Mari Kenali Macam-Macam Gaya Kepemimpinan

macam macam gaya kepemimpinan

Ada macam-macam gaya kepemimpinan yang dapat Anda terapkan sebagai pemimpin dari sebuah organisasi atau perusahaan. Sebagai seorang pemimpin, Anda harus menerapkan gaya kepemimpinan yang cocok dan baik agar karyawan dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien.

Pada artikel ini, ToffeeDev akan membahas mengenai macam-macam gaya kepemimpinan yang dapat Anda terapkan agar bisa memimpin karyawan dengan maksimal dan optimal. Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Gaya Kepemimpinan?

apa itu gaya kepemimpinan

Gaya kepemimpinan merupakan pola perilaku dari seseorang yang bertugas untuk memimpin sebuah organisasi atau perusahaan. Secara sederhana, bagaimana seorang pemimpin bertindak, mengambil keputusan, dan berinteraksi dengan karyawannya merupakan gaya kepemimpinan dari pemimpin tersebut.

Seseorang dengan gaya kepemimpinan yang baik tidak hanya memberikan perintah kepada bawahannya, tetapi juga dapat membantu mereka melaksanakan tugasnya serta membangun suasana yang kondusif di ruang kerja. Hal tersebut dapat tercapai ketika seorang pemimpin dapat menerapkan gaya kepemimpinan yang cocok dan baik.

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dalam Kesuksesan Bisnis

Seorang pemimpin harus dapat menerapkan gaya kepemimpinan yang cocok dan baik agar dapat menjalankan tugasnya dengan lebih baik. Jika seorang pemimpin dapat menjalankan tugasnya dengan baik, maka semua orang yang bekerja di bawahnya juga akan dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Dengan begitu, tujuan organisasi atau perusahaan dapat dicapai dengan lebih mudah.

Baca juga: Prinsip Etika Bisnis di Dalam Perusahaan

2 Faktor yang Memengaruhi Gaya Kepemimpinan

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi suatu gaya kepemimpinan dari seseorang. Setiap faktor tersebut memiliki peranan dalam menentukan gaya kepemimpinan seperti apa yang cocok diterapkan oleh seseorang. Berikut ini adalah beberapa faktor yang memengaruhi gaya kepemimpinan.

1. Kepribadian

Gaya kepemimpinan dari seseorang akan berbanding lurus dengan kepribadian yang dimilikinya. Sebagai contoh, seseorang yang sangat peduli terhadap orang lain tidak akan bisa menerapkan gaya kepemimpinan yang otoriter di mana semua tindakan dan keputusan yang diambil didasarkan oleh dirinya sendiri.

2. Kecakapan

Kecakapan dari seorang pemimpin juga akan memengaruhi gaya kepemimpinan yang diterapkannya. Pada dasarnya, seorang pemimpin akan menerapkan gaya kepemimpinan sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, seperti kemampuan memotivasi dan komunikasi.

Baca juga: Pengertian Evaluasi Kinerja dan Tujuannya

9 Macam Gaya Kepemimpinan

contoh gaya kepemimpinan

Seorang pemimpin memiliki peranan yang sangat besar dalam bagaimana organisasi atau perusahaannya bekerja. Jika pemimpin tersebut dapat menjalankan tugasnya dengan baik, maka target yang ditetapkan juga akan dapat tercapai dengan lebih mudah. Artinya, pemimpin memiliki pengaruh yang besar dalam keberhasilan organisasi atau perusahaan.

Seorang pemimpin yang menerapkan gaya kepemimpinan yang cocok dan baik dapat menjalankan tugasnya dengan lebih baik pula. Berikut ini adalah macam-macam gaya kepemimpinan yang dapat Anda terapkan.

1. Otoriter

Gaya kepemimpinan otoriter berpusat pada pemimpin sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Dalam gaya kepemimpinan ini, pemimpin bertindak, membuat aturan, dan mengambil keputusan berdasarkan pemikirannya sendiri. Meski begitu, pemimpin dengan gaya kepemimpinan otoriter juga akan menanggung semua tanggung jawab sendiri.

Lingkungan kerja yang tercipta dari pemimpin dengan gaya kepemimpinan otoriter biasanya tidak begitu memberikan kebebasan kepada orang yang bekerja di bawahnya. Namun, pemimpin dengan gaya kepemimpinan ini akan sangat berguna dalam situasi kritis ketika keputusan harus dibuat dan diambil dengan cepat.

2. Demokratis

Seperti namanya, gaya kepemimpinan demokratis mengusung konsep demokrasi di mana semua orang berhak memberikan pendapatnya untuk pengambilan keputusan. Pemimpin dengan gaya kepemimpinan demokratis juga akan selalu bertindak dengan memperhitungkan bawahannya. Mereka tidak akan bertindak secara sepihak.

Umumnya, pemimpin dengan gaya kepemimpinan demokratis akan lebih dekat dengan bawahannya. Selain itu, pemimpin dengan gaya kepemimpinan ini juga sering mengadakan sesi diskusi di mana bawahannya dapat mengeluarkan semua aspirasi yang dimiliki demi kemajuan dan keberhasilan organisasi atau perusahaan.

3. Delegatif

Gaya kepemimpinan delegatif berpusat pada kemampuan seorang pemimpin untuk mendelegasikan suatu tugas atau pekerjaan kepada orang yang berada di bawahnya. Mendelegasikan sesuatu bukan berarti melepaskan tanggung jawab. Seorang pemimpin melakukan hal tersebut karena dia percaya kepada bawahannya dan ingin mereka lebih berkembang lagi.

4. Inovatif

Pemimpin dengan gaya kepemimpinan inovatif akan selalu berusaha membuat inovasi yang baru demi kemajuan organisasi atau perusahaan. Selain itu, orang yang bekerja di bawahnya juga akan diminta mengeluarkan ide-ide yang segar, kreatif, dan unik demi mendapatkan inovasi baru.

Jasa SEO

5. Strategis

Pemimpin dengan gaya kepemimpinan strategis mengambil keputusan berdasarkan data-data yang dimilikinya. Artinya, pemimpin ini akan sering melakukan riset untuk mengambil data-data tersebut, baik itu riset mengenai pasar maupun mengenai internal organisasi atau perusahaan. Selain itu, pemimpin dengan gaya kepemimpinan ini juga akan selalu memperhitungkan segala kemungkinan yang dapat terjadi.

6. Karismatik

Pemimpin dengan gaya kepemimpinan karismatik biasanya adalah orang yang berkepribadian kuat atau memiliki kepribadian alfa. Kepribadian yang kuat ini jelas harus ditunjang dengan kemampuan yang baik pula. Oleh karena itu, pemimpin dengan gaya kepemimpinan ini biasanya sangat disegani oleh para orang yang bekerja di bawahnya.

7. Situasional

Gaya kepemimpinan situasional mengandalkan fleksibilitas, kemampuan pengambilan keputusan, dan kemampuan menganalisis dari pemimpin tersebut. Pemimpin dengan gaya kepemimpinan ini akan bekerja menyesuaikan situasi yang ada dan dapat mengambil keputusan dalam waktu yang singkat berdasarkan menganalisis yang telah dilakukan.

Baca juga: Tugas Marketing Executive & Kemampuan yang Harus Dimiliki

8. Transaksional

Pemimpin dengan gaya kepemimpinan ini akan sangat menjunjung tinggi apa yang sudah disetujui sebelumnya, seperti kontrak kerja dan deskripsi tugas. Ketika orang yang bekerja di bawahnya melanggar aturan atau tidak mengerjakan tugasnya, orang tersebut akan diberikan sanksi. Walaupun begitu, pemimpin ini akan memberikan reward kepada orang yang telah bekerja dengan baik.

9. Transformasional

Pemimpin dengan gaya kepemimpinan transformasional akan berfokus untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik untuk kemajuan organisasi atau perusahaan. Mereka akan selalu mencoba mendorong orang yang bekerja di bawahnya untuk dapat berkembang demi keberhasilan bersama.

2 Tips Mengembangkan Gaya Kepemimpinan yang Baik

mengembangkan gaya kepemimpinan

Seorang pemimpin harus dapat dapat menerapkan gaya kepemimpinan dengan baik agar organisasi atau perusahaan dapat mencapai tujuannya. Berikut ini adalah beberapa tips mengembangkan gaya kepemimpinan yang baik.

1. Kenali Diri Sendiri

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kepribadian seseorang berbanding lurus dengan gaya kepemimpinan yang dapat mereka terapkan. Maka dari itu, demi dapat menerapkan gaya kepemimpinan yang cocok dan baik, Anda harus mengenali diri sendiri terlebih dahulu.

2. Mengembangkan Kemampuan

Dalam memimpin, ada berbagai kemampuan yang sangat diperlukan agar seorang pemimpin dapat menjalankan tugasnya dengan baik, seperti menganalisis, pengambilan keputusan, dan masih banyak lagi. Kemampuan-kemampuan tersebut harus dikembangkan juga agar Anda dapat menerapkan gaya kepemimpinan yang baik.

Demikian macam-macam gaya kepemimpinan yang dapat Anda terapkan. Untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan, gaya kepemimpinan bukan satu-satunya faktor yang harus dipertimbangkan. Strategi bisnis yang diterapkan juga merupakan faktor keberhasilan organisasi atau perusahaan.

Mari kembangkan bisnis Anda secara online dengan memanfaatkan berbagai strategi digital marketing terbaik. Anda dapat menggunakan jasa digital marketing dari ToffeeDev untuk melakukan hal tersebut. Jika tertarik, Anda dapat menghubungi kami di sini.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat