Informasi Mengenai Google My Business yang Perlu Diketahui

Google My Business adalah

Sesuai namanya, Google My Business adalah salah satu tool yang dikembangkan oleh Google dan ditujukan untuk para pelaku bisnis.

Di era digital ini, kebanyakan orang menggunakan internet dan mesin pencari, terutama Google, untuk mencari informasi mengenai banyak hal. Salah satunya adalah untuk mencari informasi mengenai produk atau layanan yang hendak mereka beli atau gunakan. Jadi, keberadaan Google My Business dapat membuat bisnis Anda lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan sekaligus meningkatkan kepercayaan konsumen pada bisnis Anda.

Selain itu dilengkapi berbagai fitur penunjang, Google My Business dapat membantu Anda mengelola bisnis secara lebih mudah dan tentunya terintegrasi dengan Google. Untuk lebih mengenal tentang Google My Business, Anda bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Mengenal Google My Business

Google My Business adalah tool keluaran Google yang digunakan untuk mengelola bisnis Anda, terutama yang berhubungan dengan tampilan digital dalam hasil pencarian Google Search dan lokasi di Google Maps.

Dengan memanfaatkan fitur ini, calon konsumen dapat menemukan bisnis Anda secara lebih mudah. Bukan hanya itu, Anda juga bisa mengatur informasi terkait bisnis tersebut, misalnya informasi mengenai alamat, kontak, hingga deskripsi sesuai keinginan.

Menariknya, informasi tersebut bisa langsung ditampilkan pada halaman pencarian Google saat calon konsumen mencari tahu tentang bisnis Anda. Bahkan mereka juga bisa mengetahui review atau ulasan dari konsumen sebelumnya.

Baca Juga: Pengertian, Manfaat, dan Cara Daftar Google My Business

Manfaat Google My Business Bagi Bisnis Anda

Ada banyak manfaat Google My Business yang bisa didapatkan oleh bisnis Anda. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Membantu Anda mengatur informasi bisnis

Salah satu manfaat Google My Business adalah membantu Anda untuk mengatur informasi yang akan ditampilkan kepada calon konsumen, terutama saat mereka mencarinya melalui mesin pencari Google. Di sisi lain, informasi-informasi penting, seperti alamat, jam buka, alamat email, dan nomor telepon bisnis pun akan lebih mudah ditemukan oleh para calon konsumen Anda.

2. Memudahkan Anda berinteraksi dengan konsumen

Anda bisa melihat sekaligus memberikan respon terhadap ulasan yang telah diberikan konsumen menggunakan Google My Business. Cara ini sangat efisien untuk berinteraksi dengan konsumen. Terlebih, Anda juga bisa menambahkan gambar yang berhubungan dengan bisnis, seperti informasi produk atau lokasi bisnis. 

Jasa SEO

3. Meningkatkan tampilan digital bisnis Anda

Dengan menambahkan informasi-informasi penting mengenai bisnis Anda melalui Google My Business, digital presence bisnis Anda pun semakin kuat. Calon konsumen bisa menemukan Anda secara mudah hanya dengan melakukan pencarian lewat Google. 

4. Membantu Anda memperkuat bisnis

Google Bisnisku adalah tool yang tidak hanya berfungsi mengatur informasi bisnis, tapi juga dapat membantu Anda memperkuat jaringan. Sebab, tool ini telah dilengkapi dengan fitur insights. Fitur ini dapat melacak bagaimana konsumen mencari halaman bisnis Anda melalui mesin pencari Google.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa melakukan evaluasi performa iklan atau campaign menggunakan Google Bisnisku. Dengan data tersebut, Anda pun dapat merancang strategi yang lebih efisien dan optimal.

Baca juga: 4 Cara Mendapatkan Uang dari Google

5. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, di era digital ini, banyak calon pelanggan yang senang mencari informasi dahulu dengan Google. Apabila bisnis Anda telah terdaftar di Google My Business, maka kredibilitas bisnis Anda di mata calon pelanggan pun akan meningkat.

Tidak hanya demikian, dengan mendaftarkan bisnis di Google My Business, Anda juga bisa memperoleh berbagai ulasan atau review dari pelanggan yang puas. Kumpulan ulasan-ulasan yang baik pun dapat mendorong calon konsumen baru untuk lebih percaya pada bisnis Anda dan lebih tertarik untuk menggunakan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Memulai Google My Business

Lalu, bagaimana cara memulai Google Bisnisku? Perlu diingat, Google Bisnisku adalah sebuah free tool dari Google. Artinya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk menggunakan alat ini.

Pendaftarannya pun sama sekali tidak sulit, Anda hanya perlu menyiapkan sebuah akun Google yang masih aktif. Sebagai catatan, sebaiknya gunakan akun Google yang memang khusus untuk bisnis. Hindari menggunakan akun pribadi demi meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Setelah semua persiapan selesai, segera akses Google Bisnisku.

Bsca Juga: Cara Membuat Google My Business untuk Bisnis Anda.

Bisa disimpulkan bahwa Google My Business adalah tool gratis yang sangat bermanfaat untuk membangun digital presence sebuah bisnis. Alat hasil rancangan Google ini sangat cocok bagi Anda yang baru merintis bisnis dan ingin mulai membangun digital presence.Di samping itu, jika ingin semakin menguatkan digital presence Anda, tak ada salahnya pula menggunakan layanan digital marketing agency. Idealnya, digital marketing agency menyediakan berbagai layanan yang dapat membantu Anda memperkuat digital presence, seperti website design dan digital marketing. Mulai bangun digital presence Anda sekarang bersama Toffeedev!

Share this on :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat