11 Jenis Strategi Bisnis yang Wajib Diketahui Pemilik Bisnis Online

jenis strategi bisnis

Dalam menjalankan bisnis, terutama bisnis online, menyusun strategi menjadi hal penting yang perlu dilakukan sejak awal. Mengingat semakin banyaknya bisnis online yang bertebaran di internet, menandakan persaingan semakin ketat. Agar tetap bisa menarik minat dan perhatian konsumen di tengah persaingan, diperlukan jenis strategi bisnis yang jelas dan matang. 

Strategi bisnis ini dirancang untuk membangun keunggulan dari bisnis itu sendiri. Dalam hal ini, pemilik bisnis online harus mampu menentukan arah bisnis mereka kedepannya. Caranya mulai dari mengidentifikasi pasar, pesaing, hingga pelanggan lewat strategi bisnis yang tepat.

Apa Itu Strategi Bisnis?

apa itu strategi bisnis

Strategi bisnis merupakan serangkaian tindakan atau keputusan yang dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis. Saat perusahaan menerapkan jenis strategi bisnis yang tepat, maka bukan tidak mungkin perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang melebihi ekspektasi.

Pengertian dari strategi bisnis ini juga dapat dikatakan sebagai tindakan kompetitif yang dilakukan perusahaan untuk menarik pelanggan, meningkatkan omzet bisnis, bersaing dengan sukses, memperkuat kinerja, dan mencapai tujuan bisnis internal. 

Baca Juga: 10 Strategi Pengembangan Bisnis Online yang Bisa Anda Coba

Fungsi Strategi Bisnis

Terdapat beberapa alasan, mengapa strategi bisnis ini penting dalam menjalankan bisnis online. Pertama, strategi bisnis akan membantu kamu mengidentifikasi langkah-langkah kunci yang akan diambil untuk mencapai tujuan bisnis. 

Kedua, proses menciptakan strategis bisnis ini memungkinkan kamu untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi kekuatan dan kelemahan perusahaan. Terakhir, dengan mengidentifikasi rencana yang jelas, kamu bisa fokus memanfaatkan kekuatan perusahaan sebagai keunggulan kompetitif yang membuat bisnis online kamu menjadi unik.

11 Jenis Strategi Bisnis untuk Bisnis Online

Agar bisa tetap eksis di tengah persaingan bisnis online saat ini, berikut beberapa jenis strategi bisnis online yang bisa kamu coba agar dapat memenangkan persaingan. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Melakukan Riset Pasar

Proses riset pasar diperlukan oleh seluruh jenis bisnis, tidak hanya bisnis online saja. Hal ini karena riset pasar merupakan hal yang paling mendasar yang harus dilakukan saat mulai berbisnis. 

Dalam melakukan riset pasar, kamu akan mendapatkan informasi mengenai target konsumen yang ingin disasar. Dari sini, kamu bisa membuat perencanaan bisnis selanjutnya secara lebih efisien dan matang. Cara melakukan riset pasar yang paling mudah yaitu dengan melakukan wawancara atau diskusi yang dapat dilakukan secara online

2. Menonjolkan Keunikan Produk

Setelah melakukan riset pasar dan mengetahui informasi mengenai produk kompetitor, selanjutnya kamu bisa menonjolkan keunikan produk kamu. Pasarkan produk yang berbeda dengan kompetitor. Jadikan perbedaan ini sebagai komoditas untuk berjualan. Perbedaan tersebut bisa dari desain baru, harga yang lebih murah, atau bahan yang lebih unik.

Baca Juga: Macam-macam Strategi Promosi Bisnis yang Perlu Anda Ketahui

3. Membuat Branding

Branding dapat didefinisikan sebagai serangkaian kegiatan komunikasi untuk membangun citra produk atau membangun sebuah brand. Dalam melakukan branding, tujuan akhirnya bukan hanya sebagai pengenalan produk, tetapi juga membuat image suatu produk. Lewat branding produk, konsumen akan mudah mengenali suatu produk hanya berdasarkan kata kunci tertentu.

membuat branding

4. Membangun Website yang Menarik

Strategi bisnis online sangat bergantung pada dunia digital dalam setiap kegiatannya. Mulai dari promosi, penjualan, hingga interaksi konsumen dilakukan secara online. Untuk itu, penting bagi pemilik bisnis online untuk memiliki website yang menarik agar calon konsumen mau berkunjung.

Website sendiri bisa diibaratkan sebagai sebuah wajah dari bisnis online, sehingga pembuatan website ini perlu digarap secara serius. Pembuatan website harus dibuat semenarik mungkin dengan tidak melupakan aspek-aspek kenyamanan para pengunjung. 

Baca Juga: Mengenal Internet Marketing yang Bermanfaat Saat Ini

5. Inovasi Produk

Hal penting lainnya dalam berbisnis online yaitu terus membuat inovasi pada produk yang kamu jual. Berinovasi akan membuat kamu tidak ketinggalan tren, sehingga kamu tetap bisa bersaing dengan para kompetitor. Untuk melakukan inovasi produk, kamu bisa mengeksplor produk atau layanan yang kamu miliki saat ini. Jangan lupa untuk melengkapi katalog dengan produk-produk yang akan kamu jual secara berkala.

Jasa SEO

6. Menjaga Loyalitas Konsumen

Sebagai pemilik usaha online, strategi bisnis tidak hanya berhenti ketika kamu sudah mendapatkan konsumen baru. Justru konsumen ini perlu kamu rawat dengan menjaga loyalitasnya agar mau kembali berbelanja. 

Dalam menjaga loyalitas konsumen, kamu perlu memberikan pelayanan terbaik dengan menjawab semua pertanyaan konsumen terkait produk kamu. Memiliki website yang bagus dan nyaman juga merupakan bagian dari menjaga loyalitas konsumen.

7. Memberikan Program Diskon dan Promo

Membuat program diskon dalam bentuk voucher, promo, atau hadiah menjadi salah satu jenis strategi bisnis yang bagus. Kamu tidak perlu takut atau khawatir akan merugi saat memberikan program promo ini kepada konsumen. 

Karena justru sebaliknya, program promo ini menjadi sebuah strategi jitu dalam melakukan pemasaran. Sudah menjadi hal wajar, bahwa konsumen akan tertarik untuk berbelanja karena adanya program promo yang dijalankan. 

Baca Juga: 7 Alasan Untuk Membangun Brand Identity Dengan SEO

8. Berkolaborasi dengan Kompetitor

Melakukan kolaborasi dengan kompetitor bisa memberikan ide-ide segar dalam melakukan inovasi produk. Untuk itu, tidak ada salahnya kalau kamu berkolaborasi dengan kompetitor dalam mengembangkan bisnis. Satu hal yang menjadi penting, kegiatan kolaborasi ini harus menguntungkan kedua belah pihak. Jangan sampai salah satunya justru merasa dirugikan.

kolaborasi dengan kompetitor

9. Berani Mengambil Risiko

Setiap usaha pasti memiliki risiko. Ada risiko yang bisa kamu hindari, tetapi ada juga yang tidak bisa. Maka dari itu, kamu perlu menekan risiko itu dengan berani mengambil konsekuensinya. Salah satu cara membuat strategi bisnis agar lebih efisien justru harus siap menghadapi kejadian-kejadian tidak terduga. 

10. Memanfaatkan Teknologi Lainnya

Selain memaksimalkan penggunaan website, kamu juga bisa memanfaatkan teknologi lain seperti aktivasi media sosial. Kamu juga bisa menggunakan platform akuntansi online agar bisnis yang dijalankan lebih efisien dalam pembuatan laporan keuangan.

11. Menggunakan Strategi Digital Marketing

Bisnis online tidak bisa terpisahkan dari strategi digital marketing dalam melakukan pemasaran produk. Jenis strategi ini bahkan menjadi hal krusial yang perlu dilakukan. Saat ini, ada banyak perusahaan pemasaran yang dapat membantu kamu untuk mencapai tujuan bisnis dengan cara meningkatkan penjualan.

Baca Juga: 5 Manfaat Digital Marketing untuk Perkembangan Bisnis

Pentingnya Memiliki Strategi Bisnis yang Terencana

Memiliki strategi bisnis yang terencana akan membantu bisnis kamu berkembang dan mencapai target, termasuk dalam bisnis online. Bahkan strategi bisnis yang tepat dapat meningkatkan penjualan terhadap produk. Profit yang didapatkan pun akan terus meningkat.

Satu hal penting yang tidak boleh kamu lupakan saat menyusun strategi bisnis online, yaitu konsistensi dalam mempromosikan produk secara online. Kegiatan promosi menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam meningkatkan penjualan dan mempertahankan eksistensi bisnis. 
Untuk mewujudkannya, ToffeeDev sebagai layanan digital marketing terbaik hadir untuk membantu mengembangkan bisnis online kamu agar memiliki pertumbuhan yang berarti di dunia online. Hubungi ToffeeDev sekarang juga untuk solusi terbaik bagi strategi bisnis Anda.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat