Bagaimana Hasil Pencarian dan Performa Bisnis dapat Berjalan Beriringan?

Pertumbuhan volume pencarian dan kinerja bisnis secara keseluruhan sering kali sangat terkait erat, seperti yang ditunjukkan oleh laporan terbaru kami.

Jika Anda dapat meningkatkan visibilitas pencarian dan mengambil bagian yang kuat dari pencarian untuk kategori yang ditargetkan, hal ini bisa menjadi pendorong utama pendapatan bisnis dan pertumbuhan secara keseluruhan di dunia digital.

Performa pencarian yang kuat juga memungkinkan Anda berada di posisi terbaik untuk meningkatkan pendapatan ketika ada permintaan pencarian ekstra untuk kategori produk tertentu secara keseluruhan – pergeseran besar-besaran ke e-commerce yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19 adalah salah satu contohnya, tetapi prinsip yang sama juga berlaku hingga puncak permintaan musiman seperti Black Friday.

Laporan Pertumbuhan Pi Datametrics 2021 melihat kinerja beberapa merek dengan pertumbuhan tercepat dari Fast Track 100 Sunday Times.

Laporan tersebut menemukan korelasi kuat antara pertumbuhan volume penelusuran bermerek dan pertumbuhan bisnis.

Tabel di bawah ini menunjukkan 20 brand dengan pertumbuhan pendapatan terkuat dan brand yang memiliki proporsi pendapatan tinggi dari berbagai platform online.

Seperti yang ditunjukkan pada grafik di bawah ini, semua bisnis e-commerce di peringkat 20 teratas telah menunjukkan hasil pertumbuhan volume pencarian yang kuat seperti Lounge Underwear dengan volume yang mengalami peningkatan hingga mencapai hampir 400%.

Sumber gambar: Pi Market Intelligence

Melihat trend hasil pencarian musiman, serta posisi puncak dan penurunan, dapat membantu Anda mengidentifikasi peluang yang dimiliki pada waktu yang berbeda sepanjang tahun.

Jika Anda dapat mempertahankan pangsa pasar melalui hasil pencarian pada saat adanya peningkatan minat, hal ini dapat mendorong pendapatan tambahan dari SERP selama periode ini.

Hal tersebut juga dapat memberikan keuntungan kepada Anda setelah menghabiskan waktu dalam kegiatan promosi, biaya optimasi, dan pembuatan konten untuk memanfaatkan lonjakan permintaan pencarian dalam kategori tertentu.

Pertumbuhan SERP Dipercepat oleh COVID-19

Pertumbuhan SERP tidak muncul begitu saja – sering kali merupakan cerminan dari meningkatnya minat konsumen pada kategori produk tertentu atau mungkin mencerminkan peningkatan kebutuhan akan beberapa produk karena keadaan.

Misalnya, pandemi COVID-19 telah menyebabkan pertumbuhan permintaan pencarian untuk kategori produk tertentu (perabotan rumah dan alat-alat DIY salah satunya) dan telah menekan permintaan untuk yang lain. Dalam kasus lain, minat pada produk dan konsep baru tercermin dalam pertumbuhan volume hasil pencarian.

Brand dari meal kit adalah salah satu contohnya. Berkat pertumbuhan merek seperti Hello Fresh, konsep meal kit kini sudah tidak asing lagi di telinga konsumen.

Minat pencarian tumbuh secara bertahap sebelum tahun 2020, tetapi pandemi telah mempercepat permintaan pencarian jauh melampaui level sebelumnya.

Tiga dari empat perusahaan yang mengalami pertumbuhan permintaan pencarian tertinggi adalah perusahaan peralatan makan – Allplants, Parsley Box, dan Pasta Evangelists.

Permintaan pencarian untuk Parsley Box tumbuh sebesar 1499%, sebesar 722% untuk Pasta Evangelists, dan 226% untuk Allplants.

Dalam setiap kasus, kami melihat puncak permintaan penelusuran dimulai pada Maret 2020 dan Januari 2021, yang kira-kira bertepatan dengan tindakan lockdown.

Dalam kasus ini, beberapa brand dengan pangsa pencarian yang ada dapat memperoleh keuntungan dari peningkatan volume pencarian dan tentu saja dapat meningkatkan pendapatan mereka.

Brand yang Paling Banyak Dicari dari Fast Track 100

Berikut ini, Anda akan menemukan daftar brand dengan volume pencarian tertinggi selama tahun 2020. Kami dapat melihat beberapa brand dari peralatan makan di sana, sementara Gymshark dan Cult Beauty telah menarik volume pencarian tertinggi di antara brand lainnya yang ada di dalam daftar Fast Track.

Volume pencarian ini adalah kunci pertumbuhan, namun tergantung kepada merek yang beroperasi dalam kategori permintaan yang tinggi. Akan tetapi, poin pentingnya adalah mereka mampu mengambil bagian suara yang kuat dalam kategori produk ini.

Pangsa pasar pencarian ini memungkinkan brand untuk memanfaatkan permintaan kategori keseluruhan yang tinggi dan menempatkan mereka di posisi utama untuk meningkatkan pendapatan saat permintaan pencarian memuncak, baik selama acara musiman utama ataupun di dalam situasi tertentu seperti pandemi yang mendorong lebih banyak pembeli online.

Dalam kasus Gymshark, situasi ini membawa banyak traffic pencarian bermerek, tetapi juga mengambil bagian besar dari pencarian generik yang berharga dalam kategori pakaian olahraga. Hal ini memungkinkannya untuk meningkatkan pendapatan dan memperoleh pelanggan baru dari penelusuran organik.

Gymshark menempati urutan ke-4 untuk SERP dalam kategori ‘Sportswear’

Sumber gambar: Pi Market Intelligence

Cult Beauty berada di urutan ke-8 dalam kategori pencarian ‘Beauty’ yang merupakan faktor kunci dalam pertumbuhan dan kinerjanya dalam Fast Track 100.

Kedua merek ini menyoroti pentingnya membangun pangsa pencarian untuk istilah umum yang berharga dalam kategori produk tertentu, serta membangun brand awareness. Performa untuk mengakuisisi pelanggan baru haruslah diperhatikan karena dapat memungkinkan Anda untuk meningkatkan pendapatan, terutama saat permintaan keseluruhan dalam kategori tertentu sedang berada dalam posisi puncak.

Penting juga untuk dicatat bahwa ketika ada merek yang lebih mapan dan terkenal yang mendominasi pangsa pencarian, dengan strategi pencarian yang tepat, anda juga bisa mendominasi share of voice pada SERP.

Cult Beauty menempati urutan ke-8 untuk SERP dalam kategori ‘Beauty’

Sumber gambar: Pi Market Intelligence

Kesimpulan

Laporan ini menggarisbawahi pentingnya SERP untuk pertumbuhan bisnis. Kuncinya adalah penggunaan berbagai fitur SERP untuk memahami siapa target pasar yang dituju dan di mana posisi Anda di dalamnya.

Banyak pebisnis yang berdagang dan berjualan secara online cenderung meningkatkan traffic dan pendapatan selama 12 hingga 18 bulan terakhir, hanya karena permintaan telah berkembang begitu pesat.

Namun, jika bisnis Anda tumbuh sebesar 40%, dan kategori yang ditargetkan secara keseluruhan tumbuh lebih cepat, maka hal tersebut dapat menarik minat pasar.

Menggunakan data pencarian dan metrik seperti pertumbuhan pencarian bermerek, share of voice, dan istilah pencarian umum dapat membantu menempatkan performa marketing Anda ke dalam konteks yang benar dan memahami kinerja yang dilakukan secara lebih efektif.

Jika Anda memiliki performance buruk, hal itu pertanda bahwa kinerja SEO yang dijalankan perlu ditingkatkan kembali. Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan pendapatan saat permintaan pencarian terhadap kategori tertentu sedang memuncak.

Banyak brand di Fast Track 100 telah mengungguli kategori mereka dan mengalami pertumbuhan bisnis yang kuat sehingga dapat digaris bawahi bahwa performa di dalam SERP sangatlah penting.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat