Jenis-Jenis Proxy Server

Ada berbagai jenis-jenis proxy server yang biasa digunakan untuk mengakses website tertentu. Proxy server merupakan perangkat yang digunakan untuk menyediakan layanan proxy. Untuk dapat menggunakan IP yang berbeda untuk dapat mengakses website tertentu, maka Anda membutuhkan sebuah sistem yang bernama proxy. Proxy server itulah yang dapat membantu Anda untuk dapat menggunakan sistem proxy. Lalu, apa saja jenis-jenis proxy server yang biasa digunakan secara umum dan bagaimana cara kerjanya? Apa saja fungsi proxy server

Melalui artikel ini, ToffeeDev akan membahas secara rinci mengenai proxy server yang penting untuk Anda ketahui.

Baca Juga : Apa itu Proxy dan Jenis-Jenisnya

Jenis-jenis Proxy Server

Secara umum, ada 4 jenis proxy server yang biasa digunakan, yakni sebagai berikut:

1. Transparent Proxy

Transparent proxy merupakan jenis proxy server yang paling sering digunakan pada komputer di perkantoran. Jenis proxy ini akan menyampaikan informasi mengenai IP komputer yang digunakan pada server.

2. Anonymous Proxy

Anonymous proxy dapat menyamarkan data diri beserta IP asli yang digunakan oleh sebuah perangkat. Sebagai gantinya, ketika sebuah perangkat melakukan permintaan kepada server, maka alamat IP yang terdeteksi merupakan IP proxy dari sistem anonymous proxy.

3. High Anonymity Proxy

Hampir sama dengan anonymous proxy, namun high anonymity proxy juga dapat menyembunyikan identitas proxy yang digunakan sehingga alamat IP yang terdeteksi oleh server merupakan alamat IP acak.

4. Distorting Proxy

Jenis proxy server terakhir ialah distorting proxy di mana alamat IP yang dikirim kepada server merupakan IP random, namun server tetap akan mengidentifikasi proxy server yang Anda gunakan. 

Baca Juga : Penjelasan dan Cara Kerja Proxy

Fungsi Proxy Server

Proxy server memiliki tiga fungsi yang sangat berguna untuk Anda dalam hal:

  • Proxy server dapat menjaga keamanan data diri perangkat yang Anda gunakan. Dengan menggunakan proxy server, Anda dapat menjaga data IP yang digunakan untuk mengakses server website. IP yang Anda miliki dapat memberikan informasi mengenai negara, kota asal, dan bahkan lokasi di mana server tersebut diakses.
  • Proxy server dapat melindungi Anda dari serangan yang berada dari jaringan luar sehingga secara tidak langsung, proxy server dapat berguna sebagai firewall untuk melindungi perangkat yang digunakan.
  • Proxy server juga dapat membantu Anda untuk mengakses beberapa situs atau jaringan yang diblokir. Ketika Anda akan mengakses suatu jaringan atau website yang diblokir, maka proxy server akan menyembunyikan alamat IP yang digunakan dan menggunakan alamat server proxy untuk dapat mengakses jaringan tersebut.

Cara Kerja Proxy Server

Bagaimana cara kerja proxy server sehingga dapat meneruskan permintaan Anda ke alamat website yang ingin dituju? Ketika Anda membuat sebuah permintaan untuk membuka sebuah website, maka server yang dituju pertama kali bukanlah server website melainkan proxy server yang digunakan. Lalu selanjutnya, proxy server akan meneruskan permintaan Anda kepada website yang ingin dituju. Dengan demikian, website yang dituju tidak dapat mendeteksi alamat IP asli dari perangkat yang digunakan sesungguhnya melainkan alamat IP proxy server

Baca Juga : Sejarah, Pengertian, dan Fungsi Web Server

Jadi, itulah jenis-jenis proxy server yang sering digunakan yaitu transparent proxy, anonymous proxy, high anonymity proxy, dan distorting proxy. Secara umum, proxy server digunakan untuk melindungi data IP dari perangkat yang digunakan untuk mengakses sebuah website sehingga secara tidak langsung, proxy server juga melindungi data diri dari pengguna itu sendiri. Jika Anda ingin memahami lebih lanjut mengenai proxy server dan apa saja pengaruhnya bagi website bisnis yang dimiliki, silakan hubungi ToffeeDev yang merupakan Digital Marketing Agency terpercaya di Indonesia dan kami siap membantu Anda dalam urusan website dan juga SEO. 

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat