Bagaimana Cara Menentukan Konsep Digital Marketing?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Ketika mantap merambah dunia online, penerapan digital marketing adalah salah satu hal pertama yang perlu Anda pikirkan. Di dalamnya, terdapat banyak elemen yang bisa menentukan kesuksesan pemasaran online usaha Anda. Konsep digital marketing dan penerapannya pun berbeda, tergantung dengan hasil akhir yang Anda butuhkan. Kira-kira, yang mana yang paling baik untuk diterapkan pada bisnis? Kenali dulu beberapa konsep dasarnya. 

Mengenal Konsep Digital Marketing

Seiring dengan terus berkembangnya teknologi, konsep digital marketing sebenarnya juga terus berkembang. Para praktisi digital marketing beradaptasi dengan adanya algoritma internet, mesin pencari, dan media sosial agar bisa menjadi yang terdepan di antara bisnis-bisnis lain yang serupa. 

Baca Juga : Pentingnya 5 Konsep Digital Marketing

Sederhananya, digital marketing memanfaatkan cara kerja internet, mesin pencari, dan media sosial untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Tujuan akhirnya adalah untuk memasarkan sesuatu atau membuat konsumen mengenal sebuah produk. 

Beberapa konsep berikut adalah yang paling sering digunakan:

1. Content Marketing

Saat ini, sudah banyak media sosial yang bisa digunakan untuk memasarkan sesuatu, baik itu berbayar atau gratis. Nah, konsep content marketing adalah menekankan content atau isi dari unggahan di media sosial tersebut. 

Biasanya, content dibuat semenarik mungkin agar pengguna media sosial tertarik untuk melihat dan membaca isinya. Kalau sudah tertarik dan terjalin kedekatan antara sebuah bisnis dan pengguna media sosial, biasanya akan lebih mudah untuk mencapai tujuan digital marketing yang diharapkan. 

2. Search Engine Optimization

Search Engine Optimization atau SEO adalah praktik yang paling sering digunakan. SEO melakukan pendekatan dengan mesin pencari yang digunakan oleh hampir seluruh pengguna internet seperti Google.

Dengan menggunakan konsep SEO, Anda bisa bekerja sama dengan algoritma Google untuk memunculkan website bisnis Anda di baris pertama. Kalau sudah muncul di baris pertama Google, kemungkinan pengguna untuk masuk ke website Anda menjadi lebih besar dan akan berpengaruh pada tujuan digital marketing Anda nantinya.

Baca Juga : Optimasi Website untuk Mendapatkan Zero-Click Dalam SEO 

3. Iklan (Ads)

Sekarang, setiap platform seperti Google, Instagram, Facebook, YouTube, Twitter, dan TikTok menyediakan layanan iklan berbayar. Iklan yang Anda pasang nantinya bisa muncul di beranda atau timeline pengguna platform yang cocok dengan target pasar Anda. 

Anda bisa menyesuaikan target pasar sesuai dengan demografi pengguna platform yang Anda pilih. Jadi, iklan tidak akan salah sasaran dan hanya menjangkau pengguna yang mungkin tertarik dengan bisnis atau produk Anda. 

Menentukan Konsep Digital Marketing

Setiap konsep membutuhkan waktu dan perencanaan untuk diterapkan. Tentu saja, kesempatan untuk promosi dan efektivitas digital marketing bisa saja meningkat kalau Anda menerapkan semua konsep yang ada. Namun, bisa saja kurang efisien dari segi biaya dan pekerjaan. 

Jadi, bagaimana menentukannya? Yang pertama, Anda perlu melakukan riset pasar. Riset bisa dilakukan terhadap pengguna internet atau platform yang sudah ada. Selain itu, diperlukan juga riset terhadap kompetitor dan melihat apa yang bisa Anda adaptasi dan modifikasi dari penerapan digital marketing-nya. 

Dari sana, barulah konsep bisa ditentukan, mana yang paling sesuai dengan target pasar, dan platform mana yang paling banyak digunakan oleh target pasar Anda. Meski begitu, di dalam konsep digital marketing sendiri banyak hal yang perlu dipersiapkan. Maka dari itu, keberadaan digital marketing agency sebenarnya cukup penting, terutama kalau Anda baru saja mau masuk ke dunia digital marketing.

Baca Juga : Terapkan SEO yang Tepat Untuk Target Pasar Tanpa Batas

Agensi bisa membantu Anda menemukan dan menentukan konsep digital marketing yang paling sesuai dengan jenis bisnis Anda. Dengan begitu, bujet yang Anda siapkan bisa digunakan dengan efisien dan mendatangkan hasil. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post