Kenapa Bisnis Memerlukan Nama Domain – Ask Monday #5

Domain name atau nama domain sangat dibutuhkan oleh pebisnis saat ini, apalagi di era yang serba digital seperti sekarang ini. Alasan apa yang paling mendasari kebutuhan pebisnis ini sebenarnya? Simak disini.

Nama domainĀ itu sendiri adalah nama yang digunakan untuk bisnis anda didunia digital. Nama domain biasa diakhiri dengan .com, .co.id, .net, dan lain-lain. Ini merupakan elemen penting, karena nama domain adalah properti di dunia digital.

Perlu Anda ketahui, bahwa nama domain hanya dapat digunakan sekali saja oleh satu perusahaan/nama seseorang. Misal, jika Anda menginginkan nama domainĀ domainsaya.comĀ namun itu tidak tersedia, maka Anda harus mencari nama alternatif lain untuk digunakan. Maka dari itu, sebelum memilih nama domain alangkah baiknya Anda cek terlebih dahulu ketersediaan nama domain diĀ http://toffeehost.com.

Nama domain bisa menjadi sesuatu yang sangat penting, nama domain layaknya sebuah kartu nama dalam dunia nyata yang akan memperkenalkan siapa anda. Ini menjadi hal yang sangat penting, dikarenakan orang tidak akan memanggil anda saat dia tidak mengetahui nama Anda.

Namun terkadang orang bisa saja tidak mengingat nama Anda tapi mengingat karakteristik. Ini sesuatu yang berbeda lagi karna sudah menjurus kepada branding. Branding tentu memiliki langkah yang berbeda juga, namun tak ada branding yang lebih baik selain memulai dari karakter nama Anda maupun nama perusahaan Anda.

Nama domain juga demikian saat nama domain Anda simpel, mudah diingat, punya karakter tersendiri atau berbeda dari yang lain, menunjukan siapa Anda saat mengucapkannya. Ini cara paling simpel saat memperkenalkan diri pada calon konsumen Anda nantinya.

Tanpa menjelaskan siapa Anda mungkin calon konsumn Anda dapat mendefinisikan tentang Anda. Jadi sudah bisa terlihat bagaimana peran sebuah nama domain untuk industri Anda ?. Atau mungkin saat ini sudah memikirkan tentang domain yang akan digunakan dalam dunia digital.

Hal penting lagi yang mesti diingat ialah, saat memustuskan menggunakan suatu nama itu akan menjadikan nama Anda didunia digital. Saat salahĀ  menggunakan nama atau kurang tepat akan sangat berdampak pada brand atau perusahaan anda sendiri. Mengapa demikian ? Saat suatu nama domain anda diputuskan dan setelah berjalan kemudian merasakan ketidakcocokan maupun sulitnya mengangkat popularitas didunia maya.

Dan saat itu anda mulai berpikir untuk merubah, mengubahnya berarti mengubah link, dengan kata lain merubah alamat rumah serta akan merubah rute jalan ke alamat tersebut. Dan itu perlu waktu hingga konsumen atau orang lain akan menemukan alamat atau rute menuju alamat Anda lagi.

Jadi mulailah berpikir yang terbaik untuk bisnis Anda, karna menempatakan bisnis didunia digital adalah investasi terbaik untuk bisnis anda kedepannya.

Jika memiliki pertanyaan seputar dunia Digital, silahkan hubungi kami di 021-5890 1608 atau via email di [email protected]

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat