Jualan Online Yang Laku Setiap Hari

Jualan Online Yang Laku Setiap Hari

Memiliki bisnis jualan online yang laku setiap hari adalah impian dari semua pelaku usaha. Namun nyatanya tidak semua impian dapat dilakui dengan mudah, terlebih bagi para pemula yang baru saja akan memulai bisnis. Banyak rintangan yang perlu dihadapi dalam membuka toko seperti modal usaha dan. Menentukan barang jualan apa yang memiliki peluang bisnis juga menjadi persoalan bagi para pelaku bisnis online.

Namun perkembangan teknologi dan gadget membawa perubahan yang sangat besar bagi kehidupan orang banyak. Tentu saja hal tersebut harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menajalankan bisnis. Ingat karena dalam bisnis penuh perhitungan dan persiapan. Agar tidak salah mengambil keputusan ada baiknya Anda menyimak informasi berikut untuk mendapatkan ide bisnis yang laku saat jualan online.

Tips Membangun Bisnis Jualan Online

Bagi sebagian orang, memulai dan mengoperasikan bisnis online tampaknya cukup sederhana dan penghasilannya juga cukup besar. Terutama sekarang karena semakin banyak orang beralih ke penjualan online, menambah persaingan bisnis untuk bersaing satu sama lain. Anda harus menyadari bahwa ada berbagai tips untuk menjual online agar produk yang dijual cepat laku.

1. Mencari Ide Usaha

Tips pertama jualan online adalah pertama-tama kenali konsep ide usaha Anda. Dari ide jualan online, Anda dapat memilih hal-hal yang ingin Anda tawarkan, target pasar Anda, keunggulan produk Anda, dan bahkan mengembangkan konsep perusahaan baru.

Ketika Anda sudah familiar dengan barang yang Anda rencanakan untuk dijual, Anda menyadari nilai pasarnya sebelum melakukan penjualan. Anda bisa mengetahuinya dari ciri khas toko Anda, kegunaan produk, atau kemasan produk yang menarik agar produk yang dijual bisa berkembang menjadi bisnis jualan online paling laris.

2. Buat Nama Toko yang Menarik

Tahap selanjutnya adalah membuat nama toko yang mudah diingat oleh calon pelanggan dan menonjol dari pesaing. Dengan menyesuaikan barang yang ingin Anda tawarkan, Anda juga dapat mengubah nama bisnis online Anda. Misalnya, jika Anda ingin menjual perlengkapan atau gadget, Anda dapat mencantumkan nama gadget.bareng dan sebagainya.

3. Gunakan Logo sebagai Identitas Toko

Di pasar atau toko online Anda, Anda pasti harus menampilkan identitas yang berbeda dari yang lainnya. Caranya adalah dengan mendesain logo dengan maksud membantu pelanggan mengenali toko Anda dengan cepat. Selain itu, Anda dapat menyertakan logo ini dalam kemasan barang dengan memberikan stempel atau stiker berbentuk logo kepada konsumen Anda. Sebenarnya, Anda bisa mencoba strategi ini sebagai langkah promosi juga.

4. Gunakan Marketplace untuk Menjual Barang

Anda dapat memulai dengan memilih strategi penjualan pasar untuk meluncurkan bisnis online Anda. Karena pilihan barangnya luas dan harganya masuk akal, banyak orang terus membeli barang melalui pasar. Untuk mempertahankan semua toko online Anda, caranya cukup mudah yaitu dengan mendaftarkannya ke marketplace yang ingin Anda tuju.

5. Membuat Website

Anda dapat membuat situs web toko online Anda dengan untuk menarik banyak pelanggan. Ini karena situs web dapat melayani berbagai tujuan, termasuk memperkenalkan barang, memasarkan barang, dan melayani sebagai saluran komunikasi dengan pelanggan.

6. Aktif di Sosial Media

Menjalin hubungan dengan pelanggan sangatlah penting dan menggunakan media sosial bisa menjadi solusinya. Orang suka terlibat di media sosial, terutama akhir-akhir ini. Membangun komunikasi ini dapat membantu Anda memenangkan lebih banyak pelanggan setia.

Caranya adalah dengan membuat profil media sosial yang unik untuk bisnis Anda dan menyediakan konten yang menarik untuk meningkatkan engagement dan brand awareness. Setelah itu terjadi, Anda dapat meningkatkan kesadaran publik terhadap merek perusahaan.

7. Berikan Detail Deskripsi Produk 

Saat melakukan penjualan online, satu aspek yang tidak boleh diabaikan adalah: deskripsi produk yang menyeluruh. Tujuannya adalah agar pelanggan dapat memilih apakah akan membeli barang tersebut atau tidak. Anda juga harus memberikan deskripsi produk untuk mencegah retur barang. Detail seperti warna, ukuran, garansi, ketersediaan stok, dan kondisi barang dapat ditambahkan.

8. Ramah Terhadap Pelanggan

Bahkan setelah menerima penjelasan produk secara menyeluruh, beberapa konsumen akan sering menanyakan tentang ketersediaannya dan pilihan produk lainnya. Tugas Anda sebagai penjual adalah menanggapi pertanyaan ini dengan cepat dan ramah dalam situasi ini. Pelanggan yang mengajukan pertanyaan lebih cenderung membeli barang Anda, tetapi jika Anda merespons dalam waktu lama, pelanggan dapat berubah pikiran.

Banner Ads - General 2

Jenis-jenis Produk Jualan Online Yang Laku Setiap Hari

Untuk menjalankan bisnis yang laku, Anda bisa mencoba jualan produk yang sering dicari orang setiap harinya. Dengan begitu, perputaran uang pun akan menjadi lebih cepat dan Anda bisa terus mengembangkan bisnis Anda.

Membangun toko online yang laris manis tidak hanya membutuhkan modal uang, tapi juga kreativitas dan inovasi. Berikut ini adalah 11 ide jualan online yang akan laris manis untuk memberikan Anda inspirasi.

1. Sembako dan Kebutuhan Pokok

Ide jualan online yang memiliki potensi tinggi adalah dengan menjual barang-barang sembako dan kebutuhan pokok. Sembako dan produk-produk kebutuhan pokok dijamin akan selalu dicari pelanggan setiap harinya. Di zaman digital ini, toko online yang menjual sembako dijamin membawa untung besar. Apalagi dengan adanya pandemi dan pembatasan kegiatan di luar rumah, pelanggan menjadi lebih tertarik untuk berbelanja kebutuhan pokok mereka di toko online ketimbang di warung, toko kelontong, ataupun pasar swalayan.

Contoh produk sembako yang pasti laku adalah beras, gula, telur, minyak, mie instan, makanan kaleng, dan sebagainya. Tidak perlu mematok harga mahal, karena produk-produk ini pasti sering dicari pelanggan dan keuntungan pun cepat datang.

2. Makanan dan Minuman

Membuka bisnis makanan dan minuman memang sudah menjadi andalan banyak pelaku bisnis. Hal ini dikarenakan peluangnya yang sangat luas. Anda bisa menjual produk makanan dan minuman ke pada siapa saja, tua atau muda, laki-laki maupun perempuan.

Jika memilki impian menjalankan usaha kuliner namun masih terhalang pada sulitnya membuka toko, jangan khawatir karena gadget sudah merubah semuanya. Saat ini menjalankan bisnis makanan online lebih mudah diwujudkan karena tidak memerlukan modal untuk memiliki tempat usaha seperti warung. Terlebih lagi, menurut survey, 58% masyarakat Indonesia kini lebih memilih untuk membeli produk makanan secara online.

Untuk jualan online, ada banyak sekali produk makanan dan minuman yang bisa dijual. Anda bisa menjual makanan siap santap layaknya restoran atau rumah makan. Di saat bersamaan, Anda juga bisa menjual produk siap makan yang lebih tahan lama agar bisa menjangkau konsumen yang lebih jauh. Contohnya adalah makanan frozen, seblak instan, baso aci instan, dan masih banyak lagi. Selain itu, cookies, kue ala Korea, kopi susu, minuman rempah, dan cemilan juga menjadi produk bisnis online yang laris manis.

Untuk Anda yang tidak mau repot membangun brand makanan sendiri juga bisa menjadi reseller atau dropshipper dari produk-produk yang sudah terkenal. Dengan begitu Anda bisa meraup keuntungan tanpa perlu terlalu repot.

Baca Juga: Cara Menjadi Dropshipper dengan Mudah

3. Produk Kecantikan

Siapa yang menyangka bahwa menjual produk kecantikan dapat menjadi bisnis jualan online yang laku setiap hari. Dengan keberadaan media sosial, orang-orang semakin memperhatikan penampilan mereka. Menjaga penampilan kini sudah dianggap sebagai salah satu kebutuhan utama. Dari sinilah muncul peluang bagi Anda untuk membuka bisnis online produk kecantikan yang laris manis.

Zaman sekarang, produk kecantikan sangat beragam jenisnya. Jadi, bagaimana cara memilih produk kecantikan yang tepat untuk menjalankan bisnis yang laku setiap hari? Rajin-rajinlah mengecek media sosial dan beauty influencer karena kedua faktor tersebut sangat memengaruhi popularitas sebuah produk.

Ide produk makeup yang sedang sangat laris saat ini adalah foundation, bedak, BB cream, lipcream, liptint, eyeshadow, dan blush on. Selain produk makeup, produk perawatan kulit atau skincare juga sedang naik daun. Contoh produk skincare yang sering dicari orang adalah sheet mask, serum, sunscreen, toner, moisturizer, dan produk-produk anti jerawat. Terakhir, Anda bisa juga berjualan peralatan kecantikan seperti kuas makeup, alat pijat wajah, brush pembersih wajah, face roller, dan alat pehilang komedo.

Baca juga: Barisan Strategi Jualan Online Saat Pandemi

4. Peralatan Rumah Tangga

Semua pasti sepakat kalau perlengkapan rumah tangga termasuk kedalam kebutuhan dasar yang perlu dipenuhi. Semua kegiatan bahkan saat tidur membutuhkan perlengkapan rumah tangga, terlebih saat pendemi dimana semua orang lebih banyak melakukan aktifitasnya dari rumah. Maka tentu saja perlengkapan rumah dapat dijadikan ide bisnis yang dijual secara online.

Beberapa tahun ini, ada beberapa barang perlengkapan rumah tangga yang mengalami lonjakan popularitas. Apalagi, selama pandemi makin banyak orang yang menghabiskan waktu di rumah saja. Di media sosial pun muncul tren untuk membuat rumah terlihat lebih estetik atau cantik. Sekalipun tren ini nantinya mereda, permintaan untuk barang-barang kelengkapan rumah tangga cenderung akan tetap stabil.

Saat ini, Anda bisa meraup keuntungan terbesar dengan menjual perlengkapan dan dekorasi rumah untuk kamar tidur dengan konsep elegan dan minimalis. Contohnya, rak susun minimalis, sprei, bed cover, lampu LED unik, tirai, selimut, dan karpet bulu. Selain itu, peralatan dapur seperti teflon dan cookware juga sedang diminati konsumen. Direkomendasikan untuk rajin menengok tren media sosial untuk memaksimalkan keuntungan bisnis online Anda.

Banner Ads - Ebook 2

5. Produk Perawatan Kesehatan

Di era pandemi ini, orang menjadi semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Jualan online produk-produk kesehata bisa menjadi peluang Anda untuk memiliki bisnis yang laku. Tetapi perlu diingat, bahwa Anda tidak boleh licik dan membanderol produk-produk kesehatan dengan harga terlalu tinggi. Jadilah pelaku bisnis yang etis dan sediakan produk keesehatan dengan harga yang wajar untuk para pelanggan yang membutuhkan.

Obat-obatan tidak boleh dijual oleh perorangan secara bebas. Hanya apotek dan produsen produk yang memiliki izin untuk berjualan obat-obatan. Tapi tidak apa-apa, masih banyak produk kesehatan lainnya yang sering dicari konsumen.

Vitamin dan suplemen adalah pilihan produk yang baik karena sering dicari konsumen. Selanjutnya, masker, disinfektan, dan hand sanitizer juga merupakan produk yang mudah dijual dan juga laris manis selama pandemi ini. Terakhir, Anda juga bisa menjual berbagai gadget kesehatan, misalnya termometer, oximeter, alat pengukur tekanan darah, dan juga perangkat P3K.

Baca Juga: Keuntungan Memiliki Toko Online

6. Produk Pakaian

Produk pakaian masih menjadi jenis kebutuhan dengan permintaan yang banyak dicari, tentu saja pakaian yang dijual secara online memiliki peluang bisnis yang bagus. Buktinya, sekitar 55% pelanggan online shop berbelanjan produk pakaian.

Namun ketika memutuskan untuk menjual produk pakaian di toko online, sebaiknya Anda memilih terlebih dahulu target pasar Anda. Karena jika menjual pakaian untuk anak, bayi, orang dewasa, pria, atau wanita pasti membutuhkan cara penjualan dan menghadapi konsumen yang berbeda.

Jika Anda telah menetapkan target konsumen yang ingin dituju, waktunya untuk menentukan produk pakaian yang hendak dijual. Agar bisnis pakaian online ini laku, pastikan Anda selalu update dengan tren fashion yang ada. Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan melihat tren di sosial media.

Saat ini, untuk pakaian wanita produk yang paling laku adalah cardigan dan vest rajut. Selain itu, produk pakaian muslimah, seperti gamis dan pashmina juga sangat diminati konsumen. Untuk warna, di tahun 2021 konsumen pakaian wanita menikmati warna-warna earth tone seperti cokelat, krem, hijau, hitam, dan putih sert warna-warna pastel seperti lilac, pink, dan biru muda.

Di sisi lain, jaket, kaos polo, dan kemeja adalah produk pakaian pria yang paling sering dicari tahun ini. Untuk pakaian pria, disarankan untuk menawarkan berbagai pilihan warna netral seperti hitam, putih, krem, dan biru donker.

Bila Anda memiliki modal terbatas untuk jualan produk pakaian, jangan khawatir. Keuntungan membuka bisnis online pakaian adalah Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper dulu dengan modal yang jauh lebih kecil.

Baca juga: 4 Komponen Bisnis Online yang Penting Saat Ini

7. Produk Keperluan Bayi dan Anak

Produk perlengkapan bayi dan anak juga sangat diminati oleh konsumen. Banyak orang tua yang ingin membeli produk teraik untuk buah hatinya tapi tidak bisa pergi keluar untuk berbelanja selama pandemi. Apalagi, orang tua di masa kini sudah melek teknologi dan lebih senang berbelanja online. Oleh sebab itu, Anda memiliki peluang mendapatkan keuntungan besar dengan jualan online produk-produk bayi dan anak.

Produk perlengkapan bayi yang paling laris di toko online adalah mainan bayi, perlengkapan mandi bayi, perlengkapan tidur bayi, baju bayi, dan popok bayi. Selain itu, belakangan ini juga ada peningkatan permintaan untuk makanan bayi homemade siap santap tapi belum banyak toko online yang menjualnya. Mungkin Anda bisa mengambil peluang tersebut.

8. Gadget dan Aksesorisnya

Kebutuhan perangkat telekomunikasi telah menjadi saah satu kebutuhan utama di Indonesia. Setiap orang pasti tertarik untuk membeli gadget baru ataupun aksesoris untuk gadgetnya. Smartphone adalah produk untuk jualan online yang paling menjanjikan. Setiap buan rasanya ada saja model smartphone baru yang keluar dan konsumen selalu berbondong-bondong membelinya. Tetapi, perlu diakui untuk membuka bisnis online gadget membutuhkan modal yang cukup besar.

Untuk mengakalinya, Anda bisa menawarkan berbagai perlengkapan dan aksesoris untuk smartphone. Misalnya, charger, kabel data, earphone, case HP, dan lain-lain. Modal untuk produk-produk tersebut jauh lebih rendah tapi prospek bisnisnya sama-sama menguntungkan.

Baca juga: Cara Membuat Website Toko Online dengan Mudah

9. Perlengkapan Hewan Peliharaan

Selama masa pandemi, banyak orang yang mulai mengadopsi hewan peliharaan untuk menemani keseharian. Dengan meningkatnya jumlah hewan peliharaan, maka meningkat pula permintaan untuk produk-produk keperluan hewan peliharaan. Di sinilah peluang Anda untuk membuat bisnis yang laku setiap hari.

Pertama, tentukan dulu hewan peliharaan jenis apa yang akan Anda jadikan target. Perlengkapan untuk kucing, anjing, hamster, dan kelinci adalah pilihan yang paling aman karena jumlah peminatnya banyak. Tapi Anda juga bisa berspesialisasi untuk menjual produk khusus hewan peliharaan eksotik seperti ikan, kura-kura, dan reptil.

Untuk kategori ini, makanan hewan dan snack hewan adalah produk yang paling laku karena pasti akan terus dicari. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan tempat tidur hewan, kalung hewan, mainan, dan sebagainya.

10. Alat Olahraga

Produk lainnya yang memiliki peluang untuk dijadikan bisnis jualan online yang laris manis setiap hari adalah peralatan olahraga. Contohnya adalah ketika di Indonesia salah satu brand dari produk sepeda lipat menjadi tren, dengan begitu permintaan peralatan serta aksesoris khususnya yang berkaitan dengan produk sepeda meningkat.

Untuk memulai menjual peralatan olahraga memang bisa dikatakan susah-susah gampang, khususnya dikarenakan modal awal yang dibutuhkan cukup besar. Namun untuk mesiasati persoalan tersebut, Anda dapat moncoba menjadi sebagai reseller atau dropshipper. Di mana nantinya Anda hanya perlu bertanggung jawab untuk mengelola toko online, konten marketing, sampai pemesanan dari konsumen tanpa perlu memikirkan modal awal untuk menyediakan produk yang akan dijual.

Banner Ads - Lead Gen 2

11. Alat Tulis dan Perlengkapan Kantor

Berbelanja secara online memberikan keuntungan besar bagi pembeli karena mereka dapat dengan mudah dan cepat mencari serta mendapatkan produk atau jasa yang mereka butuhkan.

Tidak hanya untuk kebutuhan rumah tangga atau fashion, tetapi alat tulis kantor juga merupakan produk yang diminati di pasaran. Pembeli tidak lagi perlu pergi ke toko fisik ketika mereka memerlukan barang-barang yang mendukung kelancaran bisnis.

Oleh karena itu, Anda dapat mencoba membuka toko online khusus yang menyediakan alat tulis kantor (ATK). Beberapa produk unggulan termasuk buku catatan, tempat pensil, sticky notes, dan berbagai produk ATK lainnya.

Itulah beberapa ringkasan singkat mengenai jenis produk untuk jualan online yang laku setiap harinya.

Penjelasan diatas pilihan cara untuk memanfaatkan teknologi, salah satunya adalah dengan berjualan online. Beberapa hal lainnya yang perlu diingat dalam menjalankan bisnis online adalah Anda perlu memahami terlebih dahulu produk yang memiliki banyak permintaan, persaingan harga dengan kompetitor, serta siapa target pasar Anda. Selamat mecoba dan semoga sukses jualan online yang laku setiap hari.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat