Keuntungan Pemasaran Online untuk Para Pengusaha

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Perkembangan teknologi informasi memberikan banyak kemudahan bagi para pebisnis online untuk memasarkan produknya. Secara tidak disadari, ada berbagai keuntungan pemasaran online yang bisa Anda dapatkan setiap harinya. Dapat dikatakan, penjualan Anda bisa meningkat cukup pesat dengan mengandalkan sistem bisnis online. Lalu, apa saja kelebihan pemasaran online yang bisa Anda dapatkan? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Keuntungan Pemasaran Online untuk Semua Bisnis

1. Mendapatkan Akses Tanpa Batas Lewat Situs dan Media Sosial

Keuntungan pemasaran online yang pertama yakni Anda bisa mendapatkan akses tanpa batas dalam memasarkan produk. Kehadiran platform online seperti website dan media sosial mampu menghapus sekat-sekat geografis. Anda bisa melakukan pemasaran produk dalam skala kecil atau besar, bahkan ke belahan dunia manapun tanpa harus repot-repot memesan pesawat dan menginjakkan kaki ke sana.

Inilah yang kemudian menjadikan strategi pemasaran online sampai sekarang masih memegang hati para pengusaha. Sebab Anda dapat menjangkau target pasar dimanapun, tanpa harus pusing memikirkan aksesnya. 

2. Kemudahan dalam Operasional Marketing Online

Keunggulan pemasaran online selanjutnya yakni mampu membuat kegiatan operasional Anda selesai dalam waktu singkat. Keterhubungan dengan internet memungkinkan Anda untuk menyelesaikan seluruh kebutuhan operasional dengan cepat dan efisien. 

Jaringan internet yang terhubung dalam kisaran detik mampu memberikan Anda keuntungan untuk melakukan promosi, penjualan, dan pelayanan dalam jangka waktu yang cepat.

Baca Juga: Kenapa Pemasaran Online Lebih Disukai?

3. Efisiensi Biaya dengan Strategi Pemasaran Online

Bayangkan jika Anda sedang ingin menjaring target pasar yang sangat luas. Bila dibandingkan dengan teknik pemasaran konvensional, penjaringan ini tentu membutuhkan biaya akomodasi, transportasi, dan pastinya gaji pegawai yang besar pula.

Jika Anda mengkalkulasikannya secara berkala, pasti membutuhkan biaya yang sangat besar. Namun jika tak dibiayai, maka resikonya adalah bisnis Anda akan sulit berkembang. Nah, biaya inilah yang bisa ditekan jika menggunakan teknik pemasaran secara online.

Anda bisa memangkas biaya operasional seperti akomodasi dan transportasi, sebab semuanya bisa dilakukan dimanapun, dan kapanpun, cukup dengan ketersediaan koneksi dan peralatan digital saja dalam pemasaran secara online. Sehingga biaya yang dianggarkan pun lebih murah.

4. Kemudahan dalam Mengelola Sumber Daya Manusia

Ketika Anda menjalankan pemasaran online, Anda tidak memerlukan banyak karyawan. Dengan teknik pemasaran online, karyawan Anda hanya perlu melakukan administrasi penjualan, menyiapkan proses pengiriman barang, dan melayani saat ada pelanggan yang komplain maupun mengalami kesulitan dalam pemesanan barang.

Baca Juga: Tips Menjalankan Pemasaran Online Yang Efektif

5. Memperluas Jangkauan dengan Iklan Digital

Ruang iklan di media online dapat cenderung lebih efektif jika dibandingkan dengan ruang iklan di media cetak seperti surat kabar, majalah dan televisi. Sebab, beriklan di media cetak atau media penyiaran seperti televisi selalu dibatasi oleh slot atau durasi yang terbatas. Anda hanya perlu memikirkan dan memilih konten apa yang harus dibagikan kepada calon pembeli.

Fungsi iklan digital yakni menargetkan calon pembeli dengan tepat sasaran, sehingga sangat memudahkan Anda dalam membidik calon konsumen. Dan pastinya meminimalisir kemungkinan periklanan yang sia-sia karena salah sasaran.

Selain itu, iklan digital juga memiliki kisaran harga yang jauh lebih terjangkau, dibandingkan dengan iklan yang dilakukan dengan media konvensional.

6. Mempermudah Riset Pemasaran Secara Online

Perkembangan toko online seperti website saat ini berkembang pesat. Dengan demikian, Anda pun bisa melacak pengunjung website dari mana mengakses toko online Anda. Hal ini tentunya membantu Anda untuk melakukan analisa pasar, membangun hubungan, menjaga hubungan, dan juga menawarkan promo pada saat-saat tertentu dengan lebih tepat sasaran.

7. Pengawasan yang Lebih Mudah

Anda dapat mengontrol dan melakukan pengawasan seluruh transaksi toko online kapanpun dan dimanapun dengan lebih fleksibel selama 24 jam. Hal ini tentunya memberikan kemudahan dan manfaat bagi penjual dan pembeli, serta pengusaha barang atau jasa.

Baca Juga: Kesalahan Pemasaran Online yang Harus Dihindari

Itulah 7 keuntungan pemasaran online yang bisa Anda dapatkan untuk meningkatkan penjualan. Jika Anda ingin memaksimalkan bisnis, Anda bisa menggunakan jasa Google Ads dari ToffeeDev untuk memasarkan produk dengan hasil yang lebih optimal dan tepat sasaran. Hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post