Jenis-Jenis Artikel Populer di Internet

jenis-jenis artikel

Ada banyak sekali jenis-jenis artikel yang dapat Anda muat di dalam website atau blog. Memasukkan artikel dengan jenis yang berbeda-beda ke dalam website Anda dapat menambah keunikan website tersebut. Selain itu, pembaca juga jadi tidak mudah bosan karena membaca artikel dengan jenis yang sama terus-menerus.

Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis artikel yang dapat dimuat di dalam website. Selain itu, Anda juga akan dapat memahami mengapa artikel merupakan elemen yang penting bagi sebuah website. Mari simak selengkapnya di bawah ini!

Struktur Artikel

Setiap karya tulis atau artikel memiliki struktur yang berbeda-beda. Tapi umumnya, penulisan struktur artikel mengacu pada hal berikut:

  • Bagian pembuka, yaitu mencakup orientasi atau tahap pengenalan terhadap topik yang akan dibahas
  • Bagian isi, berisi uraian informasi, data, dan gagasan yang menjelaskan pokok permasalahan dalam artikel
  • Bagian penutup, yaitu sebuah kesimpulan sistematis dan informatif yang berisi kalimat kunci. Sudah merangkum pembahasan secara singkat, padat dan jelas

Jenis-Jenis Artikel Populer di Internet

Artikel adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan lalu lintas ke dalam website secara organik. Namun, untuk mendapatkan hasil tersebut, Anda harus dapat membuat orang-orang membaca artikelnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah jenis-jenis artikel populer yang dapat Anda muat di dalam website.

1. Artikel How-To

Artikel how-to adalah salah satu jenis artikel yang paling umum dimuat di dalam website bisnis. Artikel how-to memang secara inheren mendidik dan bagus untuk menghasilkan lalu lintas dari pencarian organik. Artikel how-to paling baik digunakan ketika kata kunci atau topik yang digunakan berkaitan dengan memberi tahu pembaca, seperti “Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar”.

Artikel how-to akan terlihat jauh lebih baik lagi bila ada unsur visual yang menjelaskan isi artikel di dalamnya. Sebagai contoh, Anda dapat memberikan gambar yang menunjukkan cara melakukan sesuatu, atau lebih baik lagi, tunjukkan video cara melakukan sesuatu tersebut.

2. Artikel Daftar (List)

Salah satu artikel yang paling sering ditemui di internet adalah artikel daftar. Seperti namanya, artikel daftar akan memiliki isi yang berupa daftar-daftar akan suatu hal, seperti artikel ini yang berisi “Jenis-Jenis Artikel”. Biasanya, artikel daftar akan menyertakan nomor di dalam judulnya, membuatnya sangat mudah dikenali bahkan dari luarnya.

Sayangnya, artikel daftar seringkali dianggap sebagai artikel berkualitas rendah karena formatnya yang terlalu dasar. Namun, bila ditulis dengan cara yang baik dan benar, artikel daftar bisa memiliki isi yang sangat baik dan dapat meningkatkan lalu lintas organik ke dalam website dengan lebih tinggi dari jenis artikel lainnya.

Baca juga: 5 Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar untuk Website Bisnis

3. Artikel FAQ

Seperti namanya, artikel FAQ adalah jenis artikel yang memiliki format seperti Q&A (Question & Answer) di mana penulis menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pembaca. Jenis artikel ini sangat cocok ditulis oleh pemula karena formatnya yang dapat dibilang mudah. Walaupun begitu, artikel FAQ juga dapat tetap meningkatkan lalu lintas organik ke dalam website karena banyak orang yang mencarinya di dalam mesin pencari.

4. Artikel Berita

Artikel berita merupakan jenis artikel yang ditulis untuk menginformasikan dan mendidik pembaca tentang peristiwa atau kejadian yang terjadi selama beberapa waktu belakangan. Jenis artikel ini digunakan untuk memberi pembaca informasi yang mereka butuhkan atau ingin ketahui tentang apa yang terjadi di sekitar mereka.

Artikel berita sendiri memang jarang digunakan di dalam sebuah website bisnis, tetapi terkadang sebuah bisnis juga mengadakan acara yang harus diberitakan. Nah, artikel berita ini berguna untuk menyampaikan bahwa bisnis tersebut baru saja mengadakan acara, dan menuliskan apa saja yang terjadi di dalam acara tersebut.

5. Artikel Perbandingan

Seperti namanya, artikel perbandingan adalah jenis artikel yang ditulis untuk membandingkan dua atau lebih hal. Jenis artikel ini cukup banyak dimuat di berbagai website ini karena dapat digunakan sebagai salah satu alat pemasaran produk tertentu. Walaupun begitu, artikel perbandingan harus memiliki isi yang tidak bias agar pembaca dapat membandingkannya secara objektif.

6. Artikel Narasi

Artikel narasi atau naratif mampu menunjukkan rangkaian peristiwa secara kronologis sesuai urutan kejadiannya. Peristiwa yang dideskripsikan dalam artikel narasi bisa saja benar-benar terjadi atau mungkin saja dibuat-buat atau karangan. Tujuan dari penulisan artikel jenis ini adalah untuk menghibur pembaca.

7. Artikel Eksposisi

Salah satu jenis artikel yang menyajikan fakta atau pengetahuan secara jelas, akurat, dan singkat sehingga bisa disebut juga sebagai artikel ekspositori. Artikel ekspositori atau yang kadang disebut dengan teks ekspositori mencoba menawarkan atau menjelaskan materi tertentu agar pembaca dapat memperoleh informasi dan perspektif baru.

8. Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi berdasarkan namanya yaitu jenis artikel yang berbentuk esai dan menggambarkan sesuatu kepada pembaca. Isi deskripsi memiliki tujuan dapat dirasakan, dilihat, dan didengar oleh pembaca.

9. Artikel Opini

Pengertian artikel opini adalah tulisan yang membahas suatu topik dari sudut pandang penulis. Penulisan artikel opini memiliki tiga ciri: pertama, bersifat subjektif (menilai seseorang berdasarkan pengetahuan, pengalaman, harapan, dan keinginannya); kedua, memberikan penjelasan tentang peristiwa atau objek dengan menawarkan prediksi, harapan, dan saran; dan ketiga, kebenaran informasi tersebut masih diperdebatkan.

10. Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah memuat informasi umum dan dihasilkan dengan pendekatan penulisan yang tepat dan benar. Artikel ilmiah terkadang dapat dianggap sebagai versi ringkas dari studi atau presentasi ilmiah yang lebih panjang. Artikel ilmiah memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 1. Ditulis dengan bahasa metodis. 2. Hasil studi atau investigasi. 3. Sertakan abstrak atau esai. 4. Berikan referensi yang tepat.

11. Artikel Argumentasi

Sebuah tulisan yang memiliki paragraf dan bertujuan untuk membujuk pembaca untuk berbagi pendapat penulis sering disebut sebagai artikel argumentatif. Artikel persuasi ini memiliki lima tahapan yaitu pilih tema, tetapkan tujuan (eksplisit), mengidentifikasi rumusan ide kunci (tertulis), untuk mendukung perspektif seseorang dan/atau melemahkan keyakinan orang lain maka harus mengembangkan tulisan dengan menawarkan bukti dan fakta, dan terakhir membuat sebuah kesimpulan.

3 Manfaat Artikel PoPuler Bagi Website

3 Manfaat Artikel Bagi Website

Artikel memiliki manfaat yang sangat esensial bagi sebuah website. Tanpa adanya artikel, website akan sangat kesulitan untuk mendapatkan pengunjung. Berikut ini adalah beberapa manfaat artikel bagi website yang perlu diketahui.

1. Meningkatkan Lalu Lintas

Semua orang akan melakukan pencarian ke dalam mesin pencari menggunakan kata kunci tertentu. Website yang tidak memiliki artikel di dalamnya tidak memiliki banyak kata kunci di dalamnya, yang berarti website tersebut akan sangat kesulitan mendapatkan lalu lintas ke dalamnya.

Melalui artikel yang berisi berbagai macam kata kunci, sebuah website bisa mendapatkan lalu lintas yang tinggi, apalagi jika artikel-artikel tersebut berisi kata kunci yang sering dicari. Oleh karena itu, pastikan website Anda memiliki artikel yang baik dan benar di dalamnya agar lalu lintasnya meningkat.

Baca Juga: Cara Terbaik Mendapatkan Traffic untuk Website Bisnis Anda

2. Meningkatkan Peringkat di Hasil Pencarian

Mesin pencari seperti Google akan menampilkan website dengan kata kunci yang paling relevan di hasil pencariannya. Apabila website Anda tidak memiliki artikel, maka hampir tidak mungkin website tersebut dapat muncul di hasil pencarian. Artikel dengan kata kunci yang paling relevan pasti akan ditampilkan di peringkat atas hasil pencarian.

Mesin pencari seperti Google menyukai artikel dengan konten yang menarik, apalagi artikel yang memiliki tulisan yang jelas, terperinci, dan sesuai dengan kaidah Search Engine Optimization (SEO). Makin banyak artikel yang dimuat di website Anda, maka akan makin tinggi pula kemungkinannya untuk muncul di peringkat atas hasil pencarian orang-orang.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Sangat penting untuk memiliki artikel di dalam website untuk meningkatkan brand awareness dari bisnis Anda. Makin sering website Anda muncul di peringkat atas hasil pencarian orang-orang, maka akan makin dikenal juga bisnis Anda. Selain itu, pastikan juga artikel yang dimuat memiliki kata kunci yang relevan agar makin sering dicari.

Jenis-jenis artikel yang disampaikan di atas dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis melalui website. Selain memuat artikel ke dalam website, Anda juga harus menerapkan strategi SEO agar lebih maksimal. Yuk gunakan jasa SEO dari ToffeeDev untuk mengembangkan bisnis melalui strategi SEO yang tepat sasaran. Jika tertarik, hubungi kami di sini.

Share this post :

Toffeedev’s Pick