Keunggulan & Kelemahan Google Analytics Universal Vs Google Analytics 4

Kabar tentang dihentikannya service Google Analytics Universal per 1 Juli 2023 sehingga semua user wajib pindah ke Google Analytics 4 menjadi satu informasi mengejutkan. Sebenarnya Google Analytics 4 sudah hadir dan digunakan dalam beberapa waktu terakhir. Namun untuk data-data lama yang dibuat di bawah tanggal 14 Oktober 2020 memang masih menggunakan Google Analytics Universal.

Melihat bagaimana kabar ini menjadi topik pembicaraan yang menarik untuk dibahas (ditambah dengan kewajiban untuk melakukan upgrade dari Google Analytics Universal ke Google Analytics 4), Anda perlu mengetahui apa saja keunggulan dan kelemahan yang dihadirkan oleh Google Analytics Universal dengan Google Analytics 4. Tanpa perlu berlama-lama lagi, simak informasi selengkapnya di bawah ini bersama ToffeeDev.

Google Analytics Universal vs Google Analytics 4

Secara garis besar sudah dapat dilihat bahwa Google Analytics Universal memang sudah ketinggalan zaman dari segi teknologi dibandingkan dengan Google Analytics 4. Mengingat Google Analytics Universal lahir jauh lebih dahulu, bahkan umurnya sudah lebih dari satu dekade.

Google memang ingin semua pengguna Google Analytics memaksimalkan fitur-fitur terbaru dari Google Analytics 4. Mereka melihat bahwa Google Analytics 4 sangat mampu mendukung bisnis dalam digital marketing secara lebih maksimal lagi. Poin-poin keunggulan dari upgrade ke Google Analytics 4 dijelaskan di bawah ini.

Memahami Konsumen

Google Analytics 4 memiliki keunggulan dalam memberikan data mengenai aktivitas konsumen secara lebih detail. Anda bisa mendapatkan data konsumen melalui pengukuran event-based yang terlihat menyeluruh. 

Bisnis Anda bisa lebih mudah dalam memahami para konsumen untuk mendapatkan angka penjualan yang lebih tinggi. Berbagai rintangan yang memiliki angka cukup tinggi dapat terminimalisir berkat Google Analytics 4. 

Meningkatkan ROI

Data-driven attribution menjadi keunggulan Google Analytics 4 untuk menganalisis customer journey di dalam strategi marketing Anda. Data atribusi yang diberikan oleh Google Analytics 4 tidak hanya sekadar klik saja, tapi juga bagaimana aktivitas marketing Anda secara menyeluruh sehingga dapat memengaruhi konversi. 

Mengukur Konversi Sesuai Kebutuhan Bisnis

Google Analytics 4 memberikan kontrol privasi yang lebih baik lagi. Anda dapat meminimalkan pengumpulan data dari pengguna, seperti cookie dan metadata, namun tetap mempertahankan analisis pengukuran secara tepat. 

Data yang Lebih Bernilai

Teknologi yang digunakan dalam Google Analytics 4 menghasilkan satu paket mesin yang lebih canggih untuk memahami perilaku dan konversi konsumen. Anda dapat menciptakan konsumen baru potensial, sekaligus informasi pendukung lainnya demi meningkatkan strategi digital marketing bisnis.

Menjadi Pusat Kolaborasi Produk Google

Integrasi Google Analytics 4 sudah diperluas untuk produk Google lainnya, seperti Google Ads yang berfungsi di seluruh aplikasi dan website Anda. Data di dalam Google Analytics 4 semakin bernilai lagi untuk meningkatkan pemasaran bisnis Anda untuk menghadapi persaingan yang ketat.

Tidak lengkap rasanya untuk membicarakan keunggulan tanpa membahas kelemahannya juga. Perpindahan dari Google Analytics Universal ke Google Analytics 4 memang cukup ribet. Alasannya adalah banyak data yang harus dipindahkan sejak dini agar tidak melewati deadline yang telah diberitahukan sebelumnya. 

Selain itu, Google Analytics 4 dikatakan tidak terlalu user-friendly, khususnya bagi pengguna baru. Hal ini terlihat dari pilihan menu di dashboard yang lebih sedikit atau memang sengaja dipersingkat. Para pengguna baru harus belajar lebih lama untuk memahami Google Analytics 4 ini. 

Walau memang ada kelemahan dari Google Analytics 4, namun memang sudah sepatutnya kita mulai membiasakan diri dengan produk Google yang satu ini. Update secara berkala yang diberikan seharusnya dapat mendukung bisnis dalam memaksimalkan Google Analytics 4. 

Semoga informasi tentang keunggulan dan kelemahan Google Analytics Universal Vs Google Analytics 4 ini dapat bermanfaat untuk Anda. Sekali lagi, jangan lupa untuk segera berpindah ke Google Analytics 4 sebelum memasuki tahun 2023. Jangan lupa untuk tetap membaca update-update terbaru terkait dunia SEO, digital marketing, hingga Google bersama ToffeeDev. 

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat