12 Kelebihan SEO dalam Bisnis Online

Ada berbagai kelebihan SEO dalam bisnis online yang tentunya tidak boleh dilewatkan. Selain itu juga ada manfaat SEO. Semua orang pasti ingin bisnis yang dijalankan maju, bukan? Namun terkadang untuk bisa membuat bisnis maju dan berkembang, ada banyak sekali halangan. Dari penerapan strategi marketing hingga banyaknya pesaing di luar sana.

Kedua halangan itu memang mau tidak mau wajib dihadapi. Tidak boleh malah Anda patah semangat di tengah jalan karena pada akhirnya, selalu saja ada rintangan di dalam membangun bisnis lebih maju lagi. 

Khusus untuk marketing sendiri, Anda memang sangat disarankan untuk memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization). Mungkin sudah banyak yang sudah pernah mendengar tentang manfaat SEO untuk bisnis dan mengerti bagaimana cara kerjanya secara garis besar.

SEO bekerja dengan melakukan optimasi website sehingga jauh lebih mudah dicari dan ditemukan di mesin pencarian. Anda pasti selalu menggunakan search engine seperti Google setiap harinya. Ketika Anda memasukkan sebuah kata kunci atau keyword, maka akan muncul ribuan hasil di sana. Nah, jika Anda melihat beberapa website di halaman pertama hasil pencarian, pasti website-website itu bisa mendapatkan traffic lebih tinggi. Itulah yang ingin dicapai oleh SEO.

SEO fokus pada meningkatkan peringkat website Anda di hasil pencarian Google sesuai dengan keyword yang dioptimasi. Jika pengerjaannya tepat, maka website Anda pasti mendapatkan traffic yang tinggi. Apa dampak positifnya? Peningkatan brand awareness, leads, hingga sales bisa diraih dengan pelan tapi pasti.

Ya, benar sekali. Optimasi website dengan SEO memang bukanlah pekerjaan yang cepat. Diperlukan strategi, cara pengerjaan, dan jangka waktu yang tepat untuk mendapatkan hasil sesuai target. Walaupun pengerjaannya terdengar lama, namun hasil yang diberikan jauh lebih stabil dan dapat bertahan jauh lebih lama. Itulah mengapa Anda sebaiknya tidak melewatkan informasi ini.

ToffeeDev telah merangkum kelebihan SEO dalam bisnis online yang dapat Anda manfaatkan. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Kelebihan SEO dalam Bisnis Online

Total ada 12 kelebihan SEO yang bisa dimanfaatkan dalam bisnis online. Masing-masing kelebihan ini sangat bisa Anda dapatkan secara keseluruhan. Jadi tidak ada kelebihan yang saling menutupi, malah saling menguatkan. Jadi apa saja kelebihan dari SEO?

1. Mendatangkan Traffic

Seperti yang sudah disinggung di atas, fokus utama dari SEO adalah meningkatkan traffic. Itulah yang menjadi kelebihan utama dari SEO. Teknik SEO membuat traffic website Anda menjadi lebih tinggi.

Tentu saja ini adalah hal yang sangat wajar karena website bisnis Anda bisa berada di peringkat atas atau halaman pertama dari hasil pencarian Google. Dengan begitu jauh lebih berpeluang untuk dibuka. Bahkan semakin tinggi posisi website di hasil pencarian Google, maka traffic juga semakin banyak juga. 

Konsumen juga lebih percaya dengan website bisnis yang ada di peringkat pertama hasil pencarian Google. Dengan begitu bisnis yang dijalankan dapat tumbuh pesat berkat SEO.

2. SEO = Promosi

Anda sudah sering melakukan berbagai teknik promosi tapi hasilnya tidak sesuai target? Maka jangan ragu untuk berpindah ke optimasi SEO. 

Promosi menggunakan brosur, selebaran, dan bentuk-bentuk lain secara fisik tidak akan memberikan perkembangan bisnis yang signifikan. Cara pemasaran tradisional itu tidak selamanya cocok untuk bisnis, khususnya bagi bisnis yang memang baru merintis.

Daripada berkutat di cara pemasaran tradisional, lebih baik Anda fokus ke SEO. Alasannya adalah SEO sudah sama dengan promosi. SEO mampu menargetkan calon konsumen yang memang sesuai bisnis Anda. Strategi marketing ini menjadi lebih efektif dan tertarget untuk promosi digital.

Jasa SEO

3. Gratis

Banyak yang berpikir bahwa memilih strategi marketing SEO itu memakan biaya banyak. Padahal sama sekali tidak. Jika memang Anda berniat untuk belajar SEO dari 0, maka ketika pengerjaannya bisa dipastikan hampir gratis. 

Namun tidak dapat dimungkiri bahwa pengerjaan SEO membutuhkan bantuan berbagai tools. Memang ada versi gratisnya, namun jika ingin mendapatkan hasil paling maksimal, Anda dapat berlangganan beberapa tools SEO. Tapi tenang saja, hasil yang didapatkan pun juga pasti sebanding.

4. SEO Bekerja 24 Jam 

SEO fokus pada kekuatan teknologi dan mesin Google yang terus bekerja selama 24 jam non stop. Peringkat website bisnis Anda akan terus bertahan sepanjang waktu. Namun tetap saja harus diperhatikan secara berkala karena pesaing lainnya pasti mencoba mengambil posisi Anda di peringkat pertama. 

Itulah mengapa Anda harus melihat traffic website secara berkala sehingga jika ada penurunan peringkat, langsung dicari solusi lebih cepat lagi.

5. Target yang Sesuai

Ketika penggunaan selebaran dan brosur mencoba meraih calon konsumen sebanyak-banyak, target itu tidak relevan dengan SEO. Setiap bisnis pasti memiliki target calon konsumen berbeda-beda. Dengan menggunakan cara marketing tradisional, maka target calon konsumen yang ingin Anda capai jauh lebih sulit didapatkan. Namun dengan SEO, Anda bisa mencapai target yang sesuai dan jelas.

Penggunaan keyword oleh pengguna internet membuat mereka dapat langsung melihat bisnis yang memang dibutuhkan, termasuk bisnis Anda sendiri. Penargetan keyword ini yang membuat cara optimasi website SEO bisa memberikan traffic berkualitas.

6. Meningkatkan Brand Awareness

Meningkatkan brand awareness bukan pekerjaan mudah. Apalagi dengan banyaknya pesaing di luar sana. Untungnya dengan SEO, Anda bisa meningkatkan brand awareness dengan lebih cepat dan tepat. 

Ketika website Anda ada di peringkat pertama atau halaman pertama hasil pencarian Google, orang jauh lebih mudah untuk menemukan dan mau mengklik website tersebut. Selanjutnya, mereka bisa melihat isi dari website, khususnya bagian produk. Walaupun saat itu pengunjung belum langsung memutuskan untuk membeli, setidaknya mereka dapat mengingat brand Anda.

7. Mampu Meningkatkan Penjualan

Pengunjung website yang memang potensial tidak selamanya langsung membeli produk Anda. Tapi dengan mengetahui bisnis Anda terlebih dulu, mungkin pada waktu-waktu mendatang, mereka kembali membuka website Anda. Jadi SEO memang tidak langsung meningkatkan penjualan secara pesat pada satu waktu. Namun secara perlahan tapi pasti.

Baca Juga: 5 Peran SEO Dalam Pemasaran Online

8. Berpotensi Mendapatkan Pelanggan Tetap

Jika sudah mendapatkan konsumen yang membeli produk Anda sekali, apa yang harus dilakukan? Jawabannya adalah meningkatkan kualitas dan memberikan produk terbaik. 

Anda harus sebisa mungkin mengungguli kompetitor dengan terus mengembangkan produk dan service. Buat hal yang berbeda juga sehingga bisa mendapatkan pelanggan tetap karena terus melakukan pemesanan secara berulang-ulang. Kondisi ini dapat meningkatkan omzet penjualan Anda berkali-kali lipat.

9. Website Mudah Ditemukan

Banyak bisnis yang langsung membuat website ketika baru berdiri. Langkah ini memang tepat karena dengan memiliki website, bisnis tersebut lebih mudah dan cepat ditemukan ketika dicari orang di mesin pencari . Namun ada kelebihan lain ketika memanfaatkan SEO.

Tingkat visibilitas website menjadi lebih tinggi karena ada berbagai keyword yang ditargetkan di sana. Ketika Anda memiliki satu laman produk, maka optimasi keyword yang sesuai. Begitu juga untuk laman blog. Anda harus optimasi keyword yang sesuai dengan isi konten di dalamnya. Semakin banyak laman di dalam website yang dioptimasi, maka semakin mudah bisnis Anda ditemukan di internet. Menarik, bukan?

10. Mampu Bersaing

Persaingan bisnis pasti selalu ada. Dengan berbagai strategi yang dijalankan, maka Anda sebisa mungkin berusaha mengalahkan perusahaan-perusahaan yang sudah terlebih dulu muncul dan berkembang. Beruntung, SEO membuat bisnis Anda mampu bersaing dengan perusahaan besar sekalipun.

Anda tidak perlu merasa takut konsumen memilih untuk belanja di perusahaan lain. Apabila Anda melakukan teknik SEO secara tepat, maka persaingan bisnis online menjadi lebih terbuka dan kompetitif. 

Ingat, semua orang bisa mempelajari SEO jika memang ingin memahaminya. Bahkan SEO sangat disarankan untuk dilakukan bisnis berskala kecil. Teknik SEO yang baik mampu mengalahkan perusahaan besar.

Baca Juga: Belajar SEO Bisa Memperkecil Budget Iklanmu

11. Investasi Jangka Panjang

Sejak awal, SEO selalu dinilai sebagai investasi marketing jangka panjang yang terbaik. Bahkan jika memang sukses dengan SEO, teknik ini menjadi aset jangka panjang yang harus terus dipertahankan. 

Peningkatan traffic, leads, brand awareness, hingga sales bisa dirasakan selama menggunakan SEO. Seluruh keuntungan itu pun bisa didapatkan dengan jauh lebih banyak jika Anda membandingkan hasilnya dengan cara marketing tradisional. 

Bayangkan saja, jika website bisnis Anda sudah berhasil menduduki peringkat pertama hasil pencarian Google sesuai keyword yang ditargetkan, maka apa saja keuntungan yang dirasakan? Sudah pasti Anda mengetahui jawabannya. 

Traffic pengunjung ke dalam website yang terus menerus juga membuat Anda dapat memilih untuk berhenti beriklan di tempat lain, lalu fokus dengan SEO. Sudah untung, lebih hemat pula juga. 

12. Mendapatkan Seluruh Kelebihan Secara Bersamaan

Seluruh kelebihan yang telah dibahas dan dijelaskan satu per satu di atas bisa Anda dapatkan secara keseluruhan dalam satu waktu. SEO memang tidak pernah memberikan kerugian besar jika Anda melakukan strategi ini dengan tepat tanpa ada campur tangan kecurangan.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Tentang Semantik SEO

SEO memang sangat menguntungkan karena ketika dijalankan secara tepat, seluruh kelebihan langsung didapatkan, tanpa terkecuali. Selain itu SEO juga tidak terlalu sulit untuk dipelajari. Namun ingat, dengan banyaknya bisnis yang menjalankan SEO, maka pihak Google selalu memberikan update mengenai teknik-teknik SEO yang dapat dijalankan di sana.

Pada masanya, cukup banyak bisnis yang mencoba memanfaatkan kurangnya pengawasan teknik SEO dari Google sehingga berani untuk melakukan cara-cara curang. Memang, cara-cara tersebut langsung meningkatkan posisi website tersebut di hasil pencarian Google. Bahkan mencapai peringkat pertama. Untungnya Google sudah jauh lebih mengerti bagaimana menghalau para pelaku curang itu. Akhirnya, persaingan SEO menjadi lebih sehat dan jujur. 

Jadi itulah penjelasan tentang berbagai kelebihan SEO dalam bisnis online yang sangat sayang untuk dilewatkan. Informasi ini semoga bermanfaat untuk Anda dan memberikan insight bagi yang ingin mengenal dunia SEO lebih dalam.

Untuk menjalankan teknik SEO untuk bisnis online memang memerlukan dukungan tim profesional yang sudah memiliki pengalaman dalam menjalankan strategi digital marketing bagi berbagai jenis bisnis. Inilah mengapa ToffeeDev hadir untuk memberikan dukungan promosi bisnis Anda melalui Jasa SEO.

Tim SEO dari ToffeeDev telah memiliki pengalaman dalam mendukung berbagai jenis industri dan bisnis yang ingin meningkatkan brand awareness hingga sales. Melalui pengalaman yang ada, tim SEO ToffeeDev siap membantu Anda untuk mencapai target bisnis selanjutnya dan mendukung bisnis agar terus bertumbuh pesat.  Segera hubungi tim ToffeeDev untuk melakukan konsultasi bisnis sekarang juga!

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat