Lifetime Value Adalah: Arti, Cara Menghitung dan Meningkatkannya

lifetime value adalah

Pernahkan Anda mendengar tentang istilah Lifetime Value? Anda mungkin akan menyimpulkan bahwa Lifetime Value ini merujuk pada nilai loyalitas seseorang dalam jangka panjang. Namun, apakah Anda tahu bahwa Lifetime Value merupakan inti jiwa dari suatu perusahaan agar dapat berkembang dengan pesat? Lantas apakah itu sebenarnya Lifetime Value? Bagaimana cara menghitung dan meningkatkannya? Untuk mencari tahu jawabannya, mari kita simak bersama ulasan lengkap di bawah ini, ya!

Apa itu Lifetime Value?

apa itu lifetime value

Lifetime Value atau biasa disebut Customer Lifetime Value (CLV) adalah salah satu indikator yang digunakan untuk  melakukan prediksi atas nilai keseluruhan pendapatan yang bisnis Anda dapatkan dari pelanggan. Metrik ini dinilai cukup akurat, sehingga banyak digunakan oleh perusahaan untuk menghitung nilai dari pelanggan mereka.

Customer Lifetime Value (CLV) seringkali digunakan untuk mengukur “umur” pelanggan. Apa yang dimaksudkan dengan “umur” di sini adalah rentang waktu pelanggan dalam menggunakan produk atau jasa dari perusahaan yang Anda miliki.

Baca Juga : 5 Cara Menghitung Customer Acquisition Cost Dan Tips Meningkatkannya

Cara Menghitung Lifetime Value

Untuk menghitung Customer LIfetime Value, terdapat sebuah rumus dasar yang dapat Anda gunakan, yaitu:

CLV = Rata-rata nilai transaksi x (Jumlah transaksi dalam satu tahun x Waktu retensi)

Waktu retensi pada rumus tersebut mengacu pada durasi hubungan bisnis antara perusahaan Anda dengan pelanggan. Angkanya sangat variatif, mengikuti produk atau jasa yang Anda tawarkan atau mengikuti cara pelanggan mengonsumsi produk Anda.

Untuk lebih jelasnya,berikut adalah satu contoh pemakaian rumus CLV dalam bisnis:

Anda memiliki usaha minuman. Menu minuman tersebut Anda beri harga antara Rp10.000 hingga Rp20.000. Seiring berjalannya waktu, Anda mendapatkan seorang pelanggan (Z) yang selalu membeli menu Hazelnut Chocolate seharga Rp15.000 setiap satu minggu sekali selama dua tahun. Berapakah nilai Customer Lifetime Value dari pelanggan (Z)?

Customer Lifetime Value (CLV) = Rata-rata nilai transaksi x (Jumlah transaksi dalam satu tahun x Waktu retensi)

CLV = Rp15.000 x (52 x 2)

CLV = Rp15.000 x 104

Customer Lifetime Value = Rp1.560.000

Customer Lifetime Value dari pelanggan (Z) adalah Rp1.560.000. Namun, Anda juga perlu mengingat, bahwa angka ini adalah sebuah prediksi, dan prediksi ini akan lebih akurat jika lebih banyak faktor yang bisa Anda jadikan penunjang. Biasanya beberapa perusahaan akan memodifikasi rumus dasar di atas dengan beberapa faktor, seperti margin keuntungan, dan biaya retensi (biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk mempertahankan pelanggan).

Baca Juga : Cost Per Lead: Pengertian dan Cara Menghitungnya

Jasa SEO

Cara Meningkatkan Lifetime Value

cara meningkatkan lifetime value

Setelah mengetahui cara menghitung Customer Lifetime Value, mungkin Anda saat ini penasaran, bagaimana cara bisnis Anda untuk meningkatkan Customer LIfetime Value? Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat perusahaan Anda lakukan untuk meningkatkannya, yaitu:

1. Memberikan Promosi

Salah satu cara efisien dalam meningkatkan Customer Lifetime Value adalah dengan menerapkan program promosi untuk pelanggan Anda. Program promosi dapat mengikat pelanggan Anda untuk tetap setia membeli produk atau jasa Anda, sehingga retensi pembelian dapat meningkat. Anda bisa menggunakan strategi promosi “Buy One, Get One”, atau “Mega Discount 90% only for Today!” untuk menaikkan urgensi para pelanggan untuk segera membeli produk Anda. Namun, perlu Anda ingat juga bahwa promosi yang besar, harus juga disertai dengan kenaikkan kepuasan pelanggan Anda.

2. Menghitung Kepuasan Pelanggan secara Rutin

Kepuasan pelanggan yang dihitung dengan rutin akan membantu perusahaan Anda lebih cepat mendeteksi kemungkinan adanya permasalahan pada kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa Anda.  Data kepuasan pelanggan ini memungkinkan bisnis Anda untuk memaksimalkan kelebihan dan memperbaiki kekurangan dari produk atau jasa secepat mungkin.

3. Optimalkan Peran Customer Service Bisnis Anda

Pernahkan Anda menyampaikan keluhan suatu produk atau jasa kepada perusahaan, tetapi keluhan tersebut hanya dibalas dengan template bot atau bahkan penyelesaian permasalahan tersebut cenderung lambat? Tentunya Anda merasa kesal dan kecewa, sehingga tidak ingin menggunakan produk dari perusahaan tersebut. Oleh karena itu peran customer service sangatlah penting untuk perusahaan dapat berinteraksi langsung dengan konsumen. Bekali customer service perusahaan Anda dengan strategi, skill, dan tools yang memadai dan profesional sehingga dapat lebih efektif untuk menjaga dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

4. Personalisasi Pengalaman Pelanggan terhadap Bisnis Anda

Setiap kelompok target pelanggan yang dituju oleh perusahaan, akan memiliki karakteristik, pengalaman, dan minat yang berbeda. OLeh karena itu, semua komponen iklan dan promosi yang dibuat oleh perusahaan Anda juga harus spesifik dan fokus kepada satu kelompok, sehingga target market yang Anda tuju akan merasa terhubung secara langsung kepada perusahaan Anda. Pastikan semua strategi pemasaran bisnis Anda selalu relate dan relevan kepada pelanggan untuk meningkatkan repeat purchase yang akan meningkatkan CUstomer Lifetime Value  dari perusahaan Anda.

Baca Juga : Apa itu Cost Per Impression? Berikut Manfaat dan Cara Menghitungnya

Kesimpulan

Memaksimalkan nilai Customer Lifetime Value tidak semudah yang dibayangkan. Peningkatan tersebut membutuhkan proses dan durasi yang tidak sebentar, serta eksperimen secara berulang. Oleh karena itu, untuk mempercepat dan meminimalisir kerugian dari strategi yang tidak tepat, Anda dapat memanfaatkan jasa Digital Marketing Agency seperti Toffeedev untuk menciptakan strategi pemasaran digital yang jitu dan mendatangkan keuntungan bagi bisnis Anda.

Sebagai salah satu Digital Marketing Agency Indonesia di Jakarta, ToffeeDev siap membantu Anda dalam mengembangkan situs, dan membantu Anda untuk merencanakan dan menerapkan strategi Digital Marketing terbaik yang tepat sasaran, dan mencapai tujuan bisnis Anda.

Tunggu apalagi, mari mulai mendigitalkan bisnis Anda bersama ToffeeDev, sebelum pesaing bisnis Anda melakukannya.

Share this post :

Toffeedev’s Pick