15 Ide Bisnis Kreatif dan Unik Minim Pesaing

Ide Bisnis Kreatif dan Unik

Apakah Anda sedang mencari ide bisnis baru sebagai sumber penghasilan sampingan? Jika jawabannya adalah ya, Anda sedang berada di halaman yang tepat! ToffeeDev memiliki sejumlah ide bisnis kreatif dan unik serta pastinya minim pesaing. Langsung simak saja artikel ini dan carilah inspirasi bisnis yang cocok untuk Anda.

Pentingnya Memiliki Ide Bisnis Kreatif dan Unik

Anda pasti berpikir untuk menjual produk yang banyak diminati karena lebih cepat laku dan diterima oleh masyarakat. Ide tersebut tak melulu berasal dari produk yang sudah mainstream, tetapi bisa pula bisnis yang unik dan kreatif. Ide bisnis kreatif justru memiliki keuntungan tersendiri yang dapat Anda rasakan. Mengapa?

Alasan pertama, Anda bisa mengembangkan produk agar efisiensinya lebih meningkat hanya berbekal kreativitas. Produk tersebut mengalami inovasi sehingga mampu memenuhi kebutuhan konsumen yang rumit. Kedua, ide bisnis yang kreatif membuat produk Anda lebih menonjol dan berbeda dari kompetitor karena dibuat sesuai kreativitas sendiri.

Terakhir, bisnis kreatif lebih cepat menarik konsumen. Kreativitas Anda dalam memproduksi barang atau jasa justru menjadi daya tarik di mata konsumen, apalagi mereka selalu menggemari hal yang unik dan kreatif. Angka penjualan pun meningkat dan Anda akan memperoleh laba yang makin bertambah.

Baca juga: Rekomendasi Ide Bisnis Online di Tengah Masa Krisis

15 Ide Bisnis Kreatif dan Unik nan Minim Pesaing

Banyak sekali ide bisnis kreatif yang bisa Anda mulai. Namun, Anda harus memastikan produk tersebut dapat diterima oleh target pasar. Ide bisnis yang brilian akan berakhir sia-sia apabila tidak ada yang membeli produk Anda.

Inilah beberapa rekomendasi bisnis kreatif ala ToffeeDev yang bisa dimulai oleh pemula.

1. Barang Hasil Kerajinan

Banyak sekali bahan baku untuk membuat kerajinan tangan, mulai dari rotan, tanah liat, hingga besi. Anda dapat membuat berbagai macam barang hasil kerajinan, seperti suvenir, perhiasan, alat makan, bahkan furnitur. Ide bisnis ini daya tarik sendiri bagi konsumen karena keunikannya.

2. Inovasi Kuliner Tradisional

Tunjukkan kreativitas Anda di bidang kuliner dengan menghadirkan inovasi baru dalam menyajikan makanan tradisional. Inovasi tersebut ditunjukkan melalui cara penyajian, rasa, dan kemasan yang digunakan. Salah satu inspirasi yang bisa Anda coba adalah kue cubit kekinian rasa green tea atau taro.

3. Barang Antik

Tidak hanya orang tua yang menyukai barang antik, generasi milenial pun ada yang tertarik untuk memilikinya. Agar bisnisnya berhasil, Anda dapat melakukan survei terlebih dahulu kepada komunitas kolektor barang antik. Dari situ, Anda bisa memahami kondisi pasar serta barang antik yang mudah laris.

Baca juga: 5 Manfaat Riset Pemasaran Bagi Bisnis Online yang Sedang Berkembang

4. Buket Uang Mahar

Cobalah menjual buket uang mahar apabila Anda merasa buket bunga sudah terlalu pasaran. Tawarkan jasa pembuatan buket custom sesuai keinginan konsumen agar lebih banyak orang yang tertarik dengan produk Anda.

5. Termos dan Gelas Custom

Termos dan Gelas Custom

Kesadaran masyarakat akan pengurangan botol plastik membuat permintaan tumbler dan gelas makin meningkat. Raih peluang ini dengan menawarkan produk botol minum dan gelas custom. Produk custom selalu lebih menarik karena identik dan sesuai dengan selera konsumen.

6. Kue Desain Unik

Daripada membuat kue tart biasa, lebih baik Anda membuat kue dengan desain yang unik. Desain kue unik bermacam-macam, bisa berbentuk huruf, angka, atau bentuk geometris selain persegi dan lingkaran. Tidak hanya desain, Anda pun harus berani menghadirkan variasi rasa yang lebih kekinian.

Baca juga: 5 Cara Menarik Pelanggan Bisnis Online Anda dengan Mudah dan Murah

7. Jasa Titip (Jastip)

Penerbangan domestik dan internasional sudah kembali dibuka pada era pandemi ini. Peluang ini dapat dimanfaatkan untuk membuka bisnis jastip. Bisnis ini pasti laris karena konsumen tertarik dengan produk unik yang tidak ditemukan di area sekitarnya.

Jasa SEO

8. Suvenir Acara Custom

Sudah menjadi kewajiban bagi warga Indonesia untuk membagikan suvenir dalam acara apa pun, seperti ulang tahun, pernikahan, atau kelahiran bayi. Suvenir custom bisa menjadi ide bisnis yang menguntungkan dan pasti dicari oleh banyak orang.

Baca juga: Hitunglah Budget Marketing Untuk Bisnis Anda

9. Undangan Digital

Manfaatkan skill desain grafis dan animasi Anda untuk menyediakan jasa pembuatan undangan digital. Mulailah dengan menawarkan jasa ini kepada keluarga, kerabat dekat, atau teman yang ingin melangsungkan acara.

10. Desainer Interior

Designer Interior

Rasanya tak lengkap memiliki sebuah rumah tanpa sentuhan desain interior yang indah. Anda bisa menyediakan jasa desain interior apabila memiliki kemampuan di bidang ini. Konsumen Anda pun pasti merasa nyaman tinggal di rumah dengan sentuhan desain interior yang lengkap.

11. Sewa Perlengkapan Bayi

Anda memiliki perlengkapan bayi yang masih bagus tetapi tidak terpakai? Sewakan saja kepada orang di sekitar Anda atau melalui marketplace penyewaan barang.

12. Perlengkapan Hewan Peliharaan

Pemilik hewan peliharaan selalu memastikan agar peliharaan kesayangannya memiliki fasilitas dan kebutuhan yang terpenuhi. Anda bisa menjual perlengkapan hewan peliharaan untuk menangkap peluang tersebut, seperti kalung, mainan hewan, alat makan, dan kandang.

13. Thrift Shop

Thrift Shop

Kunci keberhasilan bisnis thrift shop terletak pada pemilihan produknya. Anda harus teliti dan memastikan produk yang dijual masih berkualitas bagus dan layak untuk dijual kembali.

14. Studio Foto Estetik

Dalam bisnis ini, Anda bisa menyediakan studio foto dengan background yang bervariasi dan tentunya estetik. Lengkapi pula studio foto Anda dengan properti atau perlengkapan lainnya supaya konsumen makin bebas berekspresi saat berpose.

15. Katering Makanan Sehat

Masih sedikit orang yang menyediakan makanan sehat dan sesuai kebutuhan kalori manusia. Gunakan kesempatan ini untuk menyajikan katering sehat. Anda pun dapat mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya mengonsumsi makanan sehat setiap hari.

Baca juga: 4 Metode Riset Pemasaran Yang Ampuh untuk Bisnis Online

4 Tips Memulai Bisnis yang Sukses

Setelah memilih ide bisnis, waktunya untuk mengeksekusi ide tersebut dalam sebuah bisnis. Terapkan tips di bawah ini supaya bisnis Anda berjalan sukses sejak awal pendiriannya.

1. Mulai dari Hal yang Disukai

Pastinya menyenangkan menjalankan bisnis berdasarkan hal yang disukai. Oleh karena itu, pilihlah ide bisnis yang memang sesuai minat Anda. Anda akan lebih semangat dalam menjalankan bisnis sehingga memperoleh hasil yang maksimal.

2. Bijaklah dalam Mengelola Keuangan

Keuangan bisnis memang rentan pada awal bisnis berdiri. Anda harus bijak dalam mengelola keuangan agar masih ada modal yang cukup untuk menjalankan bisnis. Jangan gunakan semua keuntungan hasil penjualan untuk memenuhi kebutuhan pribadi.

3. Kuasai Seluk-Beluk Bisnis Anda

Bisnis makin berkembang apabila Anda makin menguasai segala hal tentang usaha yang dijalankan. Teruslah belajar dan mencari pengetahuan yang relevan mengenai bisnis Anda. Perlahan, Anda pun makin ahli dalam bisnis yang dijalankan sehingga kepercayaan konsumen pun terbangun.

4. Gunakan Strategi Digital Marketing

Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang paling menguntungkan pada saat ini. Biaya untuk memasarkan produk melalui digital marketing pun tidak besar sehingga cocok dilakukan oleh pemula. Belum lagi, Anda bisa menjangkau lebih banyak pembeli hanya dengan strategi ini.

Pada awal merintis bisnis, Anda pasti ingin fokus pada peningkatan produk dan pelayanan pelanggan terlebih dahulu. Lantas, bagaimana dengan pemasarannya? Anda dapat menyerahkan masalah ini kepada ToffeeDev, digital marketing agency terbaik di Indonesia. 

Sampaikan impian dan target bisnis Anda dan kami akan memilih strategi digital marketing yang tepat. Hubungi ToffeeDev sekarang juga supaya bisnis Anda langsung mendapatkan lebih banyak konsumen.

Banyak sekali ide bisnis kreatif dan unik yang dapat dieksekusi, bukan? Namun, pilihlah ide usaha sesuai kemampuan Anda dan pastinya mampu memenuhi keinginan target pasar.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat