Kenali Keunggulan Email Marketing untuk Bisnis Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Penggunaan email sebagai sarana pemasaran sudah dimulai sejak tahun 1970-an. Meski sudah tak lagi anyar, namun sampai saat ini keunggulan email marketing masih bisa dirasakan berbagai sektor bisnis. Selain mudah dan praktis, promosi dengan menggunakan email sangat terjangkau.

Keunggulan Email Marketing

Penggunaan email marketing bisa membawa strategi konten perusahaan Anda ke level berikutnya. Dengan menambahkan email marketing sebagai salah satu bagian promosi, Anda bisa terhubung secara langsung melalui inbox mereka. 

Baca Juga : Berbagai Jenis Email Marketing yang Bisa Membantu Bisnis Anda

Lantas, apa saja keunggulan email marketing sehingga Anda harus mulai mengintegrasikannya ke strategi pemasaran Anda? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut!

1. Memiliki Hasil yang Lebih Baik Dibanding Saluran Pemasaran Lain

Di antara berbagai saluran pemasaran yang ada, email marketing terbukti menghasilkan return on investment (ROI/laba atas investasi) tertinggi selama 10 tahun terakhir. Selain itu, tingkat konversinya juga tertinggi (66%) untuk aktivitas pembelian sebagai bentuk tanggapan atas promosi yang diterima.

2. Menjangkau Pelanggan Secara Personal

Tidak seperti sarana promosi lain yang ditujukan langsung kepada khalayak, email marketing yang dikirimkan ke alamat email sifatnya personal. Artinya ketika pelanggan Anda menerimanya, mereka akan lebih fokus dalam membaca dan memahami isinya. Ini jauh berbeda dibanding ketika mereka melihat promosi yang Anda pasang di postingan timeline Facebook maupun Twitter.

3. Jangkauan yang Sangat Luas

Seperti halnya digital marketing yang lain, strategi promosi dengan menggunakan email memungkinkan Anda menjangkau calon konsumen di mana saja mereka berada. Anda bisa mengirimkan email pada pelanggan di dalam negeri dan luar negeri. Dan ketika mereka berpindah tempat tinggal, Anda tetap bisa menghubungi mereka.

Baca Juga : Waktu Terbaik Mengirim Email Marketing yang Perlu Anda Ketahui

4. Dapat Dipersonalisasi

Meskipun banyak pemilik bisnis yang mengirimkan email yang sama ke banyak pelanggan sekaligus, namun Anda tetap bisa memberikan sentuhan personal dengan melakukan kustomisasi dan personalisasi email. Misalnya saja dengan memberikan diskon pelanggan di hari ulang tahun mereka.

5. Masih Akan Relevan dalam Waktu Lama

Jika email marketing pertama yang dikirim di tahun 1974 masih bermanfaat sampai sekarang, Anda tentu bisa membayangkan berapa lama lagi strategi marketing ini bisa digunakan. Kenyataannya, meski zaman berubah email masih menjadi bagian yang penting dari aktivitas internet orang-orang di berbagai belahan dunia.

Menurut survei yang dilakukan oleh HostPapa, sebanyak 94% pengguna internet masih menggunakan email. Sementara yang menggunakan media sosial hanya 61% saja. Dalam survei mereka juga ditemukan bahwa sebanyak 75% pengguna internet yang berusia dewasa mengungkap bahwa email marketing masih menjadi cara promosi yang mereka pilih.

6. Praktis dan Terjangkau

Selain berbagai keunggulan email marketing di atas, biaya yang murah serta cara penggunaan yang mudah membuat metode promosi ini tak lekang oleh waktu. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengatur dan melacak seluruh kampanye yang Anda lakukan melalui email. Biaya yang terjangkau juga menjadi alasan kenapa banyak bisnis kecil memilih untuk ikut menggunakannya.

Baca Juga : Top 10 Email Marketing Tips Untuk Local Business

Pada dasarnya, menjalankan strategi pemasaran secara digital tidak bisa dilakukan hanya dengan satu cara saja. Dengan segala keunggulan email marketing di atas, Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu kanal marketing yang mumpuni. Jika Anda masih bingung bagaimana melakukannya, ada ToffeeDev yang siap membantu Anda. Sebagai digital marketing agency terbaik, ToffeeDev siap membawa perusahaan Anda maju dengan memanfaatkan email marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post