Ketahui Jenis-jenis Email Marketing yang Baik untuk Bisnis Anda

Ada berbagai jenis email marketing yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda. Perlu Anda ketahui, email marketing merupakan salah satu strategi untuk melakukan pemasaran di dunia online yang paling mudah dilakukan dan juga hasilnya dapat dirasakan secara signifikan. Meskipun ada banyak strategi digital marketing lainnya yang lebih kekinian seperti media sosial, namun, dengan menggunakan email marketing, Anda dapat membangun hubungan yang lebih personal dengan customer.

Dengan menggunakan email marketing, customer yang ingin dituju akan lebih tertarget dibandingkan dengan media sosial. Hampir sebagian besar customer pasti akan menerima email marketing yang Anda kirimkan, tentu saja jika email tersebut tidak masuk ke dalam folder spam. Akan tetapi, email marketing dapat memberikan dampak yang besar bagi penjualan bisnis Anda.

Melalui email marketing, customer dapat menerima langsung isi pesan yang ingin disampaikan seperti misalnya jika ada sebuah promosi yang memiliki jangka waktu 2 hari saja. Apabila Anda membuat promosi dengan jangka waktu yang sedemikian rupa melalui media sosial ataupun website, maka kemungkinan customer untuk melihat promo tersebut sangatlah kecil karena adanya sistem algoritma dari tiap-tiap platform

Oleh karena itu, Anda membutuhkan email marketing untuk dapat mengembangkan bisnis secara lebih efektif. Bukan berarti media sosial dan website tidak penting. Seluruh platform yang ada di dunia digital perlu terus dikembangkan agar bisnis Anda dapat dilihat oleh lebih banyak orang lagi.

Lalu, ada apa saja jenis-jenis email marketing yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis? Melalui artikel ini, ToffeeDev telah menyediakan informasi seputar 5 jenis dari email marketing yang perlu Anda ketahui. Selain itu, kami juga menyediakan informasi mengenai langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat email marketing yang efektif. Simak pembahasannya di bawah ini.

Jenis-jenis Email Marketing

Berikut ini, ada 5 jenis email marketing mulai dari newsletter, welcoming email, email promosi, email undangan, email transaksional, serta lead nurturing email. ToffeeDev akan membahas satu persatu secara rinci khusus untuk Anda.

1. Newsletter

Email newsletter merupakan jenis yang paling sering digunakan dalam email marketing. Seperti namanya, newsletter merupakan koran digital di mana Anda dapat menaruh konten-konten dari website atau media sosial untuk menarik customer agar mengunjungi konten tersebut. Jenis email marketing yang satu ini perlu dimanfaatkan untuk meningkatkan traffic website dan juga media sosial bisnis Anda. 

Biasanya, Anda dapat mengirimkan ringkasan satu artikel atau membuat design yang menyerupai koran halaman depan dengan memasukkan berbagai konten yang baru saja di-update. Dalam membuat newsletter, Anda juga harus memahami komposisi peletakan konten agar customer tertarik untuk membacanya.

Baca Juga: Berbagai Jenis Email Marketing yang Bisa Membantu Bisnis Anda

2. Welcoming Email

Biasanya, ketika customer melakukan subscribe email melalui website yang berarti mereka tertarik untuk menerima email promosi dan newsletter, Anda perlu membuat welcoming email. Email ini bertujuan untuk menyambut customer atau calon customer Anda. Dengan mengirimkan welcoming email ini juga, customer akan merasa dihargai dan disambut hangat oleh Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda membuat welcoming email yang menarik perhatian customer pada saat pertama kali membacanya.

Baca Juga: 10 Keunggulan Email Marketing untuk Bisnis

3 . Email Promosi

Bagi Anda yang ingin mengadakan promosi atau akan melakukan peluncuran produk baru, email promosi ini bisa menjadi jenis email marketing yang tepat untuk dikirimkan kepada customer. Anda dapat mencantumkan gambar produk beserta harga dalam email tersebut. Jangan lupa juga untuk mencantumkan bagaimana cara untuk membeli produk promosi tersebut.

Dalam email promosi ini, Anda membutuhkan strategi konten email yang dapat menciptakan kebutuhan dan urgensi customer. Email tersebut tentu akan menjadi sia-sia bila produk yang dipromosikan tidak dibutuhkan customer. Oleh karena itu, sisipkan pesan yang berisikan alasan mengapa mereka perlu membeli produk Anda dan juga sertakan time limit atau jangka waktu yang membuat customer harus membeli saat itu juga. Jasa SEO

4 . Undangan

Email marketing juga dapat digunakan sebagai email undangan. Apapun event atau acara yang ingin diadakan, Anda bisa menggunakan email marketing ini untuk mengundang customer. Cantumkanlah informasi sejelas mungkin mengenai detail acara tersebut mulai dari acara apa yang diadakan, tempat, waktu, hingga cara pendaftaran. Anda juga bisa menambahkan fitur “pemesanan tiket” pada email marketing agar customer lebih mudah dalam mendaftarkan diri mereka untuk mengikuti acara tersebut. Fitur “pemesanan tiket” juga dinilai lebih efektif untuk menarik customer agar dapat mengikuti acara yang Anda buat. 

Baca Juga: Inilah Berbagai Manfaat Email Marketing bagi Bisnis Anda

5. Email Transaksional

Pada beberapa website yang diperuntukan sebagai marketplace, di mana customer dapat membeli produk langsung melalui website Anda, maka diperlukan email transaksional ini. Email ini berisikan data tanda terima bahwa customer telah berhasil melakukan pembelian di website Anda. Berikan informasi yang lengkap mulai dari tanggal pembelian, total tagihan, hingga status pengiriman dalam email tersebut. Lalu, sebagai penutup dari email ini, sampaikan ucapan terima kasih karena customer tersebut telah membeli produk melalui website Anda.

Langkah-langkah Dalam Membuat Email Marketing

Dalam membuat email marketing, ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan agar email marketing yang dikirimkan kepada customer menjadi efektif dan menarik minat mereka, yaitu:

  • Kumpulkan daftar kontak email customer terlebih dahulu dan simpan dalam database Anda.
  • Gunakan email marketing tools yang tepat agar Anda tidak perlu melakukan pengiriman email secara satu persatu dan bahkan tools tersebut dapat digunakan untuk mengirim email secara otomatis serta terdapat fitur tracking email.
  • Buatlah design email yang menarik mulai dari posisi peletakan tulisan dan gambar, visual yang unik, serta tambahkan copywriting yang bersifat persuasif.
  • Jangan lupa untuk menambahkan CTA atau Call-to-Action pada akhir email yang berfungsi untuk menarik customer agar melakukan suatu tindakan seperti melakukan pembelian atau mengunjungi website Anda.
  • Lakukan tes pengiriman email agar Anda mengetahui apakah ada kesalahan sebelum email tersebut dikirimkan kepada customer.
  • Langkah terakhir yaitu mengirim email dan pastikan Anda sudah melakukan riset mengenai jam yang tepat untuk mengirim email agar strategi ini menjadi efektif dan customer dipastikan akan membaca email tersebut.

Jadi, Anda sudah memahami apa itu email marketing serta jenis-jenisnya, bukan? Dengan demikian, Anda dapat mulai mengembangkan bisnis dengan strategi email marketing ini. Selain itu, pastikan juga untuk melakukan pengembangan digital asset lainnya mulai dari media sosial hingga website agar customer tidak hanya berhenti sampai pada email marketing yang dikirimkan saja, namun menjadi customer loyal yang selalu menunggu update terbaru dari perusahaan Anda. 
Untuk memenuhi seluruh kebutuhan digital marketing, Anda dapat menggunakan jasa Digital Marketing Agency yang pastinya sudah mengetahui secara mendalam tentang seluk beluk dunia digital untuk pemasaran bisnis. Oleh karena itu, silakan hubungi ToffeeDev sekarang juga karena kami memiliki jasa digital marketing terbaik untuk Anda.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat