringkat 1 berarti bahwa ketika orang mencari keyword tertentu, halaman website Anda adalah hasil pertama.

Baca Juga : Pastikan Website Anda Muncul Pada SERP

Apa yang Dicari Google dalam SEO?

Tujuan utama Google adalah untuk “mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan berguna secara universal”. Memberikan hasil pencarian yang relevan adalah bagian terbesar dari hal tersebut. Untuk bisa memberikan dan memenuhi kebutuhan “hasil pencarian relevan” ini, ada beberapa faktor bisa mempengaruhi sebuah halaman atau konten dalam mendapatkan ranking, di antaranya adalah:

1. Situs Web yang Aman dan Dapat Diakses

Tidak mengherankan, faktor peringkat SEO pertama akan berkaitan dengan jenis URL yang tepat. Secara khusus, URL dapat dengan mudah dijangkau dan di-crawl oleh bot Google. Dengan kata lain, Google harus dapat mengunjungi URL dan melihat konten halaman untuk memahami tentang isi dari halaman tersebut. HTTPS bukanlah faktor dalam memutuskan apakah akan mengindeks halaman atau tidak, tetapi John Mueller dari Google sendiri telah men-tweet bahwa itu adalah “faktor peringkat yang ringan” serta “memiliki HTTPS bagus untuk pengguna.”

2. Kecepatan Halaman/Page Speed

Page speed menjadi salah satu faktor peringkat SEO yang sudah diketahui selama bertahun-tahun. Google ingin meningkatkan pengalaman pengguna di website, dengan halaman yang bisa dimuat dengan cepat, hal ini bisa tercapai. Google mengumumkan pembaruan algoritma yang berfokus pada kecepatan halaman seluler. Jika situs Anda tidak memuat dengan cepat di perangkat seluler, maka itu dapat dikenakan sanksi.

Baca Juga : Pentingnya Kecepatan Website Untuk Sukses Online

3. Mobile Friendliness

Saat ini sudah lebih banyak orang menggunakan mobile daripada desktop untuk mengakses website, dan itulah salah satu alasan ada perubahan dalam cara Google memberi peringkat pada hasil penelusuran. Google yang memprioritaskan mobile akan berarti mengambil hasil dari website yang dioptimalkan untuk mobile terlebih dahulu, daripada yang ditujukan untuk komputer desktop. Jika website Anda tidak dioptimalkan untuk mobile resiko untuk mendapatkan peringkat yang baik akan menjadi sangat rendah.

4. Domain Age, URL, dan Authority

Authority menjadi hal penting. Seperti yang akan Anda lihat, biasanya hal ini akan didapatkan dari kombinasi konten yang bagus dan sinyal SEO di luar halaman seperti link dan social share. Dan berkat E-A-T, authority akan semakin penting. Begitu juga dengan URL yang memiliki keyword serta usia sebuah domain. Ketiganya menjadi faktor yang penting.

5. Konten yang Dioptimasi

Bentuk optimasi yang bisa Anda lakukan adalah penggunaan keyword di judul ataupun sub-heading, pengaplikasian keyword yang tidak berlebihan sehingga tidak terlihat spammy, isi konten yang relevan, serta CTR yang menarik dan tepat sasaran. Tidak ketinggalan juga internal dan eksternal link yang cocok dengan konten Anda.

Baca Juga : Apa itu Click-Through Rate? Berikut Memaksimalkannya?

Inilah beberapa faktor yang bisa membantu sebuah website untuk bisa mendapatkan ranking. Optimasi website Anda dengan maksimal menggunakan strategi SEO yang tepat. Konsultasikanlah bersama pakar SEO dan master SEO kami yang siap membantu bisnis Anda ke level selanjutnya menggunakan strategi yang tepat sasaran. Tunggu apalagi, ayo hubungi ToffeeDev sekarang juga!

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat