7 Ide Bisnis untuk Pelajar dengan Modal Kecil

Ide Bisnis untuk Pelajar Modal Kecil

Seorang pelajar yang bijak pasti memanfaatkan waktu luangnya untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat. Contohnya, menjalankan bisnis untuk mencari penghasilan tambahan. Apakah Anda tertarik memulai bisnis di usia muda? Cobalah menerapkan ide bisnis untuk pelajar ini sebagai langkah awal Anda untuk terjun di dunia wiraswasta.

Alasan Mulai Berbisnis Sejak Muda

Anda mengambil keputusan yang tepat apabila memilih untuk berbisnis sejak masih berstatus pelajar. Berbisnis akan melatih diri Anda agar lebih mandiri dalam mencari penghasilan. Anda pun menyadari bahwa uang hasil kerja keras sangat berharga sehingga lebih efisien dalam mengelola keuangan pribadi.

Ada satu hal yang perlu diketahui, yaitu bisnis tidak sekadar berbicara tentang uang, tetapi juga pola pikir. Pola pikir Anda akan jauh lebih berbeda daripada teman sebaya saat menjalankan bisnis. Anda mampu berpikir lebih rasional demi memutuskan pilihan yang terbaik. Namun, Anda juga akan ditantang untuk berpikir kreatif agar bisa menghasilkan langkah inovatif yang dapat memajukan bisnis.

Baca juga: Pentingnya Branding Bagi Bisnis Online

7 Ide Bisnis untuk Pelajar dengan Modal Kecil

Sebagai pelajar, Anda tidak harus memiliki modal fantastis untuk memulai usaha. Modal sekecil apa pun bisa dimanfaatkan untuk membangun bisnis yang diminati oleh masyarakat. Perlahan namun pasti, hasil penjualan meningkat sehingga Anda bisa mengembangkan bisnis ke skala yang lebih besar.

Lantas, apa saja ide bisnis yang cocok dilakukan untuk pelajar atau mahasiswa meskipun modalnya kecil?

1. Penulis Artikel

Penulis Artikel

Usia pelajar memang masa-masa emas untuk menunjukkan bakat atau potensi Anda, contohnya menulis. Pelajar pun dapat mengubah hobi menjadi uang dengan cara menyediakan jasa penulis artikel. Caranya mudah, cukup publikasikan karya di situs freelancer dan Anda akan mendapatkan tawaran untuk menulis dari klien.

2. Ilustrator

Ilustrator

Bidang usaha ini sangat cocok bagi Anda yang hobi menggambar. Permintaannya juga cukup tinggi karena banyak sekali orang yang membutuhkan desain atau gambar asli untuk berbagai keperluan. Kumpulkan hasil karya ilustrasi Anda dalam satu portofolio, kemudian tawarkan jasa menggambar ilustrasi melalui situs freelancer.

3. Dropshipper

Bisnis ini akan melatih Anda dalam menganalisa tren atau produk yang sesuai target pasar. Menjalankan usaha dropship memang mudah, tetapi Anda harus pintar menganalisis produk yang sedang diminati. Selain itu, Anda juga harus mencari distributor yang menyediakan produk berkualitas dengan harga terjangkau.

4. Les Privat

Anda memiliki pengetahuan lebih di suatu bidang pelajaran? Buka saja les privat untuk ditawarkan kepada pelajar yang lebih muda atau teman sekelas. Tidak hanya pelajaran, Anda pun dapat membuka les untuk melatih skill tertentu, seperti desain, programming, bermain alat musik, atau olahraga.

Jasa SEO

5. Jual Barang Bekas (Preloved)

Barang atau pakaian bekas yang menumpuk di rumah dapat menjadi ladang bisnis yang cukup menguntungkan. Alasannya, banyak orang yang lebih suka membeli barang bekas karena harganya lebih murah, asalkan kualitasnya masih bagus. Anda juga dapat mencari info paket usaha thrift shop yang sedang tren pada masa kini.

6. Makanan atau Minuman Ringan

Peluang berbisnis di bidang kuliner memang tidak ada matinya. Anda dapat menjual makanan atau minuman ringan sebagai snack yang dapat disantap pada jam istirahat sekolah atau kuliah. Titipkan jualan Anda di kantin karena lokasi ini memang paling strategis untuk berjualan makanan. Anda pun akan mendapatkan keuntungan besar dari bisnis ini.

Baca juga: Memulai Pemasaran Melalui Mobile Device

7. Jasa Penerjemah

Kemampuan bahasa asing Anda pasti tidak akan sia-sia apabila membuka bisnis ini. Anda dapat menawarkan jasa untuk menerjemahkan teks dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris atau bahasa lainnya. Bisnis ini merupakan keuntungan besar karena Anda akan mendapatkan permintaan yang cukup tinggi dari mahasiswa.

5 Tips Memulai Bisnis dengan Modal Minim bagi Pelajar

Memulai usaha dengan modal minim memang menantang. Anda pun merasa khawatir apabila modal yang dimiliki tidak cukup untuk menjalankan usaha. Lakukan tips di bawah ini untuk mengatasi kekhawatiran tersebut.

1. Alokasikan Modal secara Tepat

Alokasi modal yang tepat akan membuat pengelolaan dana bisnis berjalan lebih efektif. Anda bisa mengetahui penggunaan modal tersebut sesuai kebutuhan bisnis. Bagi pebisnis pemula, Anda dapat menggunakan metode capital expenses, yaitu mengalokasikan dana untuk membeli bahan baku, perlengkapan, dan peralatan bisnis.

2. Gunakan Modal dengan Bijak

Dana yang sudah dialokasikan harus digunakan secara bijak. Jaga modal Anda agar tidak habis sia-sia karena membeli barang yang belum dibutuhkan dalam bisnis. Tipsnya, cobalah membuat rencana pengeluaran secara detail supaya dana yang dikeluarkan tidak membengkak.

Baca juga: 5 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Pebisnis Pemula

3. Catat Keuangan Bisnis

Catat Keuangan Bisnis

Kesalahan yang sering dilakukan saat bisnis mulai berhasil adalah tidak mengelola keuangan secara bijak. Padahal, dana hasil penjualan Anda dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis. Anda harus mencatat pemasukan dan pengeluaran bisnis secara rutin dan tidak menggabungkan rekening dana pribadi dan dana usaha.

4. Pintar Mengelola Waktu

Seorang pengusaha sukses selalu disiplin dalam manajemen waktu. Jangan pernah berpikir bahwa masih banyak waktu luang karena waktu bisa berlalu begitu saja dengan cepat. Hindari menunda-nunda pekerjaan dan gunakan kesempatan yang ada untuk memperoleh keuntungan besar dalam berbisnis.

5. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial menjadi sarana pemasaran yang paling ampuh pada era digital ini. Anda bahkan bisa menjangkau calon pembeli yang ada di luar kota hanya menggunakan media sosial. Manfaatkan fitur-fitur yang tersedia secara maksimal dan unggahlah konten yang menarik supaya makin banyak pelanggan yang berbelanja di toko Anda.

Anda juga bisa memasang iklan di Instagram atau Facebook agar penggunaan media sosial makin maksimal. Gunakan saja jasa iklan Facebook Ads dari ToffeeDev sehingga Anda bisa fokus pada kegiatan produksi dan promosi di media sosial secara organik. Hubungi kami segera dan dapatkan jumlah konsumen yang lebih banyak agar bisnis Anda makin berkembang.

Pengusaha muda, Anda bisa mengeksekusi salah satu ide bisnis untuk pelajar yang telah disebutkan di atas. Terapkan juga lima tips di atas supaya bisnis Anda tetap berjalan lancar meskipun menggunakan modal minim.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat