Mengenal Apa Itu Konsep Kepemimpinan Dalam Manajemen Bisnis

Apa itu konsep Kepemimpinan

Tidak ada organisasi mana pun yang tidak membutuhkan pemimpin, termasuk perusahaan. Kepemimpinan dalam manajemen perusahaan dapat diibaratkan layaknya kapten tim olahraga. Perusahaan Anda tidak akan berjalan lancar tanpa kehadiran pemimpin di dalam sistem manajemennya.

Anda harus mengetahui konsep kepemimpinan yang benar apabila ingin melahirkan pemimpin yang baik di perusahaan. Apa saja peran yang dilakukan seorang pemimpin dalam perusahaan? Bagaimana cara mengembangkan sikap kepemimpinan tersebut? Cari tahu penjelasannya dalam artikel ini.

Konsep Kepemimpinan dalam Manajemen Bisnis

Apakah kepemimpinan itu? Zeitchik (2012) menyatakan bahwa kepemimpinan adalah tindakan memberi inspirasi kepada orang lain untuk mengejar tujuan atau visi yang sudah ditetapkan. Pemimpin juga menginspirasi anggotanya agar mereka memiliki upaya yang sama dalam mengejar visi sehingga menghasilkan kesuksesan bersama.

Tony Robbins, salah satu penulis buku kepemimpinan abad ke-21, mengungkapkan bahwa kepemimpinan berfokus pada kemampuan untuk menginspirasi dan mengorganisasi orang lain demi mencapai tujuan bersama. Seorang pemimpin membutuhkan skill kepemimpinan agar lebih efektif dalam memimpin sejumlah orang.

Ada banyak faktor yang memengaruhi tipe kepemimpinan dalam individu. Faktor tersebut terbagi menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal mencakup kepribadian, minat, dan talenta seseorang, sedangkan faktor eksternal berfokus pada latihan, pembelajaran, dan ambisi seseorang.

Semua orang memiliki kepribadian dan karakter yang berbeda. Kepemimpinan ditunjukkan sesuai kepribadian dan karakter seseorang saat menjadi pemimpin. Itulah alasan tidak ada konsep kepemimpinan yang sempurna, semuanya tergantung pada individu pemimpin tersebut.

Mengenal Peran Kepemimpinan dalam Manajemen

Setiap manajemen, baik keuangan, produksi, bahkan sumber daya manusia (SDM) dalam perusahaan dioperasikan oleh sejumlah karyawan. Karyawan membutuhkan seorang pemimpin karena sosok ini membawa peran besar bagi manajemen perusahaan. Apa saja perannya?

1. Memberikan Inspirasi dan Motivasi

Memberikan Inspirasi dan Motivasi

Seorang pemimpin harus mampu memberikan inspirasi dan motivasi kepada karyawan di bawah kepemimpinannya. Karyawan akan lebih semangat bekerja dan memberikan kontribusi terbaik untuk perusahaan berkat motivasi dari pemimpinnya.

2. Menjadi Teladan yang Baik

Di mata karyawan, pemimpin merupakan role model yang wajib ditiru. Oleh karena itu, pemimpin harus memberikan teladan yang baik dalam tindakan, sikap, dan perkataan, termasuk pula manajemen waktu. Citra suatu departemen dalam perusahaan akan rusak apabila seluruh anggotanya mengikuti teladan yang buruk dari pemimpinnya.

Baca Juga: Karakteristik Kepemimpinan yang Baik dan Efektif dalam Bisnis

3. Menentukan Struktur dan Alur Komunikasi

Pemimpin harus mampu berpikir kritis karena mereka akan menentukan struktur organisasi masing-masing karyawan. Struktur organisasi yang jelas dan terarah akan memperlancar alur komunikasi antar karyawan. Alur komunikasi ini membantu karyawan agar tidak kebingungan dalam melaporkan suatu kendala.

4. Memberikan Visi

Pemimpin sudah selayaknya harus memiliki visi dan tujuan jelas dalam menjalankan perusahaan. Visi tersebut diberitahukan kepada seluruh karyawan agar mereka memiliki gambaran jelas mengenai tujuan yang ingin dicapai. Karyawan pun dapat bekerja lebih efektif dan berkontribusi besar dalam membangun kesuksesan perusahaan.

7 Tips Mengembangkan Sifat Kepemimpinan yang Baik

Sebagian dari kita pasti pernah berpikir bahwa sifat kepemimpinan merupakan bawaan lahir. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar karena Anda justru dapat mengembangkan sikap atau kompetensi ini di usia sekarang. Bagaimana caranya? Lakukan tujuh cara di bawah ini untuk menjadi pemimpin yang andal di perusahaan.

1. Mulailah Berinisiatif

Pemimpin terbaik selalu berinisiatif dalam pekerjaan atau tanggung jawabnya. Inisiatif dimulai dari keberanian untuk keluar dari zona nyaman dan berani menantang diri sendiri untuk berkembang. Mulailah bersikap inisiatif dengan mengambil kesempatan apa pun di perusahaan atau departemen Anda sendiri.

Jasa SEO

2. Berikan Motivasi kepada Rekan Kerja

Salah satu harapan seorang pemimpin adalah menjadi sosok yang mengayomi orang di bawah kepemimpinannya. Sikap ini dapat dimulai dari memberikan motivasi dan semangat kepada rekan kerja apabila mereka berada dalam kesulitan. Pemimpin yang terus memberikan motivasi dapat menciptakan lingkungan kerja yang positif dan harmonis.

Baca Juga: Mari Kenali Macam-Macam Gaya Kepemimpinan

3. Jadilah Pendengar Aktif

Menjadi Pendengar yang baik

Seorang pemimpin wajib memiliki kemampuan komunikasi yang efektif karena mereka akan berhubungan langsung dengan banyak orang. Komunikasi yang efektif tidak sekadar dilihat dari kemampuan berbicara dan menyatakan pendapat, tetapi menjadi pendengar aktif pula. Mulailah menjadi pendengar aktif bagi karyawan dan perhatikan bahasa tubuh serta kontak mata saat berkomunikasi bersama mereka.

4. Mulai Hidup Disiplin

Kedisiplinan sangat diperlukan agar pemimpin bisa mencapai tujuan sesuai target waktu yang telah ditetapkan. Sifat ini memang susah dikembangkan, tetapi bukan berarti mustahil. Anda bisa mulai hidup disiplin di lingkungan kerja mulai dari datang ke kantor tepat waktu dan langsung mengerjakan tanggung jawab yang diberikan.

Baca Juga: 3 Cara Untuk Membangun Kesuksesan dan Keyakinan Sebagai Seorang Pemimpin

5. Jangan Berhenti Belajar

Jangan Berhenti Belajar

Walaupun telah menjadi pemimpin, bukan berarti Anda harus berhenti belajar. Presiden Amerika John F. Kennedy berkata bahwa kepemimpinan dan pembelajaran adalah dua hal yang tak terpisahkan. Lagi pula, tren bisnis dan masyarakat selalu berubah sehingga Anda harus terus belajar agar bisa mengejar perubahan tersebut.

6. Berani Menyelesaikan Konflik

Pemimpin yang dapat diandalkan selalu berani menghadapi masalah dan menyelesaikannya. Mereka selalu turun tangan dan berbicara langsung kepada karyawan yang bermasalah. Namun, mereka juga bijak dan tidak asal menyalahkan karyawan, melainkan mendengar alasan munculnya masalah tersebut dari sisi karyawan.

7. Belajar Mendelegasikan Tugas

Terakhir, pemimpin yang baik tidak menaruh semua beban di pundaknya sendiri. Mereka selalu mendelegasikan tugas dan pekerjaan kepada karyawannya. Pekerjaan dapat menjadi sarana untuk mengeluarkan potensi dan kemampuan terbaik dalam diri karyawan. Alhasil, karyawan makin berkembang dan mereka siap melanjutkan regenerasi sebagai pemimpin baru di perusahaan.

Kepemimpinan merupakan hal yang tak terpisahkan karena membawa banyak peran bagi perusahaan. Menjadi seorang pemimpin bukanlah hal yang mudah, tetapi tujuh cara di artikel ini dapat menjadi panduan bagi Anda.

Sikap kepemimpinan dalam manajemen mencakup bijak saat membuat keputusan pula. Ketika bisnis baru berkembang dan masih kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM), Anda dapat mencoba mengandalkan jasa dari eksternal perusahaan, seperti jasa digital marketing dari ToffeeDev

Ya, kami senantiasa hadir untuk bisnis baru yang ingin mengembangkan strategi digital marketing agar tepat sasaran dan berhasil meraih banyak konsumen. Ingin mengetahui strategi pemasaran digital yang tepat untuk bisnis Anda? Hubungi kami segera dan konsultasikan target Anda untuk memperoleh lebih banyak konsumen dalam bisnis.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat