Cost Per Lead: Pengertian dan Cara Menghitungnya

cost per lead adalah

Advertising atau pengiklanan adalah bagian penting di dalam sebuah kegiatan pemasaran dalam suatu bisnis. Untuk menganggarkan suatu biaya pengiklanan, ada beberapa perhitungan yang bisa digunakan. Di antara sekian perhitungan yang ada, cost per lead adalah salah satunya. 

Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan cost per lead pada pengiklanan ini? Untuk menjawab pertanyaan Anda, ToffeeDev akan mengulas lebih jauh mengenai perhitungan ini. Tidak perlu khawatir, karena kami akan membantu Anda mendalami cost per lead mulai dari pengertian, manfaat, tips menerapkan, hingga bagaimana cara menghitungnya.

Apa itu Cost Per Lead?

Untuk memahami cost per lead, Anda harus memastikan jika tim bagian penjualan dan pemasaran Anda memiliki konsep yang sama mengenai pendefinisian cost per lead ini. Lead yang dimaksud di sini adalah sebuah prospek untuk bisnis Anda.

Contohnya seperti, ketika ada pelanggan yang melakukan klik pada iklan Anda yang nantinya membawa mereka ke landing page bisnis Anda. Di landing page Anda sendiri pun akan ada langkah selanjutnya untuk menanyakan kesediaan pelanggan tersebut untuk mengisi formulir. Nantinya ketika pelanggan setuju, Anda dapat mengirim mereka informasi diskon, kupon, atau mailing list.

Bersedianya pelanggan yang mendaftar tadi ini yang bisa disebut dengan lead. Anda akan mendapatkan komisi dari lead yang telah didapatkan tadi. 

Banner - Ads General

4 Manfaat Cost Per Lead

Ketika menerapkan perhitungan semacam cost per lead, ada beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan. Berikut adalah manfaat dari cost per lead yang perlu Anda ketahui.

1. Cost Per Lead Membantu Mendapatkan Pelanggan

Menggunakan cara perhitungan cost per lead membantu Anda dalam mendapatkan pelanggan yang serius dengan bisnis Anda. Hal ini karena ada kesepakatan yang mereka setujui sebelum. Pelanggan yang serius ini memiliki kecenderungan menjadi pelanggan tetap. Ditambah lagi, Anda dapat memberikan berbagai macam informasi pemasaran dan penjualan kepada pelanggan yang sudah bersedia tersebut.

2. Cost Per Lead Mengoptimalkan Branding Bisnis Anda

Cost per lead dapat membantu dalam mengoptimalkan branding bisnis Anda. Keloyalitasan yang secara tidak langsung Anda tawarkan pada proses persetujuan kesepakatan oleh pelanggan tersebut menunjukkan bahwa pelanggan sudah memercayai konsep branding bisnis Anda.

Baca Juga: Apa itu Cost Per Impression? Berikut Manfaat dan Cara Menghitungnya

3. Cost Per Lead Dapat Menghemat Anggaran Bisnis Anda

Jika dibandingkan dengan pengiklanan versi konvensional pada umumnya sebelum hadirnya digital marketing, cost per lead sangat terjangkau untuk beban biaya pada bisnis Anda. Selain karena media iklannya secara online, cost per lead tidak mengharuskan Anda berurusan dengan pajak yang harus dikeluarkan jika Anda menggunakan pengiklanan konvensional.

Baca Juga: Apa itu Cost per Action? Berikut Manfaat dan Cara Menghitungnya

4. Cost Per Lead Dapat Memengaruhi Pelanggan Anda

Cost per lead juga dapat membantu Anda dalam memengaruhi pelanggan. Maksud dari memengaruhi pelanggan adalah pelanggan menjadi sadar dengan keberadaan bisnis Anda sebelum mereka mengisi formulir online yang Anda tawarkan untuk menerima informasi terkini dari bisnis Anda.

5 Tips Penerapan Cost Per Lead

Untuk menerapkan cost per lead yang tepat, ada beberapa tips yang bisa diterapkan pada bisnis Anda. Berikut adalah tips penerapan cost per lead yang perlu Anda ketahui!

1. Pahami Demografi Pelanggan Anda

Untuk menerapkan cost per lead, pastikan Anda memahami lebih jauh demografi calon pelanggan Anda. Dari demografi tersebut lakukan analisis sebaik mungkin kelompok bagian mana yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan lead dengan jumlah besar. 

Baca Juga: Pengertian Landing Page, Jenis, dan Contohnya

2. Buatlah Landing Page yang Sederhana Namun Memikat Pelanggan

Tips selanjutnya yang dapat Anda terapkan adalah melakukan penyederhanaan pada landing page bisnis. Buatlah landing page yang sederhana dalam artian memiliki satu fokus saja. Serta beri call-to-action dengan sedemikian teknik copywriting yang menarik perhatian pelanggan. 

Banner - Ebook Ads

3. Gunakanlah Kata Kunci yang Tepat

Sudah saatnya Anda harus berhenti menggunakan kata kunci yang memiliki rating rendah dan tidak efektif bagi pemasaran bisnis Anda. Opsi lain yang mungkin bisa digunakan adalah menggunakan long tail keywords atau kata kunci dengan total karakter yang lebih panjang dari kata kunci pada umumnya.

4. Lakukanlah Testing Iklan Lebih dari Satu Kali dalam Satu Waktu

Tips selanjutnya yang bisa Anda terapkan adalah melakukan testing iklan lebih dari satu dalam satu waktu untuk membandingkan. Anda bisa menggunakan dua testing iklan untuk melihat hasil mana yang lebih memberikan Anda profit atau mungkin lebih menarik perhatian pelanggan.

Baca Juga: Pahami Apa Itu Customer Acquisition Cost

5. Gunakan Metode Pelacakan Cost Per Lead

Tips terakhir adalah gunakan metode pelacakan cost per lead. Beberapa di antaranya adalah dengan menggunakan Pay-Per-Click (PPC) Advertisement atau Social Media Advertisement. Salah satu contoh dari PPC Ads adalah Jasa Google Ads yang pada umumnya sering digunakan bisnis dalam menerapkan digital marketing.

Banner - Lead Gen Ads

Bagaimana Cara Menghitung Cost Per Lead?

Setelah mengerti banyak aspek dari cost per lead, kini saatnya bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menghitung cost per lead di dalam suatu pengiklanan bisnis.

Rumus yang perlu Anda pahami ketika menghitung cost per sale adalah dengan membagi total biaya pemasaran dengan total lead yang Anda terima. Untuk total biaya pemasaran di sini, Anda harus memasukkan keseluruhan biaya iklan hingga biaya jasa pihak ketiga yang membantu Anda dalam melakukan pemasaran. Sediakan juga anggaran tambahan yang mungkin saja dibutuhkan dalam kegiatan pemasaran pada kemudian hari.

Apabila anggaran untuk kegiatan kegiatan pemasaran sudah tersedia namun Anda masih bingung ingin melakukan kegiatan pemasaran yang bagaimana, digital marketing dapat menjadi solusi bagi kegiatan bisnis Anda saat ini. Mengap demikian?

Digital marketing memberikan pengaruh besar dalam meningkatkan brand awareness dan juga penjualan Anda. Maka dari itu, untuk memudahkan Anda dalam memaksimalkan pemasaran bisnis Anda secara digital, ToffeeDev adalah pilihan terbaik untuk Anda! Kami juga menyediakan layanan Google Ads bagi Anda yang ingin mengiklankan website bisnis yang dimiliki agar dapat menjangkau lebih banyak orang lagi. Temukan layanan digital marketing kami lainnya di sini dan mari optimalkan strategi digital marketing bisnis Anda bersama ToffeeDev!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat