Apa Fungsi Search Engine untuk Bisnis? Simak Selengkapnya!

apa fungsi search engine

Seiring perkembangan jaman, penggunaan search engine untuk mencari informasi sudah menjadi hal yang umum di lakukan. Banyaknya informasi yang dapat disediakan hanya dengan memasukkan kata kunci, sangat membantu kita mencari informasi yang cukup akurat. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui atau bahkan mengerti penggunaan fungsi search engine itu sendiri. Oleh karena itu di artikel ini kami akan membahas mengenai fungsi serta cara kerja mesin pencari atau search engine.

google, search engine, browser

Apa itu Search Engine?

Search engine atau mesin pencari adalah program yang dibuat untuk mencari informasi di dalam sebuah database atau internet yang disesuaikan berdasarkan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. Hasil dari pencarian kata kunci yang dimasukkan ke mesin pencari atau yang biasa disebut Search Engine Result Page (SERP) akan menampilan beberapa domain yang memiliki artikel-artikel yang terkait dengan kata kunci yang kita masukkan.

Bagaimana Fungsi dan Cara Kerja Search Engine?

Secara umum, fungsi search engine yang kita ketahui adalah untuk mencari informasi yang tersedia di internet. Tetapi secara luas, fungsi search engine tidak hanya sebatas mencari informasi, namun juga bisa menjadi media untuk pemasaran. Berikut adalah beberapa fungsi dari search engine.

Banner - SEO General

1. Crawling (Menjelajahi Konten serta Alamat pada Website)

Alamat dan konten pada website yang tersebar di World wide web sangatlah banyak. Oleh sebab itu salah satu fungsi search engine adalah mencari informasi dan mengindentifikasi berdasarkan kata kunci yang di gunakan atau biasa disebut dengan crawling. Masing-masing search engine memiliki bot yang biasa disebut dengan “Crawler” yang bertugas untuk menjelajahi internet dan mendata situs web melalui alamatnya hyperlink-nya.

Masing-masing search engine mempunyai crawler sendiri dan biasanya dinamai sesuai dengan nama search engine tersebut, sebagai contoh:

2. Indexing (Menyimpan Informasi)

Setelah crawler memperoleh informasi dan konten dari website, search engine akan memproses dan juga menyimpan informasi yang mereka dapatkan didalam sebuah database atau biasa disebut Index. Search engine akan menyediakan informasi yang sudah disimpan melalui kata kunci yang digunakan oleh pengguna. Namun search engine tidak akan menyimpan semua konten yang ada di Internet. Mesin pencari akan menentukan halaman mana yang perlu crawling, berdasarkan jumlah halaman lain yang menaruh link ke halaman tersebut dan jumlah pengunjung yang mengakses website tersebut. Jadi, apabila suatu halaman sering muncul di halaman lain dan mendapatkan pengunjung yang tidak sedikit, kemungkinan besar halaman itu memang penting.

Halaman yang dianggap penting oleh search engine ini biasanya berisi konten atau informasi yang sangat relevan atau dibutuhkan oleh banyak orang, sehingga search engine pasti akan memasukkannya ke indeks agar orang-orang lebih mudah mengaksesnya.

Baca juga: Mengenal Schema Dalam Website dan Search Engine

3. Ranking (Mengurutkan Hasil Pencarian)

Fungsi search engine selanjutnya adalah mengurutkan hasil pencarian sesuai dengan tingkat relevansinya dan menampilkannya di halaman hasil pencarian. Artinya semakin tinggi peringkat suatu website, semakin relevan search engine tersebut meyakini bahwa website tersebut sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna pada mesin pencari. Di sisi lain, bagi bisnis, berada di halaman pertama search engine result page (SERP) adalah faktor penting bagi peningkatan bisnis. Tak heran, banyak upaya peningkatan optimasi mesin pencari atau Search Engine Optimizer (SEO)

Banner - Ebook SEO

Jenis-Jenis Search Engine

Pencarian search engine bukan hanya Google saja, tetapi ada beberapa jenis mesin pencari lain yang bisa kamu gunakan untuk menemukan informasi. Berikut jenis-jenisnya:

1. Bing

Microsoft meluncurkan mesin pencari Bing pada tahun 2008. Empat mesin pencari Microsoft sebelumnya dalam produksi adalah Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search dan kemudian telah dilahirkan kembali sebagai Bing.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Google Search Engine?

2. Yahoo!

Yahoo adalah perusahaan Internet global dengan kantor pusat di Sunnyvale, California. Yahoo menyertakan layanan email dan mesin pencari. Yahoo juga menawarkan fitur lain seperti news dan finance.

Baca juga: Pengertian Search Engine Optimizer (SEO) – Apa itu SEO?

3. Baidu

Mesin pencari Baidu dikembangkan di Cina dan tersedia secara eksklusif di sana. Karena kebutuhan untuk menggunakan Baidu saat melakukan bisnis di pasar internet China, para pebisnis biasanya memanfaatkan mesin pencari ini.

4. Yandex

Yandex merupakan mesin pencari yang paling populer dan utama di Rusia. Dibandingkan menggunakan mesin pencari lainnya, tercatat hampir 50% di negaranya menggunakan mesin pencari ini. Selain itu, mesin pencari ini juga banyak digunakan di negara Arab seperti Ukraina, Turki, Belarusia, dan Kazakhstan.

digital marketing, seo, google

Algoritma Google

Google menggunakan Google Search sebagai metode menemukan informasi yang paling relevan dalam database-nya. Bagaimana cara kerja algoritme Google Search sehingga hasil penelusuran yang relevan dan berkualitas tinggi ditampilkan di bagian atas daftar hasil penelusuran?

Untuk menemukan semua informasi baru, mesin pencari ini pertama-tama akan menjelajahi halaman web dan menyisir internet menggunakan algoritme otomatis. Aplikasi kemudian mencatat situs web, termasuk kata-kata yang digunakan dan judulnya.

Algoritme juga memeriksa dengan cermat siapa yang mungkin tertarik untuk menemukan situs tersebut dan apa saja yang ada di dalamnya. Sederhananya, algoritme Google menemukan data baru, membuat catatan tentangnya, lalu menyimpan data tersebut secara akurat dalam database.

Selanjutnya, Google mengindeks cara terbaik untuk memastikan cocok atau tidaknya informasi dalam database kemudian menampilkannya. Sehingga ketika Anda mengetik suatu kata kunci pada kolom pencarian, sistem peringkatnya memilah dan menampilkan hasil pencarian paling relevan dalam sekejap.

Secara keseluruhan, tujuan dari algoritme pencarian ini adalah untuk memberi orang pengalaman pencarian sebaik mungkin dan membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk menemukan apa yang mereka cari. Perlu diketahui bahwa Google sering memodifikasi algoritmenya untuk meningkatkan relevansi penelusuran dan user experience.

Baca Juga: Pahami Cara Kerja SEO yang Bisa Membantu Bisnis Anda

Bagaimana cara search engine menentukan peringkat suatu website?

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi peringkat halaman website di search engine, yaitu:

  • Kecepatan website

  • Trafik / jumlah pengunjung website

  • Faktor keamanan website (SSL atau HTTPS)

  • Jumlah kata / panjang konten

  • Optimasi website versi mobile

  • Sosial branding

  • Kualitas konten

  • Penggunaan keyword (kata kunci)

  • Jumlah backlink

Banner - SEO x CRO

Kesimpulan

Search engine (mesin pencari) menjadi teknologi yang sangat berguna di era digital ini.Penggunaan mesin pencari sangat dibutuhkan karena program tersebut memiliki bermacam-macam informasi yang dibutuhkan oleh orang-orang yang menggunakannya. Sudah menjadi hal yang umum diketahui bahwa teknologi ini akan semakin berkembang dan menjadi solusi dari berbagai macam masalah seputar informasi.

Fungsi search engine yang semakin hari kian berkembang mampu memberikan kemudahan untuk pengguna dalam memperoleh informasi dengan sangat cepat. Ketergantungan manusia dalam mencari informasi dan mengetahui kemudahan menggunakan mesin pencari akan menjadi hal yang kemungkinan terjadi.

Pengguna yang sangat banyak juga membuat mesin pencari menjadi peluang bagus bagi pemilik usaha untuk memasarkan produk atau jasa mereka melalui situs web mereka sendiri maupun media sosial.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top