Tentukan Jadwal Post Instagram Untuk Hasil yang Maksimal

Penggunaan Instagram sebagai sebuah sarana pemasaran sekaligus berkomunikasi saat ini sudah menjadi hal yang sangat lumrah. Berbagai macam bentuk bisnis dan perusahaan sadar akan potensi yang dimiliki media sosial satu ini. Mulai dari membagikan informasi seputar produk hingga berinteraksi secara langsung dengan para konsumen, Instagram dapat mengakomodasi berbagai hal di atas. Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, maka ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Salah satunya dengan mencari jadwal post Instagram yang dapat mendatangkan engagement secara maksimal. Hal ini akan bisa Anda ketahui melalui berbagai macam cara. Ketika memposting pada waktu yang tepat, kemungkinan postingan Anda dilihat akan menjadi sangat besar. Hal ini juga berarti akan ada berbagai bentuk interaksi, entah itu like, share, atau kolom komentar yang terisi dengan percakapan. Berbagai hal tersebut tentu akan menjadi keuntungan yang akan bisa dimanfaatkan oleh bisnis. Bila Anda belum terlalu paham mengenai jadwal postingan ini, maka informasi yang coba kami sajikan di bawah ini akan bisa membantu Anda. Mari kita sama-sama mempelajari rahasia dari social media marketing satu ini.

Jadwal Post Instagram yang Tepat

Menjadwalkan posting foto di Instagram Anda akan memiliki sejumlah manfaat berguna, tidak hanya sekadar menghemat waktu. Terlebih lagi, Instagram memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan dan 25 juta profil bisnis, sehingga persaingan untuk mendapatkan perhatian sangat ketat. Untuk mengatasi hal ini agar bisa berhasil dengan pemasaran menggunakan Instagram, Anda harus berdedikasi dan mengorganisir berbagai macam hal. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu menjadwalkan posting Instagram agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari konten-konten Anda.

Baca Juga: Strategi Promosi Melalui Sosial Media untuk Meningkatkan Penjualan

Bisakah Anda Menjadwalkan Postingan Melalui Instagram?

Saat ini, postingan Instagram dan video IGTV akan dapat dijadwalkan hingga enam bulan sebelumnya melalui Creator Studio dari Facebook. Fitur baru ini diumumkan pada International Broadcasting Convention di Amsterdam, oleh TechCrunch. Pembaruan baru yang memungkinkan pemegang akun bisnis untuk menjadwalkan posting Instagram dan siaran IGTV mereka hingga enam bulan sebelumnya sudah resmi diumumkan pihak Facebook. Sebelumnya, untuk menjadwalkan postingan kita akan memanfaatkan third party application. Pembaruan ini menandai pertama kalinya pengguna dapat menjadwalkan posting Instagram secara langsung melalui salah satu layanan Facebook. Lalu bagaimana caranya?

Anda dapat menjadwalkan postingan Instagram melalui Creator Studio Facebook. Semuanya bisa dilakukan dari dasbor Creator Studio. Anda dapat memotong gambar, menambahkan keterangan dan tag, mengatur lokasi dan menjadwalkan tanggal dan waktu untuk ditayangkan. Jika Anda memiliki lebih dari beberapa pos yang akan dipublikasikan, akan ada fitur antrean serta kemampuan untuk menjadwal ulang berdasarkan preferensi Anda.

Berikut cara menjadwalkan Postingan Instagram Anda dari Creator Studio:

  • Hubungkan akun Instagram Anda ke Creator Studio Anda.
  • Pilih konten yang ingin Anda jadwalkan, dari komputer Anda atau langsung dari Halaman Facebook Anda.
  • Edit gambar Anda (opsional)
  • Sertakan keterangan Instagram Anda dan tambahkan lokasi jika dibutuhkan
  • Pilih “Jadwal” dengan mengklik panah di sebelah kanan tombol “Terbitkan”.
  • Pilih tanggal dan waktu.

Postingan Instagram Anda akan dipublikasikan ke akun Anda pada tanggal dan waktu yang Anda pilih. Namun, kelemahan dari fitur yang satu ini adalah pengguna Instagram biasa tidak akan dapat menggunakan fitur penjadwalan, karena terbatas pada akun bisnis yang dihubungkan dengan akun Facebook. Sehingga paling cocok untuk Influencer dan brand yang ingin menggunakan Instagram untuk kegiatan pemasaran mereka.

Jasa SEO

Menjadwalkan Postingan Instagram melalui Alat Pihak Ketiga

Anda masih dapat menjadwalkan posting Instagram melalui aplikasi perangkat lunak media sosial dari pihak ketiga. Untuk menjadwalkan posting Instagram melalui alat pihak ketiga, Anda juga harus memiliki profil bisnis. Beberapa alat yang akan bisa Anda gunakan adalah:

1. Later

Alat yang cocok untuk solopreneur dan bisnis dengan fokus kuat pada Instagram. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda menjadwalkan posting ke Twitter, Facebook, dan Pinterest. Plus, Anda dapat mengunggah media langsung dari Dropbox atau Google Drive. Paket gratis yang ditawarkan memungkinkan Anda menjadwalkan hingga 30 posting untuk setiap platform media sosial. Untuk bisa menjadwalkan lebih banyak postingan, maka ada paket upgrade tambahan yang bisa Anda gunakan.

2. Buffer

Buffer adalah alat yang memungkinkan Anda menjadwalkan posting langsung ke Instagram, serta berbagai platform media sosial lainnya seperti:

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LinkedIn

Buffer memungkinkan Anda untuk mengelola semua postingan Anda dari satu dasbor yang dapat di akses dari browser komputer atau aplikasi Buffer untuk iOS dan Android. Ada juga ekstensi untuk browser yang memungkinkan Anda menambahkan konten yang ditemukan ke jadwal media sosial Anda.

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Promosi

3. HootSuite

Hootsuite merupakan alat manajemen untuk media sosial yang memungkinkan Anda menjadwalkan dan mempublikasikan berbagai macam konten langsung ke Instagram. Anda juga dapat mengelola akun media sosial yang lain, seperti:

  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn
  • Pinterest
  • Youtube

Selain menjadwalkan posting media sosial, Hootsuite memiliki banyak fitur tambahan untuk membantu dalam mengelola, memantau, dan mengembangkan jangkauan sosial Anda. Alat ini juga menekankan pada pembangunan alur kerja yang lebih cerdas, penskalaan di seluruh organisasi Anda, dan memberikan ROI yang dapat dibuktikan.

4. Sprout Social

Sprout Social adalah solusi manajemen media sosial yang kaya akan fitur untuk organisasi yang lebih besar. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda untuk mengelola, memantau, dan menjadwalkan posting di:

  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Pinterest
  • Facebook Messenger

Sprout Social juga akan memberikan Anda kemampuan untuk bisa mengelola hubungan pelanggan Anda dengan CRM sosial (Customer Relationship Manager) yang terintegrasi. Terlebih lagi, alat komprehensif ini juga akan bisa memungkinkan Anda mengumpulkan insight yang berarti dari data sosial, sehingga Anda dapat membuat keputusan strategis yang berdasarkan informasi penting.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tools Social Media Monitoring

Mengapa Anda Harus Menjadwalkan Post Instagram

Jika Anda seorang pemilik usaha kecil atau manajer media sosia, maka dengan menjadwalkan post di Instagram Anda akan mendapatkan banyak manfaat seperti:

1. Menghemat Waktu Anda

Membuat dan memposting di Instagram dengan rapi akan memakan waktu, terutama jika Anda membuatnya secara satu per satu dan mempostingnya di hari yang sama juga. Menjadwalkan post Instagram akan memungkinkan Anda untuk membuat konten dalam batch. Yang nantinya akan bisa dijadwalkan dari jauh hari.

Meskipun sepertinya bukan masalah besar untuk menghabiskan sedikit waktu untuk mengedit gambar, menulis caption, dan menambahkan semua hashtag yang relevan, tapi apabila bisa dilakukan dalam satu waktu, akan bisa menghemat waktu yang banyak. Membuatnya dalam waktu yang berdekatan hanya akan mempersulit, bahkan bisa menghambat Anda melakukan pekerjaan lainnya.

2. Menjaga Konsistensi dari Postingan

Konsistensi adalah hal yang sangat penting jika Anda ingin meraih kesuksesan dalam media sosial. Ketika suatu bisnis atau perusahaan bisa secara konsisten dan sering mempublikasikan konten baru, audiens akan mempelajari apa yang diharapkan dari Anda dan kapan konten tersebut akan diposting. Menjaga jadwal yang konsisten membantu Anda memaksimalkan engagement tanpa mengalami jeda. Menurut studi Union Metrics, sebagian besar brand memposting rata-rata 1,5 kali sehari, dan mereka yang tidak memposting secara konsisten mengalami penurunan dari segi engagement dan juga followers.

Baca Juga: 5 Langkah Membangun Strategi Social Media Holiday

3. Kontrol yang Lebih Baik Atas Konten Anda

Membagikan konten sesering mungkin bukan hal yang buruk, tetapi jika Anda ingin meraih hasil yang optimal dan efektif, maka akan lebih mudah untuk tetap teratur dalam menjadwalkan post Instagram sebelumnya. Instagram adalah platform visual, dan dampak visual dari brand Anda tidak hanya dilihat dalam satu postingan. Bisnis yang sukses memiliki tampilan dan nuansa konten yang konsisten. Saat Anda menjadwalkan posting untuk Instagram, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah merencanakan urutan post yang akan muncul dan membayangkan bagaimana tampilannya di grid Anda. Hal ini akan bisa membantu Anda dalam menghindari berbagi konten yang terlihat sama secara berurutan. Lalu, Anda dapat memastikan time-sensitive konten akan bisa diposting secara tepat waktu tanpa mengganggu nuansa dari Instagram Anda.

Mencari Waktu Terbaik Untuk Posting di Instagram Anda

Dalam menentukan kapan waktu yang tepat untuk mengupload foto dan video Anda, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Tidak bisa sembarangan dan sesuai selera Anda. Banyak hal yang akan bisa mempengaruhi kapan postingan bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Berapa poin penting yang akan bisa membantu dalam menentukan waktu yang tepat adalah:

1. Mengenal Audiens Anda

Setiap bisnis pasti punya audiens yang unik. Sehingga tidak akan bisa menggeneralisasi setiap audiens. Audiens untuk kategori otomotif pasti akan berbeda dengan audiens yang memiliki niat dalam fashion. Anda juga harus mengetahui target pasar Anda secara umum. Berapa umur mereka? Di mana mereka tinggal? Seperti apa keseharian mereka? Apa profesi mereka? Sosial media apa yang mereka gunakan? Apakah mereka menggunakan ponsel, tablet, atau desktop? Melalui ini Anda akan mendapatkan informasi berguna untuk menentukan jam dari postingan yang tepat bagi bisnis Anda.

Baca Juga: 5 Cara Untuk Mengenal Target Audiens Kamu

2. Jangan Abaikan Waktu Istirahat

Waktu dimana banyak orang memeriksa Instagram adalah ketika waktu istirahat kerja, terutama saat jam makan siang datang. Demikian pula, ketika jeda singkat yang mereka butuhkan dalam sela-sela pekerjaan mereka di sore hari atau ketika pulang dari kantor, beberapa mengalihkan perhatian mereka ke Instagram sebagai gantinya. Masukan kebiasaan ini dalam perhitungan waktu yang tepat dalam jadwal postingan Instagram Anda untuk bisa menarik perhatian audiens.

3. Faktor Lokasi dan Zona Waktu

Semakin luas persebaran geografis audiens Anda, maka waktu posting yang ditetapkan menjadi sedikit berkurang kepentingannya. Satu hal yang cukup penting diperhatikan, jika target audiens Anda berada di satu lokasi tertentu, pastikan untuk menggunakan zona waktu yang sama dengan lokasi tersebut saat menjadwalkan postingan instagram Anda.

Baca Juga: Strategi Meningkatkan Engagement Rate Melalui Digital Marketing

4. Preferensi Industri yang Berbeda-beda

Melalui data HubSpot, beberapa preferensi waktu untuk industri tertentu menunjukkan variasi yang cukup jelas. Pilihan waktu tersebut adalah sebagai berikut ini:

  • Waktu Terbaik untuk Industri Teknologi: Rabu pukul 10 pagi.
  • Waktu Terbaik untuk Industri B2C: Sabtu pukul 11 pagi dan 1 siang.
  • Waktu Terbaik untuk Organisasi Pendidikan: Senin jam 8 malam.
  • Waktu Terbaik untuk Industri Kesehatan: Selasa jam 1 siang
  • Waktu Terbaik untuk Organisasi Non-Profit: Selasa pukul 3 siang dan 9 malam, Rabu pukul 3-4 siang, Kamis pukul 2 dan 3 siang, dan Jumat pukul 10 pagi dan 2 siang.

Sprout Social dan Hootsuite juga menambahkan hasil penelitian mereka dalam berbagai macam sektor industri lainnya, seperti:

  • Waktu Terbaik untuk Consumer Goods : Rabu jam 3 sore
  • Waktu Terbaik untuk Perusahaan Media: Jumat jam 9 pagi
  • Waktu Terbaik untuk Industri Travel atau pariwisata: Jumat 9 pagi hingga 1 siang.
  • Waktu Terbaik untuk Media & Hiburan: Selasa dan Kamis dari pukul 12 hingga 3 siang
  • Waktu Terbaik untuk Makanan & Minuman: Jumat pukul 12 siang
  • Waktu Terbaik untuk Industri Ritel: Selasa, Kamis, dan Jumat pukul 12 siang.
  • Waktu Terbaik untuk Bisnis Non-Ritel : Kamis pukul 9 malam dan 4 sore.
  • Waktu Terbaik untuk Produk Personal Care: Jumat dan Kamis pukul 1 siang.
  • Waktu Terbaik untuk Layanan Profesional: Jumat, Selasa, dan Rabu pukul 9 pagi atau 10 pagi.

Waktu di atas bukan hal yang wajib untuk diikuti, namun akan bisa menjadi referensi bagi Anda. Karena audiens tiap brand akan berbeda dan unik, sesuaikan berdasarkan data yang sudah diperoleh agar bisa menemukan jadwal yang paling cocok untuk bisnis Anda.

Instagram Insight juga akan bisa membantu Anda menemukan waktu dimana para audiens Anda akan melakukan engagement dengan Anda. Cukup buka profil Anda dan ketuk tiga baris untuk mengakses menu. Lalu ketuk “Insight.” Setelah membuka menu ini, akan ada berbagai macam tab. Pilih tab “Audiens” dan scroll ke bagian paling bawah halaman untuk melihat kapan pengikut Anda paling aktif. Di sini kita bisa melihat seberapa aktif audiens berdasarkan jam atau hari. Plus, jika Anda mengetuk grafik, Instagram akan menampilkan jumlah pasti audiens dari Anda yang aktif selama waktu tersebut.

5. A/B Testing Untuk Mengetes Jadwal Pilihan Anda

Jangan berhenti pada waktu terbaik saja, carilah beberapa jadwal lainnya yang mungkin juga bisa berhasil dalam mendatangkan hasill yang memuaskan.  Anda dapat mengotak-atik konten dan melakukan eksperimen A/B Testing dengan konten yang sama atau mirip. Temukan bentuk konten, waktu yang pas, serta waktu pendukung lainnya demi menjaga engagement dari akun Instagram Anda.

Postingan yang terjadwal memang akan sangat membantu Anda, namun jangan sampai karena hal ini Anda tidak melakukan interaksi dengan audiens. Berinteraksi dengan pengikut dan memelihara komunitas Anda adalah aspek kunci untuk mengembangkan jangkauan di Instagram. Bahkan algoritma Instagram sangat menghargai tingkat engagement yang tinggi. Jadi, pastikan untuk menyisihkan waktu dalam meninjau dan membalas komentar Instagram Anda. Jangan lupa juga untuk memberikan like dan berkomentar di berbagai postingan lainnya di industri Anda.

Baca Juga: Apa itu Split Test? Dan Apa Manfaat yang Bisa Anda Rasakan

Itulah dia cara untuk menentukan jadwal post Instagram agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Selain menggunakan media sosial, Anda juga bisa memasarkan produk dan jasa melalui strategi digital marketing lainnya. Salah satunya dengan SEO. Melalui optimasi ini, pelanggan organik akan bisa datang ke website Anda. Cara ini juga bisa digabungkan dengan social media marketing agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Bila Anda tidak tahu caranya melakukan SEO maka gunakan  Jasa SEO dari Digital Marketing Agency ToffeeDev. Kami siap menjadi mitra yang membantu dalam menyukseskan rencana bisnis yang sudah disusun. Tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan jasa kami. Kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lainnya yang lebih lengkap serta memulai untuk konsultasi mengenai digital marketing bisnis Anda di sini

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat