Follow Up Customer: Definisi, Manfaat, dan Tips Sukses Melakukannya

follow up customer adalah

Dalam dunia bisnis, follow up customer adalah istilah yang sudah menjadi bahasa sehari-hari. Follow up customer dinilai sebagai salah satu bagian penting dalam layanan pelanggan, yang akan meningkatkan kepuasan pengalaman mereka terhadap suatu brand. Tunggu dahulu, memangnya apa maksud dari follow up customer? Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, Anda bisa membacanya dalam artikel ini. 

Pengertian Follow Up Customer

Follow up customer adalah proses menghubungi kembali calon konsumen yang berpotensi untuk membeli produk yang telah ditawarkan kepada mereka. Biasanya, follow up dilakukan setelah Anda melakukan promosi pemasaran serta perkenalan produk kepada calon konsumen.

Tujuan dari follow up customer adalah untuk mengingatkan kembali karena terkadang konsumen tidak langsung membeli suatu produk dalam sekali penawaran. Oleh karena itu, follow up ini sangat penting dilakukan dalam rangka mendapatkan respons dari konsumen untuk menindaklanjuti sekaligus meyakinkan konsumen agar membeli suatu produk. 

Baca Juga: Peran Digital Marketing dalam Mempengaruhi Konsumen Anda

4 Manfaat Follow Up Customer

Tips Sukses Follow Up Customer

Follow up customer adalah cara efektif untuk membuat konsumen segera membeli produk Anda. Dengan begitu, bisnis Anda pun akan merasakan manfaat-manfaat berikut ini:

1. Membuat Penjualan Meningkat

Manfaat pertama dari follow up customer adalah dapat meningkatkan penjualan produk. Apalagi jika Anda melakukan follow up kepada konsumen dengan benar dan tepat, penjualan pun bisa meningkat dengan cepat. Bagaimana pun juga, follow up customer termasuk bagian dari pelayanan konsumen. Jika konsumen merasa nyaman atas pelayanan Anda, ke depannya dia tidak akan ragu lagi untuk membeli suatu produk yang Anda jual. 

2. Memberi Informasi tentang Produk Terbaru

Follow up juga bisa dilakukan untuk memberikan informasi mengenai produk terbaru, apalagi jika konsumen memang memiliki permasalahan yang bisa diatasi dengan produk terbaru tersebut. Alhasil, peluang konsumen untuk membeli produk pun meningkat.

Baca Juga: Jenis-Jenis Keluhan Pelanggan dan Cara Menghadapinya

3. Mengingatkan Calon Konsumen

Fungsi selanjutnya dari proses follow up customer adalah untuk mengingatkan kembali kepada calon konsumen mengenai penawaran produk yang sudah Anda lakukan sebelumnya.

Terkadang, konsumen lupa untuk segera melakukan transaksi pembelian. Maka, follow up ini sangat berguna bagi konsumen untuk diingatkan kembali. Selain itu, follow up juga bisa menghilangkan keraguan yang sempat dirasakan konsumen pada penawaran pertama. Follow up akan berguna untuk meyakinkan konsumen kembali agar mereka membeli produk Anda.

Jasa SEO

4. Mendapatkan Rekomendasi dari Calon Konsumen

Terakhir, follow up customer bisa dilakukan untuk memberikan promosi. Promosi yang paling baik memang ketika datang dari mulut ke mulut oleh konsumen sendiri. Jadi, Anda akan mendapatkan promosi gratis serta potensi bertambahnya konsumen.

7 Tips Sukses Follow Up Custome

Berbagai manfaat follow up customer di atas memang akan sangat berdampak positif bagi bisnis Anda. Namun, melakukan follow up customer tidaklah semudah kelihatannya. Agar sukses, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

1. Ikutilah Kegiatan Online Konsumen

Untuk tips yang pertama, sebaiknya Anda atau tim customer service yang melakukan follow up customer, mengikuti dan memperhatikan kegiatan konsumen dengan cara mengikuti media sosialnya. Teknik ini dilakukan untuk memberi pendekatan personal, misalnya dengan memberikan like, komentar, atau share pada media sosial konsumen.

Namun, perlu diingat, jangan terlalu sering melakukan ini karena bisa membuat konsumen merasa risih. Bersikaplah secara elegan dan tidak memberi kesan terlalu mengejar target penjualan.

2. Perhatikan Waktu sebelum Mulai Melakukan Follow Up

Selanjutnya, dalam melakukan follow up customer, Anda juga harus memperhatikan waktu. Setiap orang memiliki waktu kesibukan yang berbeda-beda. Sebaiknya Anda menghubungi konsumen saat mereka sedang senggang agar bisa mendengarkan penjelasan Anda dengan maksimal.

3. Tidak Memaksa Konsumen

Selanjutnya, sebagai orang yang melakukan follow up customer, sangat tidak dianjurkan untuk memaksa konsumen dalam memberikan jawaban. Pemaksaan justru berpotensi membuat pembelian produk gagal dan konsumen tidak akan kembali lagi. Ingat, kenyamanan dan kepuasan konsumen adalah nomor satu bagi seorang pebisnis. Itulah mengapa Anda harus memiliki kesabaran dalam menghadapi konsumen.

Baca juga: 5 Penyebab Keluhan Pelanggan dan Kiat Mengatasinya

4. Tidak Mengejar Konsumen dalam Waktu yang Berdekatan

Kemudian, hindari melakukan follow up customer kepada satu orang konsumen terlalu sering. Berilah jarak waktu yang cukup jauh. Jika follow up dilakukan terlalu sering, justru akan membuat konsumen merasa risih dan tidak jadi membeli produk yang Anda tawarkan.

5. Terhubunglah ke Jejaring Profesional

Terhubunglah ke Jejaring Profesional

Jika Anda memiliki hubungan yang erat dengan konsumen melalui media sosial, Anda bisa meminta terhubung melalui jejaring profesional. Hal ini berguna untuk menunjukkan kemampuan yang Anda miliki, seperti kompetensi, pekerjaan, prestasi, dan lain-lain. Jadi, konsumen pun akan memiliki kepercayaan yang bagus terhadap Anda.

6. Berantisipasi bila Konsumen Berubah Pikiran

Sering terjadi konsumen tidak jadi membeli produk Anda. Sebenarnya ini hal yang wajar dalam berjualan. Jika konsumen berubah pikiran, jangan sampai Anda menghapus kontaknya. Simpan saja sebagai aset data. Bisa jadi suatu hari, dia akan membeli produk dari Anda. 

7. Tunjukan Empati kepada Konsumen

Terakhir, tunjukkanlah empati dan rasa peduli terhadap hal-hal yang dibutuhkan konsumen. Utamakan kepentingan konsumen daripada kepentingan pribadi. Berikanlah pelayanan dengan sepenuh hati kepada konsumen. Ingat, kenyamanan dan kepuasan konsumen akan membuat konsumen merasa loyal.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa follow up customer adalah teknik penting dalam meningkatkan penjualan dan menjaga loyalitas pelanggan. Kuncinya adalah penerapan secara tepat sesuai tips-tips di atas. Di samping itu, imbangi pula dengan strategi digital marketing yang baik agar ketika konsumen mencari tahu tentang Anda di internet, mereka akan mendapat impresi yang baik.

Tak perlu bingung, ToffeeDev menyediakan jasa pengelolaan digital marketing yang mencakup pengelolaan bisnis dan media sosial. Jika Anda tertarik, silakan hubungi ToffeeDev dan mari bekerja sama untuk mengembangkan bisnis Anda.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat