Inbound Link: Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

Menggunakan SEO sebagai strategi digital marketing bisnis kita berarti harus menggunakan berbagai tautan atau link di website, sebab link adalah elemen yang esensial. Inbound link adalah salah satu jenis link yang memiliki manfaat besar untuk bisnis Anda. Kehadirannya sangatlah berpengaruh sehingga Anda harus menerapkannya dalam situs atau blog Anda.

Pada mulanya, tepatnya sebelum Google lahir, ranking situs di mesin pencari menggunakan kata kunci. Logikanya sederhana, semakin banyak kata kunci yang dimasukkan dalam suatu halaman, semakin tinggi peluang suatu situs masuk ke halaman pertama mesin pencari. Cara kerja ini kemudian dinilai tidak efektif oleh praktisi SEO, sehingga muncul istilah keyword stuffing. Keyword stuffing adalah penggunaan kata kunci yang berlebihan dan tidak relevan dalam satu halaman website sehingga melampaui keyword density yang telah ditentukan.

Para praktisi tersebut akhirnya mengusulkan bahwa ada indikator lain yang memengaruhi sistem ranking situs di mesin pencari, selain konten website tersebut. Indikator tersebut adalah link, terdiri atas beberapa jenis, seperti inbound link, outbound link, dan internal link. Oleh karena itu, banyak website yang berlomba-lomba melakukan link building ke dalam situs mereka. Lahirnya strategi link building bertepatan dengan munculnya Google sebagai mesin pencari.

Pengertian Inbound Link

Apakah inbound link itu? Secara sederhana, inbound link adalah tautan atau link yang mengarah ke website kita dari situs lain. Inbound link sering pula disebut sebagai backlink. Biasanya, link ini secara umum digunakan oleh orang yang menerima link tersebut. Inbound link biasanya ditemukan di situs lain dengan anchor text.

Google melihat backlink sebagai salah satu indikator bahwa situs kita memiliki konten yang berkualitas tinggi. Akibatnya, inbound link menjadi elemen penting dalam SEO. Banyaknya backlink yang mengarah ke website kita membuat mesin pencari memercayai bahwa website kita adalah situs yang kredibel dan menyediakan konten yang berkualitas.

Selain inbound link, dikenal pula istilah outbound link. Outbound link adalah kebalikan dari inbound link, yaitu link yang mengarah ke website lain dan berasal dari website atau blog kita. Dengan kata lain, outbound link kita adalah backlink website lain. Begitu pun sebaliknya, outbound link dari situs lain yang mengarah ke website kita adalah inbound link atau backlink kita.

Ada pula istilah internal link, yaitu link yang mengarah ke halaman lain dalam website yang sama. Mesin pencari menentukan suatu link dengan melihat nama domainnya. Apabila ada link yang mengarah ke halaman blog atau artikel lain dalam website yang sama, maka mesin pencari mendeteksi adanya internal link di website tersebut.

Baca Juga: 10 Taktik Memboosting Ranking Website Anda di Google

Fungsi Inbound Link

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, inbound link memiliki fungsi yang besar dalam website kita. Tentu saja, link inbound yang digunakan harus bersifat murni, bukan backlink hasil pembelian dari link farming. Apa saja fungsi inbound link untuk bisnis kita?

1. Meningkatkan brand awareness

Inbound link adalah salah satu strategi yang hebat dalam membangun brand awareness untuk bisnis Anda. Apabila ada link ke situs bisnis kita, mesin pencari menganggap bahwa website kita adalah sumber yang kredibel dan berisi konten yang relevan serta bisa dipertanggungjawabkan. Link ini bisa meningkatkan posisi situs di Search Engine Result Page (SERP), sehingga membuat target audiens mengetahui brand kita.Jasa SEO

2. Meningkatkan SEO

Tak hanya konten yang berkualitas, inbound link juga membantu meningkatkan nilai SEO situs kita. Kombinasi keduanya menghasilkan ranking website yang tinggi mesin pencari. Agar website kita bisa mendapatkan backlink, kita harus memproduksi konten yang dibutuhkan oleh pengunjung website kita. Konten yang menarik dan bisa meningkatkan nilai SEO adalah konten yang relevan, unik, dan kreatif. Niscaya, pengguna website lain akan melakukan backlink ke situs kita dikarenakan konten atau artikel yang kita miliki berguna. 

Baca Juga: Pahami Cara Kerja SEO yang Bisa Membantu Bisnis Anda

3. Menambah traffic

Inbound link bisa membantu menambah traffic ke situs kita dengan dua cara. Cara yang pertama adalah meningkatkan ranking situs kita di SERP. Semakin tinggi ranking-nya, semakin banyak traffic yang masuk ke website. Tanpa adanya link ke situs kita, kecil kemungkinan website kita bisa menembus halaman pertama mesin pencari.

Cara kedua adalah referral advantage atau keuntungan rujukan. Hanya dengan backlink, orang akhirnya membuka sumber lain, yaitu situs kita, yang akhirnya meningkatkan traffic ke website tersebut. Karena itu, sediakanlah informasi mengenai situs kita di situs lain, sehingga kita mampu menambah traffic dari target audiens yang kita incar.

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Traffic Website Berikut Ini

Ciri Inbound Link yang Baik

Sama seperti keyword, kehadiran inbound link dalam ranking website juga ditentukan berdasarkan kuantitasnya. Pada akhirnya, kualitas selalu mengalahkan kuantitas. Karenanya, mesin pencari menilai bahwa backlink yang berkualitas akan memengaruhi pemeringkatan situs kita. Mesin pencari saat ini lebih mementingkan backlink dari situs yang relevan dan berkualitas tinggi daripada situs yang memiliki kualitas rendah dan tidak ada relevansinya dengan bisnis kita.

1. Ditulis oleh Situs yang Kredibel

Seperti apa situs yang kredibel itu sehingga bisa menaikkan ranking website kita? Juru bicara Google melalui riserr.com mengatakan bahwa tidak ada sinyal yang mengatakan website tersebut kredibel.

Namun, bisa disimpulkan bahwa tidaklah cukup mengandalkan backlink dari website atau blog milik teman dan pelaku bisnis yang sama-sama berkembang. Karena itu, buatlah agar konten, artikel, dan halaman di website kita lebih informatif dan relevan sehingga ada website atau blog yang kredibel mau memasang link yang mengarah ke situs atau blog kita.

2. Mempunyai Backlink dari Beragam Website

Tak hanya mendapatkan backlink dari situs yang kredibel dan terpercaya di bidang industrinya, kita juga harus berusaha mendapatkan inbound link dari beragam situs. Beragamnya website yang memasang link ke situs kita akan memperbesar jumlah orang yang mengunjunginya. Selain itu, kita juga bisa mengetahui bahwa website kita ditemukan oleh banyak orang dari sumber yang berbeda.

3. Menggunakan Anchor Text yang Sesuai

Anchor text adalah teks yang bisa diklik dan berisi link yang mengarah ke halaman lain, baik di satu domain yang sama atau bahkan domain yang lainnya. Kita harus memastikan bahwa website yang memasang URL menggunakan anchor text yang sesuai. Akan lebih baik apabila website tersebut menggunakan anchor text dibandingkan menulis URL langsung di halamannya sebab dinilai lebih efektif.

Penggunaan anchor text juga harus sesuai dan mampu menggambarkan deskripsi mengenai website kita, sehingga orang bisa mengenal dan mengetahui link apa yang hendak mereka tuju. Selain itu, mesin pencari juga memiliki informasi mengenai jenis konten apa yang kita sediakan. Anchor text yang baik memuat kata kunci spesifik yang sesuai dengan inbound link kita.

Ayo Bekerja dengan Toffeedev untuk Website Anda

Artikel di atas membahas mengenai inbound link dan manfaatnya yang besar untuk bisnis Anda. Apabila Anda membutuhkan kerja sama dengan Toffeedev untuk mengembangkan website Anda, jangan ragu untuk menghubungi kami. Toffeedev adalah digital marketing agency yang menyediakan Jasa SEO untuk keperluan bisnis Anda. Percayakan urusan digital marketing dan website bersama Toffeedev untuk kemajuan bisnis Anda.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat